Jaga Kesehatan dengan 10 Rekomendasi Teh Hijau yang Kaya Manfaat Berikut Ini (2020)

Jaga Kesehatan dengan 10 Rekomendasi Teh Hijau yang Kaya Manfaat Berikut Ini (2020)

Minum teh sudah jadi tradisi kita sehari-hari. Namun, teh jenis apa nih yang paling sering kamu minum? Sudah pernah coba teh hijau? Meski rasanya lebih pahit, namun teh yang satu ini kaya manfaat untuk kesehatan tubuh, loh. Simak bersama manfaat rutin minum teh hijau dan juga rekomendasi tehnya dari kami!

Teh Jadi Minuman Andalan Kapan Saja

Bicara soal teh memang tidak ada habisnya. Minuman ini adalah salah satu minuman populer di dunia. Teh bisa disajikan hangat maupun dingin. Secangkir teh hangat bisa ampuh memperbaiki mood, menghangatkan tubuh, dan meredakan stres. Segelas teh dingin bisa bikin semanangat balik lagi karena rasanya begitu segar. Seperti apa pun cara penyajian yang kamu suka, yang jelas teh jadi minuman andalan di setiap waktu.

Tidak ada aturan khusus mengenai kapan sebaiknya kita mengonsumsi teh. Namun, kebanyakan orang biasanya minum teh di pagi hari untuk mengawali aktivitas atau sore hari saat aktivitas sudah berakhir. Teh juga banyak disajikan sebagai suguhan saat ada tamu yang datang.

Meski tak ada aturan khusus, namun ada beberapa waktu yang di mana ktia dianjurkan minum teh dengan kandungan bahan tertentu. Misalnya saja saat setelah makan. Usai makan, minum teh akan terasa menyegarkan. Kamu bisa pilih teh hijau atau teh hibiscus. Jenis teh ini kaya akan senyawa katekin yang bisa meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Selain itu, teh ini juga bisa mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung.

Siang hari juga bisa jadi waktu yang pas untuk minum teh. Kamu boleh juga minum teh oolong. Ini karena kandungan kafeinnya tinggi sehingga bikin kamu semangat melanjutkan aktivitas kamu lagi.

Usai bekerja juga bisa jadi waktu yang pas untuk minum teh. Kamu bisa pilih teh mint saat ini. Kandungan mint bisa membuat otot-otot yang tegang jadi lebih rileks. Aroma teh mint juga bisa melepaskan kepenatan pikiran kita.

Boleh juga loh kalau ingin minum teh sebelum tidur. Untuk pilihan tehnya, kamu bisa pilih teh chamomile. Teh ini bisa bikin pikiran rileks sehingga kita bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Nah, dari sini kita tahu, teh cocok jadi minuman kapan saja dibutuhkan. Dengan jenis teh yang beragam, kita bisa mengambil manfaat baik dari minuman tersebut. Tapi ingat ya, meski bagus diminum, akan buruk juga kalau kita terlalu banyak minum teh dalam sehari. Jadi, konsumsilah teh secukupnya untuk kesehatan kita.

Teh Hijau, Varian Teh dengan Sederet Manfaat

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Teh hijau merupakan salah satu teh yang banyak khasiatnya. Salah satu khasiat yang paling dikenal dari teh hijau adalah untuk menjaga berat badan tetap ideal. Di dalam teh hijau terdapat EGCG yang merupakan zat aktif untuk mengurangi berat badan. Teh hijau juga kaya akan katekin yang merupakan antioksidan untuk meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Nafsu makan berkurang saat kita minum teh hijau di pagi hari. Ini membuat kamu jadi mengonsumsi lebih sedikit kalori sehingga penurunan berat badan lebih maksimal.

Namun, tentunya konsumsi teh hijau saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Ini perlu diimbangi dengan olahraga teratur, menghindari minuman manis dan bersoda, dan juga menghindari makanan yang berlemak. Saat minum teh hijau pun sebaiknya tanpa gula. Dengan begini tentunya program penurunan berat badan bisa jadi lebih sukes.

Meredakan Stres

Beban hidup memang semakin berat. Ada saja yang bikin kita stres setiap harinya. Kendati demikian, kita tidak boleh menyerah dan harus terus tegar menghadapi apa pun. Maka dari itu kendalikan stres dengan hidup sehat dan jangan lupa minum teh hijau.

Sebuah studi di Sendai’s Tohoku University Graduate School of Medicine mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hijau 5 cangkir per hari bisa menurunkan stres. Kandungan tanin di dalam teh hijau bisa memberikan efek pikiran lebih tenang dan rileks. Kita jadi bisa beristirahat dan bisa berpikir dengan lebih jernih.

Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat lain dari minum teh hijau adalah untuk menurunkan risiko kanker. Ini karena di dalam teh hijau terdapat kandungan polifenol yang bisa membunuh sel kanker dan menghentikan perkembangannya. Sebuah studi juga menyatakan bahwa teh hijau bisa menurunkan risiko wanita terserang kanker payudara dan pria terkena kanker prostat. Ini semua karena adanya antioksidan yang tinggi di dalam teh hijau sehingga bisa mencegah kerusakan sel dan mencegah munculnya sel kanker.

Ilmuwan di Universitas Tufts University juga sudah mengamati Oxygen Radical Absorbance Capacity pada teh hijau. Dari penelitian tersebut terbukti bahwa teh hijau memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan yang lainnya. Ini tentu sangat bagus untuk mencegah risiko penyakit kronis seperti kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Agar terhindar dari penyakit yang satu ini maka kamu bisa rutin minum teh hijau. Ini karena teh hijau sudah terbukti mampu melancarkan peredaran darah sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh bisa lebih lancar dilakukan.

Selain itu, teh hijau juga bisa menurunkan kadar kolesterol LDL atau koleksterol jahat dalam darah. Teh hijau di sisi lain juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik yang disebut dengan HDL. Dengan meningkatnya kolesterol baik dan menurunnya kolesterol jahat, tentu kesehatan jantung jadi lebih bisa dijaga.

Meningkatkan Fungsi Otak

Teh hijau juga bagus untuk meningkatkan fungsi otak. Di dalam teh hijau terdapat kafein yang bisa mendukung fungsi otak. Saat kafein masuk ke otak, maka kafein tersebut akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine. Ini membuat otak jadi bisa berpikir lebih lancar. Maka dari itu tidak salah kalau kamu rutin minum teh hijau di pagi hari. Kamu akan bisa lebih fokus menjalankan tugas dan lebih lancar mengingat hal yang harus kamu lakukan.

Mempercantik Kulit Wajah

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang bersih mulus tanpa cela. Kamu yang punya masalah dengan kulit wajah bisa coba rutin minum teh hijau. Sudah sejak lama teh hijau yang kaya antioksidan dipercaya bisa bikin kulit lebih cerah, halus, dan mulus.

Sebuah studi dari Medical College of Georgia pada tahun 2003 mengungkapkan bahwa teh hijau bisa mengeluarkan racun dari kulit. Selain itu teh hijau juga bisa menyembuhkan noda dan bekas luka, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi peradangan.

Bukan hanya itu, teh hijau juga bisa mengurangi lingkar hitam di mata dan meredakan mata bengkak. Ini karena ada zat tanin yang bisa menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata sehingga bisa mengurangi peradangan pada mata.

Rutin mengonsumsi teh hijau juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini muncul di wajah. Adanya zat polifenol bisa menetralisir radikal bebas yang bisa mempercepat terjadinya proses penuaan. Dengan begini, kerutan bisa diminimalkan, noda hitam hilang, dan kulit jadi lebih awet muda.

Ini Dia Rekomendasi Teh Hijau untuk Kamu

Teh Hijau Cap Kepala Djenggot

Teh Hijau Cap Kepala Djenggot adalah rekomendasi pertama dari kami. Teh hijau yang satu ini mampu mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh. Produk yang satu ini dihadirkan oleh PT. Gunung Subur Sejahtera. Proses pengolahannya sangat higienis. Dipetik dari perkebunan yang asri membuat kandungannya tetap terjaga baik. Rasa dan aroma teh hijaunya begitu kuat dan tentu saja bisa memberikan manfaat baik untuk peminumnya.

Dalam teh hijau ini ada senyawa katekin yang mampu menghambat radikal bebas pada sel-sel tubuh. Ini membuat tubuh lebih sehat karena sistem imunnya terjaga dengan baik. Selain itu, berat badan pun bisa turun dengan konsumsi rutin produk ini.

Harga Rp. 8.000-15.000

Lipton Green Tea with Jasmine

Lipton Green Tea with Jasmine tentu bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini memiliki keunikan dari aroma dan rasa. Dengan aroma melati, teh hijau ini bikin kita lebih rileks. Selain itu aroma melati juga bikin kita jadi kembali semangat dan bisa terlepas dari stres yang menumpuk. Dibuat dari daun teh yang besar sehingga proses infuse juga lebih baik. Daunnya dipilih secara ekslusif dari perkebunan teh yang terpercaya di dunia. Daun tehnya sendiri sudah disertifikasi oleh Rainforest Alliance. Produk ini halal sehingga aman diminum kapan saja.

Harga Rp. 41.000-123.000

Sosro Heritage Green Tea

Sosro Heritage Green Tea ini juga bisa jadi pilihan kamu. Minuman teh hijau yang satu ini rasanya tidak kalah enak dari teh hijau lainnya. Teh ini hanya dibuat dari tiga pucuk daun teh teratas yang mengandung kadar polifenol dan katekin paling tinggi. Diproses secara alami tanpa pewarna tambahan dan zat pengawet membuat produk yang satu ini aman untuk kesehatan kita. Cita rasa lokal teh yang satu ini bikin kita jadi kembali segar. Pikiran jadi rileks dan kita jadi semangat melakukan aktivitas lainnya.

Harga Rp. 11.000-17.000

SariWangi Teh Hijau

SariWangi Teh Hijau juga jangan sampai kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini dibuat dari pucuk daun teh yang dikelola dengan baik di perkebunan. Kualitasnya bagus dan tentu saja dibuat secara higienis sehingga aman sampai di tangan konsumen. Rasa dan aromanya begitu enak dan menyegarkan. Teh ini akan lebih terasa manfaat alaminya jika dinikmati tanpa gula.

Harga Rp. 10.600-16.000

Tong Tji Green Tea Teh Hijau

Tong Tji Green Tea Teh Hijau ini juga pilihan terbaik lainnya untuk kamu. Produk yang satu ini hadir dengan rasa sepat yang pas dan tidak berlebihan. Aromanya juga wangi segar sehingga bikin kita jadi rileks. Dibuat dari daun teh yang masih muda sehingga kemurnian warnanya tetap terjaga. Rasanya lembut dan tidak bikin seret di tenggorokan. Cukup seduh dengan air panas atau dingin sesuai selera.
Produk yang satu ini juga tersedia dalam kemasan teh seduh selain kemasan teh celup.

Harga Rp. 16.420-28.000

Herbilogy Green Tea

Herbilogy Green Tea adalah pilihan lainnya yang tepat selanjutnya untuk teh hijau. Produk yang satu ini adalah teh berkualitas premium. Dengan kandungan antioksidan dan mineral tinggi, teh ini aman untuk diminum kapan saja. Produk ini dibuat tanpa gula, pewarna, pengawet, dan perasa buatan.

Teh ini bisa meredakan kantuk karena ada kandungan kafein di dalamnya. Selain itu juga baik untuk kecantikan kulit wajah karena bisa menghilangkan jerawat dan noda hitam. Produk yang satu ini bebas gluten dan bebas aneka turunan susu sehingga tidak akan menyebabkan alergi. Produk yang satu ini juga mendapatkan sertifikat halal dari MUI sehingga kita tidak perlu was-was mengonsumsinya.

Harga Rp. 83.000-93.000

Matcha Japanese Green Tea Powder

Matcha Japanese Green Tea Powder adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini merupakan produk impor dari Jepang. Dengan warna cerah, bubuk ini kaya akan klorofil yang belum teroksidasi sehingga lebih segar rasanya. Bubuk greentea ini cocok jadi minuman teh, bahan kue, dan lain sebagainya. Dibuat dari daun teh hijau muda berkualitas, bubuk teh hijau ini tidak dicampur gula, pengawet, dan pewarna. Aroma teh hijaunya sangat kuat dan tidak pahit. Produk ini bisa diminum langsung tanpa ditambahkan pemanis. Dikemas dengan aluminium foil food grade sehingga teh hijau tetap aman hingga tangan konsumen.

Harga Rp. 107.000-169.000

Cocodeli Organic Tea & Blends Lemongrass Green Tea

Cocodeli Organic Tea & Blends Lemongrass Green Tea menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Teh hijau yang satu ini unik karena dikombinasikan dengan serai. Cita rasanya segar dan aromanya bikin rileks. Dikemas dalam kemasan kaleng, di dalamnya berisi 10 kantung teh yang praktis siap seduh. Kantung tehnya terbuat dari bahan nilon premium tanpa pemutih. Teh ini cocok diminum kapan saja kamu butuh rileks.

Harga Rp. 14.700

Sencha Japanese Green Tea

Jangan lewatkan untuk mencoba Sencha Japanese Green Tea. Ini adalah minuman teh hijau yang rasanya enak dan aromanya begitu menyegarkan. Dibuat dari daun teh hijau premium, produknya berupa daun teh segar yang belum teroksidasi. Teh ini sangat populer di Jepang karena rasanya ringan sehingga bisa dinikmati pada setiap suasana.

Teh yang satu ini bisa jadi sumber antioksidan dan vitamin C untuk menjaga tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Selain itu, bagus juga untuk menghancurkan sel-sel kanker dan mencegah penyumbatan arteri. Minuman ini juga bisa memperkuat sistem imun tubuh dan bikin tanda-tanda penuaan berkurang.

Harga Rp. 61.000-62.000

2Tang Green Tea Natural Teh Celup

2Tang Green Tea Natural Teh Celup ini adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini adalah teh hijau yang dibuat dari bahan pilihan. Dengan proses panjang, daun teh yang baru dipetik segera dikukus untuk menghindari proses fermentasi dan menjaga warna hijau teh. Ini membuat tehnya memiliki warna yang cerah dan bisa memberi sensasi kesegaran yang nyata.

Harga Rp. 14.900-51.000
From our editorial team

Hindari Mencampur Teh Hijau dengan Bahan Lain

Ada kalanya kita suka mencampur sesuatu dalam minuman teh kita. Ada yang gemar mencampur dengan madu, jeruk nipis, atau bahkan susu. Nah, untuk kamu yang sedang diet, sebaiknya hal ini tidak dilakukan, ya. Sebab, mencampur teh hijau dengan bahan lainnya malah susah bikin kamu turun berat badan. Padahal, tujuan kamu minum teh hijau dengan rutin tentunya untuk bikin kamu lebih langsing, kan? Maka dari itu hindari penambahan bahan yang bisa meningkatkan kandungan kalori di dalam teh hijau, ya.

Tag