10 Rekomendasi Madu Hutan Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh (2021)

10 Rekomendasi Madu Hutan Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh (2021)

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan konsumsi madu. Madu hutan adalah jenis madu yang dikenal memiliki manfaat kesehatan tinggi. Simak rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Madu Hutan Sangat Berkhasiat Untuk Kesehatan

Lebah di hutan mengonsumsi makanan alami dari alam. Hal ini membuat madu yang dihasilkannya menjadi lebih berkualitas, sehingga madu hutan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Madu hutan merupakan madu alami yang tidak banyak melalui proses pengolahan, sehingga khasiat dan manfaatnya dinilai lebih baik dari madu jenis lainnya.

Manfaat Madu Hutan Untuk Kesehatan

Menguatkan Sistem Imun

Madu mengandung senyawa yang dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh. Apalagi ketika musim tidak menentu yang membuat kondisi tubuh juga tidak stabil. Dengan mengonsumsi madu secara rutin, Anda dapat menutrisi tubuh menjadi lebih kuat, berenergi, dan tidak mudah jatuh sakit.

Melindungi dari Kanker

Madu juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dengan menahan mutasi gen, sehingga dapat menekan sel-sel kanker yang tumbuh di luar kendali secara marginal. Untuk mencegah datangnya penyakit degeneratif seperti kanker, Anda bisa mengonsumsi madu. Misalnya adalah madu hutan yang dikenal sangat alami.

Menjadi Sumber Energi

Madu mengandung berbagai nutrisi dan gula alami yang sehat. Mengonsumsi madu sebelum berolahraga dalam membentuk energi secara instan. Mengonsumsi madu dalam jangka waktu yang lama dapat membuat seseorang menjadi kuat dan penuh energi.

Mengobati Tukak Lambung

Sifat antimikroba yang terkandung di dalam madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk menangani tukak lambung dengan sangat baik. Tukak lambung merupakan penyakit yang harus dirawat dengan baik. Anda bisa memilih madu hutan alami untuk meredakan nyeri akibat tukak lambung.

Menyehatkan Kulit

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam madu dapat menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Senyawa antioksidan ini juga bermanfaat untuk menghambat penuaan. Hal ini membuat madu sangatlah baik untuk dikonsumsi.

Sifat madu sebagai antiseptik juga bagus untuk diaplikasikan langsung ke kulit termasuk kulit wajah. Madu dapat mengurangi jerawat dan mengangkat sel kulit mati.

Masker madu juga kerap digunakan untuk mencerahkan wajah termasuk bibir. Dengan mengaplikasikan madu secara rutin pada wajah dan bibir, wajah akan menjadi cerah dan bibir menjadi merah alami, karena terjaga kesehatannya.

Selain mencerahkan, mengoleskan madu pada bibir juga berfungsi untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah.

Tips Memilih Madu Hutan Terbaik

Pastikan Keasliannya

Karena madu hutan diminati oleh banyak orang, tidak sedikit oknum yang tak bertanggungjawab memproduksi oplosan madu dan menjualnya di pasaran. Maka dari itu, Anda perlu mengenali ciri-ciri madu hutan yang asli.

Dari segi rasa, madu hutan cenderung memiliki cita rasa yang lebih kaya dan lebih kompleks. Anda juga mungkin mendapati rasanya tidak semanis madu ternak.

Warna dan tekstur madu hutan juga bervariasi. Warna cokelat kehitaman dengan tekstur agak cair banyak ditemukan pada madu hutan asal Sumatera. Sementara itu, madu hutan dari Kalimantan cenderung berwarna lebih terang serta bertekstur lebih kental. Namun, pada umumnya madu hutan terlihat berwarna cokelat kehitaman.

Ciri lain dari madu hutan yang bagus adalah tidak akan mengendap meskipun disimpan berbulan-bulan. Anda dapat menyimpannya dalam waktu yang lama. Pada madu yang berkualitas, tidak akan tampak batas yang memisahkan bagian air dengan madu jika madu hutan yang Anda beli asli.

Pilih yang Khasiatnya Sesuai Kebutuhan

Madu hutan memang memiliki berbagai khasiat yang baik untuk dikonsumsi. Namun, karena lebah hutan itu mengonsumsi nektar dan serbuk sari dari aneka macam tanaman, kandungan gizinya pun jadi relatif beragam.

Oleh karena itulah mengapa satu produk madu hutan bisa memberikan manfaat yang berbeda dengan produk lainnya. Jadi, pastikan Anda mencermati klaim khasiat yang ditawarkan sebelum menentukan produk madu hutan pilihan

Ketahui Kandungan Utamanya

Kandungan utama madu hutan dapat berbeda-beda karena nektar dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah pun beragam. Dengan mengetahui kandungan utamanya, lebih mudah bagi Anda untuk menemukan produk madu hutan yang sesuai kebutuhan.

Madu yang dipasarkan juga kerap dicampur dengan produk lebah lainnya seperti bee pollen, bee propolis, royal jelly, yang juga memiliki beragam khasiat yang bermanfaat.

Rekomendasi Madu Hutan Untuk Menjaga Kesehatan

Javara Sialang Raw Honey

Sesuai dengan namanya, Madu hutan ini diambil dari pohon Sialang yang berada di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Sumatera. Madu Sialang ini dipanen dengan cara tradisional untuk menjaga keberlanjutannya.

Madu hutan yang satu ini memiliki aroma jeruk yang khas. Oleh karena itu, madu ini terasa pas sekali untuk dipadukan bersama keju ataupun yogurt. Jika Anda mencari madu yang sesuai sebagai pelengkap sarapan, Sialang Raw Honey ini bisa menjadi andalan.

Harga Rp. 130.000-180.000

Suka Wild Forest Honey

Madu hutan Suka. ini mempunyai rasa manis dengan aroma floral dari bunga-bunga di hutan Jawa Tengah. Karena berada di hutan, bunga-bunga tersebut merupakan bunga organik bebas pestisida yang menjadi tempat lebah mencari nektar dan pollen.

Produk ini 100% madu asli, tanpa campuran yang lain. Oleh karena itu, produk ini aman untuk dimakan atau diaplikasikan ke kulit maupun rambut.

Madu hutan mengandung senyawa antibakteri sehingga sangat baik digunakan untuk merawat kulit wajah yang berjerawat. Di samping itu, menjadikan produk ini sebagai masker wajah akan mengangkat sel kulit mati, menghilangkan kulit kusam, dan membuat kulit menjadi lebih cerah dan plumpy.

Tidak hanya untuk kulit, produk ini juga bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut sehingga dapat mengurangi rambut rontok.

Produk ini menjadi jawaban bagi Anda yang menginginkan bahan natural untuk merawat kesehatan dan kecantikan.

Harga Rp. 100.000-250.000

Beema Honey Black Forest Raw Honey

Beema Honey Black Forest Raw Honey ini merupakan madu hutan hitam organik murni dihasilkan oleh lebah di Gunung Muria di Jawa Tengah.

Madu hitam ini memberikan sensasi hangat ketika diminum. Oleh karena itu, madu hutan ini bisa membantu melegakan tenggorokan serta meredakan batuk. Sebagai catatan, madu ini hanya boleh dikonsumsi oleh anak-anak berusia satu tahun ke atas.

Harga Rp. 150.000-350.000

Honey Life Raw Wild Forest Honey

Madu ini diambil dari hutan liar suku Baduy Dalam. Madu ini dipanen pada waktu yang tepat sehingga semua enzim aktif dalam kondisi terbaik. Bee pollen, propolis, dan royal jelly sudah terfermentasi secara alami di dalamnya.

Jika kebanyakan madu dipanen dengan cara diperas, produk yang satu ini sedikit berbeda. Raw Wild Forest Honey dari Honey Life diperoleh dengan sistem penyaringan khusus. Madunya dengan cara ditiriskan sehingga kebersihan dan kandungan utamanya terjaga.

Produk ini sangat bisa dijadikan sebagai suplemen kesehatan andalan bagi Anda dan seluruh keluarga.

Harga Rp. 80.000-200.000

Madu Pramuka Madu Super

Madu Super dari Madu Pramuka ini terbuat dari madu hutan yang juga mengandung royal jelly dan bee pollen. Madu ini memiliki rasa manis alami yang baik bagi kesehatan.

Madu dengan campuran bee pollen dan royal jelly dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, menurunkan kolesterol, membantu penyembuhan luka, hingga meningkatkan energi.

Madu Super dari Madu Pramuka ini 100% asli organik. Selain dikonsumsi langsung, Anda juga bisa menambahkan madu sehat ini ke dalam makanan atau minuman.

Harga Rp. 85.000-170.000

Madu Murni Nusantara

Tulisan pada kemasannya sungguh menggelitik. “Tidak 100% Murni, ‘uang kembali’”, begitu yang tertera. Madu Murni Nusantara telah memproduksi madu sejak 1983.

Madu ini berasal dari lebah di hutan randu yang mengonsumsi nektar dari bunga kapuk atau randu.

Khasiat madu sehat ini diklaim mampu membantu memelihara kesehatan, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, hingga meredakan berbagai kondisi seperti batuk, sariawan, bibir pecah-pecah, dan radang tenggorokan, dan lain sebagainya.

Anda dapat meminumnya secara langsung atau dilarutkan ke dalam minuman.

Harga Rp. 60.000-200.000

Madu Uray

Madu Uray merupakan madu hutan alami bermutu tinggi yang dihasilkan oleh lebah madu raksasa yang mengonsumsi nektar dari berbagai jenis bunga liar yang tumbuh di hutan.

Madu Uray dipanen dengan standar panen lestari supaya menghasilkan madu berkualitas sekaligus mendukung kelangsungan hidup lebah.

Madu Uray menjaga kemurniannya dengan diproses tanpa pemanasan agar seluruh vitamin, enzim lebah, dan mineral yang terkandung di dalamnya dapat diperoleh dengan kualitas terbaik.

Madu ini dikonsumsi sehari-hari sebagai alternatif pemanis yang lebih sehat, serta berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Harga Rp. 75.000-200.000

Mahavita Madu Baduy

Madu berwarna keemasan ini dihasilkan oleh lebah madu raksasa yang hidup di tanah Baduy. Seperti yang kita ketahui, lingkungan alam Baduy itu sangat terjaga keasrian dan kelestariannya. Wajar saja bila berbagai hasil bumi dari sana memiliki kualitas yang baik dan kaya akan kandungan zat gizi, termasuk madu Mahavita ini.

Madu Mahavita ini dapat Anda gunakan sebagai suplemen kesehatan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, berperan sebagai antibakteri, serta antiinflamasi.

Harga Rp. 55.000-150.000

Kembang Joyo Madu Hutan

Madu ini memiliki rasa eksotis khas madu pedalaman hutan. Di samping rasa, manfaatnya bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi.

Selain bermanfaat untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh, madu ini juga berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu seperti radang tenggorokan dan pilek.

ika Anda mempunyai penyakit kronis, berkonsultasilah pada dokter sebelum menambahkan produk ini dalam menu harian.

Harga Rp. 120.000-200.000

Sentra Madu Forest Honey

Forest Honey Sentra Madu ini merupakan madu hutan yang dihasilkan oleh lebah liar yang hidup di hutan tanpa diternakkan. Lebah liar tersebut mengonsumsi nektar dari berbagai jenis bunga, sesuai dengan jenis tanaman yang ada pada hutan tempat lebah berkembangbiak.

Oleh karena bahannya yang murni dari alam tanpa campur tangan manusia, Forest Honey tidak mengandung bahan berbahaya, pengawet atau bahan kimia lainnya, sehingga baik untuk dikonsumsi dan memberikan manfaat kesehatan bagi Anda.

Harga Rp. 150.000-200.000
From our editorial team

Coba Berbagai Macam Cara Konsumsi Madu Agar Tidak Bosan

Madu bisa dikonsumsi dengan berbagai cara lho. Bisa diseduh dengan teh atau air panas, bisa juga dijadikan topping untuk pancake sarapan pagi yang lezat. Pilih madu hutan favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!

Tag