10 Rekomendasi Deterjen untuk Mesin Cuci yang Aman Bagi Pakaian Anda (2022)

10 Rekomendasi Deterjen untuk Mesin Cuci yang Aman Bagi Pakaian Anda (2022)

Mesin cuci memiliki kemampuan yang berbeda. Penggunaan deterjen juga berpengaruh terhadap performa mesin cuci. Ada khusus deterjen untuk mesin cuci yang dapat membantu membersihkan pakaian, wangi sepanjang hari, dan membantu mesin agar tetap awet. Anda perlu tahu terlebih dahulu tipe mesin cuci. Ada pula rekomendasi deterjen untuk mesin cuci yang bisa Anda pilih sesuai tipe mesin cuci.

Deterjen Cair Efektif Mengangkat Noda Membandel

Siapa yang tidak kesal dengan noda membandel dan sulit untuk dihilangkan. Tentu merendamnya saja tidak cukup karena noda membandel membutuhkan penanganan yang lebih. Penggunaan sabun cuci juga mempengaruhi, apakah noda bisa hilang ataukah meninggalkan flek. Tentu Anda tidak mau juga jika pakaian Anda meninggalkan flek.

Perlu Anda tahu bahwa deterjen cair sangat efektif mengangkat noda membandel karena mengandung bahan alcohol ethoxylates. Bahan tersebut dapat mengangkat noda hingga serat-serat kain. Itu mengapa, deterjen cair sangat cocok untuk mesin cuci karena proses pencucian dengan mesin tidak bisa memilih bagian tertentu.

Ketahui Tipe Mesin Cuci

Top Loading

Mesin cuci top loading ialah mesin yang menggunakan bukaan atas. Tipe ini banyak digunakan karena harganya juga lebih ekonomis. Anda bisa memasukkan pakaian kotor ketika proses pencucian sedang berlangsung.

Apabila memiliki pengering, maka terdapat dua tabung dengan bukaan yang sama. Penggunaan deterjen dan air biasanya lebih banyak, tetapi dapat menampung pakaian lebih banyak daripada front loading.

Front Loading

Mesin cuci front loading merupakan mesin cuci dengan bukaan di depan. Tipe ini lebih modern dan memiliki harga yang lebih mahal daripada tipe top loading. Penggunaan air dan deterjen lebih hemat tetapi tidak dapat menampung banyak pakaian.

Bisa juga untuk berbagai jenis pakaian seperti katun dan denim. Proses penekanannya juga ringan sehingga tidak membuat pakaian cepat rusak.

Keunggulan Deterjen Cair

Lebih Praktis

Penggunaannya lebih praktis karena penuangannya tidak perlu menggunakan takaran paten seperti deterjen bubuk. Pada kemasan khusus atau botol biasanya sudah tersedia tutup takar untuk membantu Anda menentukan jumlah yang tepat. Selain itu, penyimpanan deterjen cair juga lebih aman karena tidak perlu takut terkena air seperti deterjen bubuk.

Cocok untuk Noda Minyak

Seperti penjelasan di atas bahwa noda minyak merupakan noda yang sulit sekali pembersihannya, seperti kuah makanan, tumpahan, saos, atau noda lipstik, BB cream, lotion. Deterjen cair akan membantu mengangkat noda-noda tersebut hingga ke serat kain tanpa merusak lapisan kain. Anda bisa mengoleskannya ke bagian noda yang membandel, kemudian kucek sedikit dan noda pun mudah hilang.

Tidak Meninggalkan Banyak Busa

Deterjen cair sangat ramah lingkungan karena tidak meninggalkan banyak busa. Meskipun demikian, deterjen cair juga mudah larut di dalam air dan cepat mengangkat noda. Noda yang tidak terlalu banyak juga sangat cocok untuk pakaian dengan serat kain halus. Cocok juga untuk kulit sensitif karena tidak terlalu meninggalkan busa.

Ini Rekomendasi Deterjen untuk Mesin Cuci Agar Pakaian Tetap Aman

Rinso Matic

Deterjen cair yang diformulasikan khusus untuk mesin cuci. Selain efektif menghilangkan noda, deterjen ini juga dapat membunuh kuman dan bau tidak sedap. Sangat ramah lingkungan karena mengandung surfaktan.

Menjadi salah satu produk dari Unilever yang mendapatkan penghargaan Indonesia Best Brand Award. Sangat disarankan untuk penggunaan mesin cuci jenis front loading. Anda juga tidak perlu mengucek pakaian, sehingga lebih praktis.

Harga Rp. 24.000-31.000

So Klin Liquid

Deterjen yang mampu membersihkan noda dan menghilangkan bau apek. Formula antibakterinya efektif untuk melindungi pakaian agar tetap memiliki aroma segar. Selain itu, formula concentrate dapat memudahkan dalam proses pencucian.

Apabila memiliki noda membandel, Anda bisa mengoleskannya di atasnya terlebih dahulu. Deterjen ini juga bisa digunakan untuk mencuci di mesin jenis front loading ataupun top loading. Tersedia pula untuk kemasan berbagai ukuran.

Harga Rp. 10.000-15.000

Attack Easy Liquid Romantic Flowers

Memiliki wangi floral yang menyegarkan untuk pakaian dan tahan hingga seharian. Anda akan lebih hemat karena tidak perlu lagi menggunakan pewangi cuci. Selain mampu mengangkat kotoran hanya dengan satu kali kucek dan satu kali bilas, bisa juga menghilangkan kuman.

Bakteri dan kuman di dalam pakaian Anda akan hilang dan wangi floral tetap awet. Kemasannya menggunakan botol dengan tutup botolnya bisa Anda gunakan sebagai gelas takar. Jika ingin refill, tersedia pula Attack Liquid kemasan.

Harga Rp. 18.000-19.000

Total Almeera Liquid

Memiliki kandungan yang halal sehingga aman digunakan. Dapat membersihkan noda membandel sampai serat kain dan cocok untuk berbagai jenis kain. Memiliki pelembab yang tetap akan membuat tangan tetap halus dan lembab.

Memiliki ekstrak parfum yang dapat bertahan hingga seharian. Terdapat dua varian, yaitu Total Almeera Liquid hijau dan Total Almeera Sport and Active Liquid. Kedua varian tersebut memiliki wangi yang menyegarkan.

Harga Rp. 18.000-20.000

Sweepol Front Loading Liquid

Khusus diformulasikan untuk mesin cuci front loading atau bukaan depan. Tidak akan meninggalkan sisa deterjen, sehingga mesin cuci Anda lebih awet. Mampu mengangkat noda secara maksimal sampai serat kain.

Busa yang dihasilkan dari deterjen ini sedikit sehingga tidak merusak mesin. Wanginya bisa tahan hingga seharian. Memiliki ukuran 5 liter yang bisa Anda gunakan untuk jangka panjang.

Harga Rp. 68.000-104.000

Yuri Biosoft Detergen

Sudah lengkap dengan softener yang dapat membuat pakaian lembut dan wangi. Dirancang untuk menjaga warna pakaian dalam keadaan yang baik dan tahan lama. Cocok untuk pakaian halus, seperti bahan sutra, woll, polyster, katun halus, dan jenis kain halus lainnya.

PH balanced akan membuat tangan Anda tetap lembut dan terhindar dari iritasi. Kemasan botolnya memiliki gelas takar untuk memudahkan Anda menentukan takaran.

Harga Rp. 14.000-15.000

Molto Glowing Elegance

Memiliki teknologi deep clean yang mampu membersihkan noda hingga serat pakaian. Formula wanginya seperti parfum Prancis yang tahan lama hingga seharian. Anda bisa mengaplikasikannya pada noda yang membandel sebelum mencucinya.

Penggunaan untuk 10 liter air bisa dengan mencampurkan 1 tutup botol. Sangat awet dan dapat hemat tetapi pakaian juga tetap bersih.

Harga Rp. 14.000-15.500

Rinso Molto Deterjen Cair

Perpaduan antara rinso dengan molto akan memberikan wangi dan bersih yang lebih maksimal. Deterjen ini sangat cepat larut dalam air dan meresap hingga serat kain. Mampu meninggalkan wangi yang tahan lama hingga seharian.

Anda tidak perlu khawatir karena deterjen ini dapat menjaga warna pakaian. Mengandung pelembut yang dapat melembutkan tangan. Tersedia dalam berbagai kemasan yang ekonomis, sehingga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 22.000-25.000

Prokleen Deterjen Cair

Bisa Anda gunakan untuk jenis mesin cuci top loading ataupun front loading. Memiliki teknologi deep clean yang akan membantu mengangkat noda membandel hingga serat kain. Diformulasikan untuk membunuh kuman dan bakteri dengan kandungan anti bakteri di dalamnya.

Sangat aman untuk bayi dan anak-anak, sehingga cocok untuk pakaian Anda. Memiliki pH 8.0 - 9.0 yang aman untuk kulit yang sensitif. Sangat ramah lingkungan karena tidak menimbulkan banyak busa.

Harga Rp. 42.000-65.000

Sahaja Deterjen Cair Konsentrat

Produk deterjen yang dikembangkan dan diproduksi dengan bahan-bahan halal. Sangat mudah larut dalam air dan mampu mengangkat kotoran membandel dengan maksimal. Sangat cocok untuk kulit sensitif dan tangan Anda akan tetap halus.

Mengandung parfum konsentrat yang menyegarkan dan awet sepanjang hari. Sangat ramah lingkungan karena tidak meninggalkan busa yang terlalu banyak. Tanpa bahan pewarna dan bahan paraben yang sangat aman untuk Anda.

Harga Rp. 12.000-17.000
From our editorial team

Pilih Deterjen yang Tepat untuk Jenis Mesin Cuci Anda

Pilihan yang tepat untuk jenis mesin cuci perlu diperhatikan pula. Formula yang tepat akan memberikan kekuatan mesin cuci yang lebih awet. Selain membuat pakaian bersih dan wangi, deterjen cair yang bisa membuat mesin cuci tetap awet juga perlu Anda pertimbangkan.

Tag