Mencetak Foto Lebih Jernih dan Baik dengan 10 Rekomendasi Cetakan Foto yang Canggih (2020)

Mencetak Foto Lebih Jernih dan Baik dengan 10 Rekomendasi Cetakan Foto yang Canggih (2020)

Mencetak foto tentunya tidak bisa menggunakan printer biasa. Pencetak foto memiliki lebih banyak warna dan hasil cetak yang lebih tajam. Karena itu, bila Anda sedang mencari produk pencetak foto yang pas, baca dulu tips dan ulasan dari BP-Guide berikut ini.

Cetakan Foto Saat Ini Tersedia dalam Bentuk Aplikasi Maupun Cetakan Langsung

Sebelumnya, berfoto dan mencetaknya hanya bisa dilakukan di studio foto. Setelah berkembangnya zaman, Anda tidak perlu lagi melakukan hal yang rumit seperti itu. Teknologi telah memudahkan Anda untuk dapat berfoto di mana saja dan mencetaknya dengan mudah.

Untuk mendukung aktivitas berfoto dan mencetak foto, telah tersedia cetakan foto langsung dan melalui aplikasi. Kedua alat bantu cetak foto ini membuat Anda tidak perlu lagi repot-repot ke studio foto, karena semuanya sudah bisa dilakukan di rumah. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan editing terlebih dahulu melalui aplikasi sebelum mencetaknya.

Kenali Beberapa Aplikasi Cetak Foto yang Paling Banyak Digunakan

EasyBoost Photo Print

EasyBoost Photo Print adalah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan Anda saat ingin mencetak foto dengan komputer maupun smartphone Android.

Tidak hanya mencetak foto saja, aplikasi ini juga memberikan Anda banyak fitur menarik, seperti mengatur kekontrasan, memberikan bingkai, memberi filter, memberikan efek, dan berbagai fitur lainnya.

Anda juga bisa melakukan editing foto menggunakan template yang telah tersedia. Berbagai template yang tersedia memiliki isi kotak yang ukurannya telah disesuaikan dengan ukuran gambar umum.

PhotoScape

PhotoScape adalah aplikasi cetak foto yang ringan dan ringkas. Awalnya aplikasi ini dirancang hanya untuk editing foto saja. Setelah dilakukan pembaruan, PhotoScape berkembang menjadi aplikasi edit dan cetak foto.

Aplikasi yang dikembangkan oleh MOOII Tech dari Korea ini menyediakan berbagai fitur menarik. Sehingga Anda bisa memberikan efek atau hiasan pada foto Anda sebelum mencetaknya. Berbagai fitur andalan dari PhotoScape adalah fitur menghilangkan mata merah, tfitur bingkai yang estetik, pengaturan kejelasan gambar, filter, dan banyak fitur menarik lainnya.

Picasa

Sumber gambar https://kursors.lv

Picasa adalah aplikasi cetak foto dari Windows yang dapat Anda dapatkan secara gratis. Selain ringan, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, ditambah dengan berbagai fitur menarik menjadikan aplikasi cetak foto ini yang terbaik di kelasnya. Sistem kerjanya juga bisa disesuaikan secara online ataupun offline.

Jika Anda menggunakan mode online, Anda bisa berbagi dan orang lain dapat melihat hasil editing foto Anda. Aplikasi yang dapat digunakan oleh semua sistem operasi ini memudahkan Anda untuk mencetak foto hanya dengan satu klik saja.

IrfanView

Sumber gambar https://ltsoft.xyz/

IrfanView adalah aplikasi cetak foto yang dirancang untuk sistem operasi Windows. Tidak hanya mencetak saja, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat Anda gunakan sebelum mencetak foto. Fitur editing yang tersedia dapat digunakan secara sederhana, sehingga Anda tidak perlu belajar tentang editing foto terlebih dahulu.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Irfan Skiljan ini sangat ringan, sehingga tidak terlalu mengganggu sistem kerja perangkat Anda. Menggunakan IrfanView, Anda tidak perlu takut kalau laptop atau PC Anda menjadi lemot atau lag.

Tips Memilih Cetakan Foto agar Hasilnya Memuaskan

Perhatikan Hasil Cetakan

Kualitas hasil print adalah hal yang utama yang harus diperhatikan jika Anda ingin mencetak foto. Jika printer yang Anda pilih tidak memiliki hasil yang berkualitas, hasil cetakan foto Anda tidak akan memuaskan. Mulai dari warna yang berubah, gambar yang tidak tajam, gambar menjadi pecah-pecah, dan berbagai masalah lainnya.

Maka dari itu, Anda perlu mengecek kualitas dari hasil cetak printer sebelum Anda membelinya. Atau Anda juga bisa melihat spesifikasi dan review-nya di internet, agar Anda mendapatkan printer sesuai dengan yang Anda inginkan.

Cek Kecepatan Cetaknya

Jika foto yang Anda ingin cetak tidak banyak, kecepatan printer mencetak tidak perlu Anda khawatirkan. Tetapi jika Anda selalu mencetak banyak foto, kecepatan cetak foto harus Anda perhatikan. Terlebih jika printer yang Anda beli digunakan untuk bisnis cetak foto, maka kecepatan cetak menjadi hal yang utama.

Mencetak foto yang penuh dengan warna tentunya memiliki waktu cetak yang lebih lama dari pada dokumen biasa. Maka dari itu, Anda perlu memilih printer khusus cetak foto agar kecepatan cetaknya lebih cepat dibandingkan dengan printer biasa.

Pastikan Resolusi Cetaknya

Agar foto Anda tetap jelas dan sesuai keinginan saat dicetak, printer Anda harus memiliki resolusi yang tinggi. Printer standar biasanya hanya memiliki resolusi 600 x 600. Resolusi tersebut dirancang hanya untuk mencetak dokumen biasa, sehingga tidak cocok untuk Anda yang ingin mencetak foto.

Semakin tinggi resolusi ditandai dengan tingginya DPI atau dots per inch. Semakin tinggi DPI-nya, maka semakin rapat dan kecil pula pixel-nya. Semakin tidak terlihat pixe-lnya, semakin jernih pula gambar yang dihasilkan. Maka dari itu, sebelum memilih printer cetak foto, lihatlah terlebih dahulu resolusinya atau DPI-nya.

Cari Tahu Ketahanannya

Ketahanan dari printer perlu Anda pertimbangkan, karena banyak printer yang memiliki daya tahan yang lemah. Sebenarnya, dibandingkan perangkat keras yang lain, printer adalah salah satu perangkat yang rentan rusak. Tetapi jika Anda cermat dalam memilih, Anda bisa mendapatkan printer dengan daya tahan yang baik.

Sebenarnya Anda bisa mendeteksi ketahanan printer dari kelasnya. Printer kelas high-end tentunya memiliki daya tahan yang lebih tangguh dibandingkan kelas low-end. Namun, jika Anda masih juga ragu, Anda bisa berselancar di internet untuk mencari kebenarannya. Anda bisa masuk ke dalam forum printer atau membaca review-review agar mendapatkan testimoni yang valid.

Pastikan Memiliki Garansi

Agar Anda lebih tenang dalam menggunakan printer cetak foto, pilihlah printer yang memiliki garansi. Tidak hanya mendapatkan jaminan ganti rugi, tetapi produk yang memiliki garansi lebih meyakinkan dan tepercaya. Untuk mengetahui toko tempat Anda membeli memiliki garansi atau tidak, Anda bisa mengeceknya pada layanan after sales.

Semakin baik layanan after sales-nya, maka semakin terjamin pula produknya. Jika Anda masih ragu, Anda bisa mengunjungi halaman printer multifungsi untuk mencari referensi printer yang memiliki garansi.

Rekomendasi Cetakan Foto Terbaik 2020

Epson Stylus Photo T60

Epson Stylus Photo T60 adalah printer yang dibekali dengan sistem tinta 6 warna. Printer yang memiliki ukuran tetesan tinta hingga 1.5pl ini memiliki resolusi maksimal cetak 5760 x 1440 dpi dengan VSDT.

Printer cetak foto dari Epson ini memiliki kecepatan cetak yang luar biasa, yaitu 38 ppm untuk color text memo. Sedangkan untuk foto berukuran hingga 10 x 15 cm, memiliki kecepatan hingga 11 detik per foto.

Printer cetak foto yang mendukung OS Windows 2000 / XP / XP-x64 Edition / Vista Mac OS 10.3.9 ini dibekali dengan konektivitas USB 2.0 berkecepatan tinggi. Sedangkan untuk cartridge-nya menggunakan katrid tinta 85N.

Harga Rp. 1.700.000-2.680.000

HP Sprocket Photo Printer

HP Sprocket Photo Printer adalah printer yang didesain minimalis, sehingga bisa dibawa ke mana-mana. Printer yang dapat mencetak foto secara instan ini menggunakan konektivitas Bluetooth yang mulus, sehingga Anda bisa mencetak foto langsung dari smartphone tanpa bantuan PC.

Printer yang dapat mencetak gambar berukuran 5 x 7,6 cm ini mampu mencetak hingga 30 lembar kertas saat baterai terisi penuh. Baterai dapat diisi ulang dan waktu pengisiannya juga relatif singkat, hanya 60 sampai 80 menit.

Anda juga bisa melakukan editing foto terlebih dahulu sebelum dicetak, melalui aplikasi Sprocket yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai fitur edit foto yang menarik, seperti bingkai, emoji, teks, dan stiker.

Harga Rp. 1.000.000-1.540.000

Printer Canon Pixma Pro 10-S

Printer Canon Pixma Pro 10-S adalah printer yang menggunakan 8 tinta individual. Tangki tinta terdiri dari warna kuning, jingga, biru kehijauan, jingga foto, biru kehijauan foto, hitam, abu-abu, dan abu-abu muda.

Printer yang memiliki jumlah nosel hingga 6.144 nosel ini memiliki ukuran tetesan hingga 3pl. Printer dari Canon ini dapat mencetak gambar berukuran 11 x 14 inci pada kertas ukuran A3+ hanya dengan waktu 1 menit 30 detik.

Printer yang mendukung berbagai ukuran kertas ini mencetak border dengan ukuran margin atas 5 mm, margin bawa 5 mm, serta margin kiri dan kanan 3,4 mm. Untuk konektivitasnya, printer cetak foto ini menggunakan kabel USB berkecepatan tinggi.

Harga Rp. 6.550.000-6.680.000

Polaroid ZIP Mobile Printer

Polaroid ZIP Mobile Printer adalah printer yang didesain portabel, sehigga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah.

Dibekali dengan teknologi Bluetooth, sehingga Anda dapat mencetak foto dengan mudah melalui smartphone. Printer yang kompatibel dengan perangkat iOS dan Android ini didesain dengan elegan dan ringkas.

Printer dari Polaroid ZIP yang mampu mencetak foto berukuran 2 x 3 inci ini menggunakan teknologi pencetakan tinta zink zero dengan kecepatan mencetak kurang dari satu menit.

Foto yang dihasilkan pun tahan noda dan tidak terkelupas. Ditenagai oleh baterai Lithium Polymer 500 mAh yang membutuhkan waktu hanya 1,5 jam untuk mengisi daya.

Harga Rp. 1.500.000-3.367.500

Printer Thermal Mini Portable 304

Printer Thermal Mini Portable 304 adalah printer yang menggunakan teknologi nirkabel, sehingga Anda bisa mencetak foto dengan mudah melalui smartphone.

Didukung pula dengan teknologi pencetakan termal dan kepala cetak berkualitas tinggi, sehingga lebih cepat dan lebih hemat energi. Bentuknya ringkas dengan tampilan yang cantik dan bergaya.

Bodinya yang kecil dan ringan membuat printer ini mudah untuk dibawa kemana-mana. Printer yang terbuat dari bahan ABS dan PC ini memiliki ukuran 7,9 cm x 7,9 cm x 4,2 cm. Ditenagai oleh baterai Lithium Ion 2 x 1000mAh.

Harga Rp. 766.080-1.279.000

Fujifilm Instax Share SP-2

Fujifilm Instax Share SP-2 adalah printer yang mampu mencetak foto dengan resolusi 320 dpi hanya dalam waktu sekitar 10 detik. Dibekali dengan teknologi nirkabel yang memungkinkan Anda untuk mencetak foto langsung dari smartphone Anda.

Melalui aplikasi Fujifilm Instax Share, Anda bisa mencetak foto dengan ukuran gambar 62 mm x 46 mm. Printer dari Fujifilm ini hanya mengonsumsi daya 2 W saja, sehingga lebih hemat energi.

Ukurannya yang minimalis yaitu 89,5 mm x 131,8 mm x 40 mm dengan berat hanya 250 gram membuat printer ini sangat mudah dibawa bepergian. Jika Anda tidak ingin menggunakan Bluetooth, Anda bisa menggantinya koneksinya dengan kabel micro USB.

Harga Rp. 1.699.000-2.699.000

Mijia Printer Foto Instan Mini

Mijia Printer Foto Instan Mini adalah printer cetak foto yang dibekali dengan teknologi pencetakan sublimasi dan gamut warna lebar 16,7 juta warna, sehingga menghasilkan foto dengan warna seperti aslinya.

Printer yang dapat mencetak foto berukuran 4 x 6 inci ini memilikiresolusi hinga 300dpi. Kecepatan cetaknya hingga 58s per lembar. Printer dari Mijia ini memiliki tegangan input AC 100-240V, 50 / 60Hz dengan tegangan output DC 24V, 1.6A.

Harga Rp. 1.721.000-3.320.000

Canon Inspic P

Canon Inspic P adalah printer yang dibekali dengan teknologi ZINK yang dapat menghasilkan cetak foto secara instan, tahan noda, serta tidak mudah robek.

Untuk konektivitasnya menggunakan Bluetooth, sehingga Anda tidak perlu menghubungkan printer ke smartphone menggunakan kabel. Bentuknya yang minimalis, ringkas, dan ringan membuat printer dari Canon ini mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Anda juga bisa melakukan editing foto melalui aplikasi Canon Mini Print dengan berbagai fitur menarik, seperti bingkai, teks, emoji, dan fitur yang lainnya.

Harga Rp. 1.899.000-2.255.000

Xiaomi Mijia Portable Smart Mini Pocket

Xiaomi Mijia Portable Smart Mini Pocket adalah printer mini yang memiliki desain kertas penutup slide dan dapat mencetak foto berkualitas dengan gambar yang lebih jernih dan detail. Untuk konektivitasnya menggunakan bluetooth, sehingga Anda bisa mencetak foto dengan mudah melalui smartphone Anda.

Bentuknya yang minimalis dan ringan membuat printer dari Xiaomi ini sangat mudah dibawa ke mana-mana. Anda juga tidak perlu memikirkan sumber listrik, karena printer ini mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 1.029.000

Paperang P2

Paperang P2 adalah printer berukuran 83 x 85 x 45 mm dengan berat 160 gram. Dibekali dengan baterai 100mAh yang pengisian dayanya menggunakan 5V-Micro USB.

Printer yang mencetak foto dengan cara thermal ini menghasilkan foto bergaya hitam putih. Kualitas fotonya juga luar biasa, karena memiliki resolusi 300 DPI yang dapat menghasilkan gambar yang detail dan bersih.

Printer nirkabel ini memiliki konektivitas Bluetooth 4.0 dan cocok dengan sistem operasi Android 4.44 untuk IOS 8.0 ke atas.

Harga Rp. 760.000-1.855.000
From our editorial team

Printer Berkualitas Tinggi untuk Hasil yang Tajam

Printer yang direkomendasikan BP-Guide di atas tentunya menawarkan gambar yang lebih tajam dan menarik. Dengan demikian, Anda bisa memilih salah satu dari rekomendasi BP-Guide di atas sebagai pilihan jitu. Jadi, foto yang Anda cetak bisa berkualitas tinggi dan bisa menjadi kenangan abadi bagi Anda.