10 Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik untuk Aktivitas Kantormu Hanya di Sini! (2020)

10 Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik untuk Aktivitas Kantormu Hanya di Sini! (2020)

Dalam dunia perkantoran, mencetak dokumen adalah kegiatan yang tidak bisa dihindari. Mungkin ada puluhan hingga ratusan lembar kertas yang harus dicetak dan diperlukan printer dengan performa top untuk melakukannya. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi printer laserjet terbaik yang bisa digunakan di kantormu.

Capek Karena Printer Inkjet Sering Bermasalah? Lebih Baik Gunakan Printer Laserjet

Sumber gambar dallaslaserprinters.com

Di antara sekian banyak macam printer yang ada, salah satunya adalah printer laserjet. Kamu yang sering menggunakan printer dalam keseharianmu, baik itu untuk urusan pribadi, kantor, atau usaha, kamu pasti mengenal printer yang satu ini.

Dilihat dari modelnya, printer laserjet mirip dengan miniatur mesin fotokopi. Demikian juga dengan cara kerjanya. Tidak salah memang, karena printer laserjet dikembangkan dengan teknik fotokopi. Adalah Charles Carlson yang berhasil mengadopsi sistem kerja mesin fotokopi ke dalam printer pada tahun 1938.

Baru pada bulan Oktober 1942, Carlson mematenkan penermuannya yang brilian. Printer laserjet kemudian terus mengalami perkembangan ketika peneliti dan insinyur dari Xerox Palo Alto Research Center, Gary Starkweather kembali memodifikasi mesin fotokopi Xerox dan mengubahnya menjadi printer. Ketika kitu, ukurannya masih sangat besar dengan bobot hingga 100 kilogram. Seiring dengan berkembangnya zaman, ukuran printer semakin mengecil dengan fitur yang lebih lengkap.

Dibandingkan dengan printer jenis lain seperti ink jet atau dot matrix, laserjet bisa menghasilkan cetakan yang lebih bagus. Selain itu, kecepatannya juga lebih tinggi dan hasil cetakan juga lebih cepat kering. Hampir mirip seperti mesin fotokopi yang bisa menghasilkan dokumen dengan cepat.

Sayangnya, printer laserjet hanya bagus saat digunakan mencetak dokumen hitam putih saja. Untuk mencetak dokumen berwarna, kualitas yang dihasilkan printer laserjet kurang bagus. Laserjet menggunakan printer bubuk atau toner dan menggunakan perangkat infra merah.

Cara Memilih Printer Laserjet yang Sesuai

Fitur

Printer laserjet terkenal dengan kecepatan kerjanya, namun lebih bersahabat dengan dokumen hitam putih. Tapi jangan salah ya, kini printer laserjet tidak kalah dengan printer inkjet lho. Fitur-fiturnya yang lengkap akan semakin memudahkan pekerjaanmu.

Jika dulu printer hanya berfungsi untuk mencetak dokumen, kini alat tersebut sudah dibekali dengan berbagai fitur lengkap. Sebut saja seperti wireless printer, scanner, fax, auto cleaning system, dan masih banyak lagi. Printer seperti ini sering disebut dengan printer all in one.

Meski harga printer seperti ini relatif mahal, kamu bisa mendapatkan semua fitur lengkapnya. Coba bandingkan jika kamu harus membeli mesin fax dan scanner secara terpisah, tentu akan jauh lebih murah. Kamu juga bisa memilih printer yang memiliki fitur Security PIN. Dengan demikian, printer-mu akan lebih aman dan dokumenmu tidak bisa diakses oleh orang lain.

Testimoni dan Rekomendasi

Ketika kamu ingin membeli printer, lihat dulu deskripsi, kekurangan, dan kelebihan produk secara lengkap. Pastikan bahwa printer tersebut memang benar-benar sesuai dengan yang kamu butuhkan. Jangan tertipu dengan harga yang murah atau desain yang menarik saja.

Jangan asal membeli produk jika kamu belum melihat testimoni pengguna dan siapa yang merekomendasikannya. Ini juga berlaku buat printer. Banyaknya macam dan jenis printer pasti akan membuatmu bingung harus membeli yang mana.

Kamu bisa meminta rekomendasi dari kerabat atau teman yang berpengalaman dalam menggunakan printer. Mintalah saran dari mereka, printer jenis apa yang sebaiknya kamu beli. Selain itu kamu juga harus aktif mencari tahu tentang kekurangan, kelebihan, dan fitur-fitur unggulan apa saja yang ditawarkan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki agar kamu mendapatkan printer terbaik.

Kapasitas

Setiap printer memiliki kapasitas cetak yang berbeda-beda. Demikian pula dengan kebutuhanmu. Jika kamu butuh mencetak banyak dokumen, sebaiknya kamu memilih printer yang kemampuan mencetaknya tinggi.

Terlebih lagi jika printer dipakai oleh beberapa orang sekaligus seperti di kantor. Dengan printer laserjet, aktivitasmun pun akan semakin lancar tanpa takut printer kehabisan kertas atai tinta.

Kecepatan

Selain kapasitas, kecepatan cetak printer juga harus diperhartikan. Laserjet adalah printer yang punya kecepatan cetak sangat tinggi. Tidak hanya itu, kualitasnya juga terjaga lho. Tidak perlu takut hasil cetak akan buram atau samar ya.

Printer dengan kecepatan cetak yang tinggi seperti printer laserjet akan membuat pekerjaanmu semakin lancar dan tidak banyak tertunda.

Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik

Brother DCP L2540DW

Printer yang satu ini adalah mutlifungsi sekaligus untuk fotokopi dokumen berukuran A4 dan F4. Fitur cetak dua sisi atau duplex membantumu menghemat kertas namun tetap mendapatkan salinan dokumen yang diinginkan.

Selain itu printer ini juga menyediakan menu menyortir, memperbesar atau memperkecil dokumen mulai 25 sampai 400%. Total siklus pencetakan yang bisa dilakukan oleh printer ini adalah 12 ribu halaman, sementara kamu bisa memasukkan 250 lembar kertas sekaligus dalam sekali waktu.

Printer juga bisa mencetak dokumen langsung melalui koneksi USB atau WiFi terintegrasi pada perangkat ini. Sangat cocok digunakan untuk penggunaan pribadi atau pengusaha kecil.

Harga Rp. 2.475.000-2.650.000

Canon Laser Printer LBP6030

Dengan fitur WiFi bawaan yang dimiliki, kamu bisa mencetak dokumen secara nirkabel dengan cepat. Printer ini tidak hanya menunjang produktivitasmu, tetapi dengan desain minimalisnya akan menghemat tempat di ruang kerja atau di rumahmu.

Mampu mencetak hingga 18 lembar kertas ukuran A4 setiap menit, printer juga dilengkapi dengan fitur Sleep Mode sehingga bisa mati secara otomatis saat tidak digunakan. Hasil cetakannya tajam dan jelas, mulai dari grafik, gambar, hingga ukuran huruf yang kecil sekailpun.

Hassle-free maintenance-nya membuat printer ini mudah dirawat, baik dalam keseharian maupun saat perlu mengganti cartridge ketika tintanya habis.

Harga Rp. 1.170.000-1.779.000

HP LaserJet Pro M12W

Mengklaim diri sebagai printer laserjet terkecil, jangan ragukan kinerja dari perangkat ini, ya. Cocok untuk penggunaan pribadi atau tim kerja yang kecil printer ini dapat mencetak sebanyak 100 hingga 1000 halaman setiap bulannya dengan kecepatan 18 lembar kertas per menit.

Ukuran kertas yang bisa dimasukkan ke dalam printer adalah A4, A5, B5, dan Craft Envelope. Sementara tebal kertas mulai dari 60 sampai 163 gram lho. Soal kualitas tidak perlu ragu. Printer ini dapat menghasilkan cetakan yang tajam dan jelas, mirip dengan dokumen aslinya.

Harga Rp. 1.400.000-1.967.500

HP Printer Laserjet PRO M254NW

Satu lagi printer merek HP yang bisa kamu pertimbangkan. Printer laserjet yang satu ini dapat mencetak dokumen berwarna dengan resolusi tinggi. Tanpa perlu menyambungkan printer dengan perangkat, kamu bisa mencetak dokumen langsung dari smartphone milikmu.

Teknologi Auto-On dan Auto-Off dari HP membantumu menghemat energi, menjaga data, dokumen, dan perangkat agar tetap aman. Dengan kecepatan tinggi 21 lembar per menit, printer ini mampu menjaga kualitas cetakannya.

Baki kertas dengan kapasitas 250 lembar ini akan membantumu menjaga performa agar tetap produktif.

Harga Rp. 3.900.000-3.959.000

Brother HL-2360DN

Printer berikut dapat mendukung produktivitasmu karena mampu mencetak sebanyak 30 lembar per menit dengan ukuran kertas A4. Fitur unggulannya antara lain mendukung Wired Networking dan dapat mencetak pada dua sisi kertas sekaligus secara otomatis.

Kamu bisa menghubungkan printer ini dengan jaringan komputer yang ada di kantor atau di rumah untuk dapat menggunakannya secara bersamaan. Koneksi WiFi Direct memungkinkan kamu mencetak langsung dari smartphone, baik itu Android atau iOS. Penggunaan printer ini sangat cocok untuk kategori small office, home office (SOHO).

Harga Rp. 1.486.000-2.316.100

HP Printer Laserjet Pro MFP-M227SDN

Printer multifungsi ini hadir dengan metode cetak laser monokrom, sehingga hanya bisa menghasilkan salinan dokumen hitam putih saja.

Baki dengan kapastitas 250 lembar pada printer ini mampu menampung kertas berukuran A4. Dalam satu bulan, printer mampu mencetak hingga 30.000 halaman dengan kecepatan 28 kertas per menit.

Dilengkapi pula dengan fitur scanner yang memudahkan kamu untuk memindai dokumen dengan resolusi berbeda-beda. Mulai dari 300 dpi, 600 dpi, hinggan 1200 dpi.

Untuk kecepatan scanning, printer ini mampu memindai 15 dokumen kertas per menit dengan kapasitas pengumpan sebanyak 35 lembar.

Harga Rp. 3.635.000-3.950.000

HP Printer Laserjet PRO MFP M181FW

Masih printer multifungsi, tugas yang bisa dilakukan produk ini sangat beragam. Mulai dari print, copy, scan, dan fax, semuanya bisa. Kecepatan cetaknya adalah 16 lembar per menit dengan ukuran kertas A4, mampu mencetak hingga 30.000 halaman setiap bulannya.

Kamu bisa langsung mencetak dokumen dari smartphone melalui apikasi HP Smart yang bisa kamu unduh. Agar mendapatkan hasil cetakan yang berkualitas tinggi, sebaiknya kamu hanya menggunakan toner asli dari HP.

Prosesor mesin printer ini sangat cepat mencapai 800 MHz dengan memori standar 256 MB sehingga kamu tidak akan merasakan printer lemot atau error saat sedang digunakan.

Harga Rp. 5.100.000-5.450.000

Printer Laserjet HP Neverstop MFP 1200W

Printer laserjet yang canggih ini menawarkan banyak fitur unggulan seperti kecepatan mencapai 20 halaman per menit untuk cetakan hitam putih dengan ukuran kerta A4. Selain itu, printer ini juga tergolong hemat tinta lho. Menggunakan tinta jenis toner, printer ini lebih hemat 80% dibandingkan printer biasa.

Fitur lain yang ditawarkan oleh printer ini adalah copy dan scanner dengan kualitas dan kecepatan yang bisa diandalkan. Setiap bulannya, printer dapat mencetak hingga 20.000 halaman. Dilengkapi dengan kemampuan nirkabel, kamu bisa mencetak langsung dari smartphone kamu dengan satu langkah mudah.

Harga Rp. 3.749.000-4.000.000

Brother Laserjet MFC-L2700D

Selanjutnya ada printer mono canggih ini. Tidak hanya cetak, perangkat ini juga memiliki fitur scan color dan monochrome dengan resolusi tinggi dan hasil yang tajam. Fitur lainnya adalah copy dan fax untuk semakin memudahkan produktivitasmu.

Printer ini juga bisa menjalankan fungsi N-in-1, yaitu menggabungkan 2 sampai 4 halaman menjadi satu lembar A4. Printer juga mendukung pembesaran dan pengecilan mulai 25 sampai 400 persen.

Harga Rp. 1.825.850-2.835.000

Printer Laserjet Canon MF643CDW

Kalau printer yang satu ini dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan usahamu. Printer 3-in-1 ini multifungsi dan sangat produktif dengan kecepatan cetak hingga 21 kertas per menit untuk ukuran A4.

Soal kualitas tidak perlu ditanya, cetakan yang dihasilkan terlihat jelas dan tajam. Sementara itu, volume cetak bulanan pada printer ini mencapai 2.500 halaman.

Fitur lain pada printer ini adalah WiFi Direct Connection sehingga kamu bisa mencetak dokumen melalui koneksi nirkabel ini.

Harga Rp. 5.700.000-5.999.000
From our editorial team

Sudah Menemukan yang Pas Buatmu?

Setelah membaca semua rekomendasi laserjet printer terbaik dari BP-Guide di atas, apa kamu sudah menemukan yang paling pas untuk kebutuhan kantormu? Jangan hanya terpikat pada model atau mereknya saja, kamu juga harus menyesuaikannya dengan bujet yang dimiliki, ya.