10 Rekomendasi Stylus Pen Murah Tapi Kualitas Jempolan (2022)

10 Rekomendasi Stylus Pen Murah Tapi Kualitas Jempolan (2022)

Jika Anda menekuni profesi tertentu seperti ilustrator atau designer, Anda pasti sangat membutuhkan stylus pen. Keberadaannya akan membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah. Oleh karena itu, yuk simak rekomendasi stylus pen murah berkualitas dari BP-Guide berikut ini!

Stylus Pen Memudahkan Anda Saat Menggunakan Gadget

Sumber gambar globalsources.com

Perkembangan teknologi membuat sebagian besar orang telah beralih menggunakan gawai dengan fitur layar sentuh untuk membantu kegiatan sehari-hari.

Fitur-fitur yang diberikan pada gawai dapat membantu berbagai kegiatan, seperti mencatat berbagai hal penting, hingga melakukan kegiatan seru seperti menggambar di layar gawai. Perlahan, kertas pun tergantikan dengan gawai yang dianggap lebih praktis.

Maka dari itu, untuk mempermudah penggunaan gawai tersebut, maka hadirlah teknologi bernama stylus pen. Stylus pen merupakan perangkat yang diciptakan untuk mempermudah navigasi pada layar sentuh.

Menggunakan stylus pen akan lebih memudahkan Anda ketimbang menggunakan jari jemari pada layar sentuh. Terlebih bagi Anda yang berfungsi sebagai ilustrator dan desainer grafis, tentu sudah memahami pentingnya alat ini.

Tips Membeli Stylus Pen Sesuai Kebutuhan

Stylus Aktif Untuk Akurasi Maksimal

Stylus aktif merupakan stylus pen yang memiliki perangkat elektronik pintar. Untuk memakai alat ini, Anda perlu menyambungkannya dengan program dari perangkat yang kompatibel. Hal inilah yang membuat akurasi sentuhannya menjadi sangat tinggi.

Stylus ini juga dilengkapi dengan fitur yang bisa mendeteksi intensitas tekanan untuk membuat perbedaan goresan. Sensitivitas ini sangat membantu pekerjaan seniman digital untuk membuat karya yang lebih baik.

Fitur palm rejection yang terdapat pada stylus pen aktif ini membuat Anda dapat meletakkan tangan di atas layar ketika menggunakannya tanpa terdeteksi sebagai sentuhan. Jadi, meskipun Anda menulis atau menggambar di atas gawai, Anda dapat merasa seolah melakukannya di atas kertas.

Di samping itu, fungsi stylus pen aktif ini juga dapat dijadikan sebagai penghapus serta sebagai remote control untuk mengatur pengoperasian kamera dan pemutar musik.

Pilih Stylus Kapasitif Untuk Penggunaan Gadget Biasa

Berbeda dengan stylus pen aktif yang hanya dapat disambungkan dengan gawai tertentu, stylus pen pasif, atau lebih sering disebut kapasitif, dapat digunakan pada semua gawai. Produk ini juga disebut sebagai stylus pen universal.

Hal ini tersebut karena stylus pen ini hanya bekerja sebagai perantara muatan listrik dari jari ke layar. Stylus pen jenis ini pun dapat beroperasi tanpa baterai sehingga bisa digunakan terus-menerus.

Oleh karena fungsionalitasnya yang demikian, harga stylus pen ini jauh lebih murah dibanding stylus pen aktif. Meski tidak seakurat dan sesensitif stylus pen aktif, beberapa produsen terkenal pun membuat stylus pen kapasitif yang cukup akurat.

Selain itu, untuk mengakali tidak adanya fitur palm rejection, Anda bisa menggunakan sarung tangan lembut agar tangan tetap dapat menempel ke layar tanpa terdeteksi sebagai sentuhan. Jadi, stylus pen kapasitif masih layak untuk Anda pertimbangkan.

Cek Kompatibilitasnya

Kalau Anda sudah mantap memilih stylus pen aktif, maka periksalah kompatibilitas dari produk yang Anda pilih.

Kebanyakan stylus pen hanya dapat berfungsi pada gawai dari merek yang sama, misalnya Apple Pencil dengan iOS. Sedangkan, produsen yang hanya memproduksi stylus pen seperti Adonit atau Wacom, Anda bisa mengecek kompabilitasnya pada spesifikasi masing-masing produk.

Anda harus ekstra teliti dalam hal ini. Jangan sampai stylus pen aktif dengan harga cukup tinggi yang sudah Anda beli, tetapi tidak bisa Anda gunakan pada gawai Anda.

Jika stylus pen aktif itu tidak kompatibel dengan gawai Anda, Anda memang masih dapat menggunakannya sebagai stylus pen kapasitif, tetapi sayangnya Anda tidak dapat mengoperasikan fitur-fitur pintar yang ada di dalamnya.

Perhatikan Jenis Nib di Ujung Pen

Stylus pen memiliki berbagai jenis mata pena atau nib. Kebanyakan produsen memakai bahan karet dengan ujung segitiga tumpul agar tidak menggores layar gawai. Ada juga produsen yang menggunakan bahan plastik yang lebih licin, misalnya Apple Pencil.

Beberapa produk stylus pen lainnya juga hadir dalam bentuk nib seperti kuas yang diklaim lebih sensitif. Selain itu, ada lagi produk dengan mata runcing seperti bolpoin yang diberi piringan kecil di atasnya sebagai pelindung agar nib tidak langsung bersentuhan dengan layar, sekaligus menambah presisi karena bersifat transparan agar permukaan layar dapat dilihat dengan lebih leluasa.

Sebagai saran, meskipun nib pada stylus pen telah didesain agar tidak menggores layar, lebih baik Anda tetap melapisi layar gawai dengan screen protector.

Jika Anda sering menggambar, gunakanlah matte screen protector yang memiliki lapisan bertekstur untuk menciptakan sensasi menggambar di atas kertas. Pelindung layar jenis ini juga tidak mudah meninggalkan noda dan gampang dibersihkan.

Pilih yang Bisa Dijadikan Pulpen Agar Praktis

Bagi Anda yang tidak ingin ribet, pilihlah stylus pen yang juga bisa menjadi bolpoin biasa, sehingga Anda dapat mengandalkannya kemana pun pergi dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Produk seperti ini menawarkan dua mata pena yang berada pada masing-masing ujung. Tak perlu khawatir juga soal ketersediaan tinta. Sebab, sebagaimana bolpoin, Anda bisa mengisi ulang tintanya ketika habis.

Fungsi 2 in 1 ini banyak terdapat pada stylus pen rilisan produsen pulpen ternama, seperti Faber-Castell dan Staedtler.

Berbagai Jenis Nib Pada Stylus Pen

Nib Runcing

Stylus pen dengan ujung runcing biasanya terbuat dari resin dan bersifat elektrostatik. Produk ini direkomendasikan untuk membuat tulisan tangan atau ilustrasi. Ujung lancip lebih mudah dilihat sehingga Anda dapat menulis dengan mudah dan membuat ilustrasi yang halus.

Nib runcing ini biasanya terdapat pada stylus pen aktif yang juga dilengkapi dengan fitur-fitur elektrik seperti tombol operasional dan penghapus built-in, sebagaimana kelebihan stylus pen aktif. Oleh karena itu, stylus pen aktif ini menggunakan baterai yang dayanya dapat diisi ulang.

Ada pula stylus pen dengan ujung runcing yang dilengkapi disc atau cakram transparan. Disc tersebut akan mengamankan permukaan layar yang bersentuhan dengan ujungnya. Dengan begitu, detail gambar Anda pun jadi makin halus dan akurat. Jenis stylus pen dengan disc biasanya tidak menggunakan baterai sehingga lebih praktis

Nib Bulat

Stylus pen dengan ujung bulat ini biasanya terbuat dari serat konduktif atau karet silikon. Ujung yang bulat akan memudahkan Anda untuk bermain game maupun browsing. Terlebih saat Anda membutuhkan operasi swipe. Anda pun dapat lebih nyaman dan mudah dalam mengoperasikan gawai.

Produk dengan nib bulat biasanya termasuk dalam jenis stylus pen kapasitif dengan segala kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada stylus pen kapasitif.

Sebagai kelebihan dari nib bulat, permukaan layar gawai Anda akan tetap aman meskipun ditekan menggunakan jenis stylus pen ini. Dengan demikian, layar sentuh gawai Anda pun lebih terlindung dari goresan pada layar sentuh saat Anda menggunakannya.

Nib Brush

Stylus pen dengan ujung berbentuk sikat dapat Anda gunakan bila Anda ingin menggambar jenis huruf dengan aplikasi kaligrafi. Di samping itu, nib sikat juga cocok digunakan untuk lukisan tinta, watercolor, dan aplikasi lukisan cat minyak.

Hebatnya, ujungnya juga dapat diganti ataupun di-upgrade. Namun, dibandingkan dengan nib runcing dan nib bulat, nib sikat ini terbilang lebih jarang ditemukan di pasaran Indonesia.

Rekomendasi Stylus Pen Murah Berkualitas Untuk Anda

Faber-Castell Stylus Pen Vernate II

Stylus pen ini memiliki ketebalan tinta 0,7 mm. Ukurannya yang mini sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana menjadi salah satu keunggulan dari Faber-Castell Stylus Pen Vernate II ini. Versi ini adalah versi upgrade dari seri Vernate sebelumnya. Sebagai stylus pen, produk ini mampu menghasilkan sketsa atau goresan yang akurat.

Jika dilihat secara sekilas, maka akan tampak seperti bolpoin biasa. Ternyata produk ini memang dapat juga Anda gunakan sebagai pulpen konvensional untuk menulis di media kertas. Cara isi ulang atau refill tintanya pun mudah, layaknya mengisi ulang tinta pada pulpen-pulpen konvensional pada umumnya.

Penggunaannya nyaman karena menggunakan material body yang tidak licin. Selain, itu terdapat beberapa opsi varian warna seperti black, ocean blue, dark bronze, green, dan pink yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Harga Rp. 30.000-50.000

XP-Pen PN01 Stylus Pen

Guna mendukung aktivitas menggambar di tablet grafis, maka diperlukan stylus pen yang kompatibel. Produk XP-Pen PN01 Stylus Pen ini dapat tersambung dengan berbagai seri tablet grafis.

Produk ini memiliki satu varian warna yaitu hitam pekat dengan penempatan dua tombol untuk memudahkan pengoperasian. Ujung penanya yang tumpul membuat hasil yang ditampilkan akurat, sama seperti menulis di kertas konvensional.

Stylus pen ini aman untuk digunakan anak-anak karena tidak menggunakan baterai saat dioperasikan sehingga dapat mencegah baterai bocor. Absennya baterai pada stylus pen ini membuat harganya menjadi lebih murah dan secara tidak langsung membuatnya ramah lingkungan.

Harga Rp. 200.000-300.000

USAMS Active ZB057

Stylus pen USAMS Active ZB057 menawarkan beberapa keunggulan pada sebuah stylus pen yang bisa digunakan di berbagai gawai. Stylus pen ini diciptakan agar dapat memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan didesain supaya tidak mudah membuat layar sentuh gawai Anda tergores.

Produk stylus pen ini memiliki baterai dengan kapasitas 140 mAh yang terbilang besar, sehingga tidak perlu terlalu sering untuk melakukan pengisian daya.

Di samping kapasitas baterainya yang gede, material body stylus pen ini dibuat dari bahan aluminium dan dirancang dimensi yang cukup tipis membuat stylus pen ini nyaman untuk digenggam dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Harga Rp. 300.000-400.000

Baseus 2-in-1 Capacitive Pen Touch Stylus

Stylus berujung bola karet ini dapat digunakan di berbagai perangkat smartphone dan tablet dari berbagai merek. Anda dapat menggunakannya untuk menggambar, menulis, sampai bermain game di gawai kesayangan.

Baseus 2-in-1 Capacitive Pen Touch Stylus hadir dengan beberapa kelebihan seperti ujung pena berbahan silicon halus yang sudah diberi lapisan khusus agar hasil yang ditampilkan pada layar tablet maupun smartphone menjadi lebih akurat. Ujungnya juga fleksibel dan bisa digerakkan ke segala arah untuk goresan yang halus dan sempurna.

Material body Baseus 2-in-1 Capacitive Pen Touch Stylus sendiri dibuat menggunakan bahan aluminium yang bersifat anti karat, tahan lama, dan memberikan kesan premium. Produk ini didesain sedemikian rupa dengan bodi yang ramping dan nyaman untuk digunakan.

Harga Rp. 100.000-200.000

WiWU Active Stylus Pen P338

Apabila Anda menyukai ujung stylus pen yang ekstra tipis, produk WiWU Active Stylus Pen P338 ini layak untuk Anda pertimbangkan. Mata pena stylus pen ini berukuran 1,45 mm saja, ketika ukuran mata pena stylus pen aktif biasanya berukuran 1,9 mm.

Selain ukuran mata penanya yang tipis, stylus pen ini juga memiliki berbagai keunggulan, seperti fitur auto shut off. Fitur ini akan menonaktifkan daya secara otomatis apabila tidak digunakan selama 30 menit. Oleh karena itu, baterainya pun jadi lebih hemat.

Di samping itu waktu stand by produk ini dapat mencapai 8-10 hari. Jadi, Anda dapat menggunakannya secara maksimal tanpa khawatir baterainya cepat habis. Ditambah lagi, fitur fast charging yang memungkinkan baterainya dapat terisi penuh dengan waktu pengisian daya hanya selama 60-120 menit.

Harga Rp. 350.000-500.000

Faber-Castell Mini Vernate

Faber Castell juga memiliki produk stylus pen Mini Vernate, yang memiliki fungsi 2 in 1, yaitu kombinasi antara stylus pen dengan pulpen analog.

Untuk menulis di atas kertas, Anda bisa putar badan pulpen untuk mengeluarkan nib. Sedangkan untuk memakai stylus pen, Anda tinggal membalikkan ujungnya. Nib-nya yang berbentuk bulat tanpa sudut membuat stylus pen ini aman bersentuhan dengan layar gawai Anda.

Dari segi material, stylus pen ini juga kokoh karena terbuat dari metal. Pada badan alat juga terdapat klip untuk mengaitkan pulpen ke dalam kantong Anda, sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana.

Harga Rp. 30.000-50.000

Spigen Stylus Pen

Stylus pen ini memiliki bagian ujung yang terbuat dari karet. Oleh karena itu, penggunaan stylus pen ini tidak meninggalkan bekas gesekan pada layar sentuh gawai Anda.

Produk stylus pen ini didesain dengan tampilan yang stylish dan modern berkat permukaan aluminium berwarna perak glossy. Produk ini pun sangat cocok untuk Anda yang mencari stylus pen kapasitif yang kokoh.

Selain itu, terdapat pengait di ujungnya sehingga stylus pen ini dapat dengan mudah Anda bawa bepergian, dan mencegahnya jatuh atau hilang dengan gampang ketika dimasukkan ke dalam saku Anda.

Harga Rp. 150.000-250.000

XP-Pen P06 Pasive Pen Stylus

Stylus pen ini dibuat semirip mungkin dengan pensil kayu konvensional, agar Anda dapat merasakan pengalaman menggambarkan sketsa di atas layar sentuh yang sama persis seperti menggunakan pensil biasa. Stylus pen bebas digerakkan tanpa delay.

Di samping itu, sebagai stylus pen pasif atau kapasitif, produk ini tidak menggunakan menggunakan baterai dalam pengoperasiannya sehingga lebih ramah lingkungan dan efisien atau praktis untuk dibawa kemana-mana.

Produk stylus pen ini dibuat menggunakan material anti slip, sehingga Anda akan lebih nyaman dalam menggenggam dan menggunakannya dalam waktu yang lama, yang mana akan dapat membuat tangan Anda berkeringat nantinya.

Harga Rp. 400.000-500.000

Advan Stylus Pen Tab Sketsa

Jika Anda kebetulan menggunakan tablet sketsa buatan Advan, salah satu produsen smartphone asal tanah air, maka jadikanlah Advan Sketsa Stylus Pen sebagai pelengkap gawai Anda agar dapat memaksimalkan dan memudahkan Anda saat menggunakannya.

Terdapat beberapa fitur menarik yang ditawarkan Advan lewat Sketsa Stylus Pen ini. Produk ini sudah mendukung mode tidur otomatis agar baterai tahan lama sehingga Anda tidak perlu repot-repot menonaktifkan stylus pen lagi.

Stylus pen ini dirancang dengan diameter 9.5mm (+-0.2mm) dan panjang 144.30mm (+-1mm), sehingga terbilang nyaman saat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Material bodi menggunakan bahan alumunium berwarna abu-abu yang dapat memberikan kesan premium pada stylus pen ini.

Harga Rp. 200.000-300.000

Goojodoq Capacitive Stylus Touch Screen Pen

Stylus pen ini hadir dengan dua ujung. Salah satu sisi sisi stylus pen ini menggunakan ujung disc, sedangkan sisi yang lain adalah ujung bulat. Jadi, Anda dapat menggunakan ujung yang sesuai untuk mendukung kegiatan Anda.

Ujung mana yang lebih nyaman untuk Anda gunakan saat menggambar, dan ujung mana yang lebih nyaman untuk Anda gunakan saat bermain game, Anda bebas memilih ujung yang akan digunakan karena keduanya terdapat di dalam satu produk stylus pen.

Kedua ujung stylus pen ini dilengkapi dengan tutup magnet sehingga tidak akan mudah hilang karena dapat menempel dengan baik pada bodi stylus pen.

Harga Rp. 40.000-50.000
From our editorial team

Perhatikan Penyimpanan Stylus Pen Agar Tidak Cepat Rusak

Selain memperhatikan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara menyimpan stylus pen dengan baik. Ketika membelinya, pastikan Anda tahu cara penyimpanan yang baik dan benar ya. Pilih produk stylus pen terbaik dari deretan rekomendasi BP-Guide di atas!

Tag