Butuh Rekomendasi Mainan untuk Anak Perempuan? Inilah 10 Mainan yang sangat Cocok untuk Anak Perempuan dan Tips untuk Memilihnya

Butuh Rekomendasi Mainan untuk Anak Perempuan? Inilah 10 Mainan yang sangat Cocok untuk Anak Perempuan dan Tips untuk Memilihnya

Mencari mainan yang tepat untuk anak adalah kewajiban bagi orangtua. Ada banyak jenis mainan untuk anak perempuan yang bisa dipilih. BP-Guide sudah menyiapkan daftar mainan yang cocok untuk anak perempuan. Apa aja, ya? Langsung baca, yuk!

Ragam Pilihan Mainan untuk Anak Perempuan Tidak Itu-itu saja, Lho

Sumber gambar images.newmedia.lu

Umumnya orang akan berpikir kalau anak perempuan itu mainannya hanya boneka saja. Padahal, ada banyak lho mainan yang memang pantas dimainkan anak perempuan, nggak hanya boneka Barbie atau boneka beruang saja.

Misalnya dapur mini. Mainan ini terdiri perangkat makan, memasak, perangkat minum, atau paket kitchen. Anak bisa juga menjadi dokter kecil. Anak kecil suka berperan sebagai orang dewasa, karena itu mainan ini juga cocok untuk anak perempuan. Biasanya terdiri dari stetoskop, jarum suntik, perangkat pembuat serbuk obat dan alat-alat pendukung lainnya.

Ada pula mainan clay yang mampu meningkatkan imajinasi anak. Mainan ini memang memancing anak untuk berkreasi sesuai imajinasi mereka. Bahkan sekarang tidak hanya disukai anak perempuan saja, banyak juga orang dewasa yang menyenangi mainan ini.

Beberapa Mainan Anak Perempuan Terbaru dan Kekinian

Disney Frozen

Sumber gambar jd.id

"Frozen" adalah salah satu film produksi Disney yang sempat booming pada 2013 lalu. Hingga kini pun berbagai mainan terkait karakter kartun dalam film tersebut masih tetap diburu. Seperti mainan Disney Frozen Elsa and Snowggies ini. Mainan orisinal Hasbro ini bisa didapat di Tokopedia dengan harga Rp 100.000.

Bisa juga memilih Disney Frozen Signature Collection. Mainan dari bahan berkualitas dan aman bagi anak ini mudah dirawat dan dibersihkan. Sehingga anak bisa selalu terjaga kebersihannya saat memainkannya. Harganya Rp 314.000 di JD.

Mainan Anak - Boneka Frozen Elsa & Anna juga bisa jadi opsi berikutnya. Sepasang boneka frozen ini terbuat dari karet dengan tinggi 28 cm. Dikemas dalam wadah yang menarik, Anda bisa membelinya melalui Bukalapak dengan harga Rp 55.000.

L.O.L Surprise

Sumber gambar tokopedia.com

Sesuai namanya, Anda tidak akan pernah tahu bentuk dan karakter boneka ada LOL Surprise Ball. Karena semuanya masih terbungkus dalam sebuah wadah berbentuk telur. Ukurannya sekitar 9 cm dan terdiri dari berbagai macam karakter. Ada yang bisa minum bahkan bisa berubah warna.

Anda bisa membelinya melalui Tokpedia yang menjualnya seharga Rp 54.000. Tapi harap diperhatikan, ini bukan barang orisinal. Karena yang ori harganya bisa mencapai Rp 250.000.

My Little Pony

Sumber gambar mothercare.com

My Little Pony juga salah satu karakter yang banyak digemari anak perempuan. Kuda kecil dengan warna-warna ceria ini bisa jadi mainan yang menyenangkan bagi mereka.

Rekomendasi kami adalah My Little Pony Pinkie Pie Pony Figure. Mainan ini pas untuk anak 3 tahun ke atas. Dengan rambut yang indah dan mengundang untuk disisir. Menariknya, mainan seharga Rp 249.000 ini sudah disediakan sisir. Bisa diperoleh di situs Mothercare.

Shopkins

Sumber gambar blibli.com

Shopkins termasuk pillihan menarik sebagai mainan anak perempuan. Salah satunya adalah Shopkins Happy Places Dreamy Bear Decorators Pack Original Item ini. Terbuat dari plastik berkualitas yang aman bagi anak. Mainan ini sangat tepat meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak. Bisa dibeli melalui Blibli seharga Rp 229.900.

Sylvanian Families

Sumber gambar tokopedia.com

Tokoh kartun yang menggemaskan lainnya adalah Sylvanian Family. Ada Sylvanian Families Cosy Cottage Starter Home yang bisa Anda pilih. Mainan starter ini bisa dikembangkan lebih luas dengan membeli bagian-bagian lain yang dijual terpisah. Cocok untuk anak 3 tahun ke atas. Bisa diperoleh di Tokopedia dengan harga Rp 385.000.

Pilihan lainnya A Lot Foreign Original Bulks Sylvanian Families Mini Cute Kawaii Kitten Bunny. Mainan ini dijual Rp 202.000 di Bukalapak. Cocok bagi anak berumur 3 tahun ke atas. Materialnya dari PVC berkualitas dan aman bagi anak.

Dream Dazzlers

Sumber gambar tokopedia.com

Rekomendasi berikutnya adalah YOYO Dazzlers Dream - Perangkat Bernyanyi Anak. Mainan ini bisa menjadi pemicu dari bakat terpendam anak dalam menyanyi. Satu set mainan terdiri dari Mic, Speaker Fancy, dan Rebana Elektrik. Juga bisa terhubung dengan MP3 & CD Player. Anda bisa mengunjungi Tokopedia dan Bukalapak untuk mendapatkan mainan ini. Kedua tempat online itu sama-sama menjualnya dengan harga Rp 948.000.

Sofia The First

Sumber gambar bukalapak.com

Kali ini mainannya adalah berupa organ elektronik dengan gambar Sofia the First. Didesain sangat menarik dan memiliki 14 tombol nada. Ditambah dengan tombol drum, terompet, tepung tangan, suara nama buah dalam bahasa Inggris, dan lampu. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 75.000.

Masih soal karakter Sofia, ada pilihan lainnya yaitu Alat Kecantikan Sofia the First - Sofia Beauty Set. Dijual seharga Rp 99.000 di Tokopedia, mainan ini menarik untuk anak perempuan Anda. Terdiri dari handphone mainan, kaca, pengering rambut, kacamata, dan aksesori rambut yang bisa dipakai si kecil.

Just Like Home

Sumber gambar tokopedia.com

Anak perempuan pasti suka main masak-masakan. Karena itu dia bisa dipilihkan Just Like Home Microwave (Pink) Toys R Us Exclusive. Mainan berkualitas tinggi ini bisa dibeli di eBay dengan harga sekitar Rp 735.147.

Bisa juga memilihkan dia Mainan Masak Masakan Just Like Home yang dijual Rp 510.000 di Tokopedia. Mainan berukuran 70 x 53 x 20 cm ini akan membuat anak betah main di rumah.

Disney Princess

Sumber gambar bukalapak.com

Menjadi princes adalah impian setiap anak perempuan. Jadi mengapa Anda tidak memberikan mainan Disney Princes untuk anak Anda? Exclusive Disney Princess Figure Set 5pcs ini bisa jadi pilihan. Dengan berat sekitar 1 kg, figure set ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan aman untuk anak. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 333.000.

Bisa juga memilihkan Disney Princess Beauty and The Beast Singing Belle. Mainan seharga Rp 649.000 di Blibli ini merupakan mainan yang pas untuk anak 3 tahun ke atas. Dilengkapi dengan pakaian menarik, anak akan semakin betah bermain boneka.

Lalu ada Disney Princess Action Figure. Boneka mainan miniatur seharga Rp 199.800 ini terbuat dari karet yang lentur dan kuat. Ukurannya sekitar 6-8 cm. Bisa dibeli melalui Bukalapak.

Barbie

Sumber gambar lazada.co.id

Tak ada mainan boneka yang melegenda seperti Barbie. Karena itu membelikan boneka Barbie akan tepat bagi anak perempuan Anda.

Di Lazada ada yang menjual mainan Barbie Kostum dengan harga Rp 95.000. Boneka dengan kostum menarik ini dijamin bakal menarik perhatian si kecil. Apalagi tersedia berbagai kostum yang bisa dikenakan kepada Barbie.

Boneka Barbie Muslim Boneka Barbie Pivotal 3d Eyes Mata 3 Dimensi juga bisa dijadikan alternatif. Boneka dengan tangan dan kaki yang bisa ditekuk ini bisa didapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 99.900.

Sebagai pelengkap, Anda bisa membelikan Barbie California Dream House By Mattel Import Rare Doll House. Rumah boneka Barbie ini sangat pas menjadi tempat bermain boneka bagi anak Anda. Segera dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 1.400.000.

Jenis Mainan yang Cocok untuk Anak Perempuan

Bermain Peran

Sumber gambar www.orami.co.id

Bermain peran merupakan salah satu favorit anak-anak. Hal ini cukup penting dalam masa tumbuh kembang anak. Terutama dalam mengembangkan kemampuan otak dan mentalnya. Anak bisa belajar soal perasaan, tingkah laku, sikap, dan nilai-nilai dalam hubungan dengan sesama manusia.

Menurut hasil riset Poorman (2002), strategi bermain peran yang dilakukan guru, membuat mereka ingin terlibat aktif melakukan sesuatu dalam pembelajaran. Senada dengan hasil penelitian Fogg (2001). Pembelajaran yang menggunakan strategi bermain peran dalam meningkatkan keaktifan siswa saat belajar.

Bebaskan anak untuk memilih perannya masing-masing. Arahkan dan beri petunjuk harus seperti apa sikap mereka sesuai dengan peran yang dipilihnya itu.

Berwana Pink

Sumber gambar sinjotoys.com

Pink memang telah menjadi warna yang identik dengan perempuan. Warna yang lembut ini dianggap sesuai dengan karakteristik perempuan pada umumnya yang juga lembut dan halus.

Karena itu, anak perempuan akan cenderung memilih mainan berwarna pink. Kalaupun tidak, warna merah yang tidak terlalu kuat atau kuning bisa jadi pilihan lain. Namun, jika ada yang berwarna pink, anak perempuan pasti akan lebih memilihnya.

Karakter Perempuan

Sumber gambar alibaba.kumpar.com

Perempuan pasti akan lebih memilih karakter main perempuan juga. Sehingga mereka pun akan cenderung memilih karakter mainan dari jenis kelamin yang sama.

Termasuk juga dalam memainkan game. Tokoh game yang dipilih pasti akan cenderung yang perempuan. Seperti tokoh dalam Equestria Girls yang menarik dan bisa diubah-ubah dandanannya sesuai keinginan anak.

Atau mereka akan memainkan game Cooking in the Kitchen. Dalam game yang diperankan oleh perempuan ini, anak akan belajar mengkreasikan imajinasinya dalam soal makanan. Termasuk menyajikannya secara menarik bagi konsumen.

Memiliki Nilai Edukasi

Sumber gambar i.ytimg.com

Jangan lupakan juga soal unsur edukasi dalam setiap mainan yang dipilih. Jangan sembarang memilih mainan yang tidak memiliki unsur positif bagi anak. Karena hal ini bisa memengaruhi daya nalar dan logika anak pada saat dewasa kelak.

Untuk melihat sebuah mainan memiliki unsur edukasi atau tidak mudah saja. Lihat apakah mainan tersebut bisa meningkatkan kecerdasan dan kemampuan motorik anak atau tidak. Apakah mainan tersebut merangsang keaktifannya dalam bermain? Mampu mendorong kerjasama dengan orang lain?

Satu hal lagi, mainan yang mengandung unsur edukasi adalah yang bersifat membangun. Sehingga karakter anak pun ikut terdorong untuk lebih positif.

From our editorial team

Mainan Mana yang Dipilih?

Pada hakikatnya, pilihlah mainan untuk anak tidak hanya yang dapat membuat anak sekadar main saja. Namun, anak dapat belajar dari hal yang sedang ia mainkan. Maka, mainan yang BP-Guide rekomendasikan bisa jadi pilihan jika akan membelikan hadiah bagi anak perempuan.

Tag