10 Rekomendasi Suplemen Otot Terbaik untuk Anda yang Ingin Membentuk Tubuh (2019)

10 Rekomendasi Suplemen Otot Terbaik untuk Anda yang Ingin Membentuk Tubuh (2019)

Ingin menambah massa otot? Tak hanya olahraga dan mengatur pola makan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen sebagai pelengkap nutrisi tubuh. Bingung memilih suplemen penambah massa otot yang aman, yuk simak rekomendasi dari BP-Guide ini!

Suplemen Otot Berfungsi sebagai Tambahan Produk Diet yang Kaya Protein

Jika Anda gemar olahraga dan suka pergi ke gym, tentu tak asing lagi dengan suplemen BCAA. Brancher-Chain Amino Acid merupakan suplemen yang mengandung tiga asam amino esensial, yaitu leusin, isoleusin, dan valin. Ketiga nutrisi tersebut biasanya dapat diperoleh dari konsumsi makanan sumber protein, seperti daging, susu dan produk susu, serta kacang-kacangan.

Pada dasarnya, suplemen fitness memiliki manfaat yang tak jauh berbeda dengan suplemen lain, yaitu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, banyak orang yang memanfaatkan suplemen BCAA untuk meningkatkan performa selama berolahraga, serta membentuk otot. Suplemen fitness juga menjadi salah satu rahasia untuk mendapat tubuh atletis.

Cara Memilih Suplemen Pembentuk Otot

Pilih Jenis Suplemen Otot Sesuai dengan Manfaat dan Tujuan

Sebelum menentukan jenis suplemen fitness yang hendak dikonsumsi, sebaiknya Anda mengetahui manfaat dan tujuan yang diharapkan setelah mengonsumsinya. Dengan demikian, Anda akan secara mudah menentukan suplemen yang dibutuhkan. Jika Anda memang ingin membentuk otot maka suplemen fitness jenis BCAA merupakan jawabannya.

Sesuaikan Kandungan Dosis Suplemen Otot

Suplemen hanyalah bersifat sebagai tambahan nutrisi yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Karena tidak bisa menggantikan makanan utama, Anda tetap harus mengonsumsi sumber protein utama dari menu harian yang Anda makan. Oleh sebab itu, Anda harus memilih suplemen otot yang benar dan sesuai dengan dosis yang Anda perlukan.

Pilih Suplemen Otot yang Sudah Tepecaya dan Tersertifikasi Aman dari Kandungan Zat Berbahaya

Dalam pemilihan suplemen otot, brand atau nama besar merupakan hal yang sangat diperhatikan. Konsumsilah suplemen yang sudah dipercaya banyak orang sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Begitulah cara dasar dalam menentukan suplemen apa yang akan Anda pilih.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus lebih teliti dalam memperhatikan suplemen yang akan dipilih. Melihat referensi dari para ahli kesehatan dapat membantu Anda dalam hal tersebut.

Anda harus memilih suplemen yang terbuat dari bahan alami dan diproses secara higienis menggunakan teknologi khusus. Jangan lupa untuk melihat logo tersertifikasi IFANCA. Jika Anda mengikuti semua langkah-langkah tersebut, maka suplemen yang Anda pilih benar-benar terjamin dan layak konsumsi.

10 Rekomendasi Jenis Suplemen Otot

Universal Real Gains Weight Gainer

Sumber gambar id.iherb.com

Who We Are Universal Nutrition merupakan perusahaan penyedia suplemen nutrisi mutakhir bagi para binaragawan dan atlet di seluruh dunia sejak tahun 1977. Salah satu suplemen andalannya adalah Universal Real Gains Weight Gainer. Suplemen penambah berat badan ini mengandung matriks protein whey-micellar casein dan karbohidrat kompleks.

Universal Real Gains Weight Gainer menyediakan lemak sehat dari MCT dan EFA, serta inulin untuk serat. Di dalam suplemen ini, Anda akan mendapatkan 600+ kalori per penggunaannya. Aturan konsumsinya adalah mencampurkan 3,5 sendok dengan cairan sebanyak 12-16 ons.

Karena memiliki formula yang sangat terkonsentrasi, Anda bisa menggunakan setengah porsi untuk dua atau tiga kali per hari dan mencampurkannya menggunakan blender.

Universal Nutrition Real Gains Weight Gainer rasa Chocolate Ice Cream dapat dibeli di id.iherb.com seharga Rp 425.320 untuk kemasan 1.73 kg.

Optimum Nutrition Pro Gainer

Sumber gambar optimumnutrition.com

PRO Gainer merupakan suplemen yang diformulasi dari protein tinggi dan menghasilkan kalori yang dapat membantu Anda untuk memenuhi nutrisi selepas latihan. Suplemen ini mengandung banyak protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral tambahan untuk menambah jumlah nutrisi yang Anda dapat melalui diet makanan seimbang. Anda juga dapat mengonsumsinya di sela waktu sebelum makan.

Di dalam suplemen PRO Gainer terdapat 650 kalori. Masih banyak kandungan lain yang bisa Anda temukan di dalam suplemen ini, yaitu 85 gram karbohidrat untuk mengembalikan energi, beberapa jenis gula, dan 22 vitamin serta mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi Anda yang sangat aktif.

Anda bisa mengonsumsi suplemen ini dengan cara mencampurnya dengan blender, shaker, atau sendok sehingga lebih mudah diminum. Suplemen tersebut bisa dibeli di optimumnutrition.com seharga $69.99 atau setara dengan Rp 985.320.

EVLUTION NUTRITION BCAA Energy

Sumber gambar tokopedia.com

Evlution Nutrition BCAA Energy adalah suplemen yang diformulasi untuk meningkatkan kebutuhan energi, pemulihan, dan penunjang kinerja yang Anda lakukan. Bisa dikonsumsi kapan saja, suplemen ini mengandung 5 gram BCAA yang berkualitas tinggi per sajiannya. Dikombinasikan dengan Beta Alanine, L-alanine, dan Taurine, suplemen ini dinilai bisa meningkatkan daya tahan, pemulihan, dan fokus.

Menggunakan energi dan antioksidan alami dari green coffee dan green tea, Evlution Nutrition BCAA Energy bisa dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Untuk porsi dan energi yang ringan, cukup 1 porsi per hari, sedangkan setelah latihan yang cukup berat dan dalam masa pemulihan Anda bisa mengonsumsi 2-3 porsi per hari.

Dengan kandungan BCAA kualitas tinggi dan energi alami, nol gula, dan karbohidrat, Evlution Nutrition BCAA Energy dapat dibeli di Bukalapak seharga Rp 350.000 untuk 30 porsi. Tersedia berbagai pilihan rasa yang dapat Anda sesuaikan dengan selera.

Post JYM Active Matrix

Sumber gambar amazon.com

Post JYM Active Matrix mengandung formula pemulihan pascalatihan yang Anda lakukan. Kandungan yang ada dalam Post JYM Active Matrix, yaitu BCAA, creatine HCl, beta-alanine, batine, dan taurine. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan menemukan kandungan lain, seperti L-carnitine, L-tartrate, dan glutamine yang akan mempercepat perbaikan pascalatihan.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen ini adalah sebelum dan setelah latihan, supaya kinerja dan pertumbuhan otot Anda makin maksimal. Bisa dibeli di Amazon seharga $37.99 atau setara dengan Rp 563.040, Anda dapat mengonsumsinya bersama dengan Post JYM Fast-Digesting Carb secara terpisah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ronnie Coleman Pro Antium Whey Protein Isolate

Sumber gambar shopee.co.id

Dikenal sebagai produk terbaik untuk binaragawan dan atlet yang sedang membentuk tubuh dan massa otot, Ronnie Coleman Pro Antium Whey Protein Isolate mengandung 30 gram protein, 2,5 gram betaine, dan 5 gram creatine dalam sekali konsumsi. Dengan rasa yang lezat, suplemen ini mudah dicampurkan dengan makanan yang Anda konsumsi.

Suplemen ini cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang ingin meningkatkan kekuatan dan performa, bukan menurunkan berat badan. Suplemen ini bisa dibeli di Shopee seharga Rp 764.000.

Muscletech Nitrotech Whey Protein Isolate Gold

Sumber gambar muscleandstrength.com

Muscletech Nitrotech Whey Isolate Gold akan membantu Anda untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal tanpa membuang nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan peptidan dan protein whey di dalamnya sangat mudah diserap tubuh selepas berolahraga, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin melihat hasil work out secara cepat.

Memiliki varian rasa yang enak dan teruji dengan baik, Muscletech Nitrotech Whey Isolate Gold diproduksi menggunakan teknologi cold microfiltration. Teknik pengolahan tersebut akan menyaring lemak, karbohidrat, dan laktosa secara optimal. Suplemen ini tidak akan merusak kandungan protein atau amino yang ada di dalamnya sehingga proses penyerapan akan terjadi secara sempurna. Muscletech Nitrotech Whey Isolate Gold sudah tersertifikasi BPOM.

Satu scoop suplemen ini dapat dicampur dengan 175 ml air dingin, selanjutnya diblender atau kocok menggunakan shaker supaya tercampur dengan sempurna. Anda juga bisa mencampurkan protein suplemen susu dengan susu skim secukupnya supaya hasilnya lebih optimal.

Muscletech Nitrotech Whey Isolate Gold baik dikonsumsi 3 kali sehari, yaitu saat jeda makan siang dan makan malam, sebelum latihan, dan setelahnya. Suplemen ini dijual di Shopee seharga Rp 800.000 untuk kemasan 4 lbs.

Platinum 100% Creatine dari MuscleTech

Sumber gambar tokopedia.com

Platinum Creatine Muscletech adalah suplemen dengan kandungan 5.000 mg creatine yang bekerja sebagai sumber fosfat terhadap otot yang bekerja keras. Hal ini akan membantu Anda dalam melalui latihan yang panjang, suplemen ini akan mempertahankan otot dan meningkatkan kekuatannya.

Platinum Creatine Muscletech dapat dikonsumsi 4 kali sehari dengan aturan 1 scoop dengan 8 oz air untuk tiga hari pertama atau fase loading. Kemudian saat fase maintenance, Anda bisa mengonsumsinya dengan aturan 1-2 kali sehari. Untuk hasil yang lebih baik, gantilah air dengan minuman karbohidrat atau minuman olahraga lainnya. Suplemen ini bisa dibeli di Bukalapak seharga Rp 199.000 untuk kemasan 500 gram.

Micronized Creatine Powder dari Optimum Nutrition

Sumber gambar optimumnutrition.com

Apabila Anda sedang fokus untuk melakukan pembentukan massa otot dalam tubuh, Micronized Creatine Powder dari Optimum Nutrition bisa jadi jawaban yang tepat. Di saat tubuh Anda memerlukan zat creatine yang besar, suplemen ini menawarkan kandungan 300 gram creatine yang akan meningkatkan massa otot Anda.

Diproduksi menggunakan teknologi canggih yang sudah dipatenkan, Micronized Creatine Powder dari Optimum Nutrition tidak memiliki rasa sehingga mudah dicampurkan ke dalam minuman. Tidak mengandung zat aditif, suplemen ini aman dikonsumsi dan dapat menambah stamina serta kekuatan saat Anda melakukan fitness. Anda bisa membeli Micronized Creatine Powder dari Optimum Nutrition di Bukalapak seharga Rp 189.000.

Optimum Nutrition Gold Standard Whey Protein

Sumber gambar tokopedia.com



Whey Gold Standard dari Optimum Nutrition ini merupakan susu yang diperuntukkan setiap orang yang ingin membentuk tubuh dengan melakukan latihan fitness. Memiliki kualitas premium, produk ini diklaim mampu memberi efek yang luar biasa apabila dikombinasi dengan latihan yang teratur dan benar. Dapat memulihkan cedera otot selepas latihan, produk tersebut juga mencegah menyusutnya masa otot. Produk ini dapat dibeli secara online di Shopee dengan rentang harga Rp 567.000-Rp 1.050.000.

Abbott EAS Myoplex Whey Protein 100%

Sumber gambar tokopedia.com

Abbott EAS Myoplex Whey Protein adalah produk yang mengandung whey protein terbaik di kelasnya. Diklaim mampu membantu untuk menambahkan tenaga dan pemulihan otot setelah latihan, produk ini mengandung 7,3 gram BCAA yang dapat mempertahankan massa otot supaya tidak menyusut, 5,5 gram glutamine untuk pencegah kerusakan otot selepas work out, dan 30 gram whey protein yang akan membantu Anda untuk membangun otot yang lebih kuat dan terbentuk.

Diproduksi oleh pabrik farmasi terkemuka di dunia, Abbot, EAS Myoplex Whey Protein adalah suplemen yang sudah diuji coba dan memberikan efek yang signifikan serta sudah teruji keamanannya. Bebas dari bahan berbahaya dan sudah tersertifikasi NSF dan HFL, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini bebas efek samping. Abbott EAS Myoplex Whey Protein bisa dibeli di Lazada seharga Rp 815.000 setelah diskon.

From our editorial team

Suplemen untuk Menambah Massa Otot

Untuk membentuk massa otot, konsumsi suplemen dapat membantu mengoptimalkannya. Banyak beredar produk yang tidak aman bagi tubuh tentu membuat Anda khawatir dalam mengonsumsi suplemen. Oleh sebab itu, BP-Guide telah menyiapkan daftar suplemen otot tersertifikasi aman yang bisa Anda lihat melalui artikel ini.