10 Rekomendasi Bantal Lantai untuk Temani Saat Bersantai dan Berkumpul Keluarga (2021)

10 Rekomendasi Bantal Lantai untuk Temani Saat Bersantai dan Berkumpul Keluarga (2021)

Bantal lantai dipergunaan untuk alas duduk kita baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Tujuannya adalah untuk menambah kenyamanan kita saat bersantai lesehan. Selain itu, ada banyak manfaatnya juga untuk kesehatan. Cek manfaat kesehatannya dan juga cara memilih bantal lantai terbaik untukmu. Lirik juga deretan rekomendasi bantal lantai dari BP-Guide!

Bantal Lantai Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Selain duduk di kursi, banyak juga orang yang lebih suka lesehan di lantai. Duduk di lantai terasa lebih santai dan nyaman. Kita juga bisa lebih bebas bergerak sesuai keinginan saat duduk di lantai. Umumnya, kita bisa lesehan saat berada di rumah, entah di kamar, ruang keluarga, balkon, atau gazebo.

Di mana pun dan kapan pun kamu ingin lesehan, sebaiknya gunakan bantal lantai, ya. Ini karena ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari penggunaan bantal lantai. Banyak orang menyepelekannya, padahal bantal lantai bisa meminimalkan risiko munculnya gangguan kesehatan akibat terlalu lama duduk di atas lantai.

Manfaat pertama adalah untuk menjaga postur tubuh. Bantal akan menyokong area panggul sehingga kamu bisa tetap duduk dalam posisi yang baik. Hal ini akan bisa meningkatkan fokus dan energi tubuh. Selain itu, risiko terhadap nyeri kronis di bagian panggul juga bisa diminimalkan.

Manfaat lainnya adalah mengurangi tekanan pada pinggul, tulang ekor, dan juga tulang belakang. Tidak jarang karena kelamaan lesehan, kita jadi merasa nyeri pada punggung, tulang belakang, dan tulang ekor. Jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah pada tulang belakang dan sendi. Bantal duduk bisa meratakan gaya tekanan secara lebih merata sehingga tulang dan sendi terjaga kesehatannya.

Sirkulasi darah kita juga bisa lebih lancar saat duduk di bantal lantai. Ini karena oksigen tersebar secara lebih lancar saat tekanan pada tubuh merata. Jantung lebih terlindung dan kaki pun tidak akan mudah kesemutan.

Kesehatan pencernaan juga bisa terjaga dengan baik. Duduk lesehan terlalu lama bisa menekan area perut. Ini membuat area pencernaan terganggu. Tak jarang kita merasa sembelit, mulas, dan lain sebagainya. Dengan memakai bantal duduk, maka darah bisa lebih lancar dan membuat pencernaan lebih sehat.

Manfaat lain yang bisa kamu dapat dari pemakaian bantal lantai adalah bisa mendapatkan kenyamanan ekstra. Kita tidak perlu merasakan dinginnya lantai atau kerasnya lantai. Dengan bantal lantai, kita bisa duduk nyaman dan merasa hangat sehingga tidak mudah masuk angin.

Tips Memilih Bantal Lantai

Pilih Ukurannya

Ketika hendak memilih bantal lantai, penting untuk memilih dari ukurannya. Ada banyak ukuran bantal lantai yang tersedia di pasaran. Namun, ukuran standarnya adalah 45 x 45 cm. Kamu bisa juga memilih yang ukurannya 40 x 40 cm, 50 x 50 cm, dan lain sebagainya.

Meski demikian, kamu tidak harus memilih yang ukurannya sama antara panjang dan lebarnya. Ini karena kadang bentuk bantal lantai tak selalu berbentuk kotak. Ada juga bentuk yang bundar, persegi panjang, dan lain sebagainya.

Nah, agar mendapatkan ukuran yang tepat, pastikan saja memilih ukuran yang besar supaya lebih nyaman digunakan. Dengan memilih yang besar, maka kamu bisa memilih posisi duduk yang senyaman mungkin agar tidak mudah pegal.

Perhatikan Bahannya

Perhatikan bahan bantal lantai saat hendak membelinya. Bahan yang kami sarankan adalah busa. Ini karena busa begitu lentur. Selain itu, busa juga tidak akan mudah kempis meski digunakan dalam waktu lama. Artinya, bantal jadi lebih terjamin keawetannya.

Kamu bisa juga melirik bahan dakron. Bahan yang satu ini lembut dan empuk. Selain itu, bobotnya ringan jadi mudah dipindahkan. Dakron juga tidak mudah kempis sehingga bisa awet digunakan dalam waktu lama.

Pilih Sarung Bantalnya

Sarung bantal juga perlu jadi pertimbangan saat membeli bantal lantai. Sarungnya akan menentukan nyaman tidaknya bantal untuk duduk juga, loh. Pilih yang bahan dasarnya katun, ya. Bahan ini lebih cepat menyerap keringat. Bahannya bersifat dingin dan tidak mudah panas. Katun juga bisa lebih mudah dibersihkan jika terkena noda sehingga akan tetap bersih.

Tips Merawat Bantal Lantai

Bantal lantai juga perlu dibersihkan supaya kita jadi nyaman duduk di atasnya. Tidak perlu dicuci semua. Kamu cukup melepas sarung bantalnya saja untuk dicuci. Sementara, jika bantal tidak memiliki sarung, kamu bisa memakai penghisap debu untuk membersihkan bantalnya.

Cara lain untuk merawat bantal lantai adalah menjemurnya. Bantal lantai tentu bisa mengempis jika sudah lama digunakan. Agar bantal bisa kembali mengembang tinggal jemur saja di bawah terik matahari. Supaya maksimal, jika bantalnya memiliki sarung, sebaiknya lepas dulu sebelum dijemur, ya.

Terakhir, untuk merawat bantal lantai, sesekali kamu bisa menyemprotnya dengan cairan kapur barus atau pewangi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau apek pada bantal. Selain itu ini juga bisa menghilangkan binatang kecil pengganggu yang biasanya ada di ujung bantal.

Ini Dia Pilihan Bantal Lantai untuk Bersantai di Rumah

ISIRUMA - Bantal Lantai Kotak Kubos Square Floor Cushion

ISIRUMA - Bantal Lantai Kotak Kubos Square Floor Cushion merupakan rekomendasi pertama kamu. Bantal dengan gaya Skandinavia-Jepang ini hadir dalam ukuran 55 x 55 x 14 cm. Berat bantalnya adalah 2,1 kg. Produk ini terbuat dari bahan fabric berkualitas tinggi. Isiannya berupa silikon fiber yang tidak mudah kempis dan awet digunakan.

Desain bantalnya simpel, bahannya nyaman di kulit sehingga aman dan nyaman digunakan. Ada pegangan pada pinggiran bantal yang memudahkan jika kamu ingin memindahkannya. Bantal dilengkapi dengan 9 jahitan sehingga tidak akan berubah bentuk. Dengan begini, tekanan pada pinggul, tulang ekor, dan bagian tubuh bagian bawah bisa dicegah.

Kamu bisa memakainya di lantai untuk melepas lelah. Bisa juga jadi alas duduk di kursi. Kamu juga bisa memakainya sebagai sandaran.

Harga Rp. 299.000-543.000

Lettering and Life Floor Pillow

Lettering and Life Floor Pillow merupakan bantal lantai keren lainnya untuk kamu. Desainnya minimalis dengan pilihan warna yang natural. Berkat pilihan warnanya yang netral, maka bisa cocok menghiasi ruangan dengan tema apa saja. Bantal ini bisa digunakan di ruang TV, ruang keluarga, kamar, dan lain sebagainya.

Pada bantalnya ada tulisan kaligrafi modern yang bisa menambah estetika. Ada resleting di bagian sisi samping sehingga kamu bisa lebih mudah mencuci sarung dan isian bantalnya. Pembelian satu set sudah termasuk sarung bantal dan isian bantalnya.

Cover bantal dari bahan katun. Ukuran bantalnya 50 x 50 cm sehingga kamu bisa lebih bebas duduk nyaman dengan posisi yang kamu sukai. Ada pilihan warna light grey, dark grey, cappuccino, coffee, dan latte. Bantal ini bisa digunakan sebagai alas duduk di kursi, bantal di lantai, bantal tidur, dan juga bisa jadi bantal sofa.

Harga Rp. 179.000-242.000

Hagihara Bantal Kursi/Lantai Bulat Motif Bunga Cokelat - Kecil 12 cm

Hagihara Bantal Kursi/Lantai Bulat Motif Bunga Cokelat - Kecil 12 cm terbuat dari igusa. Ini adalah sejenis alang-alang yang tumbuh di tempat yang basah. Igusa memiliki sifat alami yakni bisa menghangatkan saat cuaca dingin dan bisa menyejukkan saat cuaca jadi panas. Ada juga aroma wangi alami rerumputan yang khas pada igusa. Ini membuatnya jadi bahan bantal yang bagus. Bantal lantai ini bisa juga jadi bantalan kursi. Kamu bisa meletakkannya di ruang santai, ruang keluarga, gazebo, dan lain sebagainya. Bentuknya bulat dengan diameter 42 cm.

Harga Rp. 290.000-464.000

Krafti Project & Living - Pouf Bantal Duduk

Krafti Project & Living - Pouf Bantal Duduk hadir dalam warna hitam dengan motif titik putih sehingga sangat menyita perhatian. Bentuknya bundar dengan diameter 62 cm. Alas bantal dari bahan kanvas linen yang dicetak. Bagian bawah bantal dari bahan suede. Bantal ini dilengkapi dengan handle yang memudahkan kamu untuk memindahkannya. Bahan handle terbuat dari korduroi. Bantal ini bisa dibuka pada resleting di bagian bawah.

Harga Rp. 268.000-361.800

[PP] Floor Cushion / Bantal Lantai

PP Floor Cushion / Bantal Lantai ini menarik untuk kamu miliki. Bantal ini bisa diletakkan di ruang keluarga, kamar tidur, gazebo, dan tempat lain untuk lesehan. Bantal lantai ini cocok juga untuk bantalan saat duduk di kursi yang keras. Bahan luarnya dari kain boa yang empuk, halus, dan lembut. Bahan isiannya dari dakron yang tidak mudah kempis dan tahan lama digunakan. Bentuk bantalnya bulat dengan diameter 50 cm.

Harga Rp. 74.000-110.000

Bantal Duduk Lantai Lesehan MOTIF MONTBLANC

Bantal Duduk Lantai Lesehan MOTIF MONTBLANC ini merupakan rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Kamu bisa memakainya di berbagai ruang, mulai dari kamar tidur, ruang keluarga, ruang santai, gazebo, dan lainnya. Bantal ini juga bisa kamu gunakan untuk duduk di atas kursi yang keras bahannya seperti kursi kayu atau kursi besi.

Cover luar bantal ini dibuat dari bahan katun kualitas premium yang biasa digunakan untuk cover bantal tidur. Ini membuat bantalnya adem saat digunakan dan bisa memberikan rasa nyaman. Isian bantalnya terbuat dari dakron silikon kualitas premium. Isian ini membuat bantal terasa lebih lembut, nyaman, dan empuk. Ukuran diameter bantal adalah 35 cm dan ketebalannya 7 cm.

Harga Rp. 83.000-103.500

BANTAL LANTAI BULAT BENTUK PANDA

BANTAL LANTAI BULAT BENTUK PANDA ini cocok untuk menghias rumah juga. Cover-nya berbentuk panda yang menggemaskan. Diameter bantalnya adalah 60 cm dengan tinggi 18 cm. Produk ini dibuat dengan 2 lapis kain. Bahan kain di bagian dalam dibuat untuk menampung isi butiran styrofoam. Bantal jadi terasa lebih empuk dan nyaman diduduki. Kamu bisa meletakkannya di berbagai ruangan dalam rumah, ya.

Harga Rp. 350.000-850.000

Faryuz - Bantal Alas Duduk Tebal 8cm Bulat

Faryuz - Bantal Alas Duduk Tebal 8cm Bulat ini merupakan bantal dengan bahan cover dari kain rasfur grade A yang tidak mudah rontok. Bulunya halus dan bikin nyaman. Isian bantal dari busa yang empuk dan tebal jadi tidak mudah kempis. Bagian bawah bantal dilengkapi karet anti selip. Ada resleting untuk melepas busa jika cover-nya akan dicuci atau dijemur.

Bantal duduk ini cocok diletakkan di berbagai ruangan. Ini bisa bikin kamu bersantai. Kamu bisa juga memasangkannya di kursi sehingga dudukmu lebih nyaman.

Harga Rp. 49.999-119.000

Sleep Max Floor Cushion/Bantal Lantai Kanvas

Sleep Max Floor Cushion/Bantal Lantai Kanvas hadir dalam ukuran 57 x 57 cm. Ukuran bantal yang cukup luas membuat kamu bebas duduk dengan gaya apa saja. Kamu bisa gunakan bantal ini di depan TV untuk menonton dengan nyaman. Cocok juga diletakkan di kamar tidur atau ruang keluarga. Kamu bisa juga memakainya di gazebo untuk bersantai.

Cover bantal dari bahan kanvas dengan aneka motif menarik yang bisa kamu pilih. Isian bantal dari dakron premium yang berkualitas. Cukup jemur bantal agar tidak mudah kempis. Jangan lupa cuci cover-nya supaya bantal awet bersih.

Harga Rp. 101.000-733.000

Makura | Bantal Lantai Anyam Enceng Gondok

Makura | Bantal Lantai Anyam Enceng Gondok merupakan rekomendasi terakhir kami. Bantal lantai ini unik karena terbuat dari anyaman yang rapat dan rapi. Produk yang satu ini cocok untukmendekorasi ruangan apa saja. Terbuat dari bahan alami sehingga bisa memberi kesan natural di rumah. Diameter bantalnya adalah 50 cm dengan tebal 17 cm.

Harga Rp. 350.000-515.000
From our editorial team

Bantal Lantai Bisa Jadi Dekorasi Ruangan

Kamu bisa mendekorasi ruanganmu dengan bantal lantai. Sekarang ini bantal lantai tersedia dalam berbagai bentuk dan juga warna yang menarik. Kamu bisa sesuaikan motif, warna, dan bentuk bantal dengan tempat atau ruangan bantal diletakkan. Ini tentu bisa menambah estetika ruangan. Kamu juga bisa memilih bantal dari teksturnya, entah bulu, anyaman, beludru, dan lain sebagainya. Bantal dengan tekstur menarik, warna yang sesuai dengan tema ruangan, dan dengan bahan yang berkualitas tentu bisa bikin saat berkumpul keluarga lebih nyaman dan lebih menyenangkan. Ini juga bikin ruangan jadi lebih enak dipandang dan memberikan rasa rileks saat kita memandangnya.

Tag