Aroma Masakan Makin Menggoda dengan 10 Rekomendasi Margarin Harga Terjangkau Berikut (2021)

Aroma Masakan Makin Menggoda dengan 10 Rekomendasi Margarin Harga Terjangkau Berikut (2021)

Margarin bagaikan bahan yang wajib ada saat kita hendak mengoles roti atau membuat kue. Margarin juga banyak dimanfaatkan saat menumis agar aroma masakan lebih menggoda. Nah, kamu wajib selalu sedia margarin di rumah. Tak perlu mahal, ada banyak kok margarin yang dijual dengan harga terjangkau. Yuk, intip deretan margarin yang bisa kamu gunakan!

Margarin Bikin Masakan Lebih Lezat

Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan. Kita bisa berkreasi dengan aneka bahan makanan dan mencampurnya dengan aneka bumbu untuk menghasilkan masakan yang citarasanya enak. Selain penggunaan bumbu-bumbu yang sudah umum seperti garam, gula, lada, dan lainnya, margarin juga sering digunakan. Margarin bisa digunakan sebagai bahan tambahan makanan untuk menambah aroma masakan dan juga membuat rasa masakan lebih lezat. Margarin dikenal sebagai produk non dairy. Saat ini, margarin kerap digunakan sebagai pengganti mentega karena dianggap lebih sehat.

Awal kemunculan margarin adalah di tahun 1800. Kala itu, margarin dibuat dari lemak hewan. Namun saat ini, margarin dibuat hanya dari kombinasi minyak sayur, garam, air, emulsifier, dan ada juga yang dicampur dengan susu. Kandungan lemak dalam margarin haruslah mencapai 80 persen agar kualitasnya bagus.

Tekstur margarin cukup ringan sehingga akan cocok digunakan untuk menggoreng hingga menumis. Margarin juga sangat sering digunakan sebagai bahan makanan alternatif untuk mereka yang vegetarian atau untuk mereka yang sulit mencerna laktosa.

Jangan Keliru Membedakan Margarin dan Mentega, Intip Bedanya!

Bahan dan Kandungan Kolesterol

Agar tak bingung membedakan margarin dan mentega, kita perlu melihat dulu bahan pembuatan keduanya dan juga kandungan kolesterol di dalamnya.

Mentega merupakan produk olahan susu. Pembuatannya adalah dengan memisahkan komponen yang bersifat padat dari komponen yang bersifat cair. Umumnya, mentega dibuat dari susu sapi, kambing, domba, atau bahkan kerbau. Pembuatannya yang memanfaatkan susu hewan membuat mentega kaya akan lemak hewani. Ini artinya kandungan kolesterol dan lemak jenuh pada mentega lebih tinggi daripada margarin.

Margarin dibuat sebagai produk pengganti mentega. Untuk membuat margarin harus memakai minyak nabati seperti minyak kedelai, minyak sawit, dan minyak canola. Selain itu, margarin juga ditambahkan dengan garam, lesitin kedelai, digliserida, dan lainnya. Kandungan lemak yang ada pada margarin bergantung pada kandungan lemak minyak sayur yang digunakannya. Makin rendah kandungan lemaknya maka makin banyak kandungan air pada margarin. Kandungan kolesterol pada margarin jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan mentega.

Warna dan Tekstur

Warna dari mentega cenderung lebih pucat. Namun ada juga yang warnanya putih sampai kuning tua. Untuk teksturnya, mentega memiliki tekstur yang lembek dan mudah dilelehkan. Ini membuatnya cocok untuk aneka olahan kue dan roti.

Sementara itu, margarin memiliki warna yang lebih kuning pekat jika dibanding mentega. Tekstur margarin lebih padat dan biasanya margarin menjadi bahan untuk pembuatan kue yang bertekstur lebih keras seperti kue kering. Margarin lebih cepat padat pada temperatur ruangan.

Penggunaan

Dalam hal penggunaan untuk masakan dan makanan, mentega dan margarin juga berbeda. Mentega biasanya hanya dipakai untuk membuat kue. Ini karena tekstur dan aromanya khas sehingga pas untuk membuat aneka kue agar aromanya lebih menggoda selera.

Margarin tak hanya digunakan pada pembuatan kue saja. Margarin juga digunakan untuk memanggang atau memasak makanan tumisan. Ini supaya masakan lebih gurih. Aroma serta gizi margarin bisa terserap sempurna pada bahan-bahan makanan sehingga rasa masakan makin enak.

Tips Menyimpan Margarin dengan Benar

Margarin dijual dalam kemasan ukuran yang beragam. Ada yang ukuran besar dan ada pula yang berukuran kecil. Meski kita membeli yang ukuran kecil, kadang kita juga tidak menghabiskan semua isi margarin tersebut. Ini membuat kita harus menyimpan margarinnya agar bisa digunakan lain kali. Cara penyimpanannya pun tidak bisa asal saja agar kualitas margarin tetap bagus.

Untuk menyimpannya, pastikan kamu memilih tempat tertutup yang terlindungi sinar matahari atau panas langsung. Hindari mencampur margarin dengan bahan lain. Ini supaya margarin tidak terkontaminasi dan membuat warna dan rasanya jadi berubah.

Jika kemasan margarin sudah dibuka maka sebaik mungkin tutup dengan rapat dan letakkan dalam ruangan yang bersirkulasi udara yang bagus. Hindari menumpuk margarin di bagian bawah agar tidak cepat rusak.

Ini Dia Pilihan Margarin Murah untuk Kamu

forVITA Margarine

forVITA Margarine merupakan margarin murah untuk kamu gunakan dalam berbagai masakan. Dikemas dalam sachet ukuran 200 gram, kamu jadi lebih mudah saat akan menggunakannya. Usai digunakan, tutup kembali kemasannya hingga rapat agar aroma dan rasa margarin jadi awet.

Margarin ini memiliki fortifikasi Vitamin A yang bisa mengoptimalkan fungsi mata dan menjaga kesehatan mata. Diolah dan diproses secara higienis, margarin ini bebas lemak trans yang merupakan lemak berbahaya bagi kesehatan karena bisa memicu timbulnya penyakit kronis. Margarin ini aman dikonsumsi dan cocok untuk mengolah aneka makanan sehat. Kamu bisa memakainya untuk olesan roti, membuat kue, memanggang, menumis, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 4.300-5.900

Palmia Margarine Garlic Flavor

Palmia Margarine Garlic Flavor merupakan produk yang cocok untuk menumis masakan atau menggoreng bahan masakan agar lebih sehat. Aroma dan rasa masakan jadi lebih menggoda dan enak jika dibandingkan dengan minyak goreng.

Produk ini terbilang unik karena hadir dalam rasa bawang putih. Ini membuatnya cocok untuk masak telur dadar, nasi goreng, ayam panggang, dan lain sebagainya. Kamu tak perlu banyak menambahkan irisan bawang putih pada masakan karena cukup memakai sedikit saja, rasa masakan sudah gurih.

Harga Rp. 6.000-11.000

Filma Margarin

Filma Margarin tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan margarin dengan harga terjangkau. Diproduksi oleh PT. Smart Tbk Surabaya, margarin ini termasuk serbaguna dan cocok untuk aneka masakan hingga kue. Margarin premium ini kaya akan 6 vitamin yang terdiri dari vitamin A untuk menunjang kesehatan mata, vitamin B1, B2, dan B3 untuk membantu menjaga sistem imun tubuh, vitamin D dan E untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatan kulit.

Margarin ini terbuat dari minyak nabai, perisa alami, pengemulsi nabati, antioksidan, dan pengatur keasaman. Aroma dan rasa margarin cukup gurih sehingga bisa melezatkan aneka masakan. Produk ini cocok digunakan untuk kue, roti, martabak asin, tumisan, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 5.000-7.000

Palmia Margarin Serbaguna

Palmia Margarin Serbaguna tentu bisa jadi pilihan untuk aneka masakan. Harganya terjangkau namun tetap memiliki sederet keistimewaan. Kamu bisa memakainya untuk memperkaya cita rasa aneka masakan. Tekstur margarin ini lembut sehingga cocok juga untuk olesan roti, masakan tumisan, panggang, hingga bakar.

Di dalam produk ini terdapat 8 vitamin, yakni, A, B1, B2, B12, D, E, niasin, dan asam folat. Kandungan zat-zat tersebut bisa memenuhi nutrisi tubuh. Dikemas dalam ukuran sachet 200 gram, margarin ini mudah digunakan. Aromanya lebih harum sehingga membuat masakan lebih menggugah selera.

Harga Rp. 4.800-10.000

Marmila Margarine

Marmila Margarine tidak bisa dilewatkan begitu saja. Merek ini mungkin tidak begitu dikenal namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Margarin dengan harga terjangkau ini memiliki keunggulan dari segi rasa dan aroma. Ada aroma dan rasa susu vanila yang membuatnya cocok untuk kukis, roti, hingga masakan. Simpan margarin ini dalam suhu ruang dan hindarkan dari sinar matahari.

Harga Rp. 7.000-12.000

VITAS Margarin Sachet 200gr

VITAS Margarin Sachet 200gr layak untuk kamu pertimbangkan menjadi pilihan. Tekstur margarin ini lembut dengan cita rasa yang kuat. Gunakan saja untuk olesan roti, tambahan bahan kue bolu, hingga memasak kue kering. Bahan pembuatannya premium dengan proses yang higienis sehingga membuatnya aman dikonsumsi. Uniknya, di balik kemasan margarin juga menyertakan contoh resep kue kering. Kamu bisa praktikkan resep tersebut dengan margarin yang satu ini, ya.

Harga Rp. 6.000-7.800

Rose Brand Margarin

Rose Brand Margarin boleh jadi pilihan andalan kamu. Harganya murah terjangkau kantong dan kualitasnya benar-benar top. Terbuat dari minyak kelapa sawit, produk ini tidak melalui proses hidrogenasi parsial. Proses tersebut bisa mengubah asam lemak tak jenuh ganda menjadi lemak trans yang membahayakan tubuh. Maka dari itu, kamu bisa tenang karena produknya tidak akan memberi efek butuk pada kesehatan kamu.

Dilengkapi dengan vitamin A dan D, margarin ini cocok untuk olesan kue, roti, dan memasak aneka masakan gurih. Margarin dikemas dalam kemasan sachet plastik ukuran 200 gram.

Harga Rp. 4.600-5.300

Royal Palmia Butter Margarine

Royal Palmia Butter Margarine merupakan margarin dengan aroma yang tidak kalah menggoda dari mentega. Magarin yang satu ini cocok untuk kue ataupun roti. Kamu juga bisa memakainya untuk aneka masakan mulai dari tumisan, panggang, hingga masakan yang dibakar.

Margarin ini mengandung mentega di dalamnya sehingga memiliki tekstur creamy dengan rasa harum yang khas. Di dalamnya kaya akan vitamin seperti, A, B1, B2, B12, D, E, niasin, dan asam folat. Produk terbuat dari bahan seperti, perisa, minyak nabati, air, garam, dan lain sebagainya. Dikemas dalam ukuran 250 gram, kamu jadi lebih mudah memakainya.

Harga Rp. 6.200-9.000

Sania Margarine 200gram

Sania Margarine 200gram adalah margarin serbaguna untuk aneka kue dan masakan. Kamu bisa memakainya untuk menumis, menggoreng, dan memanggang. Aroma kue dan masakan jadi lebih enak. Produk ini unik karena dalam pembuatannya lengkap dengan virgin coconut oil yang mengandung MCT dan baik untuk kesehatan tubuh. Margarin juga kaya akan vitamin A, D, E, B1, B2, dan B3. Dikemas dalam ukuran 200 gram, kamu jadi lebih mudah menyimpannya.

Harga Rp. 3.600-9.000

Blue Band Margarine

Blue Band Margarin tentu jadi pilihan tepat untuk keluarga. Produk dari Unilever ini banyak diandalkan sejak tahun 1934. Di dalamnya ada kandungan nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Ada kandungan lemak esensial Omega 3 sebanyak 28% dan Omega 6 sebanyak 13%. Kandungan tersebut setara dengan tiga gelas susu atau tiga butir telur.

Blue Band margarin juga kaya akan vitamin A, B1, B2, B3, D, dan E. Ini akan membuat kamu jadi makin sehat dan kuat. Margarin ini dikemas dalam ukuran 250 gram sehingga lebih mudah diolah dan disimpan kembali.

Harga Rp. 7.000-9.000
From our editorial team

Cara Melelehkan Margarin dengan Tepat

Sebelum memakai margarin, agar hasil masakan lebih maksimal, sebaiknya memang dilelehkan dulu. Untuk melelehkan margarin tidak susah, namun jika caranya salah maka margarin bisa pecah dan bisa gosong sehingga membuat masakan jadi kurang enak. Untuk melelehkan dengan mudah, gunakan wajan yang datar karena bisa mempermudah penghantaran panas lebih merata dan api kecil agar tidak cepat gosong. Aduk margarin yang mulai meleleh secara perlahan dengan cara memutar, lalu angkat wajan dan matikan api saat sebagian besar margarin sudah leleh. Hindari membiarkan margarin cair terlalu lama agar kandungan lemak dan air tidak terpisah.