Mau Buat Kue Istimewa? Cek Dulu 10 Rekomendasi Butter Murah Berikut ini! (2019)

Mau Buat Kue Istimewa? Cek Dulu 10 Rekomendasi Butter Murah Berikut ini! (2019)

Setiap masakan dan kue butuh butter yang tepat. Kamu wajib tahu aneka jenis butter supaya masakan buatan kamu jadi lebih istimewa. Yuk cek rekomendasi dari kami!

Sebagai Bahan Penting dalam Kue dan Masakan, Butter Harus Dipilih dengan Cermat

Bahan makanan tertentu bisa mempengaruhi cita rasa suatu masakan ataupun kue. Komposisi bahan hingga kualitas bahan akan memberi pengaruh berbeda saat digunakan, karenanya kita tak bisa asal saja memilih bahan untuk makanan. Salah satu bahan penting dalam pengolahan kue maupun masakan adalah butter.

Dalam pemilihan butter kamu tak bisa asal karena beda jenis butternya berbeda pula rasa dan juga kegunaannya. Butter atau yang lebih kita kenal dengan sebutan mentega adalah bahan olesan pada roti. Umumnya butter juga digunakan pada kue. Butter bisa juga digunakan dalam aneka masakan untuk membuat rasanya jadi lebih gurih dan lezat.

Butter mengandung minimal 80 persen lemak susu sapi. Ini membuatnya jadi lebih lembut dan juga lebih mudah meleleh. Aroma butter lebih wangi dan warnanya juga lebih pucat. Berikut beberapa jenis butter yang perlu kamu ketahui.

Jenis-jenis Butter yang Wajib Kamu Tahu

Salted Butter

Jenis butter pertama yang wajib kamu tahu adalah salted butter. Ini merupakan jenis mentega asin karena di dalamnya mengandung garam. Mentega asin biasanya banyak digunakan untuk olesan di atas roti tawar.

Salted butter juga umum digunakan sebagai olesan martabak supaya lebih gurih. Jenis butter ini bisa juga untuk bahan pembuat kue. Butter yang satu ini bisa dikategorikan serbaguna karena bisa untuk aneka masakan dan kue.

Unsalted Butter

Berikutnya ada jenis unsalted butter yang wajib kamu tahu. Produk yang satu ini kebalikan salted butter. Mentega ini tak memiliki kandungan garam sehingga rasanya tidak asin. Mentega tawar ini terbuat dari 80 persen lemak susu.

Bagi kamu yang sedang mengontrol jumlah garam untuk dikonsumsi, kamu bisa gunakan mentega jenis ini, ya. Selain bisa digunakan untuk mengolah masakan agar rasanya lebih alami, unsalted butter bisa juga digunakan untuk aneka kue dan roti.

Light Butter

Jenis yang satu ini sesuai namanya, memiliki kalori yang rendah yakni hanya 50 persen jika dibandingkan dengan butter pada umumnya. Dalam light butter terkandung air, asam laktis, dan bahan lainnya. Light butter biasanya digunakan untuk olesan roti dan juga untuk membuat muffin.

Light butter tidak bisa digunakan untuk memasak. Ini karena menteganya memiliki kandungan air sebanyak 25 persen sehingga lebih cepat meleleh dan menguap.

Cultured Butter

Sumber gambar cooking.nytimes.com

Cultured butter adalah jenis mentega selanjutnya yang wajib kamu tahu. Mentega ini terbuat dari krim susu. Ketika sedang difermentasi, mentega ini juga diberi bakteri. Rasa dari cultured butter ini cenderung sedikit tajam. Kandungan lemak cultured butter adalah yang paling tinggi jika dibanding butter lainnya. Hal ini membuatnya cocok untuk dipakai sebagai bahan utama kue dan olesan roti.

European Butter

Ini adalah jenis mentega yang diproses dalam waktu yang lama. Jenis mentega ini memiliki kandungan 82 persen lemak susu. Kekurangan dari european butter adalah teksturnya kurang lembut. Warna dari european butter juga sedikit lebih pudar dari yang lain sehingga terkesan kurang baik.

European butter cocok untuk dipakai jadi adonan kue. Ini karena kue yang memakai european butter hasilnya jadi lebih empuk dan lembut. Kamu bisa juga menambahkan european butter pada masakan untuk menambah cita rasa.

Butuh Butter Enak dan Murah? Kamu Bisa Beli Rekomendasi Berikut Ini!

Anchor Salted Butter

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kamu yang butuh butter termurah bisa lirik produk dari Anchor. Ada salted butter persembahan Anchor yang berkualitas. Produk mentega asin ini datang dari New Zealand. Kualitasnya tak perlu dipertanyakan karena dalam pengolahannya tidak menggunakan bahan kimia.

Aroma mentega yang satu ini sangat alami sehingga menggugah selera. Kamu bisa memakai mentega ini untuk aneka bahan makanan manis atau gurih. Dapatkan segera di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 30.000.

Butter Arla Lurpack

Sumber gambar shopee.co.id

Butter yang satu ini hadir dari Denmark dengan kualitas premium. Mentega ini memiliki rasa yang gurih. Kamu bisa memakainya untuk memasak agar masakan lebih nikmat untuk disantap. Mentega yang satu ini bisa juga kamu gunakan untuk olesan roti, steak dan lain sebagainya. Dapatkan segera di Shopee dengan harga mulai dari Rp 22.000.

Anchor Unsalted Butter

Sumber gambar www.bukalapak.com

Mentega tawar ini hadir dalam kemasan mini sehingga harganya bisa lebih terjangkau. Produk ini cocok untuk ditambahkan pada MPASI untuk meningkatkan berat badan. Mentega tawar ini juga bisa meningkatkan nafsu makan si kecil loh. Kamu bisa juga memakainya untuk dioleskan pada roti. Dapatkan mentega ini di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 20.000.

Butter Orchid 100 Gr

Sumber gambar www.bukalapak.com

Butter Orchid dikemas dalam ukuran 100 gr sebagai pilihan butter termurah. Produk dari Indofood ini kaya akan Vitamin A dan E. Dibuat dari lemak susu berkualitas, produk ini hadir dalam jenis salted dan unsalted.

Rasanya juga begitu kaya rasa sehingga bisa menambah cita rasa masakan. Produk ini bisa dioles langsung pada roti dan biskuit. Dapatkan segera di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 15.000.

ROYAL PALMIA Butter Margarin 200gr

Sumber gambar www.bukalapak.com

Royal Palmia Butter Margarin adalah kombinasi butter dan margarin yang enak. Kamu bisa memakainya pada masakan dan juga pada aneka kue. Hadir dengan tekstur lembut, produk ini bisa dipakai untuk memanggang kue dan juga bisa jadi olesan roti. Dapatkan segera di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 6.900.

Hollmann Butter 100 gr

Sumber gambar www.bukalapak.com

Produk yang satu ini dikemas dalam ukuran 100 gram sehingga harganya bisa lebih murah. Mentega ini memiliki kualitas premium sehingga rasanya tak perlu diragukan lagi. Aromanya enak yang bisa membuat masakan lebih nikmat. Mentega halal ini terbuat dari lemak susu, garam dan perisa. Dapatkan segera di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 11.000.

Royal Krone Butter 250 gr

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kamu bisa juga memakai Royal Krone Butter sebagai pilihan butter. Ada produk yang dikemas ulang dalam ukuran 250 gram sehingga bisa jadi rekomendasi butter termurah. Produk ini adalah kombinasi dari mentega dan margarin.

Dengan tekstur halus, mentega ini warnanya cantik kuning keemasan. Kamu bisa menghasilkan kue kering, cake atau roti berkualitas premium dengan produk ini. Aromanya juga sangat menggugah selera sehingga bisa bikin masakan lebih nikmat. Dapatkan segera di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 22.000.

Butter Wisjman 100gr Repack

Sumber gambar www.bukalapak.com

Butter Wijsman 100gr Repack ini bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini kaya akan lemak susu. Cocok jadi bahan kue karena kuenya jadi lebih enak. Mentega yang satu ini banyak digunakan para penjual kue sebagai bahan utama produknya karena kualitasnya yang luar biasa.

Dibuat dari lemak hewani dengan tahapan hidrogenasi, mentega ini lebih higienis. Butter ini memiliki aroma harum dan cita rasa yang lebih gurih. Dapatkan di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 28.000.

Elle & Vire Unsalted Butter 10 gr X 10

Sumber gambar www.bukalapak.com

Elle and Vire Unsalted Butter ini bisa juga jadi rekomendasi yang tepat. Mentega ini dikemas dalam ukuran kecil sekali pakai. Butter ini dibuat tanpa tambahan garam. Produk ini bisa juga dijadikan lemak tambahan dan pada makanan pendamping ASI. Rasanya gurih jadi cocok sebagai bahan olesan. Produk ini kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk bayi. Dapatkan segera di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 28.000.

Butter Mentega Corman Patisy Repack 250 Gram

Sumber gambar www.bukalapak.com

Butter Mentega Corman Patisy Repack 250 Gram adalah produk yang tidak bisa kamu lewatkan sebagai butter termurah. Produk ini bisa kamu pakai pada masakan. Selain itu mentega ini juga cocok untuk campuran lapis legit, martabak dan kue kering. Aromanya menggoda sehingga bikin masakan dan kue jadi lebih enak. Dapatkan segera di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 27.000.

From our editorial team

Butter, Bahan Penting untuk Bikin Kue dan Masakan Lebih Gurih dan Enak

Saat menumis sayur, makan roti dan membuat aneka kue, kita akan butuh yang namanya mentega. Ada berbagai jenis mentega yang bisa kita gunakan. Kamu bisa cek aneka jenis mentega di atas beserta ciri dan fungsinya. Butter bisa bikin makanan jadi lebih enak dan aroma masakan juga bisa jadi lebih gurih dan menggugah selera. Kamu bisa cek rekomendasi butter enak dari kami di atas ya!

Tag