Cantik Lebih Aman dengan 10 Rekomendasi Kosmetik yang Sudah BPOM (2021)

Cantik Lebih Aman dengan 10 Rekomendasi Kosmetik yang Sudah BPOM (2021)

Wanita memakai makeup bukan sekadar untuk menutupi kekurangan pada wajah. Makeup atau kosmetik digunakan untuk menyenangkan diri sendiri. Wanita biasanya berekspresi dengan memilih beragam model riasan untuk diaplikasikan pada wajah. Wanita bisa lebih puas dengan makeup yang diaplikasikan dan dipilih sendiri karena bisa menunjukkan jati dirinya seutuhnya. Nah, berhias diri wajib tetap aman, kuncinya, pakai kosmetik yang sudah BPOM seperti rekomendasi kami di bawah ini!

Waspadai Kosmetik Palsu yang Beredar di Pasaran

Kosmetik selalu lekat dengan wanita. Produk kosmetik digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah dan juga untuk membuat lebih percaya diri saat bertemu banyak orang. Sayangnya, kadang para wanita kurang teliti saat membeli kosmetik. Mereka kerap asal saja membeli kosmetik. Apalagi jika sudah tergiur harga miring atau diskonan, kadang kandungan kosmetik atau asli palsunya sudah tidak diperhatikan lagi.

Meski gemar memakai kosmetik dan gemar mengoleksi kosmetik, kamu wajib tahu bedanya kosmetik asli dan palsu di pasaran. Jangan sampai kamu tertipu lalu membeli kosmetik palsu. Memakai kosmetik palsu bisa memberikan efek yang mengerikan, baik efek jangka pendek maupun efek jangka panjang. Waspadai jika kosmetik yang kamu beli ternyata adalah produk palsu.

Kosmetik palsu bisa membuat wajah jadi breakout alias muncul banyak jerawat. Biasanya ini adalah efek jangka pendek yang muncul. Umumnya jerawat bisa berhenti usai kamu tak lagi memakai produk tersebut. Alergi juga merupakan gejala lain yang muncul jika kamu memakai kosmetik palsu. Alergi bisa ringan dan juga bisa berat. Bisa jadi karena kandungan bahan kimia-nya tak jelas akihirnya kulti iritasi, kemerahan, dan gatal.

Efek lain yang bisa ditimbulkan dari pemakaian kosmetik palsu adalah kulit jadi perih dan ada rasa seperti terbakar. Efek yang lebih parah bisa terjadi pada area mata. Misalnya jika kamu membeli eye shadow dengan harga miring yang bahannya tidak jelas. Area mata adalah area sensitif sehingga bisa lebih mudah iritasi jika kamu memakai asal saja produk kosmetik.

Bahaya paling parah yang ditimbulkan kosmetik palsu adalah munculnya kanker kulit. Ini adalah efek jangka panjang yang terjadi. Bahan kimia bisa menumpuk pada jaringan kulit. Selanjutnya, jika ini dibiarkan maka bahan kimia bisa terbawa ke jaringan tubuh lain dan memiliki efek merusak. Kamu pasti tidak mau ini terjadi, bukan?

Tips Memilih Kosmetik yang Aman

Cek Kemasan

Untuk memastikan produk yang kamu beli cukup aman untuk digunakan, maka kamu bisa mengecek kemasannya. Pastikan kemasannya tertutup rapi dan bersegel. Cek juga di internet untuk mengetahui kemasan aslinya lalu bandingkan dengan produk yang akan kamu beli. Cek secara mendetail dari warna kemasan, tulisan, hingga keterangan yang tertera. Kamu wajib teliti untuk yang satu ini jika tidak ingin tertipu. Kadang ada produk palsu yang memakai nama brand kenamaan dengan kemasan yang sama namun berbeda dalam hal tulisan. Jadi, kamu harus bersabar dan teliti lebih dalam untuk yang satu ini, ya.

Cek Harga

Kamu juga bisa mengecek keaslian produk dari harganya. Jangan mudah senang saat tahu ada diskon dari suatu produk. Cek berapa diskon yang ditawarkan dan cek harga aslinya. Jika diskon masih dalam batas wajar, atau semisal harga yang ditawarkan juga sesuai dengan harga resmi di pasaran, maka kamu bisa membelinya. Namun, jika harganya terlalu murah dan tidak masuk akal, maka kamu wajib curiga.

Beli di Toko Terpercaya

Untuk kosmetik yang berkualitas, ada baiknya kamu membeli di toko yang terpercaya. Jika membeli online, kamu bisa memilih toko yang sudah tersertifikasi atau toko resminya. Dengan begini, kamu pasti terhindar dari membeli barang palsu. Atau jika kamu membeli secara langsung ke toko, pilih toko yang sudah terpercaya dari dulu. Dengan begini, kamu yakin produk yang kamu beli pasti aman.

Pastikan BPOM

Sumber gambar bisnis.tempo.co

Pastikan produk yang kamu beli sudah BPOM. Ini merupakan suatu lembaga yang bisa menjamin keamanan produk untuk digunakan. Setiap produk yang beredar di Indonesia pasti akan melalui BPOM untuk dites keamanannya untuk digunakan. Jika produk sudah mendapat sertifikasi BPOM atau sudah ada cap BPOM maka kamu bisa tenang memakainya.

BPOM memiliki beberapa kriteria untuk meloloskan produk. Salah satunya adalah kemasannya sesuai standar yakni ada kemasan primer dan sekunder. Kemasan primer bersentuhan langsung dengan isi dan kemasan sekunder berada di bagian luar. Kemasan yang baik akan menjamin produk kosmetik tetap terjaga kualitasnya hingga sampai di tangan konsumen.

Kriteria lainnya adalah pada produk tercantum lengkap nama produk, kode produksi, negara produsen, netto, komposisi, hingga tanggal kedaluwarsa. Adanya tanggal kedaluwarsa membuat kita bisa lebih waspada akan kapan sebaiknya tak lagi memakai produk tersebut sehingga kulit lebih aman dan sehat.

Ini Dia Deretan Merek Kosmetik yang Sudah BPOM dan Contoh Produknya

Make Over - Make Over Shimmering Powder Chrystalist

Make Over merupakan brand dalam negeri yang kualitas produknya terjamin. Brand yang berada di bawah naungan PT Paragon ini, sama seperti saudaranya, Wardah dan Emina, telah memiliki sertifikat BPOM. Ini artinya produk-produknya aman digunakan. Dikemas dengan kemasan mewah dan elegan, produknya beragam. Make Over menghadirkan bedak, lipstik, eyeliner, foundation, dan lain sebagainya.

Kamu bisa coba Make Over Shimmering Powder Chrystalist. Bedak yang satu ini cocok untuk mengakhiri riasan kamu. Produk akan mengunci riasan agar tahan lama. Bentuknya butiran halus yang mudah dibaurkan. Produk juga bisa menghasilkan kilau yang lembut dan natural. Pigmentasinya tinggi sehingga kamu bisa memakainya langsung tanpa memakai primer terlebih dahulu. Bedak ini hadir dalam pilihan 4 shades, yakni bronzed, goldinx, quartza, dan chrystalist.

Harga Rp. 70.000-157.000

Dear Me Beauty - Dear Me Beauty Perfect Glitz Eyeshadow Liquid Goal Digger

Dear Me Beauty merupakan kosmetik lokal yang menawarkan produk berkualitas premium. Produknya beragam mulai dari lipstik, multipurpose gel, eyebrow, corrector, cleansing balm, dan lain sebagainya. Bahannya pilihan dan pastinya diproduksi dengan teknologi terkini.

Dear Me Beauty Perfect Glitz Eyeshadow Liquid - Goal Digger wajib kamu coba. Produk yang satu ini unik dengan tekstur cair. Kamu jadi lebih mudah untuk mengaplikasikannya. Formulanya ringan dan teksturnya buildable, kamu bisa aplikasikan sebanyak dan sesering yang kamu mau. Setiap polesannya bisa menempel dengan baik dan bisa memberikan kilau yang menakjubkan. Pilihan warnanya ada yellow gold dan rose gold. Produknya sudah BPOM jadi jangan khawatir untuk memakainya.

Harga Rp. 89.000-161.000

Luxcrime - Luxcrime Ultra Highlighter Stardust

Satu lagi brand lokal yang produk-produknya sudah BPOM, yakni Luxcrime. Tak hanya menyediakan kosmetik saja, Luxcrime juga menyediakan skincare yang berkualitas bagus. Dikemas dalam kemasan berkesan mewah, Luxcrime menjamin produknya aman untuk digunakan.

Yuk, cobain Luxcrime Ultra Highlighter Stardust. Ini merupakan highlighter yang bisa mendefinisikan wajah dengan lebih baik. Produk ini bikin riasan kamu jadi makin sempurna. Kosmetik yang satu ini bisa bikin kamu makin percaya diri. Teksturnya creamy dan mudah dibaurkan. Produk tak akan meninggalkan rasa lengket. Ada pilihan warna lain selain stardust, yakni thunderstorm, milky way, dan pegasus.

Harga Rp. 118.000-187.700

BLP - BLP Cheek Stain Peach Melba

BLP atau yang bisa dikenal denga By Lizzie Parra juga merupakan salah satu brand yang produknya sudah BPOM. Lizzie Parra merupakan beauty influencer dan makeup artist yang sudah sangat ternama. BLP merupakan brand buatannya yang sukses menelurkan aneka produk kosmetik yang berkualitas bagus.

Ada BLP Cheek Stain yang wajib dicoba untuk melengkapi riasan kamu. Produk ini mudah dibaurkan. Warnanya sangat cantik dan sangat natural. Blush ini dikemas dalam tube plastik doff berukuran 10g. Kamu cukup keluarkan sedikit produknya lalu baurkan memakai tangan atau sponge. Produknya lebih cair namun bisa memberi warna intens. Ada 4 warna, yakni Butterscotch, Pink Guava, Peach Melba, dan Cherry Tart.

Harga Rp. 129.000-186.000

Mustika Ratu - High Coverage Foundation Dewy Finish Mustika Ratu

Mustika Ratu merupakan salah satu merek asal Indonesia yang telah lama hadir dan dipercaya masyarakat Indonesia. Brand yang satu ini telah memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun dalam bidang kosmetik. Ada banyak sekali rangkaian produk kecantikan dengan harga yang sangat terjangkau yang ditawarkan.

Salah satu produk yang bisa kamu coba adalah High Coverage Foundation Dewy Finish Mustika Ratu. Ini bisa kamu gunakan untuk mengawali riasanmu. Foundation ini memiliki coverage yang tinggi. Hadir dengan bahan ekstrak biji kelor, produk ini bisa menyehatkan kulit wajah. Ada pilihan warna ivory, nude beige, dan caramel yang bisa kamu pilih. Foundation ini waterproof sehingga makeup lebih tahan lama. Produk sudah lengkap dengan SPF 30 sehingga wajah lebih terlindungi dari efek buruk sinar UV.

Harga Rp. 107.000-159.800

Maybelline - Maybelline Superstay Matte Ink

Maybelline merupakan brand dari Amerika Serikat yang produknya begitu banyak diminati di tanah air. Brand yang satu ini selalu menghadirkan deretan kosmetik yang membuat gayamu lebih menawan. Ada banyak produk kosmetik bermutu yang ditawarkan. Senangnya lagi, produk dari Maybelline juga sudah mendapatkan izin BPOM, salah satunya adalah Maybelline Superstay Matte Ink.

Lipstik yang satu ini dikemas dalam kemasan bentuk kotak. Lip cream matte ini hadir dengan ink formula yang menghasilkan warna-warna intens. Cukup sekali pulas dan warnanya bisa sempurna menutup warna asli bibirmu. Ada banyak sekali pilihan warna dari gradasi warna pink, cokelat, hingga merah. Lipstik ini warnanya tahan lama hingga 16 jam.

Harga Rp. 55.000-85.000

Anastasia Beverly Hills -Anastasia Beverly Hills Highlighting Duo Pencil

Anastasia Beverly Hills didirikan merupakan brand kosmetik mewah yang didirikan Cindy Crawford dan Kim Kardashian. Brand yang satu ini menghadirkan aneka kosmetik dengan warna dan shade baru yang selalu cantik. Kemasan produknya juga selalu mewah dan membuat wanita merasa sangat dihargai. Nah, beberapa produk dari brand ini sudah BPOM, loh!

Kamu bisa coba Anastasia Beverly Hills Highlighting Duo Pencil. Ini merupakan pensil yang bisa memudahkan kamu untuk menghighlight riasan kamu. Dua ujungnya berbeda, ada yang bisa memberi hasil akhir matte dan ada juga yang bisa memberi hasil akhir shimmer. Produknya mudah digunakan dan pastinya bikin tampilan kamu makin menawan.

Harga Rp. 210.000-461.000

Revlon - Revlon Ultra HD Matte Mettalic

Revlon menjadi salah satu brand yang wajib dilirik. Didirikan sejak tahun 1932, brand ini sudah sangat ahli di bidang kosmetik. Tak hanya menyediakan kosmetik dan juga perawatan kecantikan, namun juga menyediakan produk pewarna kuku yang berkualitas. Pilihan produknya beragam dengan warna yang variatif juga.

Revlon Ultra HD Matte Mettalic Liquid lip color ini bisa jadi pilihan kamu. Produk ini sudah BPOM jadi dipastikan aman digunakan. lipstik ini hadir dengan warna velvety matte metalik yang intens. Sekali sapuan sudah bisa menutup warna asli bibir. Dengan formula gel yang 100% bebas wax, lipstik terasa lembap dan nyaman. Ada plush applicator yang lembut sehingga kita mudah mengaplikasikannya. Ada 8 pilihan warna yang tersedia.

Harga Rp. 77.000-129.000

Etude House - Etude House Dear Darling Water Tint

Etude House merupakan brand kecantikan asal Korea Selatan yang ternama. Brand ini menghadirkan banyak kosmetik dengan kemasan lucu dan menarik. Pilihan warna dan juga pilihan produknya tak kalah banyak. Kamu bisa juga memilih deretan skincare dari brand yang satu ini karena dipastikan bagus kualitasnya.

Etude House Dear Darling Water Tint wajib kamu coba. Produk yang satu ini sudah BPOM jadi lebih aman digunakan. Lip tint ini teksturnya cair dan sangat ringan. Kendati demikian, produknya menyatu di bibir dengan cepat. Ada aroma buah yang menyegarkan. Pilihan warnanya juga ada banyak.

Harga Rp. 39.000-45.000

ESQA - ESQA Bronzer Havana

ESQA adalah brand terakhir yang kami review. Brand ini sudah mendapatkan izin BPOM untuk sebagian besar produknya. Brand lokal ini menghadirkan banyak sekali produk kecantikan berkualitas, mulai dari lipstik, cheek palette, eyeliner, dan lain sebagainya.

ESQA Bronzer Havana wajib untuk kamu miliki. Produk yang satu ini bisa kamu gunakan untuk contouring dan juga menutupi ketidaksempurnaan di wajah. Aplikasikan di pinggir pipi dan juga pinggiran kening. Gunakan brush untuk lebih mudah mengaplikasikannya.

Harga Rp. 70.000-108.000
From our editorial team

Perhatikan Reaksi Usai Memakai Kosmetik

Kita memang tak bisa jauh dari yang namanya kosmetik. Maka dari itu, jangan asal saja memilih kosmetik. Kamu wajib mengecek reaksi yang timbul pada wajah usai kamu mengaplikasikannya. Atau agar lebih aman, kamu bisa aplikasikan kosmetik ke bagian punggung tangan untuk melihat reaksinya. Jika tak ada reaksi alergi, panas, dan gatal, maka kamu aman saja memakainya. Mencoba produk pada punggung tangan juga sekaligus bisa membuat kamu tahu apakah tekstur dan warna produk tersebut cocok untuk kulitmu. Dengan begini, penggunaan kosmetik dijamin jadi lebih aman.