10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik Untuk Kemudahan Transaksi (2022)

10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik Untuk Kemudahan Transaksi (2022)

Di era digital seperti sekarang ini, transaksi perbankan sudah bisa dilakukan dari handphone Anda lho! Hal ini didukung dengan semakin banyaknya bank digital di Indonesia. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi bank digital terbaik untuk kenyamanan bertransaksi.

Digitalisasi Sudah Merambah Dunia Perbankan

Sesuai dengan namanya, bank digital hadir sebagai upaya digitalisasi semua operasional bank konvensional. Semua transaksi yang biasanya dilakukan di kantor bank kini bisa Anda lakukan secara online.

Meski sepintas terlihat sama, namun bank digital berbeda dengan online banking. Jika online banking hanya membantu Anda dalam melakukan transaksi secara online tanpa perlu ke bank, bank digital membantu Anda untuk mendapatkan semua layanan perbankan mulai dari pembukaan rekening hingga penutupan rekening.

Dengan perpindahan sistem ini, Anda bisa mengakses layanan finansial setiap hari selama 24 jam, dari mana pun Anda berada, asalkan ada perangkat dan koneksi yang mendukung Anda untuk mengakses layanan bank digital.

Tips Memilih Bank Digital Terbaik

Pastikan Terdaftar di OJK

Sumber gambar pngimage.net

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah lembaga resmi pemerintah untuk mengatur dan mengawasi kegiatan jasa keuangan, salah satunya bank digital. Karena lembaga ini resmi dan sah secara hukum, maka menabung di bank yang terdaftar di OJK akan lebih aman dan terpercaya.

OJK akan mengawasi aspek-aspek seperti kecukupan modal minimum, pengujian kredit, kualitas aset, dan rasio pinjaman serta batas pemberian kredit. Maka dari itu, pastikan bank digital yang Anda pilih terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga Anda bisa terhindar dari penipuan.

Cek Penjaminan LPS

Sumber gambar lps.go.id

LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) merupakan lembaga independen yang bertujuan menjamin simpanan nasabah penyimpan. Kehadiran LPS akan menjamin dana Anda tetap aman apabila bank mengalami likuid atau tutup permanen.

Simpanan dana Anda pada bank digital peserta LPS akan dijamin hingga dua miliar rupiah di setiap bank. Sumber dana LPS ini berasal dari modal awal pemerintah, kontribusi kepesertaan, premi bank peserta, dana pihak ketiga, dan investasi.

Salah satu syarat agar dana Anda terjamin LPS adalah tingkat bunga simpanan bank Anda tidak melebihi tingkat penjaminan LPS. Supaya Anda bisa merasa lebih aman, pastikan bank digital Anda merupakan peserta LPS sehingga dana Anda dijamin aman.

Periksa Fitur yang Ditawarkan

Sumber gambar idxchannel.com

Selain soal keamanan, Anda juga perlu memeriksa fitur-fitur yang ditawarkan. Beberapa fitur yang dapat Anda periksa adalah apakah bank itu biaya administrasi, gratis transfer, dan gratis tarik tunainya.

Salah satu keuntungan menabung di bank digital adalah bebas biaya administrasi rekening bulanan. Keuntungan lain pengguna bank digital adalah gratis transfer ke bank lokal mana pun. Beberapa bank digital juga menerapkan bebas biaya untuk kartu ATM.

Namun, ada pula bank digital yang memiliki kuota terbatas dan bersyarat. Karena tidak memiliki ATM sendiri, kebanyakan bank digital “menumpang” di ATM bank lain untuk urusan tarik tunai. Maka dari itu, biasanya bank digital menerapkan gratis tarik tunai dengan kuota tertentu.

Daftar Bank Digital Terbaik di Indonesia

Jago

Di Bank Jago, Anda dapat menabung sekaligus berinvestasi tanpa ribet. Anda bisa menghubungkan portofolio reksadana di akun Bibit ke aplikasi Bank Jago ini. Tak cuma itu, Anda juga bisa menyambungkan akun Gojek ke Jago sehingga bisa top up saldo GoPay dengan mudah.

Di Bank Jago, Anda bisa membuka 40 rekening sekaligus, sehingga Anda pun bisa lebih leluasa dalam mengatur tabungan, semisal ingin memisahkan rekening belanja, tabungan, dan rekening lainnya.

Bank digital ini juga dilengkapi dengan fitur jadwal transfer otomatis, sehingga memudahkan Anda, terutama para pengusaha yang mau menggaji karyawan. Bagi Anda yang sering lalai mengatur keuangan, Bank Jago menawarkan fitur Kantong Terkunci yang minimal pencairannya mencapai empat belas hari.

TMRWbyUOB ID

Dengan TMRW byOB ID, menabung pun serasa bermain game. Anda seolah membangun kota dengan aplikasi yang satu ini. Dengan mengisi saldo, Anda bisa mengembangkan kota virtual, City of TMRW. Semakin banyak saldo, maka semakin berkembang kota bank digital Anda. Kalau begini, gimana nggak bakal tertarik untuk rajin menabung ya?

Bank digital ini juga menyediakan asisten yang siap membantu Anda melalui fitur chat TIA Chatbot TMRW. Di samping itu, ada pula fitur pengingat tagihan yang membantu Anda bisa mengatur keuangan jadi lebih baik. Jika ingin melakukan pembayaran cashless, Anda juga bisa menggunakan fitur QRIS.

BTPN Jenius

Jenius bisa dibilang bank digital pertama yang booming di Indonesia dan merupakan produk keluaran dari Bank konvensional BTPN. Sebagai salah satu pioneer dari bank digital yang ada di Indonesia, Jenius pun menawarkan berbagai fitur yang akan membantu para pengguna.

Beberapa fitur dari Jenius adalah jatah gratis transfer, penarikan ATM di mana saja, tabungan hingga deposito online. Jatah transfer online yang ditawarkan akan berbeda tergantung level yang dimiliki oleh pengguna. Ada 4 level yang masing-masing memiliki ketentuan dan awards berbeda-beda, yaitu: Basic, Smart, Jenius dan Sinaya Prioritas.

digibank by DBS Indonesia

Bank digital ini merupakan produk dari bank DBS yang secara berturut-turut dinobatkan sebagai bank teraman di Asia versi Global Finance. Maka dari itu, Anda tak perlu khawatir soal keamanannya.

Bank digital yang satu ini juga menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mendapatkan beragam fitur yang menguntungkan. Setiap transaksi yang Anda lakukan, digibank akan memberikan notifikasi SMS untuk membantu memantau keuangan Anda. Dengan minimal saldo Rp1.000.000,-, Anda dapat melakukan transfer ke bank lokal dan 20 bank negara pilihan secara gratis.

Menariknya lagi, Anda juga bisa berinvestasi deposito rupiah atau valas, obligasi, reksadana, dan Surat Berharga Negara melalui aplikasi ini.

Aladin Bank

Bagi Anda yang ingin menabung dengan prinsip syariah, Aladin Bank bisa menjadi jawaban. Bank ini diklaim sebagai bank syariah digital pertama di Indonesia, lho. Registrasi bank ini bisa dilakukan secara cepat dengan verifikasi scan wajah. Jadi lebih mudah, bukan?

Bicara soal fitur unggulan, Aladin Bank memiliki fitur goal saver untuk tujuan menabung jangka pendek, seperti untuk wisata, beli mobil, rumah, hingga pernikahan. Bagi Anda yang mau mengatur finansial dengan memisahkan rekening, di sini Anda dapat membuat hingga 20 rekening di dalam satu akun.

neobank

Pembukaan rekening bank digital yang satu ini sangatlah mudah, tak memerlukan nominal setoran. Ada banyak fitur fungsional yang ditawarkan pada bank ini, salah satunya adalah pencatat keuangan bersama Neo Jurnal. Untuk transfer ke sesama pengguna, Anda bisa transfer melalui fitur chat. Sangat inovatif!

Anda juga bisa sekaligus berinvestasi melalui bank digital ini. Jika Anda mencari kesempatan investasi deposito dengan bunga tinggi, Anda bisa memilih bank digital ini. Deposito di neobank bisa dimulai dari Rp200.000,- saja, lho. Bunga depositonya mencapai 8%, sedangkan bunga tabungannya mencapai 6%.

blu by BCA Digital

Blu merupakan bank digital yang terkoneksi dengan sistem BCA. Sebagai bank konvensional yang sudah terkenal dan telah beroperasi sejak lama, keamanannya pun sudah tak diragukan. Aplikasi Blu ini juga menawarkan berbagai fitur yang memudahkan Anda.

Melalui aplikasi Blu, Anda dapat membuat 10 tabungan dalam satu akun. Selain itu, Blu juga memfasilitasi Anda dengan deposito yang bisa dimulai dari satu juta rupiah. Meski tidak disertai kartu ATM, Anda bisa tarik tunai tanpa kartu secara gratis di ATM BCA.

LINE Bank

Bank digital yang satu ini begitu unik dan menarik. Anda bisa memiliki kartu ATM dengan gambar karakter LINE Friends dengan LINE Bank ini. Desainnya lucu-lucu yang membuat Anda akan semakin percaya diri saat berbelanja di supermarket.

Saat registrasi, Anda akan memerlukan foto KTP, nama ibu kandung, password, dan PIN. Setelah terpasang di HP, Anda cukup masukkan PIN dan password untuk transaksi finansial. Verifikasi untuk menggunakan layanan mobile banking LINE Bank tergolong aman karena autentikasinya berlapis. Anda juga bisa gratis transfer ke bank lokal mana pun tanpa harus memiliki saldo minimum.

Raya

Raya merupakan produk bank digital dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sebelum berganti nama menjadi Raya, dulu namanya BRI Agroniaga. Bank digital ini masih tergolong baru. Meski begitu, aplikasi Raya telah mendapatkan penilaian yang memuaskan dari para nasabahnya.

Pembukaan rekening tabungan di Raya bisa dilakukan via online secara mudah. Dari segi fitur, bank Raya menawarkan kemudahan transaksi dalam satu genggaman. Semua transaksi yang Anda lakukan dapat dipantau secara realtime.

SeaBank

Bagi Anda pengguna Shopee, tentu sudah tidak asing dengan SeaBank. SeaBank menawarkan keuntungan lebih bagi pengguna Shopee. Anda tinggal menghubungkan SeaBank dengan Shopee, dan nikmati beragam keuntungan. Proses pembukaan rekeningnya juga mudah dan hanya berkisar lima menit saja rekening langsung jadi.

SeaBank membebaskan biaya top up ShopeePay dan biaya penanganan bayar virtual account Shopee. Anda bisa menikmati promo bunga tinggi, yakni 7% p.a., yang cair setiap hari. Selain itu, biaya transfer dan adminnya gratis tanpa minimal saldo. Hanya saja, hingga saat ini nasabah bank ini belum difasilitasi kartu ATM.

From our editorial team

Kenali Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Menggunakan Bank Digital

Popularitas bank digital di kalangan masyarakat semakin meningkat saja. Seperti deretan bank digital yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas. Jika Anda belum pernah menggunakan bank digital sebelumnya, cari tahu dan pahami dulu semua kelebihan dan kekurangannya sebelum menjatuhkan pilihan.

Tag