10 Rekomendasi Dompet Digital Terpercaya untuk Segala Aktivitas Transaksi! (2022)

10 Rekomendasi Dompet Digital Terpercaya untuk Segala Aktivitas Transaksi! (2022)

Pesatnya teknologi akan membantu kita jadi lebih mudah dalam menjalani kehidupan di era modern seperti sekarang ini. Salah satu teknologi yang hadir di tengah kita saat ini adalah dompet digital. Ini merupakan teknologi yang menawarkan kemudahan bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Dengan dompet digital, kita tidak perlu repot lagi membawa uang tunai terlalu banyak. Nah, kenali lebih jauh kelebihan dompet digital dan juga rekomendasinya dari BP-Guide!

Mengenal Lebih Dalam tentang Dompet Digital

Perkembangan zaman membuat segala hal di sekeliling kita jadi berubah. Kemajuan teknologi menyentuh segala aspek kehidupan dan memudahkan kita beraktivitas. Dalam hal pembayaran atau aktivitas keuangan misalnya. Kini sudah ada yang namanya dompet digital yang memudahkan kita untuk bertransaksi.

Sebenarnya apa sih dompet digital itu? Beberapa dari kita pastinya sudah mengenal apa itu dompet digital. Namun, untuk kamu yang belum begitu paham, jangan khawatir karena kita akan membahasnya bersama di sini.

Dompet digital memiliki nama lain yang populer yakni e-wallet. Ini merupakan salah satu teknologi untuk menyimpan uang dalam dompet. Hanya saja dalam dompet digital artinya kita menyimpan uang dalam bentuk elektronik.

Adanya dompet digital tentu memudahkan kita untuk bertransaksi. Tak perlu lagi tarik tunai di ATM atau melakukan pembayaran secara langsung. Awal kemunculannya, belum banyak toko yang menerapkan transaksi online dengan e-wallet. Namun, belakangan ini makin banyak toko dan juga aneka transaksi yang bisa dilakukan dengan dompet digital.

Kelebihan Dompet Digital

Lebih Efisien

Kelebihan pertama dari sebuah dompet digital adalah praktis dan efisien. Adanya dompet digital membuat kita siap bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Prosesnya juga cepat karena kita hanya butuh untuk scan kode QR saja. Tidak perlu lagi ribet mengeluarkan dompet atau merogoh saku untuk mengeluarkan uang. Kamu juga tidak perlu lagi ribet menghitung uang dan kembalian saat transaksi.

Proses yang cepat dalam transaksi dengan dompet digital menguntungkan dua belah pihak, yakni pembeli dan penjual. Tidak perlu lama mengantri saat membayar sehingga bisa lebih hemat waktu. Dompet digital juga praktis digunakan untuk aneka transaksi. Kamu bisa memakainya untuk membayar air, listrik, cicilan kredit, tiket bus, tiket kereta, dan lain sebagainya.

Lebih Aman

Dompet digital yang ada di Indonesia dan sudah beredar harus terdaftar dan mendapat izin dari Bank Indonesia. Ini tentu bikin kita jadi merasa lebih terjamin saat memakainya. Data pengguna dompet digital juga sudah terjamin keamanannya.

Hal inilah yang kemudian menjadi kelebihan selanjutnya dari dompet digital. Kita tidak perlu khawatir dirampok atau kehilangan uang karena salah hitung pembayaran dan lainnya. Saat memakai dompet digital, kita harus memakai PIN dan password sebagai cara untuk mengakses aplikasinya. Dengan cara ini maka dompet digital tidak bisa asal diakses dari perangkat lain.

Semisal kamu kehilangan smartphone, kamu tinggal lapor ke dompet digital yang kamu gunakan agar segera memblokir akun kamu.

Banyak Promo

Kelebihan lain dari dompet digital adalah banyak promo yang ditawarkan. Dompet digital umumnya menawarkan aneka diskon untuk produk tertentu, promo menarik di waktu-waktu tertentu, dan bahkan cashback dari pihak dompet digital yang bekerja sama dengan penjual tertentu.

Ini tentu sangat menggiurkan dan menguntungkan. Kamu jadi bisa lebih hemat uang saat memakai promo, cashback, dan diskon yang ditawarkan.

Riwayat Transaksi Selalu Tercatat

Seringkali kita bingung dan lupa untuk apa saja uang yang ada di dompet kita. Kadang kita lupa apa saja yang sudah kita beli sehingga untuk kita yang biasa mencatat transaksi keuangan, hal ini cukup merepotkan. Namun, tenang saja, hal itu tidak akan terjadi jika kamu memakai dompet digital.

Dengan dompet digital, kamu jadi tahu setiap transaksi yang kamu lakukan. Ini memudahkan kamu untuk melacak setiap pengeluaran dan pemasukan. Tidak ada yang terlewat dan kamu tidak perlu bingung lagi mencari kemana larinya uangmu.

Ini Dia Deretan Dompet Digital yang Bisa Kamu Coba!

GoPay

Sumber gambar www.cosmotron.cz

Tentu kita tidak asing dengan dompet digital yang satu ini. GoPay merupakan salah satu layanan yang berada di bawah naungan GoJek. Pengguna GoJek tentu sudah akrab dengan GoPay karena pastinya sering memakainya. Dompet yang satu ini sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia. Dengan begini, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan atau meragukan keamanannya.

GoPay bisa kamu gunakan untuk membayar transaksi transportasi, memesan makanan, membayar tagihan, mengisi pulsa, investasi, hingga membayar jasa pengiriman. Keuntungan yang kamu dapat selain kemudahan memakai adalah GoPay banyak menawarkan promo, diskon, hingga cashback untuk memanjakan customernya.

OVO

Sumber gambar bisnis.tempo.co

OVO merupakan jenis dompet digital lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Dengan menguasai lebih dari 70 persen transaksi dan pusat perbelanjaan di Indonesia, OVO akan sangat memudahkan kamu dalam bertransaksi kapan saja dan di mana saja.

OVO dimiliki oleh Lippo Group pada awalnya, namun kini bekerja sama dengan Grab. Dompet digital ini memiliki aneka fitur menarik. Kamu bisa bertransaksi untuk pembelanjaan online, transportasi, pesan antar, transfer antar bank dan lain sebagainya.

Dana

Sumber gambar unduhvector.blogspot.com

Dana juga merupakan dompet digital lain yang bisa kamu andalkan. Sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia sebagai Lembaga Keuangan Digital. Uniknya lagi, Dana telah terhubung dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil. Hal ini bikin masa approval jadi lebih cepat dari dompet digital lainnya.

Dama membuat kita bisa bertransaksi dengan aneka penjual di Indonesia karena Dana terhubung dengan ATM Bersama dan juga BPJS. Fitur yang ditawarkan juga beragam dan menarik. Dana menawarkan garansi uang kembali, scan QR code, transfer uang, dan lain sebagainya dengan mudah. Ada juga banyak promo, hadiah, dan cashback yang ditawarkan.

Sakuku

Sumber gambar play.google.com

Bank BCA merupakan salah satu bank besar di Indonesia. Bank yang satu ini juga tidak mau ketinggalan untuk mengeluarkan produk dompet digital. Produk mereka bernama Sakuku. Skalanya termasuk besar karena kebanyakan perusahaan di Indonesia menggunakan BCA untuk membayar gaji karyawannya. Keberadaan Sakuku memudahkan transaksi digital tersebut dan juga transaksi lainnya.

Sakuku sendiri memiliki dua jenis, yakni Sakuku dan Sakuku Plus. Perbedaan kedua jenis tersebut adalah pada jumlah maksimal saldo yang dapat disimpan di dalamnya. Dengan Sakuku, kamu bisa menyimpan saldo maksimal Rp 2 juta. Sementara dengan Sakuku Plus, kamu bisa menyimpan dana hingga Rp 10 juta, loh!

ShopeePay

Sumber gambar usdgadget.com

Kamu yang gemar belanja online di Shopee pasti tidak asing dengan ShopeePay. Pertumbuhan dompet digital yang satu ini cukup pesat jika dibandingkan dengan dompet digital lainnya. Ini karena ShopeePay langsung terhubung dengan Shopee selaku marketplace.

Uniknya, ShopeePay tidak hanya bisa digunakan untuk membayar tagihan atau belanja di Shopee saja. ShopeePay juga bisa kamu gunakan untuk pembayaran ShopeeFood. Kamu bisa mudah mengisi saldonya di Indomaret, Alfamart, Bank, dan lain sebagainya. ShopeePay menawarkan aneka reward berupa koin yang bisa kamu bayarkan lagi di Shopee.

LinkAja

Sumber gambar www.youtube.com

LinkAja juga bisa kamu andalkan sebagai dompet digital andalan. Ini adalah produk bank digital hasil sinergi dari beberapa perusahaan besar di Indonesia. LinkAja merupakan sinergi dari Himpunan Bank Milik Negara, Pertamina, dan Telkomsel. Dengan banyaknya sinergi pada produk ini maka tentu saja makin banyak fitur yang dihadirkan untuk kemudahan transaksi digital penggunanya.

Dengan LinkAja, kamu bisa mudah membeli kuota, isi pulsa, beli kartu perdana, dan tentu saja belanja di berbagai merchant favorit yang sudah bekerja sama dengan LinkAja. Mereka juga menawarkan aneka promo cashback untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Jenius

Sumber gambar https://www.kalibrr.com/c/btpn/jobs/151871/jenius-content-writer

Dompet digital ini juga bisa kamu lirik jadi pilihan Jenius terbilang sebagai bagian dari Bank BTPN. Dompet digital Jenius juga telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan sehingga kamu tidak perlu khawatir dan meragukannya. Ada juga sertifikat keamanan dari LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan sehingga makin terpercaya keamanannya.

Jenius hadir dengan pelayanan yang memuaskan. Dari aktivasi, kamu akan dibimbing secara eksklusif lewat video call sehingga kamu tidak perlu takut salah saat aktivitas. Uniknya lagi, Jenius juga bisa kamu gunakan untuk subscribe ke Spotify dan Netflix. Cocok banget untuk kamu yang tidak bisa sehari saja tanpa Netflix dan Spotify.

Kamu juga bisa memanfaatkan Jenius untuk membuat akun PayPal. Kamu juga bisa membayar aneka transaksi memakai QRIS, dan aneka fitur menarik lainnya.

Paytren

Sumber gambar 237desain.blogspot.com

Paytren adalah jenis perusahaan fintech yang turut meramaikan teknologi dompet digital. Mereka sudah mendapat izin dari Bank Indonesia sejak 2019 lalu. Paytren membuat kamu lebih mudah dalam membayarkan aneka hal. Mulai dari keperluan rumah tangga, listrik, hotel, tiket kereta dan pesawat, dan lain sebagainya. Pembayaran Paytren juga mudah cukup memakai fitur QR code.

Doku

Sumber gambar www.k24klik.com

Kamu juga tidak bisa melewatkan Doku sebagai dompet digital. Dengan Doku, kamu bisa membayar pulsa, paket data, membayar air, listrik, telepon, dan lainnya. Kamu bisa juga membayar TV berlangganan, BPJS, hingga membayar cicilan kredit.

Kamu boleh juga memakai Doku untuk bertransaksi di Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, DAN+DAN, dan Lawson.

iSaku

Sumber gambar www.laluahmad.com

Terakhir, ada iSaku yang bisa kamu lirik jadi pilihan. Dompet digital ini biasa kita temukan di Indomaret. Ini karena iSaku kerap digunakan untuk memudahkan transaksi di Indomaret. Dompet digital yang satu ini menghadirkan hadiah berupa poin setelah kamu melakukan transaksi. Poin yang sudah kamu kumpulkan bisa kamu tukarkan dengan berbagai promo di Indomaret. Dompet digital ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk berbelanja online, transfer, hingga tarik tunai.

From our editorial team

Dompet Digital Bikin Kita Lebih Higienis

Pemakaian dompet digital menghadirkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah lebih higienis. Kita tidak perlu lagi memegang uang tunai yang tentu saja kita tahu mengandung banyak kuman dan virus karena berpindah dari satu tangan ke tangan lain. Dengan dompet digital, kita cukup melakukan scan lewat smartphone saja untuk membayar. Ini meminimalisir perpindahan virus dan kuman. Di masa seperti sekarang ini, tentu saja penting bagi kita untuk menjaga diri dan melindungi diri dari paparan kuman dan virus. Maka dari itu, dompet digital bisa jadi solusi untuk hidup lebih nyaman dan lebih higienis.

Tag