Tidak Selalu Menyeramkan, Inilah 10 Rekomendasi Topeng Binatang untuk Melengkapi Pesta Kostum yang Praktis Tanpa Repot (2020)

Tidak Selalu Menyeramkan, Inilah 10 Rekomendasi Topeng Binatang untuk Melengkapi Pesta Kostum yang Praktis Tanpa Repot (2020)

Pesta kostum tidak selalu identik dengan tampilan yang menyeramkan, lho. Kamu bisa tampil dengan gaya lucu dan menggemaskan saat menggunakan topeng hewan. Sini deh, cek dulu beragam rekomendasi topeng-topeng binatang yang bisa jadi pelengkap kostummu!

Topeng Binatang Membuat Tampilan Kamu Terlihat Menarik saat Pesta Kostum

Meriahkan acara perayaanmu dengan konsep pesta kostum. Konsep pesta ini terasa heboh sejak persiapan hingga pelaksanaannya. Saat persiapan, para tamu undangan pasti akan membicarakan kostum yang akan dikenakan. Kostum yang unik, menarik, bahkan tak biasa, biasanya mengundang perhatian hingga canda tawa yang membuat pesta semakin meriah.

Sambut pesta kostum dengan pernak-pernik pendukung, salah satunya adalah topeng. Membuat topeng sendiri dijamin lebih hemat dan bisa menyesuaikan dengan konsep kostum yang akan kamu pakai. Salah satu inspirasi topeng menarik untuk pesta kostum adalah topeng binatang.

Selain Topeng Binatang, Kenali Topeng Tradisional Khas Indonesia!

Topeng Panji

Panji adalah cerita rakyat yang berkembang dalam berbagai versi, mengikuti perkembangan zaman. Di Cirebon, Panji merupakan nama tari topeng yang menceritakan tentang kisah asmara Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji. Gerakan yang sederhana dan tenang pada Tari Topeng Panji mencerminkan seorang manusia suci dan tidak mudah terlena dengan hal-hal duniawi.

Topeng Panji diwujudkan dalam sebuah topeng warna putih bermotif bunga dan sulur. Warna putih pada topeng tersebut melambangkan hati yang putih dan bersih. Sementara bentuk hidung yang semakin mancung memiliki arti bahwa sosoknya kuat dan gagah.

Topeng ini juga menjadi simbol kehadiran roh taja atau dewa yang menjelma dalam diri sang raja. Terdapat mitos yang berhubungan dengan topeng Panji, yaitu penyamaran selama pengembaraan dalam pencarian kekasih.

Topeng Dewi Sekataji

Sumber gambar https://jatimtimes.com

Di dalam cerita, Dewi Sekartaji atau Galuh Candra Kirana merupakan karakter seorang wanita dengan sifat yang lembut dan baik hatinya. Tari Topeng Sekartaji merupakan tarian yang menceritakan perjuangan Panji yang mempertahankan cintanya pada Dewi Sekartaji.

Pada tari Topeng Sekartaji, Dewi Sekartaji digambarkan dengan topeng warna putih sebagai cerminan karakternya. Sementara pasangannya, Raden Panji Asmorobangun, digambarkan dengan warna topeng keemasan yang mencerminkan sifat kesetiaan, bersahaja, setia, serta rupawan.

Topeng Samba

Karakter pada tari Topeng Samba merupakan pengembangan karakter Panji yang terpengaruh lingkungan serta hasrat dan nafsunya yang mulai muncul. Tampak pada topeng yang memiliki warna putih namun matanya terbuka dan giginya terlihat.

Tari Topeng Samba pada kehidupan masyarakat Cirebon menceritakan tentang fase biologis anak-anak. Gerakannya cenderung lincah, ceria, centil, lucu, genit, dan kekanak-kanakan, mengikuti alunan irama musiknya.

Topeng Kelana

Kelana merupakan simbolisasi angkara dan kerakusan manusia melalui karakter dalam Tari Topeng Kelana. Meskipun kerap disebut sebagai topeng Rowana yang mengarah pada tokoh Rahwana dalam Ramayana, ternyata terdapat perbadaan kostum yang dikenakan kedua karakter tersebut.

Diyakini bahwa Tari Topeng Kelana dahulu hanya dipentaskan oleh raja di lingkungan kerajaan saja. Penontonnya pun hanya perempuan yang merupakan keluarga dari sang raja karena tari ini ditampilkan untuk tujuan spiritual.

Gerakan pada Tari Topeng Kelana cenderung energik dan bersemangat namun keluwesan menjadi hal yang harus diperhatikan. Umumnya tari ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu baksarai dan ngedok. Diiringi musik gojing yang meriah dan bersemangat, tari tersebut biasa dilakukan oleh 4-6 orang.

Tips Membeli Topeng Binatang yang Tepat agar Cocok Dipakai

Pilih Jenis Topeng yang Simpel

Saat ini banyak sekali pentas dan pesta yang mengharuskan para pesertanya untuk mengenakan kostum tertentu. Supaya makin keren dan modis, pilihlah topeng sebagai pelengkap dress code yang akan kamu kenakan.

Sebaiknya kamu memilih topeng dengan bentuk atau karakter yang sesuai dengan usia. Khusus untuk anak-anak, pilih saja karakter yang simpel sesuai dengan kosum yang dipakai, supaya mereka memahami arti kostum yang mereka kenakan. Pastikan topeng yang dipilih terlihat keren dan nyaman dipakai, sehingga kamu bisa menikmati pestamu dengan gembira.

Cek Bahan yang Digunakan

Pakailah topeng dengan bahan yang dibuat sesuai dengan keadaan lingkungan sekitarmu. Bahan yang digunakan untuk media topeng sangat variatif maka pilihlah yang pas dipakai sesuai dengan suasana sekitar.

Berencana membuat topeng sendiri di rumah? Tenang saja, kamu bisa menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti kayu, karet, atau kertas. Kalau ingin simpel, karton juga dapat dibuat menjadi topeng.

Apabila berencana menghadiri perayaan kembang api atau Halloween, pastikan bahwa kamu sudah memilih kostum dan topeng yang tahan api. Saat cuaca panas, hindarilah kostum dan topeng yang berbahan tebal. Jika cuaca dingin, usahakan untuk memilih kostum dan topeng yang menghangatkan tubuhmu.

Perhatikan Ukuran Topeng

Ukuran adalah hal yang sangat penting dalam hal memilih topeng. Perasaan kurang nyaman pasti akan muncul jika ukuran topengmu kebesaran atau kekecilan. Oleh sebab itu, pastikan ukuran topeng yang dipilih sudah pas dengan wajahmu.

Pilihlah Desain yang Sesuai Selera dan Nyaman

Topeng yang serasi dengan kostum yang dipakai biasanya akan mengundang banyak pujian dan akan membuat penampilanmu semakin berkesan. Bentuk topeng ternyata menggambarkan karakter atau perwatakan dari sesuatu yang ingin kamu tampilkan.

Biasanya topeng dengan karakter yang manis dimiliki oleh topeng raja dan putri, karakter yang tampak galak biasanya dimiliki oleh raksasa, sementara karakter yang terlihat tua menggambarkan peran resi atau dewa. Jadi pilihlah desain dan karakter topeng sesuai tema pesta yang akan kamu hadiri.

Rekomendasi Topeng Binatang Paling Lucu dan Favorit 2020

Topeng Hewan Serigala Wolf Mask

Si kecil akan terlihat sangat imut saat berpesta kostum dengan Topeng Hewan Serigala Wolf Mask. Set topeng ini terdiri dari topeng, ekor, dan sepasang tangan handmade. Tak perlu khawatir, produknya dijamin rapi dan kuat.

Topeng Hewan Serigala Wolf Mask dibuat dari bahan berkualitas. Topengnya dari flanel dua lapis, sementara pengikat kepalanya dari karet elastis. Bagian ekor diisi dengan dakron yang dibungkus flanel dan bagian pinggangnya bermaterial karet elastis. Sepasang tangannya juga dibuat dari flanel dan karet elastis.

Bisa dipakai oleh anak laki-laki dan perempuan, Topeng Hewan Serigala Wolf Mask pas untuk melengkapi kostum drama, pesta, atau tari bertemakan hewan. Menarik sekali bukan?

Harga Rp. 50.000-126.000

Topeng Hewan Laut Hiu Baby Shark

Rekomendasi topeng hewan untuk anak selanjutnya adalah Topeng Hewan Laut Hiu Baby Shark. Sangat menggemaskan, topeng ini cocok dipakai sang buah hati saat merayakan berbagai pesta kostum, drama, tari atau perayaan lain.

Topeng Hewan Laut Hiu Baby Shark merupakan produk hasil kerajinan tangan. Flanel dan karet elastis digunakan sebagai material utama pembuat topeng anak tersebut. Aksesori pada topeng ini ditempel menggunakan lem, sementara sekeliling mata dan topengnya dijahit secara rapi.

Harga Rp. 27.400-28.400

Topeng Binatang Gorilla Harimau

Sempurnakan tampilan kostum yang kamu kenakan dengan topeng binatang monyet, harimau, atau singa . Dengan model topeng full-face, topeng ini dibuat dari bahan kain yang lembut dan nyaman saat dipakai.

Harga Rp. 55.000-80.000

Topeng Hewan Babi Pig Felt Mask Kostum

Topeng Hewan Babi Pig Felt Mask Kostum merupakan topeng anak yang dibuat dari bahan berkualitas. Punya warna dasar merah jambu yang sangat menarik, topeng berbahan flanel dua lapis dan karet elastis ini juga nyaman saat dipakai.

Rekomendasi Topeng Hewan Babi Pig Felt Mask Kostum ternyata diproduksi secara handmade, bukan dari pabrik. Meskipun merupakan kerajinan tangan, topeng ini punya potongan yang rapi dan lem yang kuat.

Harga Rp. 20.300-21.200

Topeng Elephant

Rekomendasi topeng binatang yang lainnya adalah Topeng Elephant. Dengan bentuk menyerupai gajah berbelalai, topeng anak ini sangat pas dipakai bersamaan dengan kostum binatang yang serasi. Topeng tersebut dibuat dari bahan flanel dua lapis berwarna abu-abu dan merah jambu yang sangat menggemaskan dan karet elastis sebagai tali pengikat.

Harga Rp. 27.000-29.400

Topeng Binatang Burung Hantu

Rayakan pesta dengan topeng binatang untuk anak berbentuk burung hantu yang misterius. Bisa dipakai anak laki-laki maupun perempuan, topeng ini dibuat dari bahan flanel yang lembut dan dijamin nyaman. Jangan lupa, pakaikan kostum burung hantu yang pas untuk si kecil!

Harga Rp. 40.000-102.311

Topeng Panda Bear

Popularitas topeng di kalangan masyarakat seakan tak pernah berubah. Dahulu topeng dipakai sebagai simbol khusus dalam suatu kegiatan upacara atau kesenian adat namun saat ini topeng dipakai sebagai aksesori drama atau sekadar pajangan.

Sedang mencari topeng binatang full-face berbahan lateks? Topeng panda yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Dibuat dari bahan lateks, tampilannya cukup realistis namun tetap terlihat menggemaskan.

Harga Rp. 252.000-270.000

Topeng Kucing Hitam

Hal mistis dan nasib yang buruk kerap dikaitkan dengan kucing hitam. Di negara Perancis dan Spanyol, kucing hitam merupakan binatang yang dipercaya membawa nasib buruk dan memiliki kaitan dengan ilmu sihir. Sejak abad pertengahan, kepercayaan tersebut terus menyebar hingga benua Eropa dan New England.

Kamu bisa memeriahkan pesta Halloween dengan topeng lateks berbentuk kucing hitam. Kesan spooky akan didapatkan seketika, jika kamu mengenakan topeng lateks berwarna hitam ini. Topeng ini memang punya satu varian ukuran saja namun bisa muat semua ukuran kepala orang dewasa.

Harga Rp. 195.000-380.250

Topeng Hewan Kelinci Bunny Mask

Topeng Hewan Kelinci Bunny Mask dibuat dari kain flanel dua lapis yang lembut saat menyentuh permukaan kulit anak. Untuk menjaga topeng tetap melekat di wajah si kecil, karet elastis yang nyaman dipakai sebagai tali pengikatnya. Topeng tersebut sangat cocok digunakan sebagai aksesori menari, drama, hingga pesta dan perayaan.

Harga Rp. 25.300-27.300

Topeng Hewan Tikus Mouse

Lengkapi dandanan dan kostum sang buah hati dengan topeng bertema tikus yang menggemaskan. Topeng Hewan Tikus Mouse merupakan topeng berbahan flanel dua lapis yang dilengkapi dengan karet elastis sebagai tali pengikat.

Topeng Hewan Tikus Mouse adalah topeng hasil kerajinan tangan. Flanel yang digunakan sebagai bahan utama topeng tersebut dilem, sementara bagian pinggiran mata dan sekelilingnya dijahit dengan rapi.

Harga Rp. 26.300-84.000
From our editorial team

Penggunaan Topeng Binatang Lebih Praktis, Lho

Menghadiri pesta kostum tidak lengkap rasanya jika tidak mengenakan topeng yang menutupi area mata ataupun seluruh wajahmu. Penggunaan topeng sebenarnya dapat membuatmu tidak perlu repot menghias wajah dengan berbagai makeup lagi karena area wajahmu tidak banyak yang terekspos sehingga kamu bisa datang ke acara pesta kostum tanpa ribet, deh.