10 Rekomendasi Produk Makeup Halloween agar Cosplay-mu Makin Sempurna (2020)

10 Rekomendasi Produk Makeup Halloween agar Cosplay-mu Makin Sempurna (2020)

Menjelang akhir bulan Oktober, perayaan Halloween semakin dekat. Sudah punya ide cosplay yang akan kamu gunakan? Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi inspirasi makeup Halloween dan produk-produk apa saja yang mereka gunakan. Simak sampai akhir ya!

Pesta Kostum Jadi Momen Paling Dinanti di Perayaan Halloween

Mendekati penghujung bulan Oktober, tentu ada satu momen yang sangat dinanti-nantikan. Apalagi kalau bukan pesta kostum Halloween. Rasanya perayaan Halloween kurang lengkap tanpa adanya pesta kostum ya?

Kini pesta kostum di malam Halloween semakin kreatif dan beragam saja. Tidak hanya karakter hantu menyeramkan saja yang populer, tetapi juga tokoh animasi dan film yang digandrungi turut menjadi inspirasi cosplay di malam Halloween.

Usut punya usut, ternyata tradisi cosplay ini bermula dari bangsa Celtic yang menandai Halloween sebagai pergantian musim panas yang cerah menuju malam-malam panjang musim dingin yang gelap. Malam terakhir sebelum memasuki bulan November dipercaya sebagai malam dimana iblis dan roh jahat berkeliaran untuk menimbulkan kerusakan di Bumi.

Manusia yang hidup di masa itu mengalami ketakutan setiap malam 31 Oktober datang. Mereka tidak ingin diganggu oleh iblis dan roh jahat. Oleh karena itu, bangsa Celtic memakai kostum yang mirip dengan kostum iblis, supaya si iblis mengira manusia tersebut adalah bagian dari mereka. Dari sinilah awal mula pesta kostum di malam Halloween menjadi tradisi hingga saat ini.

5 Karakter Populer yang Bisa Dijadikan Inspirasi Cosplay Halloween

Kaonashi

Sumber gambar www.aliexpress.com

Masih ingat dengan film animasi asal Jepang, Spirited Away, yang mampu meraih penghargaan di ajang Academy Awards? Salah satu karakter yang paling berkesan dalam animasi buatan Studio Ghibli itu adalah Kaonasi atau "No Face" yang menjadi hantu atau roh di film itu.

Kaonashi konon merupakan metafora dari hasrat dan hawa nafsu manusia. Hantu yang satu ini hanya bertindak menuruti nafsu dan keinginannya saja, sehingga ia bisa terlihat liar. Namun sebenarnya, Kaonashi adalah karakter yang baik.

Kaonashi merupakan karakter terkenal yang familiar di telinga penikmat film. Kostumnya bisa kamu adopsi di pesta perayaan Halloween nanti!

Joker dan Harley Quinn

Sumber gambar pinterest.com

Sebelum Joker versi Joaquin Phoenix mendunia, film Suicide Squad yang dirilis pada tahun 2016 juga sudah menampilkan super villain yang satu ini. Bahkan di film tersebut juga ditampilkan sosok Harley Quinn yang tidak lain adalah kekasih Joker.

Kedua tokoh ini menjadi karakter populer yang sering diadopsi di malam perayaan Halloween. Bisa juga nih jadi inspirasi kece buat kamu dan pacar saat akan menghadiri cosplay. Kamu bisa menjelma menjadi raja dan ratu villain dalam semalam.

Midsommar

Sumber gambar uk.style.yahoo.com

Film yang dirilis di penghujung 2019 sangat membekas di hati pecinta film. Bagaimana tidaj, film beraliran thriller ini sangat menegangkan dan diwarnai adegan kekerasan yang membuatnya semakin menantang. Midsommar bercerita tentang sekelompok pemuda Amerika yang pergi ke Swedia untuk melihat festival musim panas. Siapa sangka festival tersebut justru berujung petaka.

Kalau disimak, kostum dalam film Midsommar ini cocok juga lho dikenakan di malam Halloween. Terlebih jika kamu termasuk orang yang tidak suka ribet dengan beerbagai macam makeup. Cukup dengan mengenakan gaun putih dan flower wreath di kepala, kamu sudah bisa menjelma sebagai Dani, karakter utama dalam film tersebut.

Pennywise

Sumber gambar www.miabellebaby.com

Si badut mengerikan dari film It ini juga termasuk tokoh jahat yang sangat populer. Pennywise tidak henti-hentinya meneror anak-anak di pedesaan, menculik mereka, dan menjadikan anak-anak tersebut mangsa.

Agar suasana horor Halloween semakin terasa, kamu bisa menjadikan Pennywise sebagai inspirasi cosplay-mu. Berdandan ala Pennywise tidak ribet kok. Yang kamu butuhkan adalah menonjolkan garis lengkung hitam dari bibir hingga ke mata. Jangan lupa bawa sebuah balon merah yang jadi identitasnya ya!

Lathi

Sumber gambar www.grid.id

Di tahun 2020 ini, Lathi Challenge sangat populer di jagat maya melalui platform TikTok. Lathi adalah lagu kolaborasi dari penyanyi muda Indonesia Sara Fajira dengan Weird Jenius. Awalnya, lagu Lathi layaknya lagu-lagu pada umumnya.

Namun mendadak lagu ini menjadi viral akibat Lathi Challenge yang dimulai oleh beuaty vlogger Jharna Bhagwani. Segera saja, Lathi Challenge populer dan diikuti oleh banyak beauty vlogger lainnya, bahkan hingga seniman senior Didik Nini Thowok!

Hmm, berdandan ala riasan Lathi Challenge sepertinya bukan ide yang buruk untuk merayakan Halloween ya?

Tutorial Makeup Sederhana Saat Perayaan Halloween

Vampire Makeup

Sumber gambar www.idntimes.com

Berkat popularitas film Twilight yang booming di seluruh dunia beberapa tahun lalu, imej vampir kini tidak lagi menyerakan. Bahkan vampir digambarkan sebagai makhluk abadi yang punya perangai menarik dan berbadan sangat kuat.

Riasan vampir masa kini jelas berbeda dengan vampir di masa lalu. Pengaplikasiannya cukup mudah, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut:

  • Oleskan contour di sepanjang batang hidung, tulang pipi, dan dahi untuk mempertegas garis wajah. Pastikan pipi menjadi sangat tirus.
  • Taburkan bedak warna pucat, ratakan ke seluruh wajah.
  • Gunakan eyeshadow matte warna taupe ke kelopak mata dan bawah bulu mata. Lapisi dengan eyeshadow merah agar terlihat seram, blend dengan kuas.
  • Oleskan eyeshadow warna gelap ke lapisan luar bulu mata.
  • Gunakan lipstik warna magenta untuk look pucat. Kamu juga boleh menambahkan tetesan darah di bawah bibir sebagai aksen.

Zombie Makeup

Sumber gambar www.idntimes.com

Ada 3 hal yang harus diperhatikan saat membuat riasan zombie yaitu belepotan darah di sekitar mulut, bekas luka, dan kulit yang pucat. Ikuti langkah selengkapnya di bawah ini yuk!

  • Oleskan foundation warna pucat, ratakan ke seluruh wajah.
  • Gelapkan area mata dan tulang pipi dengan contour untuk memberi kesan wajah yang cekung.
  • Padukan lipstik dan lip gloss untuk menciptakan look bibir berlumuran darah yang ganas.
  • Gunakan eyeshadow, eyeliner, dan pensil alis untuk menciptakan riasan mata gelap yang menyeramkan.
  • Tambahkan retakan-retakan di area sekitar mata agar riasan semakin hidup.

Deer Face Makeup

Sumber gambar www.idntimes.com

Jangan takut bereksperimen dengan makeup untuk cosplay Halloween. Deer Face Makeup ini jelas anti mainstream dan kece abis.

  • Oleskan foundation warna cerah, lalu ratakan ke seluruh wajah.
  • Oleskan concealer pada area mata, bawah hidung, dan dagu.
  • Lukis alis dengan eyebrow gel.
  • Gambar bayangan wajah rusa sengan bronzer, lalu lukis area hidung dan tulang pipi menggunakan concealer.
  • Lalu beri bayangan dan titik-titik putih dengan menggunakan foundation atau concealer yang berwarna terang.

Rekomendasi Produk Makeup Halloween yang Bisa Digunakan untuk Menunjang Cosplay-mu

Imagic Cosmetics 12 Color Body Painting

Makeup Halloween yang ekstrim dan sulit biasanya membuat kamu harus mewarnai seluruh bagian wajah secara ekstrim. Jangan pakai sembarang pewarna, pastikan kamu hanya menggunakan produk yang berkualitas.

Oleh karena itu, BP-Guide merekomendasikan Imagic Cosmetics 12 Color Body Painting. Kamu bisa memilih 12 warna berbeda yang akan memeriahkan riasan wajahmu. Dalam satu paket produk sudah termasuk 6 buah brush yang bisa digunakan untuk mengaplikasikannya. Body paint ini tidak mengandung bahan berbahay dan aman untuk dipakai pada kulit wajah.

Kamu juga bisa memadukan beberapa macam warna untuk menciptakan shade baru yang unik. Bisa digunakan untuk anak-anak dan dewasa juga lho.

Harga Rp. 190.000-500.000

Make Over Ultra Hi-matte Lipstick

Untuk menghasilkan riasan yang sempurna, kamu butuh lipstik dengan warna-warna bold agar kesan menyeramkan semakin terasa. Make Over adalah brand kosmetik lokal yang patut diperhitungkan ketika kamu akan merias wajah untuk cosplay di perayaan Halloween.

Salah satu produk mereka, Make Over Ultra Hi-matte Lipstick, akan menyempurnakan tampilanmu. Lipstik long lasting ini bisa tahan hingga 8 jam lamanya. Kandungan jojoba oil bekerja melembabkan bibir, sementara vitamin E sebagai antioksidan untuk menjaga bibir tetap sehat.

Pilihan shade yang cocok untuk riasan Halloween antara lain adalah warna-warna bold seperti Fame Fatale, Outrageous, Divine, Audacious, dan Wicked.

Harga Rp. 60.000-80.000

Ben Nye Nose & Scar Wax

Ingin riasan hidung yang lancip dan dagu runcing macam nenek sihir di malam Halloween? Kamu bisa mewujudkan riasan yang nyata hanya dengan satu produk ini. Ben Nye Nose & Scar Wax namanya.

Ini adalah wax best seller yang sudah digunakan oleh para seniman di seluruh dunia. Memberikan hasil yang baik, tekstur halus dan empuk, serta mudah dibentuk. Kamu yang ingin membuat detil luka seperti zombie atau cakaran serigala bisa banget pakai produk yang satu ini.

Dijamin semua orang pasti akan pangling dengan penampilanmu yang terlalu nyata dengan bantuan produk ini.

Harga Rp. 100.000-800.000

Snazaroo Classic Face Paint

Satu lagi nih rekomendasi produk cat wajah dan tubuh yang tidak kalah kece. Snazaroo Classic Face Paint diformulasikan dengan kandungan pigmen yang kuat untuk memberikan warna yang solid dan cerah pada riasan. Anamn untuk kulit sensitif karena terbuat dari bahan yang aman dan bebas pewangi.

Semua produk pewarna dari brand ini sudah melewati uji dermatologis dan toksikologi sehingga dijamin sangat aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun. Selain itu, produk ini juga mudah dibersihkan, semudah pengaplikasiannya. Cukup cuci dengan sabun dan air hangat, maka cat akan luntur dari kulit. Gunakan spons untuk mengoleskan cat ke bagian wajah dan tubuh yang diinginkan.

Dengan 14 pilihan warna berbeda, kamu bisa berkreasi tanpa batas untuk menciptakan riasan yang kamu inginkan.

Harga Rp. 80.000-150.000

Snazaroo Clown White Face Paint

Datang dari brand yang sama, yaitu Snazaroo, produk yang ditawarkan kalo ini bernama Snazaroo Clown White Face Paint. Berbeda dengan produk multi warna sebelumnya, produk yang satu ini dibuat untuk memberikan coverage maksimum dengan warna putih pekat.

Teksturnya yang creamy membuat produk ini sangat mudah diaplikasikan. Aman untuk wajah dan mudah dibersihkan karena produk yang satu ini berbasis air. Tinggal basuh dengan air hangat saja untuk menghilangkannya secara keseluruhan.

Cocok digunakan sebagai base jika kamu ini cosplay sebagai Joker, Pennywise, atau Kaonashi nih!

Harga Rp. 120.000-450.000

Mizzu Alter Ego Contour & Highlight Kit

Contouring menjadi kunci penting untuk menciptakan riasan Halloween yang sempurna. Misalnya nih saat kamu ingin menonjolkan pipi cekung dan wajah tirus ala zombie, maka kamu perlu meng-contour wajahmu sebaik mungkin. Untungnya ada produk berkualitas dan terjangkau yang satu ini.

Mizzu Alter Ego Contour & Highlight Kit hadir dalam dua varian yaitu Banana dan Rose yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Tiga macam produk dalam satu set yang bisa berfungsi sebagai kontur, highlighter, dan bedak wajah. Perpaduannya akan menciptakan ilusi flawless pada riasan wajahmu.

Harga Rp. 70.000-110.000

Silkygirl Long Wearing Eyeliner

Riasan mata memegang peranan penting untuk menciptakan kesan seram pada cosplay Halloween-mu. Misalnya seperti pada riasan zombie, dimana kamu harus mengoleskan eyeliner lebih tebal dari biasanya untuk memberi kesan mata yang cekung dan lapar.

Silkygirl Long Wearing Eyeliner bisa jadi rekomendasi produk yang tepat. Produk yang satu ini menawarkan banyak keunggulan seperti smudgeproof, waterproof, serta vitamin C derivatif yang membantu merawat area mata. Selain itu, kandungan vitamin E bekerja menjaga kelembaban kulit dan melawan tanda penuaan.

Ada dua varian warna yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yaitu Black Black dan Black Brown.

Harga Rp. 30.000-50.000

Catrice Camouflage Liquid Concealer

Concealer menjadi produk yang penting dalam menciptakan riasan Halloween. Jika biasanya concealer berfungsi sebagai penutup bekas jerawat dan ketidaksempurnaan kulit lainnya, maka kali ini concealer bisa digunakan untuk menciptakan bayangan pucat di bawah mata.

Catrice Camouflage Liquid Concealer adalah pilihan yang tepat. Dengan kualitas yang ditawarkan, produk ini dijual dengan harga terjangkau lho. Pigmented, long lasting, dan yang paling penting adalah tahan air. Dilengkapi dengan aplikator kuas agar penggunaannya semakin mudah.

Tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu Natural Rose, Honey, Light Natural, Porcelain, dan Light Beige yang bisa disesuaikan dengan warna kulitmu.

Harga Rp. 40.000-100.000

Juvia’s Masquarade Eyeshadow Palette

Kalau kamu ngaku makeup junkie, pasti kamu tidak asing dengan brand Juvia's. Juvia’s Masquarade Eyeshadow Palette terdiri dari 16 macam warna bold yang cocok banget untuk riasan Halloween kamu. Pigmentasi yang sangat baik dan long lasting menjadi keunggulan utama yang ditawarkan oleh produk ini.

Para makeup artist dan beauty vlogger dunia banyak yang merekomendasikan produk ini lho. Masquarade pallete termasuk ke dalam produk best seller Juvia's yang banyak dicari di seluruh dunia. Kamu akan bebas berkreasi, bahkan memadukan beberapa warna untuk mendapatkan shade yang unik.

Harga Rp. 325.000-500.000

Make Up For Ever Smoothing Primer

Boleh saja kamu asyik bereksperimen dengan berbagai riasan ekstrim yang berkaitan dengan Halloween. Tapi jangan lupa kalau kulit juga harus tetap terlindung. Untuk itu, gunakan primer sebelum kamu mulai mengoleskan foundation dan body painting.

Make Up For Ever Smoothing Primer adalah primer yang diformulasikan untuk menutup pori-pori sehingga wajah terlihat lebih flawless. Kulit wajah akan tampak lebih halus, garis-garis wajah dan kerutan juga tersamarkan. Tone kulit juga terlihat lebih merata sehingga coverage foundation bisa lebih maksimal.

Ciptakan kanvas yang sempurna dengan produk berkualitas yang satu ini!

Harga Rp. 100.000-700.000
From our editorial team

Sudah Siap Ber-makeup Ria? Jangan Lupa Jaga Kesehatan Kulit Ya!

Kamu boleh berkreasi sesuka hati dengan makeup saat perayaan Halloween. Berbagai rekomendasi BP-Guide di atas tentu sangat menarik bukan? Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit ya! Segera hapus makeup setelah selesai acara, jangan biarkan terlalu lama menempel di wajah jika kamu tidak ingin mengalami masalah kulit.