10 Rekomendasi Dekorasi Halloween agar Perayaan di Rumah Semakin Meriah (2020)

10 Rekomendasi Dekorasi Halloween agar Perayaan di Rumah Semakin Meriah (2020)

Halloween segera datang, nih! Sudah nyiapin dekorasi belum? Kalau belum, BP-Guide akan memberikan kamu rekomendasi dekorasi Halloween super kece yang bisa kamu pasang sendiri di rumah. Meskipun mungkin tahun ini kamu tidak bisa merayakannya di luar rumah, tetap seru dengan dekorasi yang pas dong!

Halloween Adalah Tradisi yang Dirayakan di Seluruh Dunia

Pada bulan Oktober, ada satu tradisi yang dirayakan di seluruh dunia. Tanggal 31 Oktober dirayakan sebagai Halloween yang bermakan Hari Raya Semua Orang Kudus (All Hallows' Day). Bangsa Celtic dipercaya sebagai bangsa pertama yang mencetuskan Halloween. Menurut kepercayaan mereka, setiap tanggal 31 Oktober, pembatas antara dunia orang hidup dan mati terbuka.

Artinya pada hari tersebut banyak roh jahat yang berkeliaran dan mengancam kedamaian para warga. Untuk itu, khusus pada hari tersebut Bangsa Celtic memakai kostum menyeramkan untuk menghindari ancaman roh jahat.

Tujuannya agar roh jahat yang berkeliaran pada malam Halloween mengira Bangsa Celtic adalah teman mereka sehingga mereka tidak akan diganggu. Ini merupakan cara manusia untuk berdamai dengan para roh jahat tersebut.

Kini perayaan Halloween sudah berlangsung selama lebih dari 2000 tahun. Negara-negara yang setiap tahun tidak pernah absen merayakan Halloween adalah Irlandia, Inggris Raya, Amerika Serikat, Bahama, Swedia, Selandia Baru, Kanada, dan negara Amerika Latin. Khususnya di Amerika Serikat, Halloween menjadi perayaan nasional karena lebih dari 85% warga Amerika merayakannya.

Fakta Unik Halloween yang Jarang Diketahui

Jack O Lantern Adalah Seorang Petani

Jack O Lantern menjadi ikon Halloween yang sangat terkenal di seluruh dunia. Sebenarnya siapa sih Jack O Lantern ini? Menurut legenda Irlandia, Jack O Lantern merupakan seorang petani yang malas namun cerdas. Saking cerdasnya, ia berhasil menipu iblis supaya tidak dimasukkan ke dalam neraka. Namun ia juga tidak diizinkan masuk surga karena dosa-dosa yang sudah ia perbuat.

Karena tidak diterima di manapun, akhirnya arwah Jack O Lantern berkeliaran sambil membawa lentera. Inilah asal muasal lentera labu dengan pahatan wajah yang mengerikan dan disebut dengan Jack O Lantern.

Penggunaan Labu Dimulai oleh Masyarakat Amerika

Selain Jack O Lantern, labu menjadi simbol Halloween yang sangat terkenal. Labu yang dibentuk menjadi lentera Jack O Lantern ini diisi lilin agar bisa terlihat lebih menyeramkan di malam hari. Masyarakat Amerika Serikat memulai budaya ini terlebih dahulu karena area tersebut terkenal sebagai penghasil labu.

Setiap tahunnya, daerah Amerika Serikat menghasilkan sangat banyak labu dari lahan pertaniannya. Selain labu, simbol Halloween lainnya adalah orang-orangan sawah. Orang-orangan sawah ini dianggap sebagai penjaga yang melindungi labu-labu yang akan dipanen oleh para petani. Untuk menambah kesan seram di malam Halloween, karakter menyeramkan lainnya seperti laba-laba, drakula, dan kelelawar juga ikut dijadikan sebagai dekorasi.

Trick Or Treat Merupakan Sebuah Mantra

Di negara-negara Barat, kalimat "trick or treat" diucapkan anak-anak untuk meminta permen saat mengetuk rumah-rumah warga. Namun siapa sangka kalimat tersebut dulunya merupakan mantra yang dipercaya bisa menenangkan roh jahat. Seiring berjalannya waktu, kalimat tersebut digunakan anak-anak sebagai mantra untuk mendapatkan permen dan menjadi tradisi di seluruh dunia.

Ide Dekorasi Halloween yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Boneka Teru Teru Bozu

Teru Teru Bozu adalah boneka yang sangat terkenal di Jepang sebagai penangkal hujan. Bentuknya mirip hantu, sehingga bisa digunakan sebagai pelengkap dekorasi Halloween. Cara membuatnya sangat mudah lho. Hanya butuh kertas dan tisu saja.

Bahan

  • Kertas
  • Tisu
  • Benang atau tali
  • Mata boneka
  • Kain bekas warna putih

Langkah

  • Remas-remas kertas sampai membentuk sebuah bola, nantinya ini akan digunakan sebagai kepala boneka.
  • Lapisi bulatan tersebut dengan tisu agar terlihat lebih rapi.
  • Ambil kain yang sudah disiapkan, letakkan bulatan kertas di tengah-tengahnya.
  • Ikat kepala dengan benang atau tali hingga bentuknya mirip dengan boneka Teru Teru Bozu.
  • Terakhir, tempelkan mata boneka di bagian kepala lalu gantung boneka tersebut di jendela.

Kelelawar Kertas

Kelelawar jelas menjadi ikon Halloween yang tidak boleh dilewatkan. Bahan yang kamu butuhkan adalah kertas karton warna hitam dan putih.

Bahan

  • 1 lembar kertas karton warna hitam
  • 1 lembar kertas karton warna putih
  • Gunting
  • Lem

Langkah

  • Potong kertas karton warna hitam menjadi bentuk persegi panjang, lalu lipat menyerupai bentuk tabung untuk badan kelelawar.
  • Potong lagi kertas karton warna hitam menyerupai bentuk sayap kelelawar.
  • Dari kertas karton warna putih, buatlah mata dan mulut kelelawar agak semakin menyeramkan.

Laba-laba Balon

Sumber gambar www.idntimes.com

Bingung dinding rumahmu harus dihias seperti apa untuk menghidupkan suasana Halloween? Hanya dengan balon dan kertas tisu kamu bisa menciptakan dekorasi yang kece banget.

Bahan

  • 2 balon warna hitam
  • 8 buah kertas tisu warna hitam (panjang masing-masing 50 cm atau disesuaikan)

Langkah

  • Tiup balon tersebut dengan ukuran berbeda, satu besar dan satu kecil untuk badan laba-laba.
  • Tempelkan kedua balon menjadi satu.
  • Terakhir, tempelkan kertas tisu ke tubuh laba-laba sebagai kakinya.

Hantu Kertas

Sumber gambar www.idntimes.com

Dekorasi yang satu ini juga gampang banget dibuat, lho. Modalnya cuma kertas karton warna hitam dan putih aja.

Bahan

  • 1 lembar kertas karton putih
  • 1 lembar kertas karton hitam

Langkah

  • Potong kertas berbentuk lonceng sebagai badan hantu.
  • Kemudian tambahkan kaki-kaki hantu yang dilipat spiral dari potongan kertas karton.
  • Tambahkan mata dan mulut hantu dari kertas karton warna hitam.

Piring Laba-laba

Sumber gambar www.idntimes.com

Merayakan Halloween tidak lengkap dong tanpa piring laba-laba yang menyeramkan. Yuk, bikin sendiri agar para tamu lebih terhibur.

Bahan

  • Piring kertas warna hitam
  • Sedotan plastik warna hitam
  • Mata boneka

Langkah

  • Siapkan piring kertas, lalu tempelkan sedotan di sisi kanan kirinya sebagai kaki laba-laba.
  • Agar piring laba-laba semakin hidup, tempelkan mata boneka pada pinggiran piring.

Rekomendasi Dekorasi Halloween untuk Memeriahkan Perayaan

Balon Foil Halloween

Meski tahun ini merayakan Halloween di rumah, suasana harus tetap meriah. Ramaikan dekorasi Halloween di rumah dengan balon foil bertema Halloween yang unik ini. Ada lebih dari 10 karakter khas Halloween yang bisa kamu pilih.

Ada Jack O Lantern dengan berbagai macam model, drakula, laba-laba, skeleton, kucing hitam, nenek sihir, dan masih banyak lagi. Oh iya, balon ini hadir dalam ukuran jumbo lebih dari 50 cm! Kamu tinggal tempelkan saja di dinding agar tema Halloween lebih terasa. Balon berbentuk 3D ini wajib kamu koleksi sekarang juga!

Harga Rp. 2.000-15.000

W! Accessories Dekorasi Halloween Tinsel Hitam Oranye Labu

Halloween identik dengan warna oranye dan hitam. Tidak heran sebagian besar dekorasi Halloween tidak lepas dari kedua warna tersebut. Hitam melambangkan sesuatu yang menyeramkan, sementara oranye adalah warna lentera labu yang banyak ditemukan dalam perayaan Halloween.

Produk yang akan direkomendasikan untukmu berikut ini juga berwarna hitam dan oranye. Nama produknya adalah W! Accessories Dekorasi Halloween Tinsel Hitam Oranye Labu. Tinsel sepanjang 2 meter ini terbuat dari bahan plastik berkualitas dengan warna solid. Kamu bisa memasangnya di dinding, tangga, atau kusen pintu. Pastikan dekorasi Halloween semakin cantik dengan produk yang satu ini.

Harga Rp. 20.000-70.000

Darah Palsu Ultra Realistis Dekorasi Pesta Halloween

Vampir dan Dracula adalah dua karakter yang tidak pernah absen dijadikan cosplay saat Halloween. Nah, apa ciri khas dari kedua tokoh tersebut? Selain gigi bertaring, kedua setan pemakan manusia ini selalu bersimbah darah.

Ciptakan bekas darah yang mirip aslinya dengan Darah Palsu Ultra Realistis Dekorasi Pesta Halloween. Produk ini bisa menciptakan darah yang realistis, namun aman dan tidak beracun. Pigmentasinya sangat kuat, membuatnya tampak seperti darah sungguhan. Cocok digunakan sebagai pelengkap riasan saat Halloween.

Harga Rp. 17.000-65.000

Liontin Spiral Halloween Warna Warni

Memasuki akhir bulan Oktober, tempat-tempat umum seperti kafe, mal, atau restoran biasanya sudah dipenuhi dengan dekorasi Halloween. Jangan mau kalah, kamu juga bisa menghias rumahmu dengan dekorasi yang sama, lho. Atau jika kamu kebetulan menjalankan usaha, bisa juga menghidupkan suasana Halloween dengan dekorasi yang sesuai.

Liontin Spiral Halloween Warna Warni menjadi produk yang direkomendasikan berikutnya. Gantungan spiral yang terbuat dari kertas ini bisa menjuntai hingga 1 meter, cocok dipasang di dinding atau langit-langit bangunan. Tema gantungan juga bermacam-macam. Mulai dari karakter Jack O Lantern yang klasik, penyihir, hingga berbagai macam hantu khas Halloween.

Tungg apa lagi? Yuk, segera miliki!

Harga Rp. 27.000-90.000

Lentera Vintage Halloween

Perayaan Halloween tidak lengkap tanpa adanya lentera kuning menyeramkan yang menambah kesan mencekam. Lentera berbentuk labu atau Jack O Lantern mungkin adalah yang paling terkenal. Namun Lentera Vintage Halloween juga bisa jadi pelengkap dekorasi yang nggak kalah oke.

Lentera ini terbuat dari bahan PVC berkualitas tinggi dengan pola yang sangat cantik. Desainnya kuat dan khas, memperkuat kesan Halloween. Dinding lentera dihiasi dengan motif yang cantik. Bisa digantung di dalam atau luar rumah, juga bisa digunakan pada tempat-tempat umum seperti mal, kafe, atau pesta perayaan Halloween.

Harga Rp. 20.000-40.000

Stiker Dinding Dekorasi Halloween 3D

Kelelawar adalah salah satu hewan yang sering muncul saat Halloween. Menurut legenda, kelelawar adalah teman dari para iblis karena hanya muncul di malam hari. Tidak heran dekorasi kelelawar tidak pernah ketinggal di bulan Oktober.

Hidupkan suasana Halloween dengan Stiker Dinding Dekorasi Halloween 3D. Stiker dinding ini terasa lebih hidup dengan bentuk kelelawar yang dibuat nyata, mirip dengan aslinya. Terbuat dari bahan PVC yang berkualitas, stiker ini bisa dipakai berulang kali. Tersedia dalam berbagai pilihan ukuran dengan varian warna merah dan hitam yang bisa disesuaikan dengan selera.

Harga Rp. 8.000-60.000

LEGO Creator Expert Haunted House

Supaya perayaan Halloween tidak membosankan, isilah dengan kegiatan menghibur bersama keluarga dan teman. Salah satunya menyusun lego bertema Halloween juga. LEGO Creator Expert Haunted House bisa jadi ajang untuk merekatkan hubungan dengan orang-orang tercinta.

Mainan ini ditujukan untuk usia 18 tahun ke atas dengan lebih dari 3000 kepings lego yang harus disusun menjadi rumah hantu bertingkat 2 yang menyeramkan. Kamu bisa menikmati proses merangkai lego sepanjang malam tanpa merasa bosan. Setelah terbentuk dengan sempurna, dijamin kamu akan merasakan kepuasan tersendiri deh!

Harga Rp. 3.500.000-5.000.000

Dekorasi Halloween Sarang Laba Laba

Keberadaan sarang laba-laba menjadi salah satu ciri khas bangunan berhantu yang sudah lama tidak dijamah manusia. Rasanya menciptakan dekorasi Halloween kurang lengkap tanpa sarang laba-laba yang digantungkan di langit-langit atau diletakkan di atas kursi.

Jangan khawatir, kamu tinggal beli saja Dekorasi Halloween Sarang Laba Laba. Sarang palsu berwarna putih ini sangat mirip dengan sarang laba-laba sungguhan lho. Kamu tinggal tambahkan laba-laba palsu sebagai pelengkap dekorasi agar memberi kesan yang semakin nyata. Tetapi jauhkan dari api karena produk ini terbuat dari bahan benang yang mudah terbakar.

Harga Rp. 45.000-100.000

Balon Foil Huruf HAPPY HALLOWEEN

Kalau tadi ada balon foil berbentuk karakter khas Halloween, kali ini adalah balon foil yang membentuk kata "HAPPY HALLOWEEN". Balon dengan perpaduan warna oranye perunggu dan hitam ini bisa jadi dekorasi menarik untuk ditempelkan di dinding, baik itu dipasang di rumah maupun tempat-tempat umum.

Masing-masing huruf berukuran 40 cm, sehingga bisa dipastikan mampu memenuhi dinding dan membuat suasana menjadi lebih meriah. Jangan lupa tambahkan juga elemen pendukung seperti balon Jack O Lantern dan hiasan dinding lainnya yang identik dengan Halloween.

Harga Rp. 35.000-80.000

Laba-laba Glow In The Dark Dekorasi Halloween

Terakhir ada rekomendasi produk berupa Laba-laba Glow In The Dark Dekorasi Halloween. Ini adakah laba-laba unik yang bisa menyala dalam gelap. Cocok banget kan dengan tema Halloween yang cenderung gelap dan seram. Ukuran laba-laba adalah 10 x 7 cm.

Tinggal letakkan saja di lantai atau di meja, lalu redupkan lampunya. Saat itulah laba-laba akan menyala kuning terang, memberikan kesan Halloween yang semakin nyata. Koleksi produknya yuk!

Harga Rp. 10.000-30.000
From our editorial team

Biar Hemat, Jangan Buang Dekorasi Setelah Dipakai

Perlengkapan dekorasi rekomendasi BP-Guide di atas tentu sangat menarik bukan? BP-Guide punya tips menarik nih buat kamu. Jangan buang dekorasi yang sudah dipakai ya! Bila masih bisa disimpan, simpan saja untuk digunakan lagi pada perayaan tahun depan. Dengan demikian, kamu nggak perlu keluar banyak untuk setiap perayaan Halloween.