Tips Memilih Senar Gitar Akustik dan 10 Rekomendasinya

Tips Memilih Senar Gitar Akustik dan 10 Rekomendasinya

Sumber gambar pixabay.com

Cek senar gitar akustik kamu sekarang juga. Pastikan senar gitar kamu masih bagus dan belum perlu diganti. Nah, kalau ternyata butuh diganti, kamu bisa intip dulu tips dari kami untuk senar gitar akustik yang bagus, ya!

Senar Merupakan Elemen Penting Dalam Alat Musik Gitar

Gitar merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Baik pada gitar akustik maupun elektrik, senar memegang peranan penting untuk menghasilkan suara yang indah.

Kalau kamu memiliki gitar akustik, tentu saja kamu wajib mengecek senarnya secara berkala. Pastikan kualitas senar gitar akustik kamu masih bagus. Karena, makin baik kualitasnya, maka makin bagus juga suara yang dihasilkan oleh gitar akustik tersebut.

Jika kamu berniat mengganti senar gitar akustikmu dalam waktu dekat, maka kamu wajib tahu cara memilih senar gitar akustik yang bagus. Dengan mempelajari tips-nya, maka kamu bisa mendapatkan senar berkualitas dan juga bisa menghasilkan suara yang kamu inginkan pada gitar akustikmu.

Tips Memilih Senar Gitar Akustik

Pilih Bahan Senar

Hal yang paling utama saat memilih senar gitar akustik adalah memilih bahan senarnya. Hal ini akan memberi pengaruh pada warna suara dan timbre yang dikeluarkan oleh gitar. Umumnya banyak yang memakai 80/20 Bronze. Bahan ini bisa memberikan warna suara yang lebih jelas. Senar 80/20 bronze akan sangat cocok untuk kamu yang kerap bermain gitar dengan teknik picking.

Berikutnya ada juga senar berbahan phosphor bronze. Yang satu ini paling pas untuk pertunjukan ansambel. Phospor bronze juga bisa dimainkan untuk band.

Pilihan lainnya adalah bahan coated string yang tahan lama. Senar ini tak mudah karatan sehingga kamu tak perlu sering-sering mengganti senar. Bahan senar semacam ini memiliki karakter suara yang lebih tenang.

Perhatikan Ketebalan Senar

Berikutnya, sebelum membeli senar untuk gitar akustik, kamu wajib memperhatikan ketebalan senarnya. Pada umumnya, ketebalan senar beragam mulai dari, extra light, light, medium, dan hard. Setiap ketebalan senar memiliki fungsi yang berbeda.

Senar dengan ketebalan extra light biasanya banyak digunakan oleh para pemula atau anak-anak. Senar ini cukup tipis sehingga lebih mudah untuk dipetik. Suara yang dihasilkan juga halus dan merdu.

Ada pula tipe ketebalan senar yang light. Saat dimainkan, senar light ini bisa menghasilkan suara seimbang. Kamu bisa memakainya untuk aneka jenis musik.

Pilih Ukuran yang Sesuai

Ukuran senar gitar juga penting untuk jadi pertimbangan. Dalam bungkus senar gitar ada tulisan ukuran yang menunjukkan diameter senar dalam ukuran inci. Ukuran senar sendiri nantinya bisa berpengaruh pada seberapa kuat jari kita menekan senar tersebut.

Ada ukuran senar 0,8 yang empuk dan mudah untuk mencapai nada standar. Lalu ada juga ukuran senar 0,10 ke atas yang bisa digunakan untuk gitar dengan permainan yang kuat. Senar yang paling banyak digunakan adalah yang berukuran 0,9 karena tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Ukuran ini juga empuk dan bisa menghasilkan nada standar yang indah.

Cek Lapisan Senarnya

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengecek lapisan senarnya. Umumnya senar diberi lapisam supaya bisa terlindung dari karat. Saat senar diberi lapisan, maka senar bisa tahan lama digunakan. Senar yang berlapis biasanya bisa digunakan pada ruang lembap atau untuk kamu yang jarinya mudah berkeringat.

10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik

Elixir Acoustic ANTI RUST Nanoweb Phosphor Bronze Extra Light 010-047 (Senar Gitar Akustik Elixir)

Elixir Acoustic ANTI RUST Nanoweb Phosphor Bronze Extra Light 010-047 merupakan senar gitar akustik yang bisa kamu gunakan. Produk yang satu ini sudah dibekali lapisan antikarat.

Pastinya, bikin senar kamu jadi lebih awet dari senar biasa. Produk ini memiliki karakter suara bright. Senarnya empuk dan tipis sehingga mudah untuk dimainkan.

Harga Rp. 335.000-406.000

Senar Gitar Akustik Martin String M140

Kamu jangan ketinggalan juga untuk mencoba Senar Gitar Akustik Martin String M140. Produk yang satu ini dibuat dari perunggu dan juga fosfor perunggu.

Senar ini bisa menghasilkan suara yang indah dan cocok digunakan untuk pertunjukan langsung di atas panggung. Kamu bisa juga memakainya untuk rekaman. Senar yang satu ini cocok untuk semua genre musik.

Harga Rp. 47.500-123.000

D'Addario EZ910 85/15 American Bronze Accoustic Guitar Strings

D'Addario EZ910 85/15 American Bronze Accoustic Guitar Strings ini tentu bisa jadi pilihan berikutnya. Senar gitar akustik yang satu ini suaranya lebih jernih dan indah.

Dengan karakter bright, suaranya tidak akan pecah dan bisa tetap stabil. Kamu bisa melonggarkan maupun mengencangkannya berkali-kali.

Harga Rp. 45.000-69.000

Senar Gitar Akustik Ernie Ball Earthwood Extra Light

Jangan lewatkan juga untuk memakai Senar Gitar Akustik Ernie Ball Earthwood Extra Light. Senar gitar akustik ini berbahan 80/20 Bronze Alloy.

Dalam satu paket berisi 6 senar yang diimpor dari Amerika. Senar ini banyak digunakan para musisi. Tahan lama digunakan, suara yang dihasilkan juga dijamin tidak mengecewakan.

Harga Rp. 79.000-100.000

Senar Gitar Akustik Pyramid Medium Tension

Kamu bisa juga memakai Senar Gitar Akustik Pyramid Medium Tension. Produk yang satu ini harganya sangat terjangkau. Banyak para pemula memakainya karena selain harga yang murah juga karena kualitasnya oke. Kamu bisa memakainya untuk gitar low end karena ketahanannya juga cukup lama.

Harga Rp. 104.000

Ernie Ball 2568 Aluminium Bronze Acoustic String Set

Ernie Ball 2568 Aluminium Bronze Acoustic String Set tentu bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu. Senar gitar akustik ini dibuat di Amerika dan merupakan produk yang asli. Senar ini juga sudah dilapis aluminium oksida yang antikorosi sehingga tahan lama untuk digunakan. Dengan suara bright, senar ini bisa bikin gitar kamu makin menyenangkan untuk dimainkan.

Harga Rp. 249.000-311.300

Senar Gitar Akustik Gibson (0.10-0.47)

Ada juga Senar Gitar Akustik Gibson (0.10-0.47) yang patut jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini terbuat dari fosfor perunggu. Dengan ukuran lebih tebal, senar ini tetap bisa menghasilkan nada bright yang indah. Produk ini juga bisa memuaskan hasrat bermusik kamu dengan baik. Dalam satu setnya berisi lengkap 6 senar.

Harga Rp. 49.000

Senar Gitar Akustik Martin MSP 6050 Original

Senar Gitar Akustik Martin MSP 6050 Original adalah pilihan keren selanjutnya untuk kamu. Senar yang satu ini tebal jadi bisa digunakan untuk musik jazz, rhythm rock, blues, dan folk. Dibuat dengan lapisan khusus, senar ini hadir dengan teknologi Cleartone Proprietary.

Harga Rp. 240.000

La Bella Vapor Shield Acoustic Guitar Strings

La Bella Vapor Shield Acoustic Guitar Strings merupakan produk lain yang tidak bisa dilewatkan. Senar gitar akustik ini memiliki teknologi yang bisa menghasilkan suara yang indah. Senar ini dijamin terlindung dari kotoran, minyak, dan karat.

Harga Rp. 210.000-255.000

Senar Gitar Akustik 011 String Guitar Normal Light Orphee SA38

Senar Gitar Akustik 011 String Guitar Normal Light Orphee SA38 jangan sampai kamu lewatkan sebagai pilihan. Senar gitar akustik ini dijual lengkap sebanyak 6 senar. Dengan timbre kuat, suaranya sangat memuaskan. Produk ini dikemas secara terpisah sehingga awet dan tahan lama.

Harga Rp. 69.000-81.000
From our editorial team

Pilih Senar Gitar Akustik dengan Baik karena Bisa Mempengaruhi Suara

Senar menjadi elemen penting dalam sebuah gitar. JIka senarnya jelek, tentu saja kualitas suara gitar jadi kurang menyenangkan untuk didengar. Kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli senar gitar akustik. Cek bahan, ketebalan, hingga ukurannya dengan teliti. Intip rekomendasi di atas, ya!