Yuk, Cari Tahu Merek Biola Terbaik dan 9 Rekomendasi untuk Kamu yang Senang Bermain Biola

Yuk, Cari Tahu Merek Biola Terbaik dan 9 Rekomendasi untuk Kamu yang Senang Bermain Biola

Kamu yang mulai berminat belajar memainkan biola tentu butuh rekomendasi biola yang bagus. BP-Guide punya sederet rekomendasi Biola untuk kamu pilih loh, simak bersama ya!

Biola, Instrumen Musik Klasik yang Populer Hingga Kini

Kalau bicara mengenai alat musik populer, tentu kita tak bisa mengesampingkan biola. Alat yang satu ini tergolong alat musik klasik yang keberadaannya sangat penting dalam suatu orkestra. Selain bisa dimainkan dalam orkestra, alat ini juga bisa dimainkan secara solo tanpa alat musik lainnya.

Biola telah ada sejak abad ke 16 dan muncul di Cremona, Italia yang hingga kini dikenal sebagai kota pembuat biola. Dari dahulu hingga sekarang, biola banyak dipilih sebagai alat musik favorit karena mampu mengeluarkan suara yang indah dan mendayu-dayu. Pemain biola tak hanya harus mengenal nada dasar dalam biola namun juga harus memakai dan meletakkan biola dengan benar agar suara biola jadi lebih stabil.

Fakta-fakta Biola yang Harus Kamu Tahu

Empat Buah Senar dengan Empat Nada Dasar

Biola merupakan alat musik yang memiliki dawai sama seperti gitar. Namun bedanya gitar memiliki 6 senar, sementara biola hanya memiliki 4 senar. Nada dasar pada biola adalah G, D, A, dan E. Dulunya biola hanya memiliki 3 senar. Namun, terjadi perubahan guna memenuhi kualitas suara dan respons yang lebih baik. Maka hadirlah biola dengan 4 senar seperti sekarang ini.

Memainkan Biola dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Kecerdasan

Memainkan biola memiliki keuntungan tersendiri loh. Daya ingat dan kecerdasan seseorang yang memainkan biola bisa meningkat. Ini karena saat mempelajari biola kita perlu mempelajari teknik-teknik tertentu supaya nada yang dihasilkan terdengar semakin indah. Dengan begini, otak ikut berperan serta dalam mempelajari teknik tersebut. Makin mahir dalam memainkan biola, maka daya ingat juga makin kuat. Selain itu daya konsentrasi juga bisa meningkat karena sering dilatih untuk memainkan nada-nada.

Hanya Bisa Dimainkan dengan Cara yang Benar

Alat musik ini harus dipelajari dengan penuh ketelatenan. Perlu kesabaran lebih karena tingkat kesulitannya begitu tinggi. Kamu juga butuh konsentrasi tinggi karena banyak yang harus diperhatikan saat memainkan biola.

Kamu harus tahu cara yang benar memegangnya. Selain itu harus juga diperhatikan mengenai posisi biola yakni bertumpu pada dada bagian atas tepat di bawah dagu. Bagian dagu juga wajib menempel pada chinrest agar setiap gesekannya menjadi stabil dan dapat melihat neck secara jelas.

Instrumen Musik Melodis dan Ritmis Sekaligus

Biola adalah instrumen alat musik melodis sekaligus ritmis. Alat musik yang satu ini memegang peranan penting dalam perkembangan dunia musik dunia, utamanya dalam sebuah orkestra. Alat musik ini bisa memainkan melodi utama sebuah lagu. Selain itu biola juga bisa memainkan ritme dan berfungsi sebagai pengatur tempo.

Aneka Merk Biola Terbaik Saat Ini

Knilling

Sumber gambar consordini.com

Knilling merupakan brand ternama untuk biola. Brand ini banyak dikenal di kalangan guru musik maupun murid pemain biola. Pembuatan biola Knilling sepenuhnya mengedepankan kualitas dengan ketelitian tangan. Dibuat secara manual, biola ini memiliki kualitas yang mengagumkan. Pada bagian pegnya ada gear reduction yang dibuat khusus untuk tuning yang cepat dan juga presisi. Produk biola Knilling biasanya dibanderol pada harga kisaran Rp 5 juta.

Cecilio

Sumber gambar fiddlershop.com

Biola berikutnya yang banyak dipilih para pemain adalah Cecilio. Biola ini dibanderol dengan harga ekonomis dengan kualitas yang bagus. Produk Cecilio banyak digunakan oleh para guru musik dalam mengajarkan muridnya bermain biola. Ini karena bentuk dan ukuran biola sangat nyaman untuk para pemula sehingga lebih mudah dan nyaman digunakan. Untuk kualitas suara, biola ini cukup bagus meski belum mumpuni untuk digunakan pada pertunjukan musik sekelas orkestra. Dari segi harga, biola ini dibanderol pada harga kisaran Rp 2 juta.

Stentor

Sumber gambar www.long-mcquade.com

Stentor merupakan merek biola lain yang bisa digunakan. Produk biola stentor memiliki kualitas yang cukup mumpuni. Para pemain biola banyak menyukainya karena hasil suaranya begitu mempesona. Sayangnya, produk ini agak sensitif terhadap benturan sehingga memang harus lebih hati-hati saat menggunakannya. Produk Stentor biasanya dibanderol pada harga Rp 1 hingga 2 juta.

Cremona

Sumber gambar consordini.com

Cremona merupakan merek biola yang keren untuk para murid maupun guru. Merek biola yang satu ini dibanderol dengan harga yang terjangkau. Desain dan spesifikasi biola Cremona cocok untuk pemula hingga mereka yang sudah tahapan menengah. Bentuk biolanya bagus dengan bahan pembuatan berkualitas baik sehingga biolanya tahan lama digunakan. Harga biola Cremona umumnya di kisaran Rp 3 juta.

Mendini

Sumber gambar www.ebay.com

Mendini merupakan merek biola yang banyak diburu para pemain biola. Alat musik kelas internasional ini hadir dalam desain yang keren. Warna biolanya dapat menciptakan kesan vintage dan natural. Dengan bentuk yang simpel, biola ini juga cocok untuk para pemula. Sayangnya biola ini harus sering diganti senarnya karena belum dilengkapi fitur-fitur yang dapat membuat senar menjadi stabil. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga kisaran Rp 2 juta.

Berminat Memiliki Biola? Yuk Lihat Rekomendasi Biola dari BP Guide dan Pilih yang Terbaik Untukmu

Cremona SV100 Violin

Sumber gambar nuansamusik.com

Cremona SV100 Violin merupakan biola yang bisa jadi pilihan kamu. Terbuat dari kayu cemara, biola ini dipahat dengan tangan sehingga bagian atasnya terkesan begitu menawan. Di bagian bawah biola terbuat dari kayu maple dengan hiasan yang indah. Dengan inlaid purfling, biola ini memiliki warna coklat yang natural.

Bahan penggesek biolanya adalah siegler fiberglass dengan rambut kuda. Pembelian lengkap dengan kotak penyimpanan C-3907. Kotaknya ringan dengan eksterior warna biru dan interior warna abu-abu muda. Dapatkan produk ini di Nuansa Musik dengan harga Rp 2.150.000.

Cervini HV-300 Novice Violin Outfit 4/4

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi pemain biola kelas lanjutan, Cervini HV-300 bisa jadi pilihan yang keren. Produk ini dibuat dengan bahan kombinasi kayu cemara dan juga kayu maple. Pahatannya indah, biola ini terkesan sangat menawan. Biola ini bisa menghasilkan suara yang cukup menenangkan hati.

Dengan inlaid purfling asli, biola ini memiliki hasil akhir yang mulus. Hadir dalam warna amber yang lembut, biola ini begitu mempesona tampilannya. Bagian fingerboard, chinrest, dan fitting terbuat dari kayu ebony. Bagian tailpiece biola berupa komposit ringan dengan 4 built-in tuners. Produk ini bagian kotak penyimpanannya berwarna hitam di luar dan biru di bagian dalam. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 1.700.000.

Hofner Violin Outfit AS-060-V3/4

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi yang sedang mencari biola berkualitas, bisa lirik Hofner Violin Outfit AS-060-V3/4. Produk ini terbuat dari bahan kayu maple untuk bagian belakang dan kayu cemara untuk bagian pahatan depannya. Biola warna coklat keemasan ini menarik untuk dimiliki. Alat musik ini memiliki fine tuner tailpiece dan juga senar logam.

Produk buatan tangan ini dibuat di Jerman. Biola untuk pemula ini sudah lengkap dengan penggesek dari kayu brazil dengan rosewood frog. Hadir dengan tas nilon yang kuat, produk ini dijamin kualitasnya. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 2.600.000.

LULEA Tipe Plywood 3/4 Violin

Sumber gambar www.tokopedia.com

LULEA Tipe Plywood 3/4 Violin merupakan biola selanjutnya yang bisa jadi pilihan keren. Produk ini terbuat dari bahan kayu solid. Sementara bagian busur kayunya terbuat dari cendana dan juga bulu kuda asli. Kayu solidnya membuat biola ini memiliki kualitas tinggi. Suaranya juga cukup halus sehingga membuat kita terlena.

Produk ini memakai doff finish sehingga kesannya elegan. Dalam pembelian sudah lengkap dengan hard case, rosin, dan bridge. Mudah untuk dirakit, biola ini juga mudah diatur bridgenya. Dapatkan segera di Tokopedia dengan harga Rp 1.985.000.

Biola Violin Vienna 4/4 Solid Wood

Sumber gambar www.tokopedia.com

Biola / Violin Vienna Solid Wood 4/4 jelas bisa menjadi pilihan yang oke. Dalam paket pembelian sudah termasuk biola dan juga bow. Ada juga rosin dan hardcase dalam paket pembelian ini. Biola ini cocok untuk para pemula maupun yang sudah profesional. Kualitasnya bagus sehingga bisa menghasilkan suara yang mengagumkan.

Terbuat dari kayu solid, Harganya juga cukup terjangkau. Biola ini kualitasnya luar biasa. Dapatkan segera di Tokopedia dengan harga Rp 685.000.

BACH JS SA-107 1/2 Biola

Sumber gambar www.tokopedia.com

Biola Back JS SA107 ½ ini bisa jadi pilihan keren. Produk ini terbuat dari bahan kayu maple untuk bagian depan dan belakangnya. Dengan finishing pernis yang indah, biolanya berkesan elegan. Produk ini bagian fingerboardnya terbuat dari kayu hitam dengan fitting boxwood. Kamu bisa membeli biola indah ini di Tokopedia dengan harga Rp 3.098.000.

Cremona SV175 Violin

Sumber gambar nuansamusik.com

Cremona SV175 Violin ini merupakan produk yang bisa jadi pilihan keren. Biola yang satu ini terbuat dari kayu maple dan cemara. Dipahat dengan teliti, sehingga menghasilkan ukiran biola yang indah. Dengan spesifikasi yang disetujui MENC, instrumen ini sempurna untuk pemula dan profesional.

Biola ini hadir dengan warna coklat sehingga kesannya begitu hangat. Biola sudah di upgrade dengan casing baru Travelite TL-33. Bagian penggesek biola terbuat dari ebony dan juga rambut kuda asli. Dapatkan di Nuansa Musik dengan harga Rp 2.390.000.

Biola Christian Bach CB300

Sumber gambar www.tokopedia.com

Biola Christian Bach CB300 bisa jadi pilihan tepat. Biola ini dibuat oleh produsen biola ternama dari Jerman, yaitu Christian Bach. Terbuat dari kayu unggulan dan terbaik, produk ini bisa memberikan suara jernih. Biola ukuran 4/4 ini memiliki senar dominan dan lengkap dengan rosin pirastro schwarz. Produk dilengkapi hydrometer guna menjaga kualitas kayu. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 3.307.000.

Cremona Biola SV-75 1/2 - Biru

Sumber gambar www.tokopedia.com

Cremona Biola SV-75 ½ ini hadir dalam warna biru. Biola cantik ini terbuat dari kayu cemara kokoh dan dikombinasi kayu maple. Diukir dengan tangan, biola tampak begitu elegan. Produk ini warnanya menarik sehingga pemain bersemangat memainkannya. Fiturnya beragam dan tentu saja bisa membuat permainan makin menarik. Pengerjaannya halus sehingga membuat tampilan biola ini mempesona. Dapatkan segera di Tokopedia dengan harga Rp 3.103.700.

From our editorial team

Gunakan Biola Terbaik untuk Menghasilkan Musik Terbaik

Bagi pemain biola yang sudah profesional tentu tak mau menggunakan biola yang asal saja. Mereka pasti tahu merek apa yang paling baik untuk digunakan. Bagi para pemula, tentu wajib mengenal dulu setiap merek biola yang ada. Kami sudah menyediakan beberapa review biola terbaik untuk kamu. Nah, jangan berlama-lama lagi segera pilih biola terbaik untuk kamu!