Anak Anda Baru Belajar Bermain Musik? Ini 10 Rekomendasi Keyboard yang Cocok untuk Pemula (2019)

Anak Anda Baru Belajar Bermain Musik? Ini 10 Rekomendasi Keyboard yang Cocok untuk Pemula (2019)

Belajar musik memang penting bagi anak supaya ia bisa bertumbuh kembang dengan baik. Anda bingung memilih keyboard untuk anak? Kami menyediakan aneka rekomendasinya untuk Anda loh!

Keyboard, Pilihan Alat Musik Terbaik untuk Diajarkan Pada Anak

Setiap orangtua menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik. Segala cara dilakukan guna mendukung anak supaya menjadi lebih berprestasi di berbagai bidang. Salah satu bidang keterampilan yang banyak diminati orang tua untuk dikenalkan pada anak adalah musik.

Mengenalkan musik pada anak sejak dini bisa memberi efek yang baik. Musik bisa menstimulasi otak anak dan membuatnya jadi lebih cerdas. Maka tak heran jika banyak orangtua ingin anaknya mulai mempelajari berbagai alat musik.

Dari sekian banyak alat musik, keyboard bisa jadi pilihan terbaik. Alat musik yang satu ini memiliki banyak sekali keistimewaan, yuk simak apa saja kelebihannya bersama BP-Guide. Setelahnya, Anda bisa mengecek juga rekomendasi alat musik keyboard untuk pemula yang bisa diberikan pada buah hati Anda!

Keistimewaan Alat Musik Keyboard

Mudah Dipelajari

Alat musik keyboard lebih mudah dipelajari dari alat musik lainnya. Hal ini karena susunan tuts keyboard mengikuti logika yakni dari nada-nada rendah di bagian kiri ke nada-nada tinggi di bagian kanan. Selain itu jumlah oktaf pada keyboard tak sebanyak pada piano, sehingga lebih mudah dijangkau. Bentuk keyboard mirip dengan piano, hanya saja lebih sederhana karena pada keyboard tidak disertai dengan pedal.

Bisa Menghasilkan Berbagai Macam Suara

Alat musik ini dibekali aneka fitur yang membuatnya bisa menghasilkan bukan hanya suara piano saja, namun juga suara gitar, flute, drum dan berbagai alat musik lainnya. Berkat hal ini maka hanya dengan keyboard saja sudah bisa tercipta sebuah musik yang seolah dimainkan satu grup band.

Ada juga aneka efek suara yang bisa ditambahkan saat dimainkan sehingga hal ini membuat pemusik jadi lebih kreatif dalam membuat musik. Keyboard juga mampu menghasilkan aneka irama khas seperti irama musik samba, jazz dan lainnya sehingga akan sangat cocok dipelajari anak-anak.

Dwifungsi, Sebagai Alat Musik dan Sebagai Sarana Mempelajari Teori Musik

Berikutnya, keistimewaan keyboard adalah sebagai alat yang dwifungsi. Pertama sebagai alat musik dan kedua sebagai sarana untuk belajar teori musik. Sebagai alat musik alat ini mudah dipelajari dan bisa membuat anak makin kreatif dalam menghasilkan musik.

Di sisi lain, dengan belajar alat musik, maka anak juga akan belajar teori tentang musik. Melalui keyboard, anak jadi bisa belajar mengenal tangga nada, notasi balok dan lain sebagainya.

Mampu Menstimulasi Otak Kanan dan Kiri

Keyboard dimainkan dengan memakai sepuluh jari. Lima jari tangan kanan bertugas memainkan melodi lagu sementara lima jari tangan kiri bertugas memainkan chord untuk mengiringi lagu. Dengan memainkan keyboard, maka anak akan terstimulasi bagian otak kanan dan kirinya. Anak akan memakai otak kiri untuk mengingat mana tuts yang harus ditekan, sementara otak kanan akan berpikir bagaimana cara menyelaraskan nada yang didengar.

Butuh Keyboard untuk Pemula? Anda Bisa Pilih 10 Rekomendasi Berikut!

Keyboard Techno T8100 Belajar Pemula

Sumber gambar www.tokopedia.com

Keyboard Techno T8100 hadir dengan desain simpel nan elegan. Produk ini memiliki 49 kunci standar atau setara 4,5 oktaf. Keyboard memiliki 10 timbre atau warna nada dan ritme, 8 perkusi, dan juga 8 lagu demo yang merupakan lagu-lagu Indonesia.

Sudah lengkap dengan mikrofon, keyboard ini juga dilengkapi fitur untuk mengatur tempo. Uniknya lagi, keyboard ini juga memiliki fitur perekam dan pemutar ulang sehingga cocok untuk latihan dan evaluasi. Anda bisa membeli keyboard keren ini di Tokopedia dengan harga Rp 735.000.

Keyboard Techno T5000 Belajar Pemula

Sumber gambar www.tokopedia.com

Di usia emas, anak butuh dikenalkan dengan berbagai alat musik, salah satunya keyboard. Sebagai bahan untuk pengenalan dan pembelajaran awal, tidak perlu beli yang terlalu rumit. Anda bisa memberikan Keyboard Techno T5000. Alat musik yang satu ini bisa membantu anak untuk mengenal nada lebih baik.

Dengan kelengkapan seperti tuts melodi dan ritme, keyboard ini juga menyediakan chord single dan finger. Tuts juga dibuat lebih kecil menyesuaikan dengan jari anak. Dapatkan segera di Tokopedia dengan harga Rp 325.000.

Yamaha PSR-F51 Portable Keyboard

Sumber gambar www.blibli.com

Yamaha PSR F51 Portable Keyboard ini desainnya simpel dan mudah digunakan. Ada 61 tuts dan bisa menghasilkan 100 suara. Produk ini juga bisa menghasilkan 120 gaya musik yang berbeda. Dengan panel yang intuitif, Anda bisa pilih suara dan irama dan sudah bisa mulai bermain.

Alat ini bobotnya ringan sehingga mudah dipindahkan. Produk dilengkapi 114 ritme. Cocok untuk para pemula, produk ini selain bisa digunakan memakai listrik juga bisa digunakan dengan baterai. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 1.650.000.

Keyboard Yamaha PSR E-353

Sumber gambar www.tokopedia.com

Produk yang satu ini tampilannya begitu elegan dengan warna silver yang mendominasi. Keyboard ini dilengkapi 9 langkah pembelajaran sehingga pemula dapat mempelajari teknik bermain yang benar dengan mudah. Ada fitur melody suppressor yang bisa memberikan efek latar belakang suara yang keren. Dilengkapi juga dengan Master EQ untuk menyesuaikan suara supaya sesuai dengan selera yang diinginkan. Produk ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 2.700.000.

Casio Piano Keyboard Music Instrumental CTK - 2300

Sumber gambar www.tokopedia.com

Casio Keyboard CTK-2300 menghadirkan 61 tuts dengan desain yang ramping dan elegan. Ada 150 irama yang bisa dipilih dengan 10 efek digital dan 400 lebih nada. Keyboard ini juga menyediakan sistem pembelajaran step by step.

Bisa dimainkan dengan baterai atau dengan mencolokkan pada AC Adaptor, produk ini mudah dipindahkan juga. Keyboard ukuran 95 x 31 x 10 cm ini memiliki berat 16kg. Alat ini juga juga disambungkan dengan MP3 player sehingga pemain bisa memainkan lagu favorit lewat produk ini. Dapatkan segera di Tokopedia dengan harga Rp 1.499.000.

Keyboard Music Casio CTK - 3400

Sumber gambar www.tokopedia.com

Casio CTK 3400 ini memang didesain untuk pemula atau anak sekolah yang baru belajar keyboard. Dengan 61 tuts dinamis, keyboard ini kesannya begitu menawan dengan dominasi warna hitam yang elegan. Produk bisa dihubungkan dengan MP3 player.

Dengan 200 nada dan juga 126 ritme, Anda bebas menghasilkan aneka suara indah. Dalam pembelian sudah dilengkapi dengan dust cover sehingga produk tidak akan berdebu kala disimpan karena tertutup dengan baik. Dapatkan segera di Tokopedia dengan harga Rp 1.499.000.

Yamaha PSR E263

Sumber gambar www.bukalapak.com

Yamaha PSR E263 memiliki 400 lebih suara berkualitas dan juga 130 pilihan suara pengiring. Ada 112 lagu yang bisa dipelajari dan juga ada buku musik yang bisa didownload dengan mudah. Dengan 9 langkah pelatihan mudah, anak bisa bermain keyboard ini dengan lebih baik.

Desainnya keren dan juga elegan. Produk ini dibekali ultra wide stereo dan juga Master EQ sehingga bisa menyesuaikan dengan musik favorit. Anda bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 2.050.000

Keyboard Musik Pemula Keyboard Mini Casio Tipe SA 77 Warna Abu

Sumber gambar www.bukalapak.com

Keyboard Musik Pemula Keyboard Mini Casio Tipe SA 77 Warna Abu ini bisa jadi pilihan Anda yang ingin mengenalkan alat musik pada anak. Produk yang satu ini hadir dengan 44 tuts berukuran mini dengan polifoni maksimal 8. Memiliki 100 suara bawaan, produk ini juga dibekali 50 pola suara yang unik.

Ada 10 lagu yang disematkan di dalamnya. Terdapat fungsi pembelajaran sembilan langkah dan fungsi perekaman. Dengan tampilan layar LCD, keyboard juga dibekali speaker ukuran 8 cm sebanyak 2 buah. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 800.000.

CASIO CTK-1550 K2 Keyboard Arranger

Sumber gambar www.bhinneka.com

Produk yang hadir dengan 61 tuts ini desainnya elegan dalam warna hitam. Dengan 120 nada bawaan, produk ini juga memiliki nada polifoni sebanyak 32 buah. Keyboard ini memiliki tampilan layar LCD dan juga memiliki pengaturan lagu. Dibekali garansi selama 1 tahun, Anda bisa tenang saat memakai produk yang satu ini. Dapatkan segera produknya di Bhinneka dengan harga Rp 1.600.000.

Keyboard Techno T-9880i

Sumber gambar shopee.co.id

Produk berikutnya untuk jadi keyboard pemula bagi anak adalah Techno T9880i. Keyboard yang satu ini hadir dengan 5 oktaf tuts dan memiliki 128 pilihan irama. Ada pilihan irama dangdut, keroncong hingga Sunda. Selain itu ada juga irama pop, rock, jazz dan lainnya.

Produk juga dilengkapi dengan lebih dari 22 lagu contoh baik Indonesia maupun Barat. Lengkap dengan port USB, Anda bisa menghubungkan mp3 player atau flashdisk pada produk ini. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 1.600.000.

From our editorial team

Ajarkan Alat Musik Pada Anak Sejak Dini untuk Melatih Keseimbangan Otak

Mengajarkan anak memainkan alat musik bisa membuatnya lebih fokus dan juga bisa menstimulasi otak kanan dan otak kirinya dengan lebih baik. Dengan musik, sisi motorik dan juga emosional anak juga jadi terasah. Anda bisa mencoba mengenalkan alat musik seperti keyboard pada anak sejak dini. Mulailah dengan mengenalkan suara-suaranya dan berlanjut pada hal yang lebih rumit. Untuk para pemula, Anda bisa berikan keyboard seperti rekomendasi kami di atas ya!