Ingin Gitar Tersimpan Awet? Intip 10 Rekomendasi Merek Gantungan Gitar Terbaik Saat Ini untuk Gitar Kesayanganmu!

Ingin Gitar Tersimpan Awet? Intip 10 Rekomendasi Merek Gantungan Gitar Terbaik Saat Ini untuk Gitar Kesayanganmu!

Kamu yang gemar bermain gitar, tentunya tidak ingin gitar kesayangan cepat rusak dan kualitasnya tak lagi bagus, bukan? Agar gitar awet kamu harus menyimpan gitar dengan benar, salah satunya dengan cara menggantungnya pada gantungan gitar khusus. Nah, langsung aja yuk, intip gantungan gitar dari berbagai merk terbaik saat ini!

Selesai Bermain Gitar, Jangan Lupa Meletakkannya pada Posisi yang Benar, ya!

Gitar merupakan alat musik berdawai yang sangat populer karena mampu menghasilkan nada yang merdu. Lagu yang dinyanyikan dengan iringan gitar akan terasa lebih enak didengar. Karena itulah gitar jadi alat musik yang sangat populer di kalangan pencinta musik di seluruh belahan dunia. Bagi seorang pecinta musik, tak masalah untuk membeli gitar dengan harga tinggi asalkan kualitasnya jempolan.

Nah, apa kamu juga salah satu penggemar alat musik gitar dan sering memainkan gitar disetiap kesempatan? Sudahkah kamu menyimpan gitar dengan benar sehabis dipakai? Menaruh gitar sembarangan bisa menurunkan kualitas gitar secara perlahan, lho! Karena itu perhatikanlah cara menyimpan dan merawat gitar dengan benar agar kualitasnya selalu terjaga dengan baik.

Cara Menyimpan Gitar yang Benar

Menggunakan Hardcase

Tempat menyimpan gitar yang paling aman adalah hardcase. Pada bagian luar hardcase terbuat dari triplek atau kayu, sedangkan bagian dalamnya dilapisi pula dengan spon atau busa sehingga gitar aman dari benturan. Penyimpanannya yang tertutup juga membuat gitar terlindung dari debu.

Hardcase sangat cocok untuk kamu yang berprofesi sebagai musisi karena tentu kamu harus menjaga kualitas gitar agar tetap bisa menghasilkan melodi yang merdu. Selain itu, sebagai seorang musisi tentu kamu juga harus bepergian ke sana ke mari sehingga hardcase akan membuat gitarmu aman selama perjalanan. Hardcase biasanya dijual mulai dari harga Rp 500 ribuan.

Mengendurkan Senar

Cara menjaga kualitas gitar agar tetap terjaga adalah dengan mengendurkan senar gitar saat akan disimpan. Terlebih jika kamu tidak begitu sering menggunakan gitar setiap hari. Mengendurkan senar gitar bertujuan untuk menghilangkan tegangan senar saat disimpan dan menjaga neck tetap lurus. Dengan begitu kualitas gitar akan tetap terjaga meski tersimpan dalam waktu lama.

Stand Gitar

Siapa nih, yang punya kebiasaan menyimpan gitar dengan menyandarkannya ke tembok, sofa, atau membiarkannya tergeletak di lantai atau di atas lemari? Kebiasaan yang satu ini tentu tidak baik ya, karena bisa saja gitar, tersenggol lalu jatuh dan rusak.

Nah, karena itu kamu perlu media penyimpanan gitar, yakni stand gitar. Stand gitar dirancang khusus untuk menyimpan gitar sehingga lebih aman. Dan saat kamu membeli stand gitar pilihlah dengan model penahan headstock sehingga gitar tidak mendapat tekanan dari berbagai sisi.

Menggantung di Dinding

Menyimpan gitar juga bisa dengan menggantungnya di dinding. Kamu bisa menggantung gitar pada gantungan khusus atau bisa juga mengandalkan paku. Yang penting media untuk menggantung gitar tertanam baik pada tembok untuk menghindari gitar jatuh. Selain itu perhatikan juga tali yang digunakan untuk menggantung gitar, pastikan kamu menggunakan tali yang kuat dan berukuran cukup besar agar suatu saat tali tidak putus.

10 Merek Gantungan Gitar Terbaik Saat Ini

Stand Wall Gitar Hercules GSP39WB

Kamu juga bisa lho, membeli gantungan khusus untuk gitar kesayanganmu. Rekomendasi pertama adalah Stand Wall Gitar Hercules GSP39WB. KHS Musical Instruments Co., Ltd. merupakan produsen alat musik terbesar dan berdiri sebagai perusahaan global yang memproduksi berbagai instrumen musik dan memastikan semua produknya berkualitas tinggi.

Gantungan gitar hercules ini dapat berputar secara otomatis sehingga kamu bisa menemukan sudut yang aman untuk menggantung gitar dan menguncinya. Materialnya terbuat dari kayu dan busa karet yang dirancang khusus untuk melindungi gitar.

Harga Rp. 175.000-207.000

RawRock Horizontal Guitar Hanger Tilt and Display Your Guitar

Sumber gambar https://www.amazon.com

RawRock Horizontal Guitar Hanger Tilt and Display Your Guitar merupakan gantungan yang bisa digunakan untuk menyimpan gitar dan berbagai instrumen string lainnya seperti biola, bass, ukulele, mandolin, dan sebagainya. Gantungan ini menyimpan gitar secara horizontal dengan kontruksi yang solid dan lapisannya dirancang khusus agar aman untuk berbagai instrumen.

Pemasangan gantungan ini mudah, cukup menggunakan sekrup dan jangkar drywall. Gantungan ini cocok sekali untuk di rumah ataupun studio musik. Kamu bisa membelinya di Amazon dengan harga $19.97 atau sekitar Rp 270.000-an.

Gator Frameworks GFW-GTR-HNGRBLK Wall Mount Guitar Hanger

Pilihan lainnya untuk gantungan gitar yang bisa kamu miliki adalah Gator Frameworks GFW-GTR-HNGRBLK Wall Mount Guitar Hanger. Gantungan ini dilengkapi dengan bantalan dinding dari busa sehingga gitar kesayanganmu akan terlindung dari goresan.

Gantungan juga memiliki kuk putar dari bahan karet yang ukurannya sesuai dengan leher gitar. Saat datang ke studio musik, kamu akan familiar dengan gantungan ini. Gantungan yang cocok untuk gitar listrik, bass, maupun akustik ini bisa kamu beli di Sweetwater dengan harga $14.99 atau sekitar Rp 200.000-an.

Grip Studios Male GuitarGrip Hanger Left Hand Model Silver

Grip Studios Male GuitarGrip Hanger Left Hand Model Silver merupakan gantungan gitar unik berbentuk tangan yang resmi diluncurkan pada tahun 2007 silam. Gantungan ini terbuat dari bahan berkualitas terbaik dengan lapisan logam yang mengkilat sehingga terlihat sangat elegan. Gantungan dibuat oleh mesin sehingga keseimbangannya lebih terjaga.

Pada bagian genggaman dilengkapi dengan karet untuk melindungi headstock dan leher gitar dengan aman sehingga tidak akan merusak lapisan nitroselulosa. Pemasangannya pun juga mudah dan bisa disesuaikan dengan bentuk headstock. Kamu bisa membeli gantungan gitar dan bass ini di Musicians Friend dengan harga $39.99 atau sekitar Rp 540.000-an.

String Swing Cc01K Gitar Gantungan

Gantungan gitar selain berfungsi untuk menyimpan gitar dengan aman sekaligus juga bisa untuk memamerkan gitar kesayanganmu. String Swing Cc01K Gitar Gantungan akan membuat gitarmu terpajang dengan indah karena terbuat dari balok kayu walnut alami. Gantungan ini bisa digunakan untuk menggantung gitar akustik, listrik, bass, bahkan mandolin.

Harga Rp. 220.000-268.000

Angled Guitar Wall Hanger Display for Electric and Thin Body Guitars

Sumber gambar https://www.amazon.com

Gitar yang digantung dalam waktu lama juga bisa mengalami kerusakan seperti melengkungnya headstock dan leher gitar. Tapi dengan Angled Guitar Wall Hanger Display for Electric and Thin Body Guitars ini kamu tidak perlu khawatir karena gantungan ini akan membuat gitar kesayanganmu terhindar dari kerusakan jangka panjang.

Dengan gantungan ini headstock dan leher gitar hanya mendapat sedikit tekanan. Gantungan dilengkapi juga dengan karet busa hitam yang tahan lama dan menutup braket gantungan sehingga gitar pun juga terlindung dari goresan. Untuk mendapatkan gantungan ini kamu bisa membelinya di Amazon seharga $19.99 atau sekitar Rp 270.000-an.

Wood Guitar Wall Mount Hanger

Sumber gambar https://www.ohuhu.com

Gantungan gitar dengan harga lebih terjangkau adalah Wood Guitar Wall Mount Hanger. Gantungan ini mirip dengan Swing String yang membuat gitar atau instrumen lainnya tetap tergantung dengan aman. Gantungan ini didesain dengan padding dalam sentuhan warna kayu yang cantik.

Jangkar pada gantungan akan terpasang dengan kuat sehingga gitar kesayanganmu akan tergantung dengan aman. Wood Guitar Wall Mount Hanger ini bisa kamu dapatkan seharga $9.99 atau sekitar Rp 140.000-an di Ohuhu.

Guitar Hangers

Guitar Hangers merupakan gantungan gitar yang bisa menahan beban hingga 10 kg. Gantungan ini juga didesain fungsional dan indah. Dengan gantungan ini, gitarmu akan terlihat menawan saat dipajang pada dinding rumah. Kuk gantungan dibuat agar bisa menyesuaikan leher gitar. Gantungan gitar berdesain cantik ini bisa kamu dapatkan di Your Forte Products dengan harga $37.97 atau sekitar Rp 500.000-an.

Top Stage Essentials Series Home & Studio Guitar Hanger

Sumber gambar https://www.walmart.com

Top Stage Essentials Series Home & Studio Guitar Hanger juga merupakan gantungan gitar yang bisa kamu jadikan pilihan. Materialnya terbuat dari kayu asli dan kuk stainless. Untuk pemasangannya sudah disediakan sekrup dan drywall sehingga kamu dapat memasangnya dengan mudah.

Tidak hanya untuk gitar, namun gantungan ini juga bisa digunakan untuk menggantung instrumen string lainnya. Kamu bisa membeli gantungan ini di Walmart dengan harga $6.95 atau sekitar Rp 100.000-an.

Tetra-Teknica Essentials Series EGH-01NW-2P Hardwood Home & Studio Guitar Hanger

Tetra-Teknica Essentials Series EGH-01NW-2P Hardwood Home & Studio Guitar Hanger merupakan gantungan gitar yang telah dirancang khusus untuk menggantung gitar dan instrumen lainnya dengan aman di dinding.

Bahannya terbuat dari kayu alami yang keras dengan kuk stainless berlapis padding yang tahan lama. Pemasangannya dengan jangkar drywall dan sekrup sehingga akan terpasang kuat dan amat. Kamu dapat membeli gantungan ini di Tetra Teknicka dengan harga $11.98 atau sekitar Rp 170.000-an.

From our editorial team

Yuk, Pajang Gitar Kesayaganmu dengan Gantungan Khusus!

Gitar kesayangan harus dirawat dengan benar dong! Jangan asal taruh gitar sembarangan apalagi membiarkannya tergeletak hingga berdebu dan rusak. Nah, kalau kamu belum punya gantungan gitar segera beli ya, biar gitarmu tersimpan dengan aman dan sekaligus untuk memajang gitar kesayanganmu di rumah.