10 Rekomendasi Produk Elektronik Nasional yang Berkualitas untuk Kemudahan Aktivitas Harian (2021)

10 Rekomendasi Produk Elektronik Nasional yang Berkualitas untuk Kemudahan Aktivitas Harian (2021)

Barang elektronik adalah kebutuhan untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Bukan hanya produk impor saja, Indonesia juga punya berbagai produk elektronik unggulan dengan fitur canggih lho. Simak rekomendasi produk elektronik Indonesia terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Produk Elektronik Indonesia Tidak Kalah dengan Merek Impor, Lho!

Produk elektronik menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Kehadiran barang elektronik tidak dapat dipungkiri menjadikan aktivitas harian kita jauh lebih mudah. Jenisnya yang beragam membuat produk elektronik dibutuhkan di segala bidang mulai dari rumah tangga, perkantoran, hingga industri. Oleh karena itu, sangat penting memilih merek produk elektronik yang berkualitas agar dapat membantu pekerjaan kita secara maksimal.

Ngomong-ngomong soal merek, banyak juga lho merek elektronik buatan Indonesia yang tidak kalah dengan merek impor. Selain menawarkan fitur-fitur canggih, produk elektronik buatan Indonesia harganya juga relatif terjangkau.

Merek Elektronik Lokal Indonesia yang Mendunia

Cosmos

Sumber gambar lokerbumn.com

Cosmos adalah perusahaan Indonesia yang berdiri pada tahun 1976. Kualitas yang terus ditingkatkan serta inovasi tanpa henti pada produk-produk mereka membuat Cosmos hadir sebagai salah satu brand elektronik terdepan di Indonesia. Jenis produk Cosmos juga sangat banyak mulai dari rice cooker, kipas angin, blender, dan masih banyak lagi.

Miyako

Sumber gambar www.nuwori.com

Kalau dilihat dari namanya, mungkin Anda mengira Miyako adalah merek dari Jepang. Jangan salah lho, Miyako adalah merek barang elektronik di bawah PT Kencana Gemilang yang berpusat di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Brand ini sudah ada sejak tahun 1970 dan sampai saat ini terus meluncurkan produk terbaru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Polytron

Sumber gambar polytron.co.id

Polytron merupakan anak perusahaan Djarum Group yang kantor pusatnya berada di Kudus, Jawa Tengah. Di industri elektronik, Polytron termasuk pemain lawas karena sudah hadir sejak tahun 1975. Varian produk yang diluncurkan juga beragam mulai dari TV, kulkas, AC, mesin cuci, hingga smartphone.

Sanken

Sumber gambar cariloker.id

Sanken juga merupakan merek asli kebanggaan Indonesia yang punya reputasi bagus di kalangan masyarakat. Produk unggulan mereka adalah rice cooker dan dispenser dengan kualitas yang sangat baik. Sanken mampu membuktikan dirinya pantas bersaing di jajaran brand elektronik ternama dengan meraih penghargaan Superbrands pada tahun 2003 dan 2010.

Maspion

Sumber gambar shopee.co.id

Tahukah Anda kalau nama Maspion ternyata memiliki makna yang unik di baliknya. Maspion adalah singkatan dari Mengajak Anda Selalu Percaya Industri Olahan Nasional. Merek lokal asli Indonesia ini terbukti mampu bersaing dengan brand internasional.

Maspion sudah berhasil melakukan ekspor ke negara-negara seperti Amerika Serikat, Timur Tengah, Eropa, dan Jepang.

Tips Membeli Produk Elektronik

Cek Garansi Produk

Garansi pada produk elektronik sangat penting lho. Hal ini untuk berjaga-jaga jika produk mengalami masalah atau tidak bisa berfungsi dengan baik, padahal Anda belum lama membelinya. Pastikan produk yang Anda beli disertai dengan garansi resmi setidaknya 1 tahun dan garansi dari toko minimal 7 hari. Sehingga jika ada kerusakan dalam jangka waktu tersebut, Anda tidak perlu takut merugi.

Simak Review Pelanggan Sebelumnya

Cara untuk mengetahui apakah sebuah produk atau merek tersebut benar-benar bagus adalah melalui review pelanggan sebelumnya. Review pelanggan berisi ulasan jujur karena mereka sudah pernah menggunakannya secara langsung. Jika pelanggan memberikan review yang positif, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk membelinya.

Pilih Merek yang Punya Reputasi Bagus

Saat membeli barang elektronik, utamakan merek yang memiliki reputasi bagus dan sudah lama beredar di masyarakat. Hal tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap merek tersebut sangat tinggi sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, cek juga berbagai fitur yang ditawarkan oleh merek tersebut apakah sebanding dengan harga yang harus Anda bayarkan.

Rekomendasi Produk Elektronik Indonesia Untuk Berbagai Kebutuhan

Cosmos 16-SDA Kipas Angin 3 in 1

Kipas angin menjadi produk pertama dari Cosmos yang direkomendasikan untuk Anda. Cosmos 16-SDA Kipas Angin 3 in 1 adalah kipas angin 16 inci dengan desain yang ramping dan pilihan warna menarik. Dengan diameter yang besar, kipas ini dapat memberikan embusan angin yang sejuk ke seluruh ruangan.

Produk ini adalah kipas angin 3 in 1 yang bisa digunakan dalam 3 mode berbeda. Anda bisa menaruhnya di atas meja, berdiri di lantai, atau ditempelkan di tembok.

Harga Rp. 200.000-300.000

Cosmos CRJ-3201 Digital Rice Cooker

Cosmos dikenal sebagai salah satu merek rice cooker terbaik di Indonesia. Cosmos CRJ-3201 Digital Rice Cooker termasuk produk unggulan mereka. Ini adalah penanak nasi yang mudah dan praktis. Selain itu, desain dan warnanya yang cantik akan menambah estetika di dapur Anda.

Rice cooker ini terbuat dari metarial besi berkualitas yang tidak mudah tergores dan sangat awet. Warnanya juga tidak mudah pudar meskipun sudah digunakan dalam waktu lama.

Harga Rp. 500.000-700.000

Miyako Stand Mixer SM-625

Buat Anda yang hobi bikin kue atau menjalankan bisnis jualan kue kecil-kecilan, Anda bisa mengandalkan Miyako Stand Mixer SM-625 agar membuat adonan lebih mudah. Mixer ini sangat fleksibel, bisa dioperasikan sebagai hand mixer atau stand mixer sesuai kebutuhan.

Dilengkapi juga dengan mangkok yang bisa berputar secara otomatis, sehingga Anda bisa mengerjakan aktivitas lain selagi menunggu adonan kue diaduk. Selain itu, ada juga variasi pengaduk beater dan hook untuk berbagai macam adonan.

Harga Rp. 230.000-250.000

Miyako Dispenser WDP 300

Dispenser yang bisa mengeluarkan air panas dan dingin sudah menjadi kebutuhan di mana saja, baik itu di rumah, di kantor, maupun di ruang publik. Miyako Dispenser WDP 300 tidak hanya bisa menyediakan air panas dan dingin, tetapi juga menggunakan sistem galon bawah sehingga Anda tidak perlu repot saat harus menggantinya.

Sistem keamanan dispenser juga sangat baik dengan adanya child lock system untuk air panas, jadi anak-anak tidak bisa memencetnya sembarangan. Indikator LED membantu memberikan informasi proses pemanasan dan pendinginan air, serta kapan saat mengganti galon.

Harga Rp. 750.000-900.000

Polytron Dignity Series PLD 43S153

Ingin punya tontonan keren di rumah dengan fitur lengkap? Polytron Dignity Series PLD 43S153 bisa jadi produk yang Anda pertimbangkan. Fitur unggulan TV LED 43 inci ini adalah teknologi PVR yang memungkinkan Anda merekam acara TV favorit untuk ditonton nanti. Anda bisa menyimpannya ke dalam flashdisk atau harddisk lho.

Fitur lain yang ditawarkan adalah port USB untuk menikmati multimedia dari sumber eksternal. Selain itu, 3 in 1 tuner membuat TV ini bisa menerima ratusan siaran dari berbagai belahan dunia melalui jaringan satelit digital. Nikmati kualitas gambar yang jernih, tajam, tanpa noise yang nyaman untuk mata.

Harga Rp. 4.000.000-4.500.000

Polytron Mini Portable Bluetooth Speaker PSP C1

Bluetooth speaker menjadi kebutuhan tersendiri buat Anda yang suka mendengarkan musik dan nonton film. Merek elektronik asli Indonesia Polytron punya bluetooth speaker unggulan dengan segudang fitur menarik. Polytron Mini Portable Bluetooth Speaker PSP C1 adalah speaker multifungsi yang juga bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Anda bisa menyambungkan speaker ini ke laptop atau smartphone dan membawanya kemana saja tanpa perlu bergelut dengan kabel yang ribet. Speaker ini juga dilengkapi dengan microphone kecil super sensitif sehingga Anda bisa berkomunikasi lewat panggilan telepon atau video dengan speaker ini. Fitur lainnya yang ada pada produk ini adalah micro SD, USB slot, dan input untuk kabel AUX.

Harga Rp. 600.000-700.000

Sanken SK-S160 Upright Freezer 162 Liter

Sanken SK-S160 Upright Freezer 162 Liter bisa jadi produk unggulan Anda di rumah. Kulkas 1 pintu ini berfungsi khusus sebagai pendingin dengan kapasitas yang besar. Cocok banget nih buat Anda yang punya bisnis berjualan es di rumah. Fitur unggulannya adalah fast freezing yang dapat membuat es leboh cepat beku.

Harga Rp. 3.200.000-4.000.000

Sanken SFL-6600E Mesin Cuci Front Load

Sanken SFL-6600E Mesin Cuci Front Load adalah mesin cuci bukaan depan dengan desain yang modern dan sistem keamanan mumpuni. Dilengkapi dengan childproof lock yang memastikan penutup bisa terkunci dengan rapat, sehingga tidak bisa dimainkan oleh anak-anak sembarangan.

Fitur unggulan produk ini adalah teknologi Fuzzy Logic sehingga mesin cuci dapat mengatur sendiri kecepatan putaran sesuai dengan banyaknya cucian. Di dalamnya juga terdapat sensor khusus yang mendeteksi klotoran pada padu. Overheating Control memastikan mesin tidak akan panas berlebihan, sehingga tetap awet dan tahan lama.

Harga Rp. 3.000.000-4.000.000

Maspion Blender MT-1569

Maspion Blender MT-1569 adalah blender dengan dominasi warna hitam yang sangat elegan. Warnanya netral sehingga bisa berpadu dengan warna interior dapur apa saja. Blender serbaguna ini dapat digunakan sebagai juicer atau untuk menghaluskan bumbu. Memasak jadi semakin mudah dan menyenangkan.

Kapasitas blender cukup besar yaitu 1,25 liter dan terbuat dari bahan kaca. Pisaunya tajam sehingga proses menghaluskannya tidak terlalu lama.

Harga Rp. 320.000-400.000

Maspion EX-1000 Setrika Listrik Dry Iron

Maspion EX-1000 Setrika Listrik Dry Iron dibekali dengan plat antilengket yang awet dan tahan lama. Sistem double protector pada setrika bisa memutus arus secara otomatis tanpa merusak komponen lain. Dengan begitu setrika tidak akan jadi terlalu panas dan suhunya tetap bisa dijaga agar stabil. Kabelnya pun didesain sangat fleksibel untuk kenyamanan Anda, sehingga Anda bisa menyetrika tanpa takut terlilit.

Harga Rp. 125.000-150.000
From our editorial team

Menggunakan Produk Indonesia Bisa Mendukung Perekonomian Bangsa

Dari rekomendasi BP-Guide di atas, Anda bisa melihat bahwa produk unggulan Indonesia tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri, bukan? Menggunakan produk karya anak bangsa tidak hanya menunjukkan dukungan kita, tetapi juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lho. Yuk, cintai produk dalam negeri mulai sekarang!