Ingin Manjakan Lidah Anda dengan Puding Lezat? Yuk Coba 8 Resep Varian Puding yang Mudah dan Enak! (2018)

Ingin Manjakan Lidah Anda dengan Puding Lezat? Yuk Coba 8 Resep Varian Puding yang Mudah dan Enak! (2018)

Puding yang lembut dan dingin sangatlah cocok untuk dimakan saat hari panas sehingga tak heran kalau puding sangat populer di Indonesia. Apalagi kalau Anda penggemar puding. Selain membeli Anda juga pasti ingin tahu cara membuat puding agar bisa menyantapnya setiap saat. Tidak perlu bingung mencari resep, BP-Guide sudah mengompilasikan cara membuat puding di artikel ini.

Puding, Disukai dari Anak-anak Sampai Dewasa

Siang yang terik menikmati semangkuk puding pasti sangat menyegarkan. Bisa sekaligus mengganjal lapar, puding juga menyegarkan tenggorokan yang kering. Hidangan bernama puding ini memang selalu disukai dan jadi rebutan.

Tak hanya anak anak, orang dewasa pun menyukai jenis makanan penutup ini. Cita rasa yang enak ditambah tekstur lembut pada makanan ini membuat banyak orang menyukainya. Sedikit kenyal dan mudah untuk dicerna menjadikan makanan satu ini sering dimakan sebagai cemilan keseharian.

Pembuatan puding ini pun mudah. Anda bisa mencampur beberapa bahan utama pembuat puding lalu biarkan hingga keras. Sajikan dingin agar lebih segar. Yang nikmat jika pudingnya hadir dengan campuran buah asli sehingga rasanya lebih segar.

Tidak Harus beli, Anda Juga Bisa Membuat Puding yang Enak

Sumber gambar www.sanjeevkapoor.com

Tak perlu repot membeli puding jika menginginkannya. Anda juga bisa loh bikin sendiri dirumah. Makanan penutup bercita rasa lezat ini mudah banget bikinnya.

Yang harus Anda siapkan adalah beragam bahan dasarnya. Selain itu Anda juga harus siap dengan resep membuat puding. Dan jangan lupa juga siapkan bahan pendamping puding seperti buah. Tak kalah pentingnya Anda harus tahu nih tips membuat puding yang sempurna. Yuk kita simak bersama panduan BP-Guide.

Tips Menghasilkan Puding yang Sempurna

Perhatikan Takaran Air

Saat berkumpul dengan keluarga adalah saat tepat untuk menikmati puding. Bisa setelah makan atau bisa juga saat nonton televisi bersama. Kenikmatan puding yang sempurna bisa Anda dapatkan dengan membuatnya sendiri dirumah.

Perlu diwaspadai takaran air yang Anda gunakan. Sebungkus agar-agar instan yang berukuran 7 gram umumnya butuh 500 ml air untuk menjadikannya puding yang sempurna. Selain itu biar agar-agar tak menggumpal sebaiknya campur dulu dengan gula pasir sebelum dimasukkan dalam rebusan air ataupun susu untuk puding.

Basahi Dulu Cetakan Puding

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dalam membuat puding tentu harus tahu cara yang benar dalam membuat puding. Ini agar pudingnya jadi sempurna dan tak mengecewakan. Tahukah Anda bahwa sebaiknya cetakan puding dibasahi terlebih dulu sebelum digunakan?

Ya, wadahnya memang sebaiknya dibasahi dengan air matang. Hal ini dimaksudkan agar puding cepat lepas dari wadah setelah matang dan keras. Ini juga menjaga agar puding tak berubah bentuk saat dikeluarkan dari cetakannya.

Perhatikan Cara Merebus dan Mengaduk

Sumber gambar rancupid.blogspot.com

Cara membuat puding selanjutnya yang patut dicatat yakni cara merebus dan mengaduknya. Mau puding bahan santan maupun puding bahan susu, sebaiknya cairan selalu diaduk selagi direbus atau dipanaskan. Gunakan api sedang saja agar kandungan utama dalam bahan puding tak rusak.

Cara merebus dan mengaduk juga akan berpengaruh pada hasil puding loh. Aduk dan rebus sampai mendidih ya. Jangan mengangkat adonan dari kompor sebelum benar-benar masak. Ini ditujukan agar puding bisa cepat keras dan mudah dilepas dari cetakan.

Tunggu Puding Tidak Terlalu Panas Jika Ingin Memakai Penambah Aroma

Siapapun pasti gemar makan puding yang lezat. Aroma puding yang menggoda akan makin lezat kalau Anda menambahkan sedikit essens penambah aroma.

Nah jika memang berniat memberi aroma lebih kuat, boleh saja kok. Anda tinggal tambah aroma yang diinginkan pada adonan puding. Masukan penambah aroma saat puding sudah tak begitu panas namun belum mengeras.

Beri Finishing dengan Vla

Puding disantap langsung sudah berasa enaknya. Apalagi jika disajikan dengan penambahan bahan lain. Misalnya saja Anda menggunakan vla untuk tambahannya. Sudah pasti puding jadi lebih nikmat ya.

Nah vla bisa Anda beli secara instan. Bisa juga dengan membuatnya sendiri. Yang jelas penambahan finishing berupa vla bisa bikin puding makin nikmat.

Cara Membuat Puding Aneka Rasa, Harus Anda Coba

Cara Membuat Puding Brownies Coklat

Sumber gambar www.vemale.com

Jika tertarik membuat puding bisa nih coba varian puding satu ini. Namanya puding brownies coklat. Seperti banyak diketahui brownies selalu jadi favorit banyak orang. Rasa coklat yang nendang bikin banyak yang ketagihan dengan olahan satu ini.

Segera siapkan 2 bungkus agar-agar tanpa rasa dan susu cari 1200 ml. Siapkan pula 6 roti tawar yang sudah dibuang pinggirnya. Lalu silahkan cincang halus 100 gram dark cooking chocolate. Dan sediakan 225 gram gula serta 1 buah kuning telur yang sudah dikocok. Jika suka Anda bisa menambah almond sangrai untuk topping.

Untuk langkahnya silahkan perhatikan step by step ini secara teliti.

  • Siapkan cetakan lalu basahi dengan air. Setelahnya taburi cincangan almond.
  • Blender jadi satu roti tawar serta separuh susu dan gula. Masukkan juga dark cooking chocolate dan agar agar.
  • Setelah diblender, didihkan campuran tersebut.
  • Masukkan sisa bahan seperti kocokan kuning telur dan susu lalu aduk cepat sebelum mematikan kompor.
  • Tuang dalam cetakan lalu tunggu hingga uap menghilang baru masukkan dalam lemari pendingin.

Cara Membuat Puding Sederhana dari Susu dan Buah

Puding merupakan makanan sehat untuk pencernaan. Teksturnya yang lembut mempermudah usus mencerna makanan tersebut. Membuat puding tak perlu ribet karena ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuatnya.

Mari membuat puding susu dan buah yang sederhana. Tentu Anda harus menyiapkan beberapa potong buah kalengan. Selain itu siapkan juga agar agar putih sebungkus dan susu putih cair UHT sebanyak 1 liter. Siapkan pula 3 sdm gula pasir dan 3 gelas air.

Cara membuat pudingnya adalah dengan langsung mencampur gula dan agar agar dalam satu wadah. Masukkan UHT lalu aduk rata hingga tak menggumpal. Setelahnya didihkan dan terus diaduk. Tambahkan penambah aroma jika suka. Kemudian siapkan cetakan puding yang sudah dibasahi lalu tuang adonan pudingnya. Setelah uap hilang, masukkan potongan buah. Dinginkan dalam kulkas, dan puding pun siap dinikmati.

Cara Membuat Puding Coklat

Mudah dibuat dan rasanya enak, itulah yang membuat hidangan penutup ini banyak disukai. Anda bisa membuat sendiri loh puding cokelat yang enak untuk keluarga. Bahannya murah meriah dan mudah didapatkan.

Segera siapkan sebungkus agar-agar bubuk dan gula pasir 150 gram. Siapkan 1/2 sdt garam dan ½ kaleng SKM cokelat. Jangan lupa sesendok makan cokelat bubuk dan seliter susu.

Sedangkan untuk vlanya Anda bisa menyiapkan sekaleng susu evaporated dan 200 ml susu cair. Siapkan pula 2 sdt tepung custard dan ½ sdt vanila serta 2 sdt maizena.

Masukkan semua bahan puding kecuali gula dan garam. Aduk dan saring lalu tambahkan garam dan gula tadi. Masak hingga mendidih dan tuang dalam cetakan. Masukkan dalam kulkas jika uap sudah menghilang.

Untuk vla campur semua bahan kecuali gula. Aduk sampai rata lalu baru tambah gula. Panaskan dan aduk sampai kental, lalu matikan api. Siap disajikan jika sudah dingin.

Cara Membuat Puding Pelangi

Sumber gambar dapurvegan.blogspot.com

Bikin puding bisa kapan saja asal Anda mau sedikit menguprek dapur ya. Nah biar pudingnya bukan itu itu saja, coba bikin yang meriah yuk. Pilih bikin puding pelangi biar si kecil suka dengan warnanya dan tertarik memakannya.

Mari segera ke dapur dan menyiapkan sebungkus nutrijel plain dengan sebungkus agar-agar swalow globe yang juga plain. 1000 ml air dengan 250 ml susu UHT juga perlu disiapkan. Lalu sediakan gula pasir 200 gram dan 3 saset SKM putih. Siapkan juga 50 gram margarin dan 75 gram terigu serta beberapa pewarna makanan.

  • Cara membuat puding rainbownya adalah dengan mencampur nutrijel dan agar-agar serta gula dan SKM.
  • Masukkan bahan tersebut dalam satu wadah dan campur dengan UHT dan air.
  • Aduk rata lalu tambah margarin hingga leleh dan matikan api.
  • Bagi bagi adonan lalu tambahkan pewarna sesuai selera.
  • Cetak berseling seling sesuai warna kesukaan dan dinginkan. Puding rainbow siap disajikan.

Cara Membuat Puding Coklat Lapis Keju

Agar-agar sebagai bahan utama pembuatan puding sudah pasti bermanfaat. Banyak serat yang terkandung dalam puding bisa memperlancar pencernaan. Selain itu puding juga mengenyangkan karena mengandung tinggi karbohidrat.

Mari membuat puding cokelat keju dengan beberapa bahan. Untuk bahan pertama siapkan 1000 ml susu cair, 1 sdt jeli bubuk dan sebungkus agar agar bubuk. Siapkan juga DCC (dark cooking chocolate) 100 gram yang sudah dipotong kecil dan 150 gram gula dan juga 1 kuning telur.

Bahan keduanya adalah 1000 ml air dan SKM keju 100 ml. Siapkan jeli bubuk sesendok teh dan sebungkus agar instan. Potonglah 100 gram white cooking chocolate dan siapkan 1 kuning telur dan gula pasir 50 gram.

  • Campur semua bahan pertama dalam satu wadah kecuali DCC. Lalu panaskan hingga mendidih.
  • Masukkan DCC dan aduk kembali sampai matang dan matikan kompor.
  • Selanjutnya untuk bahan kedua lakukan cara yang sama.
  • Jika dua bahan sudah siap lalu ambil cetakan. Tuang puding cokelat lalu selingi dengan puding keju.
  • Dinginkan dalam lemari es dan puding siap disajikan.

Cara Membuat Puding Coklat Buah

Puding cokelat memang selalu menggoda. Selain aroma cokelatnya, rasanya yang nikmat juga bikin kita tak mau berhenti memakannya. Nah kalau dicampur dengan buah bagaimana jadinya ya?

Segera siapkan sebungkus agar plain bubuk dan 150 gram DCC yang dipotong kecil. Anda juga perlu 30 gram cokelat bubuk dan 800 ml susu cair serta 2 kuning telur dan 130 gram gula.

  • Rebuslah semua bahan kecuali kuning telur dan aduk sampai mendidih.
  • Jika sudah lalu masukkan kuning telur dan aduk cepat.
  • Matikan api dan tuang puding ke cetakan.

Selanjutnya saatnya membuat puding buah dengan bahan setengah bungkus agar bubuk plain dan 300 ml susu. Siapkan pula 5 tetes pewarna orange dan 25 gram gula. Anda juga harus menyiapkan sebungkus bubuk jeruk dan 1/8 sdt garam. Siapkan 2 putih telur dan juga 250 gram koktail kaleng.

  • Rebus agar-agar dan susu.
  • Setelah mendidih masukkan bubuk jeruk dan pewarna lalu aduk.
  • Kocok putih telur dan garam hingga mengembang lalu tambahkan gula.
  • Ketika mengocok putih telur masukkan sedikit demi sedikit adonan puding buah agar rata dan tak menggumpal.
  • Masukkan koktail buah aduk sampai tercampur.
  • Tuang puding buah pada puding cokelat yang dibuat sebelumnya
  • Selanjutnya tuang sisa puding cokelat ke atasnya.
  • Dinginkan dan puding pun siap disajikan.

Cara Membuat Puding Santan

Sumber gambar venuenightclubvt.com

Puding santan merupakan puding tradisional yang disukai semua orang. Gurih dan manis yang berpadu membuat puding ini banyak digemari. Cara pembuatan puding santan ini pun mudah. Ikuti langkahnya dan persiapkan bahannya ya.

Siapkan agar bubuk warna putih setengah bungkus dan 300 ml santan. Anda juga wajib menyiapkan 200 ml susu dan 10 gram gula serta ¼ sdt garam. Siapkan juga 3 putih telur yang sudah dikocok.

  • Campur semua bahan kecuali putih telur.
  • Aduk dan masak diatas api sampai matang merata.
  • Jika sudah mendidih, angkat dan dinginkan hingga uapnya hilang.
  • Selanjutnya masukkan telur kocok ke adonan yang sudah agak dingin dan aduk rata.
  • Tuang ke cetakan dan diamkan di kulkas.

Cara Membuat Puding Buah Naga

Sumber gambar majalahpuding.com

Sajian puding semakin menggoda jika bentuknya menggoda selera. Ada puding buah naga yang dijamin bikin Anda sekeluarga tertarik mencobanya. Bikin sendiri di rumah ya.

Untuk bahan lapisan merahnya Anda perlu sebungkus agar-agar plain dan 250 gram buah naga yang sudah dihaluskan. Siapkan 100 gram gula dan 450 ml air.

Untuk lapisan putihnya Anda perlu sebungkus agar plain dan 75 gram gula dan 100 ml SKM. Siapkan juga segelas air dan 250 ml susu cair.

  • Campur semua bahan puding lapisan merah.
  • Didihkan lalu matikan api dan biarkan dingin hingga uapnya hilang.
  • Tuang ke cetakan dan biarkan menggumpal.
  • Selanjutnya campur semua bahan lapisan putih dan aduk rata.
  • Panaskan hingga mendidih lalu angkat.
  • Saat uap hilang, masukkan adonan lapisan putih pada cetakan di atas lapisan merah tadi. Masukkan dalam lemari pendingin dan tunggu hingga puding mengeras.
From our editorial team

Buat keluarga makin betah di rumah dengan sajian puding

Karena puding ialah cemilan yang tak mengenal usia, tentunya semua anggota keluarga akan gembira jika menemui puding dingin apalagi di tengah udara yang panas. Anda juga bisa membuat family time dengan membuat puding bersama. Tidak hanya mengenyangkan, namun juga merekatkan kedekatan semuanya!