Yuk Cobain 8 Cara Membuat Varian Donat yang Nikmat dan Rasanya Ngangenin! (2018)

Yuk Cobain 8 Cara Membuat Varian Donat yang Nikmat dan Rasanya Ngangenin! (2018)

Donat adalah salah satu jenis kue yang paling populer. Disukai dari yang muda sampai yang tua. Apalagi apabila rasanya nikmat dan ngangenin. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, loh. Berikut tips dan referensi membuat donat dengan bahan yang bisa Anda temukan sendiri di rumah. Simak, yah.

Donat, Cemilan Favorit Mulai Anak-anak Hingga Orang Dewasa

Kue bulat dengan lubang ditengah yang biasa disebut donat adalah kue favorit banyak orang. Berbahan dasar terigu yang dicampur mentega dan telur serta gula, kue ini dibuat dengan cara digoreng. Varian rasa donat yang ada saat ini membuat kita tak mau berhenti mencoba beragam rasanya.

Dari anak-anak hingga dewasa pasti menyukai donat. Digemari banyak orang, donat hadir dalam berbagai bentuk mulai donat yang besar hingga yang mini. Topping donat pun mulai bervariasi dari cokelat meses sederhana hingga beragam rasa cokelat glaze.

Cerita di Balik Asal Mula Donat

Bicara soal donat pasti ada yang penasaran bagaimana asal mula terbentuknya roti dengan lubang di tengah ini. Kamu juga pasti bertanya-tanya awal dari munculnya kue donat ini. Sebenarnya masih banyak yang memperdebatkan asal mula donat.

Di satu pihak mengatakan bahwa Dotat pertama muncul tahun 1847. Saat itu roti tepung ini belum memiliki lubang di bagian tengahnya. Adalah seorang kapten kapal Denmark bernama Gregory Hanson yang tugasnya memegang kemudi kapal. Ia sering kesulitan ketika memakan kue dengan mengemudi, terutama karena sering terjadi badai di laut. Oleh karena itu kue ia tusukkan ke roda kemudi kapal sehingga tengahnya menjadi bolong. Sejak saat itu kue dibuat dengan lubang di tengah agar lebih mudah dimakan. Selain itu dengan membuat lubang di tengah kue, bagian tengah kue juga jadi lebih matang dari yang biasanya hanya setengah matang saja.

Di pihak lain ada yang mengungkapkan bahwa donat muncul pertama di Amerika. Donat dibawa oleh imigran Belanda. Saat itu donat diperkenalkan dengan beragam kue lain seperti kue pie buah dan kue kering.

Tidak Harus Beli, Donat Lezat pun Bisa Dibuat Sendiri

Lebih mudah memang untuk membeli donat ketimbang membuat sendiri. Kapanpun mau tinggal pergi ke toko terdekat untuk membeli kue dengan varian rasa topping ini. Praktis dan tak perlu ribet membuat.

Namun, jika setiap hari membeli kan keuangan jadi tidak sehat ya. Kamu bisa loh bikin donat sendiri. Memang butuh usaha dan ketelatenan sih tapi kalau sudah jadi dan hasilnya memuaskan pasti kamu senang juga kan. Bahannya mudah dan caranya gampang. Namun sebelum membuat donat, ada baiknya simak tips dari BP Guide dulu ya.

Ini Dia Tips Membuat Donat yang Lezat!

Pilih Tepung dengan Kandungan Protein Sedang

Tips pertama untuk cara membuat donat adalah harus memilih tepung yang memilih kandungan protein sedang. Ini sengaja dilakukan agar tekstur donat bisa jadi lebih lembut.

Umumnya beragam jenis kue ada yang membutuhkan tepung terigu protein tinggi dan protein rendah. Tergantung dari kue apa yang mau dibuat. Untuk donat, yang berprotein sedanglah yang dibutuhkan. Umumnya terigu protein sedang juga dipakai untuk martabak manis dan gorengan.

Hanya Gunakan Kuning Telur Saja

Rahasia lain dari terciptanya donat yang empuk adalah hanya menggunakan bagian kuning telur saja. Tak masalah sebenarnya jika menggunakan putihnya juga namun hasilnya membuat donat jadi terlalu liat. Selain itu penggunaan kuning telur pada donat adalah untuk mempercantik warna donatnya juga.

Dengan adanya telur pada adonan donat, kue jadi lebih bergizi. Disamping itu rasa kue juga jadi lebih kuat dan juga tekstur remahnya lebih baik. Adonan roti jadi lebih empuk karena proses pengembangan roti terbantu dengan adanya telur.

Pakai Gula Halus Agar Lebih Mudah Larut Dalam Air

Kue donat rasanya manis karena adanya gula dalam pembuatannya. Nah yang dipakai boleh saja gula pasir namun agar lebih mudah larut sebaiknya gunakan gula halus.

Penggunaan gula halus disini untuk lebih mengaktifkan ragi. Ini membuat donat lebih cepat mengembang. Kendati demikian jangan terlalu banyak memberi gula pada donat agar saat digoreng donatnya jadi tak mudah gosong.

Perhatikan Penggunaan Garam pada Adonan

Adonan donat juga menggunakan garam. Fungsi garam disini adalah untuk memberi rasa tambahan pada donat. Garam juga berfungsi untuk mengikat air.

Sebaiknya menggunakan garam beryodium. Ini karena garam lebih bersih dan nilai gizinya juga sudah pasti. Garam bisa menghindari munculnya bakteri jahat dan menambah liatnya gluten dalam donat. Sebaiknya memasukkan garam usai seluruh adonan tercampur rata.

Cara Membuat Berbagai Variasi Donat Lezat

Cara Membuat Donat Kentang

Donat kentang sangat populer keberadaannya. Ini karena rasa donat kentang jauh elbih empuk dari donat umumnya. Teksurnya padat namun tinggi nutrisi dan rasanya nikmat.

Untuk 12 buah donat, kamu butuh 500 gr terigu dan 50 gr susu bubuk. Siapkan juga 11 gr ragi dan 250 gr kentang kukus yang sudah dihaluskan. Kamu perlu juga gula halus 100 gr dan mentega cair 75 gr. Jangan lupa sediakan ½ sdt garam dan 4 kuning telur serta 100 ml air dingin.

Cara mempersiapkannya

  • Campur semua bahan kecuali kuning telur dan air dingin serta mentega dan garam.
  • Jika sudah tercampur baru masukkan air dan kuning telur sedikit sedikit hingga rata.
  • Tambah garam dan mentega lalu adoni hingga kalis dan istirahatkan 15 menit.
  • Bagi adonan jadi 12 buah bulatkan kembali dan diamkan 20 menit.
  • Lubangi bagian tengah tiap adonan
  • Goreng dalam minyak sedang hingga berwarna keemasan.
  • Siap ditaburi gula atau dihias cokelat leleh.

Cara Membuat Donat Sederhana

Donat ini sebenarnya mudah dibuat asalkan telaten. Bahannya mudah dan pembuatannya pun cepat.


Siapkan saja :

  • 325 ml air es dan 1 telur
  • 15 gr susu bubuk
  • 300 gr terigu protein tinggi
  • 100 gr terigu protein sedang
  • 40 gr gula
  • 1 sdt garam dan 30 gram margarin

Segera buat dengan mencampur terigu dan ragi serta susu dan gula. Aduk rata dan tambah telur serta air es. Jika sudah kalis tambah margarin dan garam dan aduk sampai elastis. Diamkan 15 menit sebelum membaginya jadi beberapa bagian. Setelah dibagi diamkan lagi 10 menit. Lubangi tengah kue lalu goreng hingga keemasan. Tiriskan dan donat pun siap dihias dengan aneka toping sederhana seperti cokelat meses.

Cara Membuat Donat J.CO

Sumber gambar hargamenu.com

Siapa tak kenal donat J.co? Waralaba satu ini sukses membuat donat empuk dengan tekstur halus dan toping menggoda. Yuk ah bikin donat sendiri. Simak cara membuat donatnya ya.

Siapkan bahan pertama yang meliputi 850 gr terigu cakra dan 10 gr garam ditambah 11 gr ragi dan 600 ml air.

Lalu untuk bahan kedua siapkan 200 gr terigu cakra dan 125 gr mentega putih. Siapkan juga 60 gr susu bubuk dan 100 gr telur. Kamu juga butuh 10 gr garam dan 125 gr gula.


  • Campurlah semua bahan pertama hingga rata lalu tutup kain hingga satu setengah jam.
  • Jika bahan pertama sudah didiamkan dan sudah set baru campur dengan bahan kedua.
  • Uleni semua sampai kalis dan diamkan 15 menit
  • Cetak donat dengan menggunakan cetakan donat.
  • Goreng dengan api kecil hingga kuning keemasan lalu tiriskan.

Untuk flavor glazenya kamu bisa mencairkan 200 gr mentega putih dan campur dengan 200 gr gula halus. Tuangi 2 sdm sirup dan 1 sdm margarin. Glaze ini siap digunakan untuk menghias donat.

Cara Membuat Donat Singkong

Kudapan berupa donat memang enak dimakan beramai ramai. Nah, varian kue satu ini sudah banyak didapati loh. Salah satunya varian donat singkong.


  • Kupas dan cucu 350 gr singkong dan kukus lalu haluskan
  • 2 telur
  • 350 gr terigu
  • 5 sdm susu bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 5 sdm gula
  • 1 sdm ragi
  • 100 ml air
  • 100 gr margarin leleh

Caranya adalah mencampur semua bahan kecuali air dan margarin serta garam. Lalu tuangi sedikit demi sedikit air. Jika sudah tercampur rata terakhir masukkan mentega dan garam. Jika sudah tak lengket baru diamkan adonan. Bagi adonan lalu bulatkan dan diamkan 30 menit. Lubangi tengahnya lalu goreng dengan api sedang. Setelah matang donat singkong siap dinikmati dengan taburan gula halus atau meses.

Cara Membuat Donat Ubi

Bisa juga nih membuat donat dengan bahan ubi ungu. Sudah pasti warnanya jadi lebih cantik ya. Bisa gunakan toping bisa juga tanpa toping karena rasa manis dari ubi ungu sudah cukup enak.

Yuk siapkan terigu protein tinggi sebanyak 250 gr dan ubi ungi 250 gr yang sudah dikukus dan dihaluskan. Siapkan juga gula 50 gr dan margarin sesendok. Jangan lupa kamu juga butuh sebutir telur dan 50 gr gula serta 15 gr susu bubuk. Kamu perlu juga ½ sdt ragi dan 1/8 sdt vanili bubuk.

Uleni semua bahan hingga tercampur rata dan kalis. Selanjutnya diamkan adonan 15 menit. Jika sudah silahkan timbang adonan masing-masing 45 gr lalu bulatkan dan lubangi tengahnya. Goreng hingga matang dan donat siap disajikan.

Cara Membuat Donat Oreo

Sumber gambar laritabakery.com

Oreo ini memang cemilan paling enak dan bisa dikombinasikan dengan apa saja. Bisa dimakan langsung, bisa juga dicampur minuman. Nah bisa juga dibikin donat dengan cara seperti ini.

Sediakan terigu cakra 500 gr ditambah 100 gr gula dan 2 sdt ragi. Siapkan juga 250 ml air es dan sebutir kuning telur ditambah 100 gr margarin cair. Kamu perlu juga ½ sdt garam dan 100 gr cokelat putih cair serta 3 keping Oreo yang dihancurkan tanpa creamnya.

  • Campur semua bahan kecuali cokelat putih dan Oreo.
  • Aduk hingga tercampur rata dan benar benar kalis. Diamkan adonan donat Oreo selama 30 menit.
  • Kempeskan adonan lalu bagi adonan dan cetak bentuk donat. Diamkan kembali selama 15 menit.
  • Goreng dalam minyak sedang dan tiriskan setelah matang.
  • Celup donat pada cokelat putih leleh lalu taburi Oreo yang sudah dihancurkan.

Cara Membuat Donat Goreng

Saat keluarga jauh mau bertamu pasti bingung mau menyuguhi makanan apa. Bikin donat goreng saja yuk. Bikinnya cepat dan bahannya mudah didapat. Praktis dan bisa jadi banyak lagi.

Beragam bahan yang dibutuhkan adalah 500 gr terigu segitiga biru dan 2 sdt ragi. Siapkan 6 sdm mentega cair dan 6 sdt maizena. Persiapkan pula 2 kuning telur dan air secukupnya.

  • Campurkan terigu dan maizena serta telur dan ragi juga gula dalam wadah. Aduk rata hingga tercampur.
  • Tambahkan mentega dan air lalu aduk sampai kalis.
  • Diamkan adonan 15 menit sampai mengembang baru cetak dengan cetakan donat.
  • Diamkan kembali selama 15 menit lalu adonan siap digoreng.
  • Goreng donat dengan api sedang sampai agak kecoklatan lalu tiriskan.
  • Beri toping sesuai selera.

Cara Membuat Donat Madu

Satu lagi nih varian donat yang enak dan perlu dijajal. Donat madu bisa jadi pilihan kamu untuk nyemil sore. Lebih bergizi dengan kandungan madu yang bermanfaat bagi tubuh.



Siapkan bahan berikut ya:

  • 6 sdm madu
  • 125 gr terigu protein sedang
  • 375 terigu protein tinggi
  • 3 kuning telur
  • 100 gr gula
  • 12 gr ragi
  • 105 gr margarin
  • ¼ lt air
  • ½ sdt garam

Campur semua bahan kecuali madu dan kuning telur serta air. Kemudian jika bahan telah rata baru masukkan madu diikuti kuning telur. Setelahnya tambah air hingga adonan kalis. Tutup adonan yang sudah kalis dengan kain. Setelah 30 menit, bagi adonan lalu cetak. Biarkan lagi adonan 15 menit sebelum digoreng dengan api sedang. Tiriskan dan donat siap dinikmati.

From our editorial team

Cemilan Nikmat dan Menyehatkan, Pas untuk Temani Kopi Sore

Sore hari, sambil menikmati kopi, tentunya pas sambil menikmati camilan donat. Apalagi jika donat yang dibuat adalah donat buatan sendiri dengan bahan-bahan alami yang akan menjadikan Anda lebih kenyang dan sehat. Coba buat, yuk di rumah. Jangan ragu mengikuti langkah-langkah yang telah BP-Guide tunjukkan ya!

Tag