Jangan Salah Pilih! Ini 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah yang Akurat (2022)

Jangan Salah Pilih! Ini 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah yang Akurat (2022)

Pengecekan kesehatan secara rutin perlu Anda lakukan, khususnya gula darah. Ada jenis cek gula darah yang sering dilakukan dan memiliki hasil dan diagnosis yang berbeda. Sebelum memutuskan membeli alat cek gula darah akurat, sebaiknya kenali dulu jenis ceknya. Ada pula rekomendasi alat cek yang bisa anda pilih dengan keakuratan yang sangat tinggi.

Penting Cek Gula Darah Secara Rutin

Kesehatan tidak bisa diabaikan karena ada pepatah pula yang bilang bahwa “Sehat itu Malah”. Menjaga kesehatan hukumnya wajib untuk setiap orang dan harus Anda lakukan secara rutin.

Apalagi seseorang yang memiliki keturunan penyakit atau riwayat penyakit. Tentu saja, perlu penanganan yang lebih awal untuk menghindari risiko mendatang.

Kehati-hatian harus Anda lakukan, terutama cek kesehatan secara rutin. Gula darah sangat berbahaya jika melewati batas rata-rata secara tiba-tiba. Itu mengapa, Anda harus mengeceknya secara rutin agar bisa mengantisipasinya sejak dini. Gula darah tinggi atau hiperglikemia bisa saja melonjak ketika pola makan dan hidup yang buruk.

Jangan remehkan gula darah pada tubuh kita, apalagi jika memiliki keturunan penyakit ini. Melakukan olahraga dan menjaga pola makan saja juga tidak cukup. Pengecekan secara rutin sangat penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Penanganan yang terlambat bisa berakibat fatal.

Jenis Tes Cek Gula Darah

Cek Gula Darah Sewaktu (GDS)

Apabila gejala diabetes sudah Anda rasakan, maka tes ini bisa dilakukan tanpa melihat waktu makan. Gejala tersebut bisa sering buang air kecil atau merasakan haus yang berlebih. Gula darah yang normal akan berada di bawah angka 200 mg/dL. Apabila mencapai angka 200 mg/dL atau lebih, maka bisa dipastikan gula darah Anda tinggi.

Cek Gula Darah Puasa

Proses pengecekan gula darah ini sebagai lanjutan cek GDS dan menjadi cara yang cukup efektif. Sampel darah dalam cek gula darah akan diambil setelah Anda melakukan puasa semalaman, sekitar 8 jam.

Apabila pada angka 100 mg/dL, maka gula darah Anda normal. Prediabetes pada kisaran angka 100 - 125 mg/dL, sedangkan diagnosis mengalami diabetes apabila pada angka 126 mg/dL atau lebih.

Postprandial Blood Glucose Test

Proses pengecekan gula darah ini dilakukan dua jam setelah makan yang sebelumnya sudah puasa selama 12 jam. Pada jedah 2 jam setelah makan, glukosa akan naik dan insulin akan memicu normal kembali. Setelah makan sebaiknya jangan mengonsumsi makanan lagi hingga waktu tes.

Nilai untuk tes gula darah ini ialah 140 mg/dL untuk normal, sedangkan 180 mg/dL untuk diagnosa diabetes.

Tes Toleransi Glukosa Oral (OGTT)

Proses tes ini dilakukan dengan memberikan cairan glukosa dan 2 jam setelahnya dilakukan cek gula darah. Sebelumnya Anda perlu berpuasa selama 8 jam yang setelahnya meminum cairan glukosa.

Nilai untuk cek gula darah ini ialah normal pada angka kurang dari 140 mg/dL, prediabetes 140 - 199 mg/dL, dan diabetes pada angka 200 mg/dL ke atas.

Tes HbA1c

Bisa dikatakan sebagai tes gula darah rata-rata, yaitu untuk mengetahui gula darah satu atau beberapa bulan terakhir. Cara ini untuk mengukur rata-rata gula darah dan bisa sebagai pengecekan rutin untuk mengetahui Anda memiliki diabetes atau tidak.

10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah yang Akurat

Microtech Medical Exactive Vital BGM System

Sangat akurat dan dapat mengetes rata-rata 20-600 mg/dL atau 1.1 - 33.3 mmol/L. Tidak menggunakan metode coding sehingga lebih mudah dipelajari. Memiliki HCT rata-rata 30-55%.

Menggunakan waktu tes hanya 5 detik sehingga sangat cepat dan Anda tidak menunggu lama. Memiliki strip injection pula dan memori kapasitas hingga 500 test.

Harga Rp. 189.000-200.000

Sinocare Safe Accu Cek Gula Darah

Memiliki ukuran 0,6 uL yang akan membutuhkan sampel darah jauh lebih sedikit. Tidak menggunakan coding dan otomatis akan menyala ketika strip dimasukkan. Memiliki memori sebanyak 200 hasil tes.

Alat cek gula darah ini juga dapat melihat rata-rata hasil tes untuk 7, 24, hingga 28 hari. Mengeluarkan hasil tes yang cepat, hanya 10 detik. Satu setnya memiliki 1 buah Safe Accu alat cek gula darah, 1 perangkat lancing, strip gula darah isi 50, tas kecil, dan buku panduan.

Harga Rp. 94.000-97.000

FamilyDr Blood Glucose Monitor

Memiliki volume 0,5uL yang dapat menggunakan sampel hanya sedikit. Rentang pengukuran dari 20 hingga 600 mg/dL yang sangat akurat. Waktu pengukuran hanya 5 detik dan Anda tidak perlu menunggu lama.

Kapasitas hingga 500 memori dan menggunakan manajemen data micro USB & BLE (Bluetooth Hemat Energi). Anda akan mendapatkan garansi 1 tahun dari masa pembelian.

Harga Rp. 552.000-620.000

GlucoDr Blood Glucose

Memiliki desain yang nyaman untuk memonitor gula darah. Menggunakan rentang pengukuran dari 20 hingga 600 mg/dL. Pengukuran hanya dengan 11 detik dan Anda tidak perlu menunggu lama.

Sebaiknya menggunakan sampel darah utuh kapiler dan vena. Gunakan semua strip dalam 4 bulan setelah pembukaan. Memiliki garansi distributor PT Indocore Perkasa selama 1 tahun dari tanggal pembelian.

Harga Rp. 155.000-125.000

GlucoDr BioSensor

Memiliki desain yang simpel sehingga nyaman ketika menggunakan monitor. Rentang pengukuran 20-600 mg/dL yang sangat akurat. Waktu pengukuran hanya 11 detik sehingga Anda tidak perlu menunggu lama.

Kapasitas memori hingga 100 memori. Satu setnya memiliki tas, buku panduan, alat GlucoDr Bio Sensor, strip isi 25 tes, baterai, lancing device, dan lancet 10 biji.

Harga Rp. 265.000-325.000

Easy Touch GCU

Memiliki keakuratan 100% dan monitornya sangat nyaman Anda gunakan. Satu alat bisa mengecek 3 jenis, yaitu gula darah, asam urat, dan kolesterol. Satu setnya terdiri dari alat cek, 10 strip pengecekan gula darah, 10 strip pengecekan asam urat, dan 2 buah pengecekan kolesterol.

Alat cek gula darah 3 in 1 ini juga dilengkapi dengan tas, lancing device, 15 jarum lancet, 2 buah baterai AAA, dan buku panduan. Anda akan mendapatkan pula garansi resmi seumur hidup 1 tahun.

Harga Rp. 186.000-222.000

Nesco GCU Multicheck

Alat 3 in 1 yang dapat mengecek gula darah, asam urat, dan kolesterol. Memiliki keakuratan yang tinggi dan hasil yang cepat. Menggunakan baterai AAA sebanyak 2 buah.

Satu setnya juga tersedia alat cek serta strip, yaitu 10 strip gula darah, 2 strip kolesterol, dan 10 strip asam urat. Anda juga akan dilengkapi dengan tas penyimpanan alat dan buku panduan. Sebaiknya alat ini simpan di tempat yang kering dan tidak lebih dari 30 derajat ya.

Harga Rp. 199.000-230.000

On Call Plus Blood Glucose Meter

Sudah memiliki sertifikat resmi dari EU CE, Japan SGS, CFDA Agency, dan RoHS. Terbukti aman dan akurat dalam pengecekan gula darah. Memiliki kualitas detail determine yang sangat akurat dan meminimalkan error. Meskipun menggunakan material plastik, tetapi tetap bagus.

Memiliki memori sebesar 300 kali pengecekan. Waktu tes hanya menunggu 9 detik dan Anda tidak akan menunggu lama. Menggunakan display mode digital yang sudah modern. Monitornya juga sangat nyaman dan membuat tampilan hasil lebih tajam.

Harga Rp. 166.000-198.000

Benecheck Prime Kit 3 In 1

Alat praktis yang dapat mengecek gula darah, asam urat, dan kolestrol dalam satu alat. HCT range memiliki luas 0-70% sehingga pengambilan sampel darah hanya sedikit. Meskipun begitu, alat ini memiliki keakuratan yang cukup tinggi.

Sangat higienis dan praktis karena tombol eject untuk mengeluarkan strip tanpa disentuh. Satu setnya memiliki alat cek, 5 strip cek kolesterol, 10 strip cek gula darah, dan 10 strip cek asam urat. Anda juga akan mendapatkan garansi seumur hidup.

Harga Rp. 169.000-273.000

Fora 6 Plus

Satu alat mampu mengecek hingga 6 jenis, yaitu B-Ketone, kolesterol, asam urat, gula darah, hematokrit, dan hemoglobin. Membuat Anda praktis hanya dari satu alat. Memiliki keakuratan tinggi dan hasil yang cepat. Anda tidak perlu menunggu lama dan bisa Anda gunakan di rumah sebagai cek rutin.

Satu setnya memiliki 1 alat cek, lancing device, baterai AAA, quick start user guide, blood glucose daily log book, kartu garansi, dan tas. Selain itu, lengkap pula dengan strip cek yang masing-masing 10 strip. Garansi akan Anda dapatkan 1 tahun dari masa pembelian.

Strip gula darahnya menggunakan enzim GDH FAD yang dapat memberikan hasil yang stabil. Hal ini karena strip tidak teroksidasi dan tidak dipengaruhi oleh udara. Produk ini juga sudah diakui oleh ISO yang terjamin memiliki akurasi paling tinggi.

Harga Rp. 250.000-275.000
From our editorial team

Rutin Cek Gula Darah dari Alat yang Akurat

Menjaga kesehatan saja tidak cukup karena pengecekan kesehatan juga harus dilakukan secara rutin. Mengetahui sejak awal akan memberikan penanganan tindakan yang lebih cepat pula. Jangan sepelekan gula darah karena dalam jangka panjangnya dapat pula berakibat fatal.

Tag