Inilah Jam Tangan Pria Masa Kini yang Oke di 2018

Inilah Jam Tangan Pria Masa Kini yang Oke di 2018

Sebagai sebuah aksesoris penting dalam penampilan setiap pria, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih jam tangan. Perhatikan unsur-unsur penting yang dimiliki jam tangan tersebut agar penampilan Anda semakin keren dan memikat di setiap kesempatan.

Bagi Pria, Jam Tangan adalah Sebuah Aksesoris Wajib

Pada awal pembuatan, jam tangan memang hanya sekadar alat penunjuk waktu. Seiring perkembangan zaman, jam tangan bukan lagi sekadar alat untuk mengetahui waktu. Tapi berkembang menjadi banyak fungsi. Bahkan, sebuah jam tangan bisa menunjukkan status sosial seorang pria.

Karena itu, salah satu aksesoris wajib untuk meningkatkan penampilan para pria adalah jam tangan. Datang ke sebuah acara tanpa mengenakan jam tangan seolah Anda mengurangi penampilan para pria. Pastikan, Anda mengenakan model jam tangan yang cocok dan tepat dengan acara yang didatangi. Sehingga penampilan Anda pun bakal semakin terlihat keren dan menawan.

Tips untuk mengenali sebuah jam tangan bagus

  • Setiap jam tangan berkualitas akan memberi garansi kepada pembeli. Pastikan jam tangan yang Anda beli menyediakan garansi resmi setidaknya untuk 1 tahun.
  • Cermati cetakan body jam, harus rapi dan warna yang solid.
  • Desainnya berkarakter. Jam tangan sports akan memberi kesan macho dan maskulin, sementara jam tangan fashion harus terlihat elegan.
  • Fitur sesuai karakter jam seperti jam tangan sports yang ada fitur tahan air.
  • Ada cerita menarik yang mengiringi proses produksi jam tangan tersebut. Sehingga ada ciri khas yang tidak dimiliki merek lain.
  • Jam tangan berkualitas akan terasa padat ketika Anda menimbang bobotnya.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Sebuah Jam Tangan Pria Masa Kini

Pilihan jam tangan yang ada di toko-toko bisa bikin kepala Anda pusing tujuh keliling. Apalagi jika Anda tidak terlalu mengenal merek jam tangan yang ingin dibeli. Namun secara umum, ada sejumlah ciri yang pasti ada pada sebuah jam tangan berkualitas. Karena itu cermati hal-hal berikut ini saat Anda ingin membeli sebuah jam tangan.

Situasi dan Kondisi

Pada dasarnya ada tiga kategori aktivitas yang bisa dibedakan berdasarkan jam tangan yang dipakai. Pastikan Anda menggunakan jam tangan yang modelnya sesuai dengan aktivitas yang tengah dilakukan.

  • Kasual
  • Tidak ada batasan tertentu model jam tangan yang dipakai di aktivitas ini. Tapi ada baiknya Anda mengenakan jam tangan yang ringan dengan tali dari nylon atau kulit. Warna jam untuk aktivitas kasual cenderung meriah seperti biru, merah marun, atau hijau.
  • Formal
  • Untuk aktivitas atau acara formal, jam tangan analog bakal lebih cocok. Bahan tali terbuat dari kulit atau stainles steel. Sementara untuk warna pilih yang berkesan kalem seperti hitam, cokelat, atau krem.
  • Sports
  • Biasanya jam tangan untuk olahraga punya daya tahan dalam menghadapi air dan debu. Bahan tali dari karet yang ringan dan tidak cepat rusak karena terkena keringat.

Bentuk dan Postur Tubuh

Ukuran jam tangan juga harus menyesuaikan dengan bentuk dan postur tubuh. Terutama dengan ukuran pergelangan tangan. Jam tangan yang terlalu besar atau terlalu kecil dibanding tangan pasti akan terlihat aneh.

Panduan ukuran diameter jam tangan untuk disesuaikan dengan tubuh Anda

  • Besar
  • Jam tangan berdiameter besar akan berkisar di angka 46 mm. Bahkan bisa lebih besar lagi. Cocok bagi Anda yang juga berlengan besar. Gunakan tali dari bahan kulit agar memberi kesan ringan pada jam tangan yang dipakai.
  • Sedang
  • Ukurannya berkisar antara 36 mm sampai 46 mm. Bisa cocok dengan berbagai ukuran pergelangan tangan Anda.
  • Kecil
  • Maksimal diameter jam tangan adalah 36 mm. Agar punya kesan lebih solid, pilih tali dari bahan stainless steel. Cocok bagi Anda yang punya lengan kurus atau kecil.

Warna Kulit

Seperti halnya ukuran lengan, warna kulit juga turut menentukan cocok tidaknya sebuah jam tangan yang Anda pakai. Warna kulit akan menentukan warna jam tangan yang pas dan cocok. Terlalu cerah atau gelap akan kurang enak dilihat.

Panduan Anda dalam menentukan warna jam berdasarkan warna kulit

  • Kulit Cerah
  • Beruntunglah Anda yang memiliki kulit cerah. Karena jenis kulit ini cocok dengan warna jam apa pun. Warna-warna berani seperti pink, merah, biru, atau hijau bisa Anda pakai.
  • Kulit Sedang
  • Sebenarnya warna kulit sedang masih bisa mengenakan jam tangan dengan warna apa pun. Tapi disarankan memilih jam tangan berwarna netral seperti putih, hitam, abu-abu, emas, dan perak.
  • Kulit Gelap
  • Bagi Anda yang kulitnya gelap sebaiknya memilih jam tangan berwarna lembut dan tidak menonjol seperti abu-abu, krem, atau merah marun. Jangan gunakan jam tangan berwarna terang atau mencolok karena akan terlihat aneh.

Detail Jam Tangan

Jam tangan memiliki unsur-unsur menarik, antara lain:

  • Chronograph
  • Sistem chronograph merupakan unsur utama dalam sebuah jam tangan. Sistem ini yang akan menunjukkan detik, menit, dan jam. Kadang dilengkapi dengan Tachymeter yang merupakan penunjuk kecepatan pada bezel jam.
  • Mesin Jam
  • Ada dua tipe mesin pada jam tangan, yaitu otomatis dan quartz. Mesin otomatis mampu bergerak tanpa menggunakan baterai. Mesin quartz bergerak dengan menggunakan tenaga listrik dari kristal quartz atau baterai.
  • Waterproff
  • Mayoritas jam tangan saat ini sudah memiliki kemampuan tahan air. Mulai dari yang hanya tahan dari percikan (ATM 10), tahan air shower (ATM 30), bisa dibawa berenang (ATM 50), dan mampu diajak menyelam (ATM 100/200).
  • Fitur Digital
  • Unsur ini hanya dimiliki oleh jam tangan digital. Seperti altimeter, GPS, odometer, detak jantung.

Kesalahan yang Biasa Terjadi Dalam Memilih Jam Tangan

Seperti halnya pakaian, jam tangan pun bisa mengalami kondisi yang disebut dengan saltum alias salah kostum. Salah mengenakan model jam tangan yang tidak cocok dengan acara yang diikuti, Anda bakal malu dan kikuk. Selain itu, penilaian orang terhadap Anda pun bakal meluntur. Bahaya bukan?

Tak hanya itu, cara pemakaian jam tangan yang salah juga akan membuat kesehatan Anda mengalami masalah. Seperti terlalu kencang memasang tali jam yang berakibat pada terhambatnya aliran darah, mengalami iritasi kulit, bahkan bisa terkena penyakit psoriasis.

Tidak Memperhatikan Bahan

Jam tangan terbuat dari berbagai macam bahan. Seperti stainless steel, nylon/zulu, kulit, karet, dan kanvas. Setiap bahan akan memberi penampilan berbeda sehingga hanya cocok untuk acara atau aktivitas tertentu. Seperti bahan stainless steel yang pas dipakai di acara resmi dan kasual. Atau bahan karet yang cocok untuk kegiatan luar ruangan dan olahraga.

Perhatikan bahan yang dipakai membuat jam dengan kondisi kulit Anda. Karena ada orang yang tidak cocok mengenakan jam tangan dari bahan tertentu. Bisa mengalami semacam alergi dan gatal-gatal pada kulit. Pastikan jam tangan yang Anda beli tidak akan mengganggu kondisi kulit Anda.

Walaupun Harganya Hampir Sama Lebih Memilih Jam KW

Untuk bisa mempunyai sebuah jam tangan dari merek terkenal dan desain yang menarik, memang tidak murah. Harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Karena itu, jam tangan KW alias imitasi kerap menjadi pilihan. Harganya yang lebih murah menjadi alasan utama mereka yang memilih jam tangan KW.

Tapi, memakai jam tangan KW hanya akan membuat nilai penampilan Anda menjadi menurun. Apalagi jika orang-orang yang ada di sekitar Anda cukup paham mengenai jam tangan orisinal. Reputasi Anda dipastikan akan drop di hadapan mereka.

Apalagi jam tangan KW punya kualitas jauh di bawah jam orisinal. Seperti cetakan yang kurang rapi, fitur yang palsu atau tidak berfungsi, dan yang pasti tidak punya garansi.

Daftar Jam Tangan Pria Masa Kini yang Bisa Menjadi Pilihan

Pilihan model jam tangan yang ada saat ini sangatlah banyak. Semuanya menawarkan fitur dan teknologi paling baru. Lalu apa saja tren jam tangan yang muncul pada 2017?

  • Smartwatch
  • Jam tangan ini menawarkan kemudahan di era digital. Bisa terhubung dan membuka fitur yang dimiliki sebuah ponsel. Seperti membaca email, chat, pengukur detak jantung, GPS, hingga fungsi sekelas MP3 player.
  • Jam Tangan Tipis
  • Seperti namanya jam tangan ini berdiamater 35 mm dan bentuk yang tipis. Bisa dipakai oleh pria maupun wanita.
  • Jam Tangan Mekanik
  • Model jam tangan analog yang klasik tapi mewah. Tampilannya yang berkelas dan cenderung simpel dari jam tangan digital.
  • Jam Tangan Bahan Khusus
  • Bahan pembuat jam tangan ini memang jarang digunakan. Seperti emas putih, titanium, graphene, dan gelas metal yang harganya lebih tinggi dibanding bahan reguler seperti stainless stell atau rubber.

Jam Tangan Pria Yang Cocok Untuk Budget > Rp 1 juta

Anda punya budget di atas 1 juta rupiah untuk membeli jam? Anda akan punya banyak pilihan jam tangan keren dan berkelas. Berikut kami rekomendasikan beberapa merek dan model jam tangan yang bisa menjadi pilihan Anda.

Daniel Wellington Classic Oxford

Sumber gambar www.pinterest.com

Jika Anda menyukai model jam tangan klasik, Daniel Wellington Classic Oxford bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan model tipis (6 mm) dan strap NATO berwarna ceria jam tangan ini akan menjadi aksesoris yang meningkatkan penampilan Anda. Dilengkapi dengan mesin Quartz Japan Citizen 1L22 Movement dan mineral glass yang kuat dan tahan goresan. Diperkuat juga dengan fitur tahan air hingga 3 ATM.

Anda bisa mendapatkan jam tangan unik ini di MatchWatch dengan harga Rp 1.715.000 (36 mm) dan Rp 1.850.000 (40 mm). Sementara di The Watch Co harga yang diameter 36 mm mencapai Rp 2.450.000 dan Rp 2.650.000 (40 mm).

Seiko Diver SNE451P1

Sumber gambar www.indowatch.co.id

Sesuai namanya, jam tangan Seiko Diver SNE451P1 ini bisa menjadi teman Anda untuk menyelam. Kemampuan tahan airnya mencapai 20 ATM. Jam yang merupakan bagian dari seri Prospex ini menggunakan tenaga matahari dan dilengkapi dengan glass material hardlex crystal.

Harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Antara Rp 2.950.000 - Rp 4.400.000. Bisa dibeli di Indowatch.co.id yang menawarkan harga Rp 2.950.000 dan Rp 3.080.000 di MatchWatch.

Police JSR-03

Sumber gambar www.skywatches.com.sg

Jika Anda mengenal pemain bola asal Brasil yang membela klub Spanyol Barcelona, Neymar Jr, pasti akan mengenal merek Police. Merek jam tangan ini memang menggunakan popularitas Neymar sebagai brand ambassador mereka. Salah satu produk Police yang kami rekomendasikan adalah Police JSR-03.

Jam tangan berbahan stainles steel inni didesain dengan warna rose gold yang elegan tapi tetap bernuansa kasual. Berdiameter 42 mm dengan strap dari kulit berwarna biru. Tahan air hingga 50 ATM.

Harga jualnya berada di kisaran Rp 1.472.500 sampai Rp 2.712.000. Bisa didapatkan melalui Lazada maupun Blibli.

Expedition E6335

Sumber gambar jamtanganok.com

Jam tangan Expedition memang dibuat bagi Anda yang doyan berpetualang. Fitur yang melengkapi jam tangan ini akan bermanfaat saat Anda menjalani petualangan di gunung hingga lautan. Karena mempunyai fitur tahan air hingga 50 ATM dengan diameter 46 mm. Meski demikian, desain jam tangan Expedition tetap berkelas berkat sentuhan dari bahan stainless steel. Diperkuat dengan pilihan warna seperti Black Silver, Full Black, dan Black Rosegold yang keren dan elegan.

Anda bisa membeli jam tangan ini melalui Branded Watch yang menjualnya seharga Rp 1.100.000 hingga Rp 1.140.000. Sementara di toko online khusus jam Expedition melepasnya dengan harga Rp 1.250.000 - Rp 1.300.000.

Alexandre Christie H3 Tritium

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jam tangan ini punya kelebihan mampu terlihat dalam kondisi gelap total. Karena menggunakan teknologi Mb-Microtec Swiss yang membuat jarum jam akan bersinar 100 kali lebih terang. Dilengkapi dengan fitur tahan air 5 ATM, Caliber Movement 6S10, dan baterai yang tahan hingga 5 tahun. Jam tangan berdiameter 48 mm ini dijual dengan rentang harga antara Rp 1.200.000 hingga Rp 3.950.000. Bisa Anda beli Tokopedia maupun toko online resmi Alexandre Christie.

Jam Tangan Pria yang Cocok untuk Budget di Bawah Rp 1 juta

Bagaimana jika Anda hanya punya budget kurang dari 1 juta rupiah, apakah bisa mempunyai jam berkualitas? Tenang, dengan budget tipis pun Anda tetap bisa memiliki jam tangan keren dan berkualitas. Berikut beberapa yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Casio AE 2000WD 1AV

Sumber gambar www.lelong.com.my

Bagi Anda yang ingin memiliki seri G-Shock tapi budgetnya belum mencukupi, bisa mengalihkan target kepada Casio Standard Digital AE-2000WD-1AVDF. Fitur-fiturnya pun cukup lengkap dan menunjang aktivitas harian Anda. Selain itu, jam tangan tangan ini juga sudah dilengkapi mineral glass yang kuat dan antigores.

Harga yang ditawarkan di banyak marketplace maupun toko online berkisar Rp 560.000 - Rp 800.000. Seperti halnya Indowatch.co.id yang membanderol seharga Rp 634.900 dengan garansi 1 tahun.

Alexandre Christie 6407

Sumber gambar www.berjamjamtangan.com

Ada unsur chronograph pada jam tangan Alexandre Christie 6407. Ditambah dengan desain yang simpel dan menarik membuat jam tangan ini mampu memberi kesan formal kepada pemakainya. Tampilannya cukup klasik dengan sentuhan warna hitam, kuning muda, dan oranye.

Jam tangan dengan fitur tahan air hingga 3 ATM ini bisa Anda beli melalui Bukalapak dan Tokopedia. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 952.000 hingga Rp 1.000.000.

Casio AQ-160W-1B

Sumber gambar www.tokopedia.com

Merupakan tipe gabungan analog-digital dengan kelebihan fitur world time. Tersedia 29 time zones dengan 27 kota di dunia. Bisa digunakan untuk melihat 2 zona waktu berbeda dalam saat bersamaan.

Jam tangan ini pas untuk dibawa bekerja maupun saat santai bersama teman-teman. Bahkan juga asyik untuk dipakai berolahraga karena sudah didukung dengan fitur tahan air 10 ATM.

Lazada dan Shopee Indonesia merupakan dua marketplace yang menjual Casio AQ-160W-1B. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 555.000 sampai Rp 999.250 dengan garansi 1 tahun.

Matoa Gili Limited Edition

Sumber gambar twitter.com

Jam tangan unik karena menggunakan material kayu ini asli produk Indonesia. Bahan kayu yang dipilih adalah kayu Maple dari Kanada. Tapi khusus untuk seri Gili Limited Edition ini menggunakan kayu Ebony dari Makassar.

Memiliki diameter 42 mm, jam tangan ini dilengkapi dengan 2 hand Miyota Japan Quartz Movement yang punya akurasi tinggi. Ditambah dengan hardened mineral crystal dan tahan cipratan air.

Anda bisa mendapatkannya melalui situs resmi Matoa, matoa-indonesia.com, yang menjual produk mereka dengan rentang harga antara Rp 880.000 sampai Rp 1.400.000. Bisa juga di The Watch Co yang menyediakan 8 varian jam tangan Matoa.

Seiko 5 SNKK35k1

Sumber gambar www.skywatches.com.sg

Seri Seiko 5 termasuk yang dikenal sebagai produk berkualitas. Di Indonesia, Seiko 5 punya cukup banyak penggemar. Apalagi desainnya yang vintage membuat pemakainya terlihat smart dan klasik.

Dibuat pertama pada 1963, seri Seiko 5 terus menciptakan varian yang dilengkapi dengan fitur menarik. Termasuk 5 fitur utama yang membuat seri ini dinamakan dengan Seiko 5, yaitu:

  • Water Resistance
  • Automatic Winding
  • Recessed crown at the 4 o'clock position
  • Day/date displayed in a single window
  • Durable case and bracelet

Jam tangan Seiko 5 dijual mulai harga Rp 990.000 hingga Rp 1.075.000. Bisa didapatkan melalui MatchWacth atau Tokopedia.

From our editorial team

Jam Tangan Menunjukkan Kepribadian

Setiap model jam tangan yang Anda pakai secara tidak langsung akan menunjukkan kepribadian Anda. Pria yang suka mengenakan jam tangan sport akan punya sifat yang terbuka dan apa adanya. Sementara pria dengan jam tangan formal cenderung sedikit tertutup. Apa pun karakter Anda, jam tangan akan menjadi wakil yang menunjukkannya kepada masyarakat.