10 Rekomendasi Lipstik Untuk Bibir Kering yang Membuat Riasan Tampil Sempurna (2022)

10 Rekomendasi Lipstik Untuk Bibir Kering yang Membuat Riasan Tampil Sempurna (2022)

Lipstik adalah penyempurna riasan yang tidak boleh dilewatkan. Tapi buat kamu pemilik bibir kering, sebaiknya pilih lipstik yang dilengkapi dengan kandungan pelembap. Ini dia rekomendasi lipstik untuk bibir kering dari BP-Guide untuk melengkapi riasan kamu sehari-hari.

Bibir Kamu Kering? Jangan Sembarangan Pilih Lipstik!

Lipstik bukan sekedar pelengkap makeup saja lho! Warna dan tekstur lipstik bisa mempengaruhi penampilan kamu. Eits, tapi bukan cuma warna lho yang harus kamu perhatikan saat memilih lipstik. Kandungan didalamnya juga harus kamu periksa!

Apalagi jika kamu punya bibir kering, maka kamu harus memastikan lipstikmu memiliki kandungan pelembap. Salah pilih lipstik dapat membuat bibir semakin kering, pecah-pecah dan bahkan mengelupas lho! Untungnya kini mudah ditemukan produk lipstik yang sudah dilengkapi dengan kandungan yang bisa melembapkan bibir.

Cara Menjaga Bibir Tetap Lembap

Banyak Minum Air Putih

Air putih sangat penting untuk menghidrasi tubuh termasuk bibir. Pastikan kamu minum air putih 2 liter per hari untuk konsumsi kebutuhan harian tubuh. Minum air putih juga mampu menjaga kelembapan bibir dan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Rajin Eksfoliasi

Eksfoliasi tidak hanya dibutuhkan kulit wajah saja, tetapi juga bibir kamu. Fungsi eksfoliasi bibir adalah untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan dan menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Kini sudah banyak dijual produk scrub bibir yang bisa langsung kamu gunakan. Cukup lakukan eksfoliasi sebanyak 2 kali seminggu.

Gunakan Produk Perawatan Bibir

Meskipun lipstik bisa mempercantik bibir kamu, tapi lipstik kurang bisa menjaga kesehatan kulit bibir. Jadi kamu perlu menggunakan produk perawatan bibir lain untuk menjaga kulit bibir tetap lembap dan sehat. Misalnya dengan lip scrub, lip mask, hingga lip balm.

Jangan Menjilat Bibir

Jika kamu mengira menjilat bibir bisa membuatnya lembap, kamu harus segera menghentikan kebiasaan itu. Menjilat bibir memang sekilas bisa membuat bibir terhidrasi dengan air liur, namun setelah air liur menguap bibir justru akan jauh lebih kering dari sebelumnya. Selain itu, enzim di dalam air liur juga terlalu keras untuk kulit bibir, sehingga bisa membuat kondisi kulit bibir makin parah.

Lindungi Bibir Dari Sinar UV

Bibir adalah bagian wajah yang sering terpapar sinar matahari langsung. Sinar UV tidak hanya membuat bibir kering, tapi juga meningkatkan risiko penyakit! Pastikan kamu juga melindungi bibir dari sinar UV.

Pilih produk perawatan bibir seperti lip balm yang dilengkapi kandungan SPF sebelum kamu mengoleskan lipstik. Sementara itu, di malam hari kamu bisa menggunakan pelembap bibir tanpa SPF untuk menjaga kesehatannya.

Tipa Memilih Lipstik Untuk Kamu Pemilik Bibir Kering

Gunakan Lip Balm Sebelum Lipstik

Sebelum mengoleskan lipstik ke bibir, biasakan untuk menggunakan lip balm terlebih dahulu. Lip balm akan memberikan perlindungan pada bibir dan menjaga kulit bibir tetap lembap. Gunakan juga lip balm di malam hari sebelum tidur. Selain itu, melakukan eksfoliasi sebanyak 2 kali seminggu juga disarankan untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Pilih Lipstik Dengan Kandungan Pelembap

Jika kamu punya bibir kering, maka sangat penting untuk memperhatikan kandungan dalam lipstik. Pastikan lipstik yang kamu pakai mengandung komposisi yang bisa menjaga bibir tetap lembap. Misalnya seperti olive oil, aloe vera, madu, atau vitamin E.

Tujuannya agar kulit bibir tidak mudah mengelupas dan warna lipstik bisa nge-blend sempurna dengan bibir. Sehingga hasilnya akan lebih segar dan natural.

Utamakan Lipstik Dengan Finishing Glossy

Lipstik dengan hasil akhir matte memang sangat populer belakangan ini. Namun buat pemilik bibir kering, utamakan lipstik yang memiliki finishing glossy karena memiliki kandungan pelembap yang lebih tinggi. Lipstik glossy biasanya juga terasa lebih ringan di bibir.

Rekomendasi Lipstik Terbaik Untuk Bibir Kering

Laneige Two Tone Lip Bar

Buat kamu yang suka dengan ombre lips dan bergaya bak artis Korea, Laneige Two Tone Lip Bar bisa jadi pilihan yang tepat buatmu. Hanya dengan satu produk saja, kamu sudah bisa mendapatkan ombre lips yang sempurna.

Ada 14 pilihan warna berbeda yang bisa kamu pilih sesuai gaya dan kepribadianmu. Lipstik yang satu ini mampu menciptakan warna bibir yang memukau tanpa membuat bibir Anda terasa kering. Hasil akhirnya yang matte memberikan tampilan natural.

Harga Rp. 150.000-300.000

Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip

Siapa yang meragukan kualitas Make Over? Brand lokal yang satu ini dikenal punya sederet produk yang populer di kalangan kaum hawa. Termasuk Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip.

Lipstik ini punya tekstur velvety dan memberikan hasil akhir satin yang cantik. Produk ini diformulasikan khusus untuk bibir kering dengan kandungan seperti macadamia seed oil, vitamin E, dan calendula di dalamnya. Tersedia 12 pilihan warna berbeda yang siap membuat kamu tampil beda setiap hari.

Harga Rp. 75.000-100.000

Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick Limited Korean Edition

Kemampuan Wardah Colorfit Ultralight Matte Lipstick untuk melembapkan bibir kamu tidak perlu diragukan lagi. Seri Limited Korean Edition-nya menghadirkan pilihan warna hangat yang cocok untuk kamu pakai sehari-hari. Meski hasil akhirnya matte, lipstik ini sangat ringan di bibir.

Diperkaya kandungan vitamin E dan jojoba oil untuk menjaga bibir tetap lembap, aman untuk kulit kering dan sensitif.

Harga Rp. 35.000-60.000

Clio Rouge Heel Velvet Lipstick

Clio Rouge Heel Velvet Lipstick hadir untuk memanjakan para makeup junkie. Ujung lipstik dibuat runcing agar mudah diaplikasikan hingga garis terluar bibir tanpa membuatnya belepotan. Selain bisa membuat bibir kamu tetap lembap, lipstik ini juga mengandung titanium dioxide yang bisa melindungi kulit bibir dari dampak buruk sinar matahari.

Formula high chroma effect menghasilkan warna yang pigmented, sehingga hanya dengan sekali pulas saja warnanya sudah terlihat. Lipstik ini tersedia dalam 24 pilihan warna yang bisa kamu coba lho!

Harga Rp. 1.500.000-250.000

The Body Shop Lip Cheek & Stain

The Body Shop Lip Cheek & Stain adalah produk 2 in 1 yang bisa digunakan sebagai lipstik dan blush on sekaligus. Pilihan warnanya yang cantik membuat tampilan lebih segar setiap harinya. Lip stain ini juga terasa ringan di bibir, tidak lengket, dan dapat melembapkan bibir kering.

Di dalamnya terdapat kandungan aloe vera dan madu yang menjaga kulit bibir tetap lembap sepanjang hari. Kemasan botolnya yang mungil membuat lip stain ini mudah dibawa kemana-mana.

Harga Rp. 190.000-250.000

Maybelline Color Sensational The Creamy Mattes

Kamu pemilik bibir kering, percayakan pada Maybelline Color Sensational The Creamy Mattes. Lipstik yang kaya akan pelembap ini terasa ringan di bibir. Hasil akhirnya matte dengan pigmentasi dua kali lebih intens. Untuk menjaga bibir tetap lembap, lipstik ini diperkaya kandungan honey nectar dan shea butter di dalamnya.

Pilihan warnanya yang bold akan membuat kamu terlihat segar dan cerah. Bibirmu yang kering dan pucat akan terlihat makin memikat.

Harga Rp. 55.000-65.000

Revlon Super Lustrous Lipstick

Revlon Super Lustrous Lipstick siap bikin kamu tampil beda dengan 50 pilihan warna lipstik! Varian shade yang cantik akan bikin kamu kebingungan.

Tidak hanya itu, lipstik ini juga punya tiga pilihan hasil akhir yaitu pearl, creme, dan matte yang bisa kamu sesuaikan dengan gayamu. Kandungan vitamin E dan avocado oil di dalamnya membuat bibir tetap lembut dan sehat.

Harga Rp. 50.000-70.000

Emina Sugar Rush Lipstick

Berikutnya ada Emina Sugar Rush Lipstick dengan 17 pilihan warna yang sempurna untuk melengkapi riasan sehari-hari. Produk ini juga bisa menutrisi bibir dengan kandungan vitamin E, jojoba oil, olive oil, dan vitamin E.

Hasil akhirnya adalah shiny dengan formula creamy yang nyaman di bibir. Menggunakan lipstik ini akan membuat bibir kamu terlihat segar dan penuh.

Harga Rp. 30.000-50.000

Y.O.U Colorland Juicy Pop Lipstick

Salah satu tantangan menciptakan riasan bibir sempurna adalah mengoleskan lipstik tanpa belepotan. Y.O.U Colorland Juicy Pop Lipstick hadir dengan ujung unik yang membantu kamu mendapatkan olesan lipstik yang lebih rapi.

Lipstik ini punya formula creamy dengan hasil akhir satin yang smooth. Diperkaya dengan formula vitamin E dan shea butter yang bisa melembapkan dan menjaga kesehatan kulit bibir. Tersedia dalam 6 pilihan warna cantik yang cocok untuk dijadikan koleksi.

Harga Rp. 35.000-70.000

Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream

Terakhir ada Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream, produk lokal dengan segudang keunggulan. Lipstik ini boleh punya hasil akhir matte, tapi teksturnya sangat ringan, lembut, dan tidak membuat bibir terasa kering. Warnanya pun super pigmented dan tidak transfer, sehingga kamu cukup mengaplikasikannya sekali saja.

Harga Rp. 50.000-75.000
From our editorial team

Gunakan Lip Mask Tiap Malam Untuk Melembapkan Bibir Dengan Maksimal

Jika kamu menggunakan lipstik sepanjang hari, maka rawatlah kesehatan bibir di malam hari. Selain melakukan eksfoliasi secara rutin, gunakan lip mask setiap malam sebelum tidur. Lip mask mengandung formula yang bekerja melembapkan bibir dengan maksimal. Pilih lipstik favoritmu dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!