Tips Memilih Serum Remaja dan 10 Rekomendasi Terbaiknya untuk Kamu (2021)

Tips Memilih Serum Remaja dan 10 Rekomendasi Terbaiknya untuk Kamu (2021)

Perawatan wajah wajib dilakukan sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan memakai serum. Skincare yang satu ini bisa kamu gunakan sejak kamu menginjak usia 16 atau 17 tahun. Pemilihan serum yang tepat bisa bikin kulit jadi makin sehat. Simak tips memilihnya dan juga rekomendasi serum terbaik untuk remaja dari BP-Guide!

Masuk Usia Remaja, Jangan Lupa Masukkan Serum dalam Rutinitas Skincare-mu!

Merawat kulit memang harus dilakukan sejak dini. Hal ini perlu dilakukan supaya kesehatan kulit bisa terjaga dengan baik dan supaya kita tidak perlu keluar banyak uang untuk pengobatan jika ada masalah kulit akibat kita kurang merawatnya. Selain itu, kulit yang terjaga sejak dini tentunya bisa tampak lebih awet muda dan lebih terjaga kesehatannya.

Memasuki usia remaja, kamu sudah wajib memakai skincare agar kulit kamu jadi lebih terawat. Mungkin perawatan skincare-nya tidak terlalu sebanyak orang dewasa. Tapi, paling tidak kamu memasukkan facial foam, toner, dan sunscreen dalam rutinitas skincare-mu. Nah, satu lagi nih yang wajib ada, yakni serum.

Pemakaian serum akan bantu menjaga kelembapan alami kulit kamu. Serum juga bisa berfungsi untuk membuat wajah jadi lebih kenyal. Untuk kamu yang ingin lebih putih atau memiliki warna kuliy lebih merata, serum juga bisa jadi andalan kamu. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memasukkan serum ke dalam rutinitas skincare-mu, bukan?

Tips Memilih Serum Remaja yang Berkualitas

Kenali Jenis Kulit

Sebagai remaja, mungkin kamu masih awam dengan aneka jenis serum di pasaran. Supaya tidak salah pilih, kamu wajib tahu dulu jenis kulit kamu. Beda jenis kulit akan beda pilihan serumnya.

Bagi yang merasa memiliki kulit normal, kamu bisa memilih serum yang kandungannya berupa vitamin C, kolagen, atau hyaluronic acid. Kandungan tersebut akan membantu meningkatkan kelembapan kulit dan bikin kulit terhindar dari penuaan dini.

Kalau kamu memiliki kulit wajah yang berminyak dan kerap berjerawat, maka artinya kulitmu jenis berminyak. Usahakan memilih serum yang kandungan salicylic acid dan tea tree oil. Kedua bahan tersebut akan membantu mengontrol produksi sebum di wajah. Kandungan tea tree juga bisa membunuh bakteri di kulit penyebab jerawat.

Untuk yang kulitnya kering, bersisik, atau mudah iritasi, kamu bisa pilih serum yang bisa melembapkan maksimal. Pilih saja yang memiliki kandungan ceramide dan hyaluronic acid. Kedua kandungan tersebut akan membantu mengikat cairan dalam kulit. Bahan seperti vitamin E dan gliserin juga bisa jadi penolong kulit keringmu agar tidak makin kering.

Kalau kulit kamu kering namun berminyak di area T artinya kamu memiliki kulit kombinasi. Jenis kulit ini wajib dirawat dengan serum yang mengandung hyaluronic acid agar bisa menghidrasi tanpa membuat kulit makin berminyak.

Pilih yang Bahannya Alami

Untuk melindungi kulit kamu, ada baiknya kamu tidak memilih sembarang serum. Utamakan untuk memilih serum yang bahannya alami. Aneka bahan alami bisa dibilang lebih efektif untuk mencegah munculnya masalah kulit dan juga mencegah munculnya iritasi pada kulit. Selain itu, serum bahan alami bisa meminimalisir adanya efek samping dan bahkan tidak akan ada efek samping karena bahannya alami sehingga terbilang lebih aman.

Beberapa contoh bahan alami adalah tea tree oil untuk atasi jerawat, sunflower seed oil untuk antioksidan dan melindungi dari radikal bebas, witch hazel untuk mengecilkan tampilan pori-pori, hingga ektrak bunga sakura untuk mencerahkan kulit.

Hentikan Jika Bermasalah

Dalam memakai serum, tentu kamu harus merasakan ada atau tidaknya manfaat yang kamu dapatkan. Umumnya hasil dari serum bisa dilihat usai pemakaian selama 4 minggu. Namun jika sebelum 4 minggu tersebut ternyata kulit kamu mengalami masalah, misalnya kemerahan, gatal, dan kering, maka sebaiknya segera hentikan pemakaian serum tersebut.

Untuk kamu yang memang memiliki kulit sensitif, sebaiknya lakukan uji reaksi dulu. Caranya, oles sedikit produk pada bagian belakang telinga. Jika tidak ada reaksi negatif yang terjadi, maka kamu bisa memakai serum pada wajah. Dengan melakukan uji reaksi dulu, kamu bisa lebih tenang dan aman memakai serum.

Sesuaikan Bujet

Sebelum membeli, pastikan kamu memiliki bujet khusus untuk membeli serum. Sesuaikan serum yang kamu beli dengan bujet yang kamu sediakan. Umumnya serum remaja tidak banyak bahan aktifnya sehingga harga yang ditawarkan juga mungkin tidak terlalu mahal. Kamu bisa cari serum lokal jika ingin yang harganya lebih terjangkau. Meski harganya terjangkau, kualitasnya juga tidak kalah dengan serum luar kok. Namun, jika kamu memiliki bujet lebih, maka boleh saja memilih serum dari luar atau dari dalam negeri, yang penting formulanya sesuai dengan masalah kulit yang kamu alami.

Ini Dia Pilihan Serum untuk Kamu yang Masih Remaja

Innisfree Green Tea Seed Serum

Innisfree Green Tea Seed Serum merupakan serum dengan bahan alami yakni green tea. Serum cocok untuk menghidrasi kulitmu secara maksimal. Ada rasa sejuk saat serum menyentuh kulit. Teksturnya ringan dan cepat diserap kulit. Serum juga bisa menutrisi kulit sehingga kulit senantiasa tampak sehat.

Serum dari Korea Selatan ini hadir dengan dual moisture rising technology. Mengambil manfaat dari green tea dan juga green tea seed oil, produk akan menciptakan skin barrier yang kuat untuk menjaga kelembapan dan ketahanan kulit dari radikal bebas. Ada juga kandungan amino acid dan mineral yang bisa bikin kulit lebih cerah dan lebih segar.

Harga Rp. 220.000-370.000

Whitelab Brightening Face Serum

Whitelab Brightening Face Serum memiliki sederet bahan aktif yang bisa memberikan manfaat pada kulit. Ada niacinamide yang bisa mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, mengatasi jerawat, dan melembapkan kulit. Selain itu, ada juga kolagen yang bisa meningkatkan elastisitas kulit dan bisa mencegah tanda penuaan kulit.

Tekstur produknya ringan dan cepat meresap di kulit. Tidak ada rasa lengket di kulit usai pengaplikasian. Produk ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Dikemas dalam botol ukuran 20 ml, produk sudah BPOM jadi kamu tidak perlu khawatir memakainya. Cukup teteskan 3 tetes ke tangan lalu usap pada kulit wajah yang sudah dibersihkan.

Harga Rp. 78.750-122.000

Scarlett Whitening Acne Serum

Scarlett Whitening Acne Serum bisa juga jadi andalan kamu. Dengan bahan utama berupa tea tree leaf extract, produk akan mampu mengatasi masalah jerawat. Ada juga kandungan centella asiatica dan juga vitamin C. Kedua bahan tersebut bisa mencerahkan dan menenangkan kulit.

Serum dilengkapi dengan salicylic acid dan liquorice extract yang bisa mengatasi kulit breakout dan mengendalikan produksi sebum yang berlebih. Kulit jadi lebih mudah beregenerasi dan bisa membuat kulit lebih aman dari risiko iritasi. Kulit juga bisa lebih tenang dan bekas jerawat pun bisa memudar.

Harga Rp. 54.500-75.000

Garnier Sakura White Hyaluron 30x Booster Serum

Garnier Sakura White Hyaluron 30x Booster Serum hadir dengan kandungan ekstrak sakura Jepang dan hyaluron. Kedua bahan utama tersebut mampu membuat kulit jadi lebih lembap, cerah, halus, dan juga lembut.

Tekstur serum sedikit lengket namun tetap cepat diserap kulit. Produk ini efektif dan bisa menunjukkan hasil dalam 7 hari pemakaian. Kulit jadi lebih terhidrasi dan lebih sehat.

Harga Rp. 56.600-102.500

Emina Bright Stuff Face Serum

Emina Bright Stuff Face Serum cocok untuk kulit remaja kamu. Serum produksi lokal ini bikin kulit tetap sehat dan bisa terlindung dari polusi hingga radikal bebas. Di dalamnya ada kandungan niacinamide dan ekstrak summer plum. Kedua bahan tersebut bisa mengatasi masalah kulit kusam sehingga bisa lebih cerah dan bercahaya.

Kamu bisa memilih kemasan isi 7,5 ml dan juga 30 ml. Serum bisa atasi kulit kusam agar terlihat lebih cerah.

Harga Rp. 36.000-47.000

Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan bahan tumbuhan babchi yang kaya akan bakuchiol. Bahan ini sudah banyak digunakan berabad-abad lalu dalam pengobatan tradisional Cina. Bakuchiol terbukti efektif menangani masalah kulit berjerawat dan juga beruntusan.

Serum ini bisa membantu merangsang produksi kolagen untuk pergantian sel kulit mati. Hasilnya, tekstur kulit jadi lebih halus dan juga elastis. Formula produknya ringan jadi tidak lengket di kulit. Produk ini aman dan nyaman digunakan oleh remaja hingga ibu hamil.

Harga Rp. 67.500-89.000

Some By Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum

Some By Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum merupakan produk lain yang bisa kamu andalkan. Dengan 82% esktrak Yuja Korea, serum bisa melembapkan kulit dengan maksimal. Ada juga kandungan niacinamide yang bisa membantu mencerahkan wajah. Produk juga hadir dengan gluathione dan arbutin sehingga bisa membantu memperbaiki tekstur kulit. Serum dilengkapi 12 vitamin yang akan menutrisi kulit dan menyehatkannya. Aromanya tidak mengganggu dan bikin segar.

Harga Rp. 137.000-169.000

PIXY White Aqua Concentrated Brightening Serum

PIXY White Aqua Concentrated Brightening Serum adalah rekomendasi selanjutnya. Serum bebas alkohol ini aman untuk kulit sensitif. Produknya bisa melembapkan kulit remaja dengan sangat efektif. Dengan formula hydra active, serum akan melembapkan kulit ketika kamu tidur.

Di dalamnya ada vitamin B3 dan ekstrak mulberry yang bisa jadi skin bright activator untuk bikin kulit lebih cerah. Pemakaian teratur akan bikin kulit jadi lebih kenyal dan sehat. Teksturnya ringan sehingga cepat diserap kulit dan tidak bikin lengket.

Harga Rp. 68.000-107.000

ElsheSkin Sebum Reducer Serum

ElsheSkin Sebum Reducer Serum aman digunakan di kulit remaja. Ini akan sangat membantu bagi kamu yang memiliki kulit jenis kombinasi. Formulanya ringan dan aman untuk kulit. Serum akan mengontrol minyak berlebih namun juga tetap menghidrasi kulit dengan baik. Untuk masalah pori-pori besar dan komedo juga bisa teratasi dengan baik. Teksturnya cepat meresap dan pastnya bikin kulit jadi segar dan nyaman.

Harga Rp. 123.000-175.000

La Tulipe Essential Whitening Serum

La Tulipe Essential Whitening Serum merupakan rekomendasi terakhir kami. Serum ini cocok untuk remaja. Dengan bahan utama berupa golden bell extract, produk ini akan mencerahkan wajah. Serum juga mampu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam.

Gunakan juga serum yang satu ini untuk melembapkan kulit yang kering. Pemakaian teratur bisa bikin kulit terhidrasi dengan baik dan tampak lebih sehat.

Harga Rp. 73.000-82.000
From our editorial team

Cek Ulasan atau Review Produk

Agar tidak salah pilih produk, ada cara efektif yang bisa kamu lakukan. Caranya adalah dengan membaca ulasan atau review produk yang akan kamu beli. Carilah serum yang akan kamu beli lalu baca ulasan pembeli sebelumnya atau review mereka yang sudah memakai serum tersebut. Pastikan kamu membaca ulasan mereka yang jenis kulitnya sama dengan kamu sehingga kamu bisa lebih yakin untuk membeli atau tidak membelinya. Dengan begini kamu bisa mempertimbangkan secara lebih matang apakah serum yang kamu beli tersebut benar-benar cocok atau tidak untuk kulitmu.