Punya Masalah dengan Kulit Wajah? Ini 3 Alasan Pentingnya Memakai Serum Wajah (2019)

Punya Masalah dengan Kulit Wajah? Ini 3 Alasan Pentingnya Memakai Serum Wajah (2019)

Pentingnya memakai serum wajah adalah berguna untuk perawatan jangka panjang dan salah satu cara mengatasi masalah kulit sensitive. Cek selengkapnya di sini!


Punya masalah dengan kulit wajah memang menyebalkan, apalagi kalau kulit kamu termasuk kulit yang sensitif. Satu malam lupa cuci muka saja, besoknya bisa timbul jerawat.

Masalah kulit wajah lainnya misalnya terlalu kering, atau bisa jadi kamu juga termasuk yang was-was dengan masalah penuaan dini. Jika seperti itu, ada baiknya kamu mengetahui pentingnya memakai serum wajah.

Sebelum membahas tentang pentingnya memakai serum wajah, terlebih dahulu kamu perlu tahu apa itu serum wajah dan hal-hal yang berkaitan dengan pemakaian serum wajah.

Kandungan yang Ada Dalam Serum Wajah

Serum wajah merupakan gel eliksir yang warnanya bening, teksturnya cukup ringan, dan tentunya juga bebas minyak. Serum ini biasanya dikemas dalam botol kecil. Manfaatnya pun beragam, hal ini disesuaikan dengan kandungan yang ada di dalamnya.

Satu botol serum wajah, mengandung berbagai jenis bahan, diantaranya vitamin dan juga antioksidan. Bahan-bahan ini berguna agar menembus bagian kulit terdalam dengan cepat dan mudah. Serta tentu saja cepat merata bila dibandingkan dengan pemakaian pelembap wajah biasa. Serum tidak mengandung bahan pelembap yang bersifat kedap udara, seperti misalnya petrolatum atau mineral oil yang bisa membuat air tidak menguap.

Selain itu, dalam serum hanya ada sedikit agen pelumas maupun pengental, seperti misalnya kacang ataupun minyak biji-bijian. Berbagai produk serum wajah yang dipasarkan biasanya memiliki bahan dasar air, namun tanpa unsur minyak yang bisa menyumbat pori-pori kulit.

Serum Wajah Berbeda dengan Pelembap

Ukuran serum biasanya lebih kecil dibanding pelembap wajah biasa. Hal ini karena banyaknya bahan aktif yang ada dalam serum tapi dalam jumlah sedikit. Karena jika bahan tersebut berlebihan akibatnya bisa fatal
Bahan-bahan aktif inilah yang menjadi pembeda ukuran kemasan pada serum wajah dengan pelembap biasa.

Misalnya, dalam satu botol serum berukuran kecil, struktur molekul dan persentase di dalamnya membuat bahan aktif dalam serum lebih kaya dan terkonsentrasi bila dibandingkan dengan bahan aktif yang ada dalam pelembap. Maka, wajar jika harga satu botol kecil serum wajah tergolong mahal bila dibandingkan dengan pelembap wajah biasa.

Sebenarnya, perbedaan mencolok antara serum dengan pelembap wajah bisa terlihat dari formulasi yang ada maupun formulasi yang tidak ada pada keduanya.

Pentingnya Memakai Serum Wajah

Setelah tahu kandungan dalam satu botol serum serta perbedaannya dengan pelembap biasa, maka pertanyaannya selanjutnya adalah pentingkah memakai serum wajah?

Pada umumnya serum merupakan ekstrak dengan konsentrasi yang cukup tinggi, gampang menyerap di kulit, melembapkan, melindungi serta memperbaiki tekstur kulit, selain itu juga bermanfaat sebagai booster produk yang dipakai setelah serum.

Berikut pentingnya memakai serum wajah seperti dikutip dari harapanrakyat.com:

Mengatasi Masalah Kulit Secara Lebih Spesifik

Gel eliksir pada produk kecantikan ini menargetkan masalah kulit yang lebih spesifik, misalnya, serum untuk mendorong regenerasi kulit, mencerahkan kulit kusam, membasmi jerawat, menghilangkan noda hitam atau hiperpigmentasi, mengatasi keriput, dan menghilangkan jerawat. Hal ini bukan berarti satu botol serum dapat mengatasi semua masalah kulit wajah, namun satu botol serum berbeda kandungannya dengan botol serum yang lainnya, sehingga berbeda pula penggunaannya.

Misalnya kamu memiliki wajah berjerawat kamu tentu memilih serum untuk mengatasi wajah berjerawat. Begitu pun ketika kamu memiliki masalah dengan kulit kusam, maka serum yang dipilih adalah serum untuk mengatasi kulit kusam.

Menjaga Kesehatan Kulit dalam Jangka Panjang

Bagi mereka yang sudah berusia 40 tahun ke atas, maka disarankan untuk memakai serum wajah. Hal ini penting karena walaupun penggunaan serum umumnya bertujuan untuk mengatasi masalah kulit sensitive, namun bisa juga difokuskan untuk mengatasi masalah kulit berminyak, mengatasi penuaan dini, termasuk juga masalah kulit kering.

Dalam hal ini, serum bisa dipakai secara rutin sebagai perawatan kulit dalam jangka panjang. Namun perlu diperhatikan juga takaran penggunaanya. Misalnya, pemakaian serum harus disesuaikan dengan ukuran wajah dan kondisi kulit. Misalnya jika ukuran wajah kamu mungil maka cukup pakai serum wajah 1 pump.
Namun, bila ukuran wajah cukup besar, maka pakailah serum 2-3 pump. Hal ini berguna agar penyerapan dan efeknya pada kulit kamu bisa lebih cepat.

Lalu jika kamu berusia di bawah 30 tahun dan kondisi kulit cukup baik, maka pakailah serum wajah 1 sampai 3 kali dalam satu minggu. Pastikan kamu mencuci wajah dan tangan terlebih dahulu ya, agar tetap terjaga kebersihannnya.

Selanjutnya, jika kamu ingin mengaplikasikannya ke seluruh bagian wajah secara merata, maka gunakan jari-jari tangan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pijatan pada area wajah yang perlu dipijat agar segar.
Setelah dipakai, jangan lupa simpan serum pada ruangan bersuhu kamar. Jauhkan dari sinar matahari atau lampu langsung, hal ini untuk menghindari perubahan warna.

Satu hal yang perlu diingat bagi kamu yang ingin memakai serum wajah untuk perawatan jangka panjang, serum ini bisa dipakai selama 6-12 bulan setelah kamu membuka kemasannya.

Serum Wajah Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak salah satu masalah kulit yang sulit untuk diatasi. Jika kamu menggunakan pelembap wajah biasa, yang terjadi wajah justru lebih berminyak. Karena itu jika kamu memakai serum wajah, maka serum ini mampu menyediakan segala yang dibutuhkan untuk menjadikan kulit wajah kamu sehat, tanpa kandungan minyak yang biasanya ada pada pelembap wajah.

Pemakaian serum wajah untuk mengatasi kulit berminyak, kamu bisa focus pada titik-titik yang bermasalah akibat noda hitam, pori-pori membesar dan masalah kulit lainnya tanpa perlu cemas adanya kelebihan minyak pada produk kecantikan kamu.

Hal ini tidak berarti bagi yang punya kulit normal atau kering dilarang memakai serum wajah, karena siapapun bisa memanfaatkan serum wajah ini, yang perlu dilakukan adalah mencari serum yang cocok dengan kondisi kulit wajah.

Nah itulah pentingnya memakai serum wajah, untuk perawatan jangka panjang, mengatasi kulit sensitive secara lebih spesifik dan juga mengatasi kulit berminyak. Pastikan kamu memakai serum wajah dengan takaran yang benar, tidak perlu berlebihan tapi sesuaikan dengan ukuran wajah dan usia kamu.