Cermat Memilih, Ini 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif (2022)

Cermat Memilih, Ini 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif (2022)

Kulit sensitif bisa menggunakan serum wajah, tetapi harus cermat terhadap kandungan di dalamnya. Lakukan perawatan kulit sensitif yang tepat seperti membersihkan secara rutin, selalu membuatnya terus lembab, hingga memilih produk yang tepat. Bingung mencari serum yang tepat untuk kulit sensitif? BP-Guide punya rekomendasinya untuk kamu.

Apakah Kulit Sensitif Boleh Pakai Serum?

Pemilik kulit sensitif memang memerlukan kehati-hatian dalam penggunaan produk. Perawatan yang intens saja tidak cukup, tetapi pemilihan produk harus benar-benar cermat.

Kulit sensitif cenderung kering hingga kering sekali. Gampang iritasi dari berbagai faktor luar maupun internal. Produk yang memiliki kandungan bahan kimia yang terlalu keras, seperti alkohol akan membuat kulit iritasi hingga mengelupas.

Kulit sensitif juga dapat iritasi hanya karena perubahan cuaca atau iklim. Itu mengapa, kamu harus tahu bagaimana menangani kulit sensitif kamu. Selain perawatan esensial, kulit sensitif bisa menggunakan serum, tetapi dengan pemilihan yang cermat.

Kamu bisa memilih serum wajah dengan kandungan pelembab lebih banyak. Hindari terlalu banyak bahan aktif, seperti alkohol. Jangan memilih produk dengan kandungan pewangi atau pengharum.

Jadi, kulit sensitif bisa menggunakan serum, tetapi perlu memperhatikan kandungannya terlebih dahulu.

Cara Merawat Wajah Kulit Sensitif

Bersihkan Wajah Secara Rutin

Membersihkan wajah secara rutin menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kulit tetap bersih. Kulit sensitif sebaiknya bersihkan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan pembersih dengan bahan kimia yang minim dan lembut. Jangan terlalu keras menggosok kulit dan bilas dengan air hangat. Keringkan dengan kain handuk yang bersih dan kering.

Pakai Pelembab

Kulit sensitif rentan sekali kering hingga mengelupas. Lapisan kulit sensitif harus tetap lembab dan terhidrasi. Itu mengapa, tipe kulit sensitif tidak bisa lepas dari pelembab dan harus menjaganya tetap terhidrasi.

Sebagai pemilik kulit sensitif jangan sampai ketinggalan pelembab dan harus selalu menggunakannya. Pilih pelembab yang memang diperuntukkan untuk kulit sensitif.

Pakai Tabir Surya dan Hindari Sengatan Sinar Matahari

Sengatan sinar UV sangat berbahaya untuk kulit, apalagi kulit sensitif. Iritasi bisa saja terjadi jika terlalu sering terkena sengatan sinar matahari. Pasti kamu sudah tahu bagaimana sinar UV sangat berbahaya untuk kulit.

Pemilik kulit sensitif harus melindungi kulitnya lebih intens apabila sering bekerja di luar ruangan. Gunakan tabir surya dengan SPF yang tepat untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar UV.

Pilih Produk yang Ramah di Kulit

Memilih produk untuk kulit sensitif memang harus cermat. Kandungan di dalamnya terkadang dapat membuat kulit menjadi iritasi atau alergi.

Hal utama yang perlu kamu perhatikan ialah hindari produk dengan bahan kimia yang terlalu keras. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa hindari kandungan alkohol, deterjen atau pewangi, dan bahan kimia lainnya yang terlalu keras.

Batasi Waktu Mandi

Kulit sensitif semakin terlalu lama terkena air akan semakin kering. Sebaiknya kamu membatasi waktu mandi, yaitu tidak lebih dari 10 menit. Air dapat mempengaruhi kulit apabila terlalu lama kamu mandi.

Gunakan air biasa agar kandungan minyak dalam kulit tidak terlalu hilang. Air hangat akan mengurangi produksi minyak, apabila menggunakan air hangat maka kulit akan semakin kering.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Selain perawatan luar, kamu juga perlu memperhatikan perawatan dalam, seperti makanan dan olahraga. Makanan menjadi salah satu hal terpenting untuk memberikan nutrisi pada kulit.

Olahraga juga akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat, maka kulit menjadi segar. Pola hidup dengan tidur cukup dan banyak minum air putih akan membantu kulit sensitif tetap dalam keadaan sehat.

10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik

Wardah Witch Hazel Purifying Facial Serum

Cocok untuk jenis kulit sensitif cenderung berminyak. Kandungan Vitamin E di dalamnya membantu melindungi kulit dari radikal bebas.

Witch Hazel Extract sebagai astringent untuk membantu meringkas pori-pori. Kulit wajah kamu juga akan lebih elastis dan lembut dengan tambahan bahan hyaluronic acid di dalamnya.

Kamu bisa menggunakannya pagi dan malam hari setelah menggunakan pelembab. Pemakaian yang rutin akan membuat wajah lebih segar dan halus.

Harga Rp. 77.000-86.000

Bioaqua 24K Gold Skin Care

Mengandung emas sebagai bahan bakunya. Ketika serum dioleskan pada wajah nanopartikel emas akan masuk ke dalam dermis kulit.

Nanopartikel emas tersebut akan melepaskan ion emas aktif yang akan memberikan efek penyerapan hingga 10 kali lebih banyak. Cocok untuk kulit sensitif, kering, dan kusam. Mampu mengatasi keriput pada leher pula.

Mengandung emas aktif 24K, ginseng, kolagen, minyak jojoba, dan lainnya. Kandungan tersebut memiliki manfaat metabolisme kulit wajah, anti-aging, moisturizer, dan memudarkan garis halus.

Kamu bisa mengoleskannya 2-3 tetes setiap pagi dan malam secara teratur. Sebaiknya gunakan sebelum krim.

Harga Rp. 79.000-139.000

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum

Memiliki formula khusus untuk kulit sensitif yang memberikan pelembab lebih tinggi. Cocok pula untuk ibu hamil dan menyusui.

Kandungan lidah buaya mampu menghidrasi kulit. Tambahan vitamin C berasal dari kakadu plum untuk menutrisi kulit.

Ekstrak pepaya murni dan teh hijau selain menutrisi juga membantu menenangkan dan melindungi kulit. Teh hijau sendiri juga kaya dengan antioksidan, sehingga mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Kamu bisa menggunakannya sehari dua kali pada pagi dan malam hari. Sudah memiliki sertifikat halal, sehingga aman kamu gunakan.

Harga Rp. 135.000-175.000

Innisfree Green Tea Seed Serum

Memberikan kelembaban dari kandungan biji teh hijau Jeju. Menutrisi kulit wajah yang sangat sensitif.

Memberikan lapisan pelembab ganda dengan tambahan kandungan green tea oil. Kulit wajah kamu akan lembab lebih lama.

Aplikasikan pada kulit wajah secara merata dengan memijat-mijatnya secara perlahan. Cara tersebut akan memberikan proses penyerapan yang maksimal.

Harga Rp. 240.000-330.000

Klairs Rich Moist Soothing Serum

Memiliki formula untuk kulit sensitif dengan kandungan pelembab yang tinggi. Melindungi kulit dari iritasi dan kemerahan pada kulit sensitif.

Tidak menggunakan bahan kimia berlebihan karena 100% original. Sudah teruji pula di Badan POM, sehingga aman digunakan.

Mampu melembabkan dan menghidrasi kulit. Cocok untuk kulit kering sampai amat kering.

Aplikasikan serum pada wajah setelah mencuci muka dan menggunakan toner. olehkan lalu pijat perlahan-lahan untuk penyerapan yang lebih maksimal.

Harga Rp. 720.000-320.000

Laneige Fresh Calming Serum

Bentuknya seperti gel yang memberikan kelembaban pada kulit. Serum ini memiliki fungsi untuk menyejukkan.

Kandungan deep sea water akan menguatkan lapisan kulit sehingga selalu terhidrasi. Memiliki formula khusus untuk kulit yang mudah iritasi, baik dari faktor luar maupun dalam.

Bebas dari pewarna buatan, kandungan hewani, mineral oil. Sudah teruji secara dermatologis, sehingga teruji keamanannya.

Harga Rp. 289.000-300.000

Skin Inc Ceramide Serum

Memiliki formula kandungan untuk kulit sensitif dan berjerawat. Membantu merawat kulit berjerawat.

Kandungan di dalamnya, antara lain hipoalergenik, triple ceramide, hyaluronic acid, glutathione, dan acetyl hexapeptide-8. Membantu memberikan perawatan pada kulit secara sempurna.

Memberikan kelembaban maksimal. Kamu bisa tetaskan 3 tetes dan oleskan ke seluruh wajah.

Harga Rp. 670.000-720.000

Lancome Advanced Genifique Sensitive Serum

Memiliki formula anti aging dan cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Mengandung Vitamin E untuk menutrisi kulit dan melindunginya dari berbagai macam faktor lingkungan.

Memiliki kandungan pelembab dan membantu memperkuat kulit sehingga tidak rentan oleh iritasi. Selain menutrisi, serum ini juga mampu memberi perawatan yang maksimal untuk kulit.

Bentuknya lotion yang mudah meresap. Kamu bisa menggunakannya dengan meratakankan pada kulit sambil menekan-nekan secara perlahan.

Harga Rp. 35.000-60.000

Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

Serum ini mampu mencerahkan kulit dan aman untuk kulit sensitif. Bisa menghilangkan flek hitam yang membandel.

Bebas silikon, pewangi, dan pewarna yang tentu saja aman untuk kulit kering dan sensitif. Kandungan vitamin C mampu menutrisi kulit.

Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan untuk melindungi iritasi kulit. Selain itu, serum ini juga memiliki kelembaban untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan kenyal.

Memiliki tekstur cair yang mudah meresap ke kulit.

Harga Rp. 95.000-125.000

Farsali Hybrid Make-Skin Serum Liquid Glass

Cocok untuk kulit sensitif karena memiliki formula yang tepat. Menggabungkan sepuluh langkah skin care dalam satu serum.

Kandungan aqua cell di dalamnya mampu memberikan nutrisi tambahan untuk kulit. Ektrak buah-buahannya juga menambahkan vitamin dalam kulit.

Memiliki kandungan pelembab, hyaluronic acid untuk membuat kulit tetap kenyal dan lembab. Selain itu, serum ini juga mampu menghidrasi kulit, sehingga mengatasi kulit kering.

Memiliki tekstur cair yang cepat meresap ke dalam kulit. Gunakan secara rutin pagi dan malam untuk hasil yang maksimal.

Harga Rp. 900.000-1.000.000
From our editorial team

Cermat Memilih Serum Wajah untuk Kulit Sensitif

Perawatan kulit sensitif memang memerlukan kecermatan. Mudah iritasi membuat kamu perlu memerhatikan kandungan serum wajah. Tidak masalah, kulit sensitif menggunakan serum, tetapi hindari serum dengan kandungan bahan kimia tinggi, alkohol, pewarna, dan pewangi.