10 Pilihan Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Lebih Sehat (2021)

10 Pilihan Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Lebih Sehat (2021)

Pemakaian serum penting untuk skincare harian kita. Jangan sampai melewatkannya karena ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Serum terbaik tentulah serum yang dipilih dengan cermat. Simak tips memilihnya dari BP-Guide dan juga rekomendasi terbaiknya untukmu!

Gunakan Serum Wajah dengan Benar agar Dapat Manfaatnya

Sekarang ini, kebutuhan masyarakat akan skincare makin meningkat. Hal ini didukung dengan kesadaran masyarakat yang sadar akan pentingnya merawat kulit. Aneka produk skincare digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Skincare juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit di wajah. Salah satu jenis skincare paling banyak dibutuhkan adalah serum wajah.

Serum adalah jenis skincare yang memiliki konsentrat tinggi dan memiliki kandungan aktif tertentu. Fungsi pemakaian serum adalah mengatasi masalah kulit sehingga selesai lebih cepat dan membuat kulit kembali sehat. Serum tidak hanya mampu menutrisi dan melindungi kulit saja, melainkan juga bisa menghidrasi kulit dengan lebih maksimal agar terhindar dari aneka masalah kulit.

Untuk melembapkan wajah, banyak dari kita yang mengandalkan pemakaian moisturizer. Namun, memakai moizturizer saja tidak cukup. Selain butuh waktu lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, moisturizer juga terbilang agak lama diserap kulit. Beda halnya dengan serum. Formulanya jauh lebih ringan dari moisturizer sehingga mampu meresap lebih cepat ke dalam kulit dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Kulit wajah bisa terhidrasi dengan baik jika kita memakai serum. Ketika kulit sudah terhidrasi dengan baik, maka tampilan garis halus dan kerutan pada wajah juga bisa berkurang. Dengan begini, tanda penuaan pada wajah juga bisa berkurang.

Serum mengandung berbagai vitamin yang dibutuhka kulit. Umumnya, ada vitamin C dan E di dalamnya. Ada juga kandungan seperti perlindungan terhadap sinar UV. Berbagai kandungan tersebut bisa menjaga kulit dari radikal bebas. Skin barrier kulit jadi lebih kuat sehingga permasalahan kulit tidak akan bertambah.

Kamu yang memiliki kulit sensitif pun wajib memakai serum. Pemakaian serum akan membuat kulit jadi bebas dari iritasi, gatal, kemerahan, dan ruam. Gunakan serum khusus kulit sensitif supaya hasilnya maksimal.

Manfaat serum lainnya adalah untuk mencerahkan wajah. Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah cerah alami. Pemakaian serum bisa juga ditujukan untuk mencerahkan warna kulit. Kamu tinggal pilih serum dengan manfaat mencerahkan wajah untuk dapatkan hasil yang kamu inginkan.

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Serum Wajah

Penting untuk Memilih Formula Serumnya

Serum yang ada di pasaran sangat tak terhitung jumlahnya. Kamu tentu bingung pilih yang mana untuk kulitmu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan serum yang bagus untuk wajah adalah dengan memilih formula serumnya dan menyesuaikannya dengan jenis kulitmu.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, maka pilih formula purifying untuk serumnya. Kulit berminyak cenderung memproduksi sebum secara berlebihan. Selain itu, ada masalah seperti jerawat, komedo, hingga pori-pori yang tampak besar. Pilih serum purifying yang mengandung antibakteri supaya bakteri penyebab jerawat bisa diatasi dengan baik. Utamakan yang formulanya non comedogenic supaya tidak menyumbat pori-pori dan tidak menimbulkan komedo. Bahan-bahan seperti tea tree oil, hyaluronic acid, salicylic acid, alpha-hydroxy acid, hingga rosemary akan bisa membantu kamu mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Jika kamu memiliki kulit normal dan kombinasi maka kamu butuh serum dengan formula hydrating. Saat kondisi kulit normal, kamu butuh hydrating serum agar kelembapan alami kulit terjaga. Kulit kombinasi juga butuh hydrating serum supaya bisa menutrisi dan menghidrasi kulit yang kering dan berminyak sekaligus. Kamu bisa pilih serum dengan bahan LHA untuk membantu mengeksfoliasi kulit wajah dengan lembut. Pilih juga bahan hyaluronic acid dengan kombinasi ukuran makro dan mikro yang bisa membantu melembapkan kulit secara maksimal. hydrating toner selain bisa melembapkan juga akan membantu memudarkan noda hitam pada wajah dan membuat wajah tampak glowing.

Kulit kering dan sensitif butuh perawatan ekstra. Karenanya, kamu akan butuh nourishing serum. Kulit kering dan sensitif tandanya skin barriernya kurang kuat dan sedang rusak. Kamu butuh serum dengan bahan aktif yang bisa memperbaiki skin barrier. Pilih yang kandungan utamanya berupa vitamin E, minyak almond, minyak argan, hingga alpukat. Kamu bisa juga pilih bahan niacinamide yang bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mendorong produksi ceramide pada lapisan kulit. Skin barrier jadi lebih kuat, tekstur wajah juga jadi lebih baik.

Untuk kamu yang ingin merawat kulit dan menghindarkannya dari tanda-tanda penuaan, pilih serum dengan formula anti aging. Serum dengan bahan seperti antioksidan, retinol, dan hyaluronic acid bisa jadi pilihan. Aneka bahan tersebut akan mendorong produksi kolagen sehingga bisa memperbaiki jaringan kulit agar lebih kenyal dan elastis. Kulit jadi lebih terhidrasi dan lebih sehat sehingga bebas kerutan dan tanda penuaan diri lainnya.

Sesuaikan Usia

Pemakaian serum juga bisa disesuaikan dengan usia. Saat kita membeli produk serum, mereka memang tidak mencantumkan usia yang cocok untuk memakainya. Namun, kita bisa melihat dari formula dan juga bahan serum untuk disesuaikan dengan kebutuhan kulit kita.

Untuk para remaja, tidak banyak masalah kulit yang terjadi. Masalah paling umum adalah jerawat karena perubahan hormon. Untuk itu, kamu bisa memilih serum dengan kandungan utama hyaluronic acid supaya bisa membersihkan pori dari kotoran dan juga mencegah jerawat bermunculan. Kamu boleh juga pilih serum dengan kandungan vitamin E supaya bisa merawat kulit kering dengan baik.

Memasuki usia 20 tahunan, mulai banyak masalah kulit yang kamu alami. Kulit kusam, garis halus, hingga komedo bisa bermunculan di usia ini. Kamu juga mungkin butuh serum untuk mencerahkan wajah agar tampak lebih menarik. Maka dari itu, pilih serum yang memiliki kandungan vitamin C. Bahan tersebut ampuh mencerahkan kulit dan juga bisa melindungi kulit dari radikal bebas.

Di usia 30 tahunan kamu wajib pilih serum yang kandungannya lebih kompleks. Ini karena produksi kolagen mulai menurun dan regenerasi sel kulit tidak sebaik usia sebelumnya. Pilih serum dengan bahan seperti synake peptide, retinol, dan ferment lysate. Atau bisa juga memilih serum dengan VITA Complex. Hal ini akan membantu kulit memerangi tanda-tanda penuaan dini dan membuat kulit wajah jadi lebih sempurna.

Untuk yang memasuki usia 40 tahunan dan 50 tahunan, maka butuh serum yang lebih kompleks lagi bahannya. Masalah kulit sudah mulai beragam. Kamu bisa pilih serum dengan kandungan yang bisa melembapkan maksimal seperti Amino Peptidae Complex. Kandungan ini bisa membantu menghidrasi kulit secara maksimal. Selain itu, bisa juga memulihkan kulit yang kendur akibat usia.

Pilih Kemasannya

Dalam memilih serum, kamu bisa juga memilih dari segi kemasannya. Di pasaran ada banyak jenis kemasan serum. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu. Ada serum yang dikemas dalam bentuk pump bottle sehingga kamu mudah mengeluarkan isiannya. Kamu tinggal pump pada wajah secara langsung untuk mengurangi kontak dengan tangan sehingga lebih higienis.

Ada juga yang dikemas dalam boto pipet sehingga kamu tinggal putar tutupnya dan teteskan pada wajah. Lainnya, ada kemasan botol atau jar. Sayangnya, kemasan botol atau jar terbilang kurang higienis karena kamu butuh mengambil produknya dengan tangan sehingga bisa saja bakteri dan kuman di tangan berpindah pada sisa serum di wadah.

Ini Dia Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untukmu

The Body Shop Drops of Light Brightening Serum

The Body Shop Drops of Light Brightening Serum merupakan rekomendasi pertama kami. Paduan vitamin C dan juga ekstrak ganggang merah di dalamnya bisa bikin kulit lebih putih. Selain itu ada juga bahan pelembap seperti gliserin, butylene glycol, dan sodium hyaluronate yang akan bikin wajah terjaga kelembapannya. Kulit juga lebih cerah dan kenyal karena bisa terhidrasi dengan baik.

Tekstur produknya ringan jadi lebih cepat diserap kulit. Aromanya sedikit wangi namun tidak mengganggu karena merupakan aroma tanaman segar. Produk dikemas dalam botol dengan tutup model pipet sehingga mudah diaplikasikan.

Harga Rp. 339.000-579.000

Humphrey Niacinamide 10% + ‌Hyaluronic Acid Serum

Humphrey Niacinamide 10% + ‌Hyaluronic Acid Serum memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap. Serumnya tidak lengket di kulit sehingga sangat nyaman dipakai. dikemas dalam botol model pipet sehingga kehigienisannya terjamin. Kemasannya juga mudah dibawa kemana saja karena modelnya travel friendly.

Serum yang satu ini ampuh mengatasi kemerahan pada kulit sensitif. selain itu, minyak berlebih juga bisa terkontrol dengan baik. Produk hadir dengan bahan niacinamide sebesar 10% dan hyaluronic acid. Paduan kedua bahan tersebut membuat kulit jadi satu tingkat lebih cerah, bercahaya, dan warna kulit tampak lebih merata. Kulit juga lebih plumpy dan elastis karena terhidrasi dengan baik.

Harga Rp. 99.000-113.000

Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea

Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron HYACROSS 3% + Green Tea dikemas dalam botol dengan isian 30 ml. Produk yang satu ini bisa bikin kulit kering jadi lebih lembap dan terhidrasi dengan baik tanpa berlebihan dan menimbulkan kesan kulit berminyak. Serum akan melembapkan hingga tiga kali lebih baik karena konsentrasinya tinggi.

Produk ini bisa menjaga skin barrier, mengatasi masalah penuaan kulit, dan meredakan inflamasi. Dengan kandungan green tea dan gliserin, skin barrier kulit lebih terjaga dan garis halus pun bisa memudar.

Harga Rp. 139.000-207.000

Dear Me Beauty Single Activator Face SerumRetinol + Blueberry Extract

Dear Me Beauty Single Activator Face Serum Retinol + Blueberry Extract merupakan salah satu produk yang bisa diandalkan. Dear Me Beauty mengeluarkan sederet varian serum yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan kulitmu. Salah satu variannya adalah retinol dan blueberry extract. Varian yang satu ini juga mengandung aloe vera sehingga mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

Paduan bahan-bahan alaminya membuat serum kaya antioksidan dan mampu memperkuat skin barrier kulit. Dengan teknologi enkapsulasi, teksturnya ringan sehingga terasa cepat diserap kulit dan terasa lembut. Cukup gunakan 3 hingga 4 tetes setiap malam pada kulit dan dapatkan manfaatnya.

Harga Rp. 89.000-189.000

Scarlett Whitening Acne Serum

Scarlett Whitening Acne Serum boleh juga kamu coba sebagai produk serum terbaik. Kamu yang memiliki masalah kulit mudah berjerawat bisa banget andalkan yang satu ini. Serum akan mengatasi jerawat tanpa bikin kulit jadi kering dan terkelupas. Teksturnya ringan sehingga bisa cepat terserap ke dalam kulit dan bekerja efektif. Dikemas dalam botol ukuran 15 ml sehingga mudah dibawa kemana saja.

Serum memakai bahan liquiorice extract dan vitamin C sehingga bisa menjadi antioksidan dan antipolusi untuk kulit. Kedua bahan tersebut juga bisa mencerahkan kulit dengan baik. Bahan lain yang terkandung di dalamnya adalah Jeju centella asiatica dan tea tree leaf water yang bisa meredakan jerawat dan mencegahnya kembali.

Harga Rp. 51.000-75.000

Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution bisa digunakan pada semua tone dan jenis kulit. Serum wajah yang satu ini bisa mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit agar lebih baik. Tekstur serumnya cair dan ringan jadi akan cepat diserap ke lapisan terdalam kulit. Warnanya bening dan tidak ada aroma sehingga aman untuk kulit sensitif.

Serum juga ampuh menghilangkan bekas jerawat dan juga noda hitam. Hasilnya kulit lebih putih berkat kandungan activated vitamin C, peony extract, dan juga white birch extract. Serum bisa digunakan teratur untuk mendapatkan kulit yang lebih lembap karena di dalamnya mengandung gliserin.

Harga Rp. 75.000-385.000

Olay Regenerist Micro-Sculpting Serum

Olay Regenerist Micro-Sculpting Serum hadir dengan formula khusus yang bisa membantu regenerasi kulit. Serum kaya akan vitamin B3 dan B5. Selain itu ada juga kandungan amino peptide dan niacinamide. Semua bahan tersebut bisa membantu meremajakan kulit. Kerutan halus memudar dan kulit terasa lebih kencang.

Dikemas dalam botol pump isi 50 ml, produk mudah diaplikasikan. Teksturnya ringan dan cepat diserap kulit. Serum yang satu ini tidak memiliki aroma sehingga aman untuk kulit sensitif.

Harga Rp. 158.000-165.000

LANEIGE Fresh Calming Balancing Serum

LANEIGE Fresh Calming Balancing Serum hadir dengan ekstrak buah leci. Selain itu ada juga kandungan vitamin C yang membuat produk jadi bisa memproduksi kolagen lebih banyak. Kulit jadi lebih cerah dan lebih kenyal. Serum juga bisa bersifat antioksidan berkat kandungan ekstrak lecinya.

Dikemas dalam botol pump isi 80 ml sehingga lebih praktis digunakan. cukup sekali tekan untuk mengeluarkan produk dan meratakannya ke seluruh kulit. Teksturnya ringan dan cair jadi tidak akan lengket di kulit.

Harga Rp. 295.000-405.000

Somebymi Snail Truecica Miracle Repair

Somebymi Snail Truecica Miracle Repair merupakan serum kenamaan dari Korea Selatan. Produk yang satu ini dikenal memiliki kualitas yang bagus. Dengan kandungan bahan alami lendir siput yang kaya manfaat, produk bisa memperbaiki tekstur kulit. Bekas jerawat jadi memudar dan kulit jadi lebih kenyal dan sehat. Pemakaian rutin bisa bikin bekas jerawat jadi tersamarkan dengan baik. Serum juga bisa memutihkan dan menyamarkan kerutan pada wajah sehingga wajah terlihat lebih awet muda.

Harga Rp. 129.000-171.000

Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum

Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum adalah rekomendasi terakhir kamu. Produk yang satu ini cocok untuk semua jenis kulit. Fungsi utamanya adalah memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar UV. Serum juga mampu melembapkan kulit agar terjaga elastisitasnya. Produk juga ampuh meredakan peradangan pada kulit. Dengan kandungan bifida ferment lysate, kulit jadi terasa lebih sehat.

Tekstur produknya ringan karena oil free. Ini membuatnya lebih cepat terserap ke dalam kulit. Dalam 7 hari pemakaian sudah ada hasil nyata pada kulit.

Harga Rp. 850.000-1.475.000
From our editorial team

Pilih dari Harga

Memilih serum bisa juga dilakukan dari harganya. Di pasaran, serum tersedia dari harga yang murah, sedang, dan mahal. Umumnya, serum harga mahal memiliki kelebihan yang tidak ada pada serum yang lebih murah, entah dari segi bahan atau dari segi formulanya. Tidak masalah memilih serum dengan harga murah asalkan sudah bisa memenuhi kebutuhan kulit kamu. Selain itu, jika bujet kamu terbatas, tidak masalah kok, memilih serum murah karena ada banyak sekali serum murah yang bisa memberikan hasil maksimal.

Tag