10 Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit! (2023)

10 Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit! (2023)

Apakah Anda tahu bahwa minyak zaitun memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa? Minyak zaitun bukan hanya digunakan sebagai bahan masakan, tetapi juga sebagai produk perawatan kulit dan rambut yang populer. Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Minyak zaitun telah lama dikenal sebagai minyak alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Minyak zaitun didapatkan dari proses ekstraksi buah zaitun yang selanjutnya akan menghasilkan minyak yang kaya akan asam oleat.

Dalam 1 sendok makan atau sekitar 15 ml minyak zaitun, terkandung 120 kalori dan beragam nutrisi bermanfaat, seperti 13,5 gram lemak, 0,1 mg kalsium, 0,1 mg kalium, 0,3 mg natrium, dan beberapa kandungan lainnya seperti vitamin E dan K.

Meski minyak zaitun mengandung banyak lemak, namun lemak tersebut tergolong dalam lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, omega 3, omega 6 dan asam oleat. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga kaya antioksidan.

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun, maka manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh juga tidak main-main. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun yang akan membuat Anda semakin yakin untuk mengkonsumsi minyak zaitun:

  • Menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung. Dengan tingginya kandungan antioksidan dalam minyak zaitun, maka mengkonsumsinya dengan teratur bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Minyak zaitun tidak mengendap di pembuluh darah dan tidak mengandung kolesterol, bahkan sebaliknya, minyak zaitun bisa mencegah penumpukan kolesterol di tubuh.
  • Menurunkan tekanan darah. Berdasarkan penelitian, rutin mengkonsumsi 50 hingga 60 ml minyak zaitun setiap hari menunjukkan hasil tekanan darah yang lebih terkontrol. Hal ini diduga berhubungan dengan kandungan antioksidan dan asam lemak sehat yang membuat pembuluh darah lebih rileks dan terhindar dari peradangan.
  • Mencegah kanker. Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun juga bisa menjaga tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Hal inilah yang juga membuat minyak zaitun dipercaya bisa mencegah tumbuhnya sel kanker.
  • Mengendalikan gula darah. Dari riset yang pernah dilakukan, seseorang yang menjalani pola hidup sehat sekaligus mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin, gula darah tubuhnya lebih terkontrol. Hal ini menunjukkan bahwa minyak zaitun baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes.
  • Mengatasi sembelit. Seringkali kurang minum air putih dan kurang mengkonsumsi makanan berserat bisa menyebabkan kita sulit BAB. Mengkonsumsi minyak zaitun bisa membantu melunakkan kotoran sehingga akan lebih mudah dikeluarkan.
  • Melembabkan kulit. Tidak hanya untuk dikonsumsi, minyak zaitun juga bisa diaplikasikan ke permukaan kulit untuk memberi nutrisi pada kulit membuatnya lembap dan terhindar dari kekeringan. Oleskan minyak zaitun ke siku, lutut dan bagian tubuh lain yang membutuhkan. Bahkan, jika terdapat jerawat di kulit, minyak zaitun bisa membantu meredakannya dengan cara mengaplikasikannya pada kulit yang berjerawat.

Melihat banyaknya manfaat minyak zaitun untuk kesehatan di atas, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsinya secara rutin atau menambahkan minyak tersebut ke makanan sehari-hari.

Menurut direktur medis di Northwell Health-GoHealth Urgent Care, Neal Shipley,MD, mengkonsumsi extra virgin olive oil (EVOO) dapat menurunkan resiko stroke. Hal ini didukung juga oleh penelitian The British Journal of Nutrition.

Anda juga tidak perlu khawatir minyak zaitun akan mengganggu diet Anda untuk menurunkan berat badan. Minyak zaitun mengandung kalori yang tergolong rendah sehingga Anda tidak perlu khawatir menjadi gemuk meski mengkonsumsinya secara rutin.

Bahkan, minyak zaitun bisa membantu Anda mempertahankan minyak zaitun bisa membantu Anda mempertahankan berat badan ideal, lho! Tentu saja hal ini dengan mengkonsumsinya sesuai takaran dan memilih minyak zaitun yang berkualitas.

Cara Memilih Minyak Zaitun Terbaik

Pilih Kemasan Kecil dan Buram

Minyak zaitun mudah teroksidasi diakibatkan paparan cahaya dan lama penyimpanan. Botol kemasan berwarna bening kurang bisa menjaga kualitas minyak zaitun tetap prima.

Oleh karena itu, pilih minyak zaitun yang dikemas dalam botol gelap dan buram, dimana cahaya akan sulit menembus ke dalam botol. Berdasarkan penelitian, warna botol hijau gelap memiliki efektivitas yang baik untuk memperlambat proses oksidasi minyak zaitun.

Sementara itu, dalam hal ukuran sebaiknya Anda memilih minyak zaitun dengan kemasan kecil. Hal ini untuk memastikan minyak zaitun tidak disimpan terlalu lama atau lama habisnya, dimana kontak minyak dengan udara yang terlalu lama dan sering juga bisa merusak kualitas minyak.

Kecuali Anda sangat sering menggunakan minyak zaitun dalam volume banyak, sebaiknya Anda pertimbangkan untuk membelinya dalam kemasan kecil saja.

Periksa Label Botol

Apa saja yang harus Anda periksa di label botol kemasan minyak zaitun? Pertama, periksa tahun produksi atau panen. Sebagian besar botol minyak zaitun tidak mencantumkan informasi ini, namun alangkah baiknya jika Anda mencoba mencari minyak zaitun dengan informasi tersebut.

Berbekal informasi produksi, Anda bisa mengetahui berapa lama waktu yang ideal untuk menyimpan minyak zaitun untuk menyebutnya minyak zaitun berkualitas. Sebaiknya Anda memiliki minyak zaitun yang diproduksi 1 hingga 3 tahun sebelum Anda membelinya.

Semakin baru tanggal panen, maka minyak zaitun semakin segar dan berkualitas. Kedua, periksa apakah terdapat logo DOP, PGI atau segel organik. DOP adalah Denominazione di Origine Protetta, sedangkan PGI adalah Protected Geographical Indication.

Kedua istilah ini merujuk pada bagaimana produk dibuat dan dikemas secara lokal oleh petani dan pengrajin lokal menggunakan metode tradisional. Dengan adanya logo tersebut, minyak zaitun bisa dipercaya memiliki kualitas baik dan diketahui darimana asalnya.

Periksa Keberadaan Endapan

Keberadaan endapan di dalam kemasan minyak zaitun bukanlah pertanda baik. Endapan tersebut bisa menunjukkan bahwa minyak tersebut tidak berkualitas baik.

Endapan juga bisa berarti penyaringan minyak saat proses produksi tidak dilakukan dengan baik dan maksimal, dimana hal ini bisa mempercepat proses oksidasi alami yang membuat kualitas minyak menurun.

Rasa dan Bau yang Kuat

Jika memungkinkan untuk mencicipi minyak zaitun sebelum membelinya, pilihlah minyak yang memiliki rasa dan aroma yang kuat, khas minyak zaitun. Minyak zaitun yang asli akan terasa sedikit pahit akibat dari kandungan polifenolnya.

Ketika Anda meminumnya langsung dari botol, akan terasa sensasi sedikit pedas terbakar pada tenggorokan. Hal ini akan berbeda dengan minyak zaitun palsu yang tidak akan terasa demikian, bahkan mungkin justru terasa hambar atau tengik.

10 Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Tropicana Slim yang terkenal sebagai penyedia produk-produk diet sehat, menyediakan pilihan minyak zaitun Extra Virgin Olive Oil dengan grade tertinggi, dimana dalam ekstraksinya tidak digunakan bahan kimia maupun suhu panas tinggi yang bisa mempengaruhi kualitas minyak.

Minyak zaitun ini bisa digunakan untuk menumis, menggoreng hingga memanggang tanpa merusak nutrisi di dalamnya. Rasakan aroma dan rasa yang sempurna sebagai pengganti mintak biasa di rumah Anda.

Harga Rp. 84.400-145.000

Pietro Coricelli Extra Virgin Olive Oil 500 ml

Pietro Coricelli Extra Virgin Olive Oil yang diolah dengan teknologi cold pressed menghasilkan minyak zaitun berkualitas tinggi yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, mengurangi resiko kanker kolorektal dan kanker payudara, stroke dan lain-lain.

Minyak zaitun memiliki rasa yang sempurna, cocok untuk dijadikan salad dressing, sup, dan marinasi bahan makanan.

Harga Rp. 83.700-102.000

Filippo Berio Extra Virgin Olive Oil Spray 200 ml

Untuk pemakaian minyak zaitun yang lebih praktis dan hemat, Filippo Berio Extra Virgin Olive Oil menyediakan minyak zaitun dalam bentuk spray 200 ml.

Dibuat dari buah zaitun segar yang diproses secara alami, minyak zaitun ini cocok untuk salad dressing, marinasi, saus pasta, dan banyak makanan lainnya.

Kaya akan antioksidan yang bisa berperan sebagai zat anti kanker, anti kolesterol dan bisa menjaga kesehatan jantung.

Harga Rp. 58.500-86.600

Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil 250ml

Jika Anda mencari minyak zaitun yang baik untuk dikonsumsi buah hati Anda, maka Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil 250ml bisa menjadi pilihan.

Minyak zaitun ini bisa digunakan sebagai campuran makanan pendamping ASI untuk bayi berusia mulai dari 7 bulan.

Kaya akan vitamin E, omega 3, omega 6 dan omega 9, minyak zaitun satu ini memiliki tingkat keasaman rendah yang membuatnya aman dikonsumsi si kecil.

Untuk menggunakannya, Anda disarankan untuk tidak memasaknya terlalu rama dengan suhu sedang agar nutrisinya tetap terjaga.

Harga Rp. 48.900-109.000

Casa Di Oliva Extra Virgin Olive Oil for Kids

Casa Di Oliva Extra Virgin Olive Oil for Kids bisa menjadi pilihan lain sebagai tambahan lemak untuk makanan pendamping ASI.

Dengan kandungan asam lemak tunggal (asam linoleic, omega 3 dan omega 6) dan antioksidan lebih tinggi, minyak zaitun ini juga kaya akan vitamin A, B, D, E, dan K.

Buah zaitunnya ditanam bebas pestisida dan bebas bahan berbahaya lainnya, sehingga dihasilkan minyak zaitun yang aman untuk anak-anak.

Harga Rp. 56.999-70.000

Gallo My First Olive Oil

Gallo My First Olive Oil memberi pilihan lain jika Anda mencari minyak zaitun untuk si kecil. Dengan kadar asam kurang dari 0,2%, minyak zaitun dari Gallo ini dibuat khusus untuk lidah bayi.

Rasanya lembut,ringan dan manis dengan sentuhan manis yang pas untuk langit-langit mulut bayi, serta tidak akan menimbulkan sensasi pahit ataupun pedas terbakar saat dikonsumsi.

Harga Rp. 49.000-99.000

Palest In Extra Virgin Oil 250 ml

Anda seorang bumil yang mengalami sembelit dan mencari bahan alami untuk mengatasinya? Palest In Extra Virgin Oil adalah jawabannya.

Minyak zaitun ini diproses dengan teknologi tinggi yang menghasilkan minyak yang berkualitas, yang tidak hanya menjaga kesehatan secara umum tapi juga bisa menjaga kesehatan pencernaan.

Harga Rp. 47.000-70.000

Bertolli Extra Virgin Rich Taste Olive Oil 1000ml

Bertolli Extra Virgin Rich Taste Olive Oil menawarkan minyak zaitun dengan rasa yang kaya dan pekat untuk dicampurkan ke masakan. Hanya dengan sedikit saja Anda akan mendapatkan rasa masakan mewah khas Mediteranian.

Minyak zaitun dari Bertolli ini juga telah tersertifikasi halal dari MUI, menambah kenyamanan Anda saat mengkonsumsinya.

Harga Rp. 192.000-218.000

Borges Extra Virgin Olive Oil 250 ml

Pilihan lainnya minyak zaitun untuk penambah cita rasa masakan yaitu Borges Extra Virgin Olive Oil 250 ml. Minyak zaitun ini memiliki titik didih rendah, sehingga lebih cocok untuk digunakan sebagai dressing salad, bahan marinasi atau ditambahkan pada masakan yang sudah matang.

Tambahkan minyak zaitun dari Borjes ini untuk mendapatkan sumber lemak sehat pada makanan Anda yang kaya akan antioksidan dan vitamin E serta mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Harga Rp. 45.000-67.000

Colavita Extra Virgin Olive Oil 250 ml

Colavita Extra Virgin Olive Oil 250 ml memiliki rasa yang seimbang antara buah dan rempah-rempah untuk berbagai olahan makanan. Dengan rasa yang kaya ini, minyak zaitun Colavita cocok untuk Anda yang senang bereksperimen dengan rasa masakan.

Tidak hanya berperan sebagai penyedap rasa masakan yang dipanggang atau dimarinasi, minyak zaitun Colavita ini juga bisa ditambahkan pada cake atau kue untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat dan sehat.

Harga Rp. 82.000-135.000
From our editorial team

Manfaat Kesehatan Terbaik Minyak Zaitun untuk Anda dari Rekomendasi Kami!

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan, minyak zaitun pasti patut dipertimbangkan sebagai tambahan dalam rutinitas kesehatan Anda. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan minyak zaitun dalam makanan Anda atau gunakan sebagai perawatan kulit dan rambut. Dapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari minyak zaitun sekarang juga!