10 Rekomendasi Skuter Anak Untuk Aktivitas Fisik yang Menyenangkan (2022)

10 Rekomendasi Skuter Anak Untuk Aktivitas Fisik yang Menyenangkan (2022)

Di era teknologi seperti ini, banyak anak yang kecanduan gadget. Ini menyebabkan fisik mereka kurang bergerak dan bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya. Ajak anak bergerak aktif dengan rekomendasi skuter dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Main Skuter Adalah Kegiatan Menyenangkan Untuk Anak

Berkendara di atas skuter merupakan kegiatan yang menyenangkan, termasuk bagi anak-anak. Selain memberikan kesenangan, bermain skuter bagi anak juga baik untuk melatih keseimbangan tubuhnya sejak dini.

Sekarang ini, skuter telah hadir dengan berbagai macam inovasi. Anak usia 1 tahun pun bahkan sudah dapat diajarkan bermain skuter. Ada skuter yang dilengkapi stang yang dapat diatur ketinggiannya. Kapasitas bebannya pun sudah cukup besar, dan dapat digunakan untuk waktu yang lama, hingga anak usia 5 tahun misalnya.

Ada skuter yang dioperasikan dengan daya baterai yang dilengkapi pedal injak. Ada pula skuter yang modelnya bisa diubah-ubah. Fitur-fitur yang hadir pada skuter akan membuat kegiatan bermain skuter menjadi semakin menyenangkan.

Manfaat Bermain Skuter Untuk Tumbuh Kembang Anak

Melatih Fisik Anak Lebih Aktif

Anda perlu melatih fisik anak demi tumbuh kembangnya. Anak dengan fisik yang terlatih pun akan tumbuh dengan sehat. Namun, anak hanya akan melakukan hal yang menyenangkan. Nah, Anda dapat membuatnya bergerak dengan skuter.

Mengembangkan Kemampuan Motorik

Saat bermain skuter anak akan mengayuh, menahan punggungnya agar lurus dan stabil, menggenggam stang, serta mengkoordinasikan mata, tangan, dan kaki. Hal-hal tersebut baik untuk melatih motorik halus dan motorik kasar.

Menjadikan Anak Lebih Percaya Diri

Saat si kecil bisa menjalankan skuternya, ia akan merasa bahagia dan bangga terhadap kemampuannya. Pada saat itu, kepercayaan dirinya pun meningkat. Rasa percaya diri akan mendorong anak agar jadi lebih mandiri.

Melatih Keseimbangan

Saat menaiki skuter, anak akan mengkoordinasikan gerakan tangan dengan mata, mengawasi sekeliling, menghindari rintangan, dan mengerem. Hal-hal tersebut merupakan cara yang sempurna untuk melatih keseimbangan.

Memberikan Asupan Vitamin D

Pancaran sinar matahari dapat memberikan asupan vitamin D yang baik bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak si kecil jalan-jalan dengan skuter, dan jangan lupa pakai tabir surya ya!

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Skuter Anak

Usia Anak

Usia anak berhubungan tinggi dan kemampuannya. Maka, berikanlah anak skuter yang sesuai dengan tinggi dan kemampuannya.

Anda bisa memberikan skuter dorong pada anak usia 1 tahun yang belum sanggup mengayuh skuter secara mandiri. Saat anak mulai beranjak besar, Anda bisa memberikannya skuter roda tiga untuk belajar keseimbangan.

Kemudian barulah Anda bisa memberikan skuter roda dua yang umumnya diperuntukkan bagi anak usia 6 tahun yang sudah bisa menyeimbangkan dirinya sendiri.

Rem Skuter

Rem termasuk komponen yang penting pada sebuah kendaraan, tak terkecuali skuter. Anda perlu tahu dimana letak rem pada skuter yang akan dibeli, karena berhubungan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing rem.

Rem pada kaki yang digunakan dalam jangka waktu yang lama dapat merusak karet pelindung roda. Namun, sangat mudah digunakan. Sementara anak-anak mungkin tidak terlalu sigap saat menggunakan rem tangan jika tidak terbiasa. Namun, rem tangan ini sebenarnya sangat mudah dikendalikan karena terletak di tangan.

Desain Lucu

Saat ini ada banyak skuter dengan motif dan desain menarik yang tersedia di pasaran. Desain-desain dengan dekorasi lucu pada skuter akan menarik hati anak-anak dan membuatnya semangat bermain. Anak-anak tentu akan lebih semangat bermain skuter jika skuter mereka memiliki desain ataupun warna yang mereka sukai.

Saat memilihkan skuter untuk anak, baik anak laki-laki maupun perempuan, sebaiknya Anda mengenal apa karakter ataupun warna favoritnya. Anda bisa bertanya terlebih dahulu untuk memastikan desain skuter mana yang menarik bagi anak Anda.

Rekomendasi Skuter Anak Kualitas Terbaik

SPEEDS Skuter Anak Roda 3

Bagi anak yang sudah bisa mengayuh sendiri, namun belum begitu mampu menyeimbangkan tubuh dengan sempurna, Anda bisa melatihnya dengan skuter roda tiga ini.

Skuter ini memiliki desain yang lucu dengan gambar burung di bagian depan. Rodanya bisa menyala saat berputar. Dilengkapi juga dengan musik yang menggunakan baterai. Sungguh menarik hati ya?

Tak hanya itu, Anda juga dapat mengatur ketinggian handle-nya. Untuk rem, skuter ini memiliki rem di ban belakang.

Harga Rp. 250.000-350.000

Satu Keluarga Scooter Anak M191

Skuter 3in1 ini hadir dengan desain compact dan portable. Jadi, skuter ini bisa dilipat dan muat di bagasi mobil. Sebagai rincian, kendaraan mini ini memiliki ukuran 60 x 30 x 66 cm dan berat 6,2 kg.

Kendaraan anak kecil ini memiliki tempat duduk berbahan eva, cocok dinaiki oleh anak usia 2-6 tahun, dengan berat maksimal pengguna adalah 45 kg. Tinggi stang pun bisa diatur dalam rincian 66, 72, 77, dan 83 cm. Rodanya juga memiliki lampu yang dapat menyala saat berjalan. Rem-nya terdapat di bagian belakang.

Harga Rp. 600.000-750.000

Audrey Mavic Mini Electric Scooter

Apakah Anda mencari skuter yang bisa digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa? Maka skuter roda dua yang satu inilah jawabannya! Skuter ini mampu menahan beban hingga 100 kg.

Tentu saja stang-nya juga dapat diatur sesuai kebutuhan Anda. Hebatnya, skuter ini merupakan skuter listrik dengan daya baterai yang bisa bertahan hingga 10 km. Pengisian daya sampai penuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Tombolnya terletak pada bagian papan skuter, sehingga mudah untuk Anda operasikan menggunakan kaki. Namun, skuter ini perlu didorong terlebih dahulu untuk mengaktifkan tombolnya.

Harga Rp. 1.700.000-2.700.000

Jefferys Skuter Anak JEEP Kids Scooter

Skuter roda tiga ini tampil dengan desain yang trendi. 2 ban depannya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan 1 ban belakang.

Handle-nya dilapisi dengan karet sehingga terasa nyaman digenggam dan tidak licin saat digunakan. Sementara untuk rem-nya terdapat di bagian ban belakang yang dapat dengan mudah diinjak pada saat bermain.

Kerangka skuter ini dibuat dari bahan stainless nan berkualitas sehingga awet dan tahan lama. Anda dapat memilih warna merah atau kuning yang terang dan ceria.

Harga Rp. 950.000-1.100.000

Scooter Anak by Family Special Edition Nickelodeon SC-7808

Anak Anda menyukai SpongeBob SquarePants, Blaze and the Monster Machines, atau PAW Patrol? Skuter roda tiga ini hadir dengan karakter-karakter tersebut!

Selain gambar kartun lucu nan ceria, skuter ini juga memiliki roda yang bisa menyala. Fitur lainnya adalah ketinggian stang yang bisa diatur, dan stang-nya juga bisa dilipat. Rem-nya berada di belakang. 2 Roda depannya yang lebih besar mampu meredam getaran di jalanan.

Skuter ini dibuat dari kerangka besi, dan bagian pijakan kaki yang terbuat dari material yang kokoh. Produk ini dapat menahan beban maksimum kurang lebih 40 kg. Cocok digunakan untuk anak usia 1-5 tahun.

Harga Rp. 230.000-300.000

Segway Ninebot eKickscooter ZING

Jika Anda mencari skuter yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, sepertinya Anda mencari skuter yang satu ini. Produk ini cocok digunakan untuk anak usia 6-12 tahun.

Body skuter ini dibuat menggunakan bahan aluminium alloy yang daya tahannya tak perlu Anda ragukan. Rodanya yang terbuat dari karet, yang cocok untuk medan kurang rata. Produk ini dapat melaju dengan kecepatan mencapai 14 km/jam. Untuk keamanannya, skuter ini juga dilengkapi rem tangan dan kaki. Combo rem! Mantap, bukan?

Harga Rp. 4.000.000-9.000.000

Scooter Otopet Character

Anak Anda menyukai karakter Avengers seperti Captain America, Spiderman, atau Ironman? Pilihlah skuter anak dari LOZ Indonesia ini!

Skuter ini dibuat dari bahan plastik ABS yang kokoh, dan dapat menahan beban dengan kapasitas maksimal 40 kg. Skuter ini juga dilengkapi dengan musik dan lampu, sehingga membuatnya semakin menarik untuk digunakan. Skuter ini sangat cocok digunakan untuk anak usia 5 tahun ke atas.

Harga Rp. 250.000-400.000

Decathlon Oxelo Scooter Anak White Mint

Skuter roda tiga ini didesain dapat Anda gunakan untuk melatih perkembangan psikomotorik anak sejak usia 2 tahun. Skuter ini juga hadir dengan desain yang simpel dan fleksibel. Stangnya dapat disesuaikan untuk 4 posisi berbeda, dengan ukuran 80 hingga 120 cm.

Cocok digunakan untuk anak usia 2-5 tahun. Anak pun dapat bermain skuter dengan menyenangkan karena skuter ini dilengkapi dengan roda bercahaya. Ini akan memotivasi si kecil untuk terus menjalankan skuternya.

Harga Rp. 700.000-1.000.000

Notale Dolemi 5 in 1 Multifunctional Scooter

Anda bingung mau membeli balance bike atau skuter? Langsung saja masukkan produk ini ke dalam keranjang belanja Anda! Skuter yang satu ini dirancang dengan model yang bisa Anda ubah. Anda bisa membuatnya menjadi skuter roda dua atau roda tiga dengan mengatur roda belakangnya.

Anda juga bisa menjadikannya sepeda roda tiga yang dilengkapi pedal. Semua modenya dapat dialihkan dengan hanya memisahkan pedalnya. Hemat dan praktis, bukan?

Harga Rp. 800.000-1.200.000

Oxelo Mid 7 Scooter

Skuter roda dua yang satu ini dirancang untuk anak yang lebih besar, dengan rentang usia 6-12 tahun. Skuter ini dilengkapi suspensi tambahan agar penggunanya merasa lebih nyaman saat menggunakannya. Rem-nya terdapat di bagian belakang.

Skuter ini terbuat dari 100% structure steel dengan kemudi berbahan karet yang kuat, awet, namun juga ringan. Produk ini pun mampu menahan beban maksimal 100 kg. Skuter ini juga mudah dirawat dan diperbaiki jika mengalami kerusakan ringan dengan menggunakan suku cadang.

Harga Rp. 1.200.000-1.500.000
From our editorial team

Berikan Helm dan Pelindung Badan Untuk Keamanan Anak Saat Bermain Skuter

Bermain skuter memang menyenangkan, namun jangan lupa perhatikan juga aspek keamanan dan keselamatan anak. Pastikan anak selalu memakai helm serta pelindung untuk siku dan lututnya saat bermain skuter. Pilih skuter terbaik untuk anak hanya dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!

Tag