Bikin Anak Makin Lincah, Simak 8 Rekomendasi Sepeda Anak Laki-laki Usia 5 Tahun Ini! (2022)

Bikin Anak Makin Lincah, Simak 8 Rekomendasi Sepeda Anak Laki-laki Usia 5 Tahun Ini! (2022)

Usia 5 tahun kondisi anak sudah mulai bergerak lincah. Dia mulai senang bermain bersama teman-temannya. Salah satunya dengan bersepeda bersama. Berikut kami rekomendasikan merk sepeda terbaik untuk anak laki-laki usia 5 tahun. Selain itu, simak juga tips memilih sepeda untuk anak laki-laki.

Di Usia 5 Tahun, Anak Mulai Bergaul

Pada usia 5 tahun, anak sudah tidak seperti bayi lagi. Mereka memiliki perkembangan fisik yang pesat dan mampu mengeksplorasi sekelilingnya. Bahkan, di usia ini, anak sudah bisa meminta izin untuk bermain bersama temannya.

Tak jarang jika di usia ini juga sudah memiliki kemauan dan mengungkapkan keinginan mereka, termasuk keinginan untuk memiliki sepeda seperti teman-temannya. Sebelum menentukan pilihan akan membeli mana, simak dulu ya rekomendasi sepeda untuk anak usia 5 tahun ke atas dari BP Guide berikut ini!

Memilih Sepeda untuk Anak Laki-laki

Pilih Diameter Roda yang Sesuai

Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu diameter roda yang sesuai dengan tinggi si anakku. Anak laki-laki berusia 5 tahun umumnya memiliki tinggi badan 100-120 cm. Dengan tinggi badan sekitar itu, diameter roda sepeda yang cocok sekitar 18 inci. Namun, kadang beda pabrikan juga beda ukuran.

Beberapa pabrikan ada yang berukuran 16 inci untuk anak usia 5 tahun. Jika Anda ragu, ada baiknya konsultasikan pada penjualnya, apakah sepeda tersebut sesuai dengan usia anak. Hal ini bertujuan supaya anak juga nyaman saat mengendarai sepedanya.

Sesuaikan Model Sepeda

Banyak sekali model sepeda yang menjamur di pasaran. Tak hanya design dan warna, tapi juga modelnya yang unik. Beberapa model sepeda bahkan ada yang dapat digunakan untuk semua jenis kelamin (unisex). Model sepeda khusus untuk perempuan biasanya memiliki corak warna yang lebih girly dan dilengkapi keranjang di bagian depannya.

Sementara untuk anak laki-laki, biasanya model sepeda lebih terlihat gagah dan kuat. Sepeda anak laki-laki didominasi warna-warna seperti biru, hijau, hitam, dan kuning, juga karakter superhero yang tangguh.

Kelengkapan Standar (Kaki Penahan) Sepeda

Pada umumnya, sepeda anak masih memiliki roda samping yang berfungsi sebagai penyeimbang. Sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu apakah roda samping tersebut bisa diganti dengan standar (kaki penahan). Standar ini akan sangat memudahkan penyimpanan untuk kedepannya. Dengan standar, sepeda dapat berdiri sendiri, tanpa perlu disandarkan ke dinding atau pohon, yang berpotensi merusak tembok.

Jika sepeda yang akan Anda beli tidak dilengkapi standar, Anda dapat membelinya secara terpisah. Ada dua tipe standar sepeda anak, yaitu kickstand dan stationary stand. Tipe kickstand lebih diminati pasaran karena mudah cara penggunaannya. Namun, Anda bisa memilih mana yang cocok sesuai keinginan si anak.

Pilih yang Dapat Dilipat Atau Tidak

Banyaknya varian sepeda memang kadang bikin dilema saat menentukan pilihan. Untuk mengerucutkan pilihan, Anda bisa cek kembali kebutuhan dan kondisi, apakah Anda lebih butuh sepeda yang dapat dibawa bepergian atau sepeda yang hanya untuk dipakai harian di rumah. Yang perlu diingat, sepeda lipat atau pun sepeda standar masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Pada umumnya, sepeda lipat lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Terutama jika Anda suka traveling dan menaiki sepeda itu saat di tempat tujuan. Dari segi kecepatan dan stabilitasnya, sepeda lipat tentu kalah dengan sepeda standar.

Sebaliknya, jika Anda perlu sepeda yang punya kekuatan bagus, dan Tangguh saat di medan bergelombang, bahkan untuk berpetualang di bukit-bukit, Anda harus memilih sepeda standar dengan kerangka yang kuat. Biasanya, sepeda standar juga memiliki ban lebih besar dan gerigi lebih tajam. Jadi, pertimbangkan lagi kebutuhan Anda.

Rekomendasi Sepeda Anak Laki-laki Khusus di Atas 5 Tahun!

United BikeTank 18

Apakah si anak bercita-cita untuk menjadi tentara yang kuat? United Bike Tank 18'' salah satu rekomendasi sepeda anak laki-laki untuk anak Anda yang ingin menjadi tentara. Sepeda ini memiliki motif army yang sangat unik dan tentunya diminati anak.

Motif ini cukup jarang ada di pasaran, sehingga membuat sepeda ini terlihat keren dan gagah. Diameter rodanya pun sesuai sekali dengan anak laki-laki usia 5 tahun. Cocok sekali sebagai hadiah ulang tahun kelima lho! Langsung cek di marketplace ya!

Harga Rp. 1.600.000-1.700.000

Family Touring 2.0

Jika Anda ingin membeli sepeda anak laki-laki dengan diameter lebih kecil, Family Touring 2.0 merupakan pilihan tepat. Sepeda ini memiliki diameter roda 16", cocok untuk anak yang lebih suka sepeda kecil. Motifnya juga bermacam-macam.

Jagoan kecil Anda dapat memilih sesuai seleranya. Kelebihan sepeda ini adalah kerangkanya yang bisa dilipat, sehingga dapat dibawa ketika liburan, terutama jika Anda dan keluarga sering traveling ke luar kota. Ukurannya yang kecil pun menjadikannya simple dan muat di bagasi mobil. Sepeda anak laki-laki sudah tersedia di marketplace.

Harga Rp. 1.100.000-1.200.000

Atlantis Sparta

Rekomendasi satu ini memiliki harga cukup terjangkau, namun tentu saja dengan kualitas kerangka yang kokoh. Sepeda merk Atlantis tipe Sparta ini memiliki tiga kategori diameter, yaitu 12,16, dan 18. Sesuai kategori pabrik, untuk anak laki-laki usia 5 tahun memerlukan sepeda 16" karena kerangka dan ban pada sepeda ini tergolong jumbo.

Dilengkapi roda samping yang dapat menyala, membuat sepeda ini sangat menarik. Tempat botol yang simple di bagian belakang jok dapat diandalkan untuk menemani anak Anda bermain sepeda.

Harga Rp. 610.000-720.000

BMX Wimcycle Big Foot

Wimcycle sudah menjadi merek primadona bagi kebanyakan orang tua. Kualitasnya sudah terbukti bagus dan awet dipakai. Rekomendasi ini adalah Wimcycle Big Foot, yang terbuat dari bahan stainless steel kuat.

Sepeda anak laki-laki tipe Big Foot ini sangat cocok diandalkan untuk petualangan anak Anda, ditambah desain bannya yang keren bikin tampilan lebih tangguh. Wimcycle memiliki garansi resmi pabrik hingga 5 tahun.

Harga Rp. 900.000-1.500.000

Genio Loco by United

Untuk anak Anda yang menyukai sepeda dengan motif ramai, Genio Loco by United adalah jawabannya. Sepeda anak laki-laki ini memiliki banyak pilihan warna, seperti merah, orange, kuning, dan biru, dan bergambar kartun.

Meski tergolong sepeda dengan harga terjangkau, Genio Loco memiliki rangka besi yang tebal dan kuat. Di bawah jok juga dilengkapi spakbor yang dapat menghalau cipratan kotoran ke baju. Sepeda ini juga disertai penutup rantai yang full. Langsung cek aja di marketplace ya.

Harga Rp. 700.000-885.000

Sepeda Lipat Evergreen

Sepeda lipat satu ini bisa sebagai alternatif pilihan jangka panjang karena desainnya yang dapat disesuaikan. Sepeda anak laki-laki merek Evergreen bisa disesuaikan tinggi rendahnya sadel. Tak hanya itu, tiang setangnya pun juga dapat diatur sesuai kenyamanan.

Meskipun diameter rodanya 16", sepeda anak laki-laki untuk usia 5 tahun ini tetap bisa dipakai sampai dia tumbuh dewasa (berat maksimal 70kg), dengan diatur kembali sadel dan tiang setangnya sesuai kebutuhan. Kerangkanya pun kuat dan kokoh sehingga sangat aman digunakan.

Harga Rp. 900.000-1.000.000

BMX Clarion CL 8501

Rekomendasi ini merupakan sepeda anak laki-laki bertipe fatbike dengan ukuran 16". Sepeda ini memiliki rangka dan fork berbahan besi yang kokoh. Velg-nya sewarna dengan bagian rangkanya, yang membuat sepeda ini tampak keren untuk anak laki-laki.

Selain roda samping, juga dilengkapi spakbor agar baju anak terhindar dari cipratan kotor. Wadah rantainya berpenutup full sehingga lebih aman dan memperpanjang usia rantai. Bisa dikategorikan sebagai sepeda terjangkau namun kualitas premium.

Harga Rp. 750.000-800.000

Polygon Crosser 16

Polygon menjadi brand yang cukup ternama sejak dulu karena kualitas dan desainnya yang mampu bersaing dengan brand-brand lain. Polygon Crosser adalah sepeda yang sangat cocok untuk anak laki-laki yang simple karena warna dan desain sepeda ini sangat tidak mencolok.

Memiliki roda samping yang cukup kecil dan lengkap dengan penutup rantai full. Sepeda anak laki-laki dengan diameter roda 16" ini memiliki jenis rem caliper brake. Bobotnya, yang cukup ringan yakni 13,7 kg, tidak akan memberatkan si jagoan saat menggeser-geser sepedanya.

Harga Rp. 1.500.000-1.600.000

Pacific Batman

Sesuai namanya, sepeda Pacific Batman ini memiliki desain khas Batman. Pacific merupakan produk buatan Indonesia yang sudah teruji kualitasnya. Di bagian velg terdapat hiasan yang menyerupai sayap kelelawar. Juga di bagian depan (atas stang), juga dilengkapi tameng berbentuk sayap kelelawar.

Cocok sekali jika anak Anda memiliki tokoh idola Batman. Terdapat beberapa pilihan warna, namun hitam adalah warna favorit para pembeli.

Sepeda anak laki-laki ini punya beberapa kelebihan, seperti spakbornya yang panjang sehingga anak terhindar dari kotor, dan ban tipe besar yang bikin tampak gagah dan tetap nyaman saat melewati jalanan berlubang. Sangat direkomendasikan sebagai hadiah ulang tahun anak. Dijamin anak akan suka.

Harga Rp. 1.400.000-1.500.000
From our editorial team

Bersepeda Bersama Keluarga

Selain bersama teman-temannya, Anda juga bisa merencanakan bersepeda bersama anak. Hal ini bisa membuat anak senang dan mempererat hubungan anak dan orang tua melalui kegiatan yang menyenangkan. Tak perlu terlalu jauh cukup di sekitar komplek rumah bila memang si kecil masih belum mahir bersepeda.