Latih Keseimbangan Si Kecil dengan 10 Rekomendasi Sepeda Anak 2 Tahun Ini (2021)

Latih Keseimbangan Si Kecil dengan 10 Rekomendasi Sepeda Anak 2 Tahun Ini (2021)

Di usia 2 tahun, gerak anak sudah semakin aktif saja. Salurkan energi anak yang berlebih dengan aktivitas yang bermanfaat seperti bersepeda. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi sepeda untuk anak 2 tahun dalam berbagai harga dan model.

Di Usia 2 Tahun, Anak Sedang Aktif Bergerak

Anak mengalalmi tahapan tumbuh kembang yang berbeda-beda di setiap usia. Termasuk ketika ia menginjak tahun kedua kehidupannya. Si kecil pasti sedang aktif bergerak dan mengeksplorasi dunia sekitarnya.

Ini juga usia yang tepat bagi anak untuk belajar keseimbangan. Salah satu caranya adalah dengan sepeda. Untuk anak usia 2 tahun, sepeda yang cocok untuk mereka biasanya adalah sepeda roda tiga atau tricycle. Namun si kecil tetap memerlukan pengawasan selama bermain sepeda lho.

Buat Anda para orang tua yang ingin membelikan sepeda untuk anak berusia 2 tahun, simak rekomendasinya dalam artikel BP-Guide berikut ini ya!

Cara Memilih Sepeda Terbaik untuk Anak Usia 2 Tahun

Sesuaikan dengan Tahapan Tumbuh Kembangnya

Sepeda yang terbaik untuk anak tentu saja adalah sepeda yang sesuai dengan tahapan tumbuh kembang mereka. Perhatikan juga kemampuan si kecil. Misalnya apakah mereka sudah bisa menjaga keseimbangan tubuh mereka atau belum. Jika mereka masih belum mahir bersepeda, beri tambahan roda kecil hingga mereka sudah bisa mengayuh sepeda roda dua sendiri.

Periksa Sistem Pengereman Sepeda

Tidak semua sepeda anak 2 tahun dilengkapi dengan rem lho. Oleh karena itu, ini menjadi aspek penting yang harus diperhatikan ketika Anda akan membelikan sepeda pertama si kecil. Ada tidaknya rem pada sepeda harus disesuaikan dengan kemampuan koordinasi gerakan tubuh mereka. Jika si kecil masih kesulitan untuk mengerem, maka pilih sepeda tanpa rem namun tetap awasi ketika mereka sedang bermain sepeda.

Utamakan Rangka Sepeda yang Ringan

Cari tahu jenis rangka pembuat sepeda ketika Anda memilih sepeda untuk anak. Kerangka yang ringan adalah pilihan terbaik karena lebih mudah untuk dikayuh. Jika anak mengayuh sepeda yang berat, maka ia pun akan lebih cepat merasa lelah.

Pilihan rangka yang ringan antara lain adalah titanium dan aluminium. Tidak hanya itu, pastikan komponen lain seperti roda dan pedal juga ringan.

Periksa Adanya Fitur Tambahan

Fitur tambahan yang ada pada sepeda sebaiknya semakin menambah kenyamanan dan keamanan anak ketika mengendarainya. Misalnya seperti pelindung pada bagian rantai hingga bisa atau tidaknya sepeda dilipat agar mudah ketika dibawa bepergian. Keberadaan fitur ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak juga.

Pilih Sepeda yang Sesuai Postur Anak

Di usia 2 tahun, tentu saja tubuh anak belum terlalu tinggi. Jadi pastikan Anda tidak membelikan sepeda yang terlalu besar hingga sulit untuk dinaiki si kecil. Ukuran sepeda yang ideal untuk anak berusia 2 tahun adalah 12 inci. Dengan ukuran sepeda yang pas, maka anak akan semakin senang dan bersemangat untuk belajar mengendarainya.

Tahapan Perkembangan Anak di Usia 2 Tahun

Perkembangan Fisik

Di usia 2 tahun, perkembangan fisik anak juga sangat pesat karena gerak mereka yang semakin aktif. Anak juga cenderung suka berlari-lari di usia ini. Gigi anak biasanya sudah berjumlah belasan. Umumnya anak sudah memiliki 16 buah gigi, namun jumlahnya sangat bervariasi dan tidak sama antara satu anak dengan yang lain. Sementara untuk tinggi badan biasanya berkisar antara 84-89 cm dengan berat 10-13 kilogram.

Perkembangan Sensorik dan Kognitif

Kosakata anak juga mengalami peningkatan pesat. Mereka sudah bisa menggabungkan 2 sampai 3 kata dengan total perbendaharaan kata mencapai 100 hingga 300 kata. Anak juga sudah bisa mengomunikasikan kebutuhan mereka kepada orang tua. Misalnya ketika mereka merasa lapar, haus, atau sedang ingin ke toilet. Orang tua sebaiknya berperan aktif untuk mengenalkan benda atau kata-kata baru kepada anak di usia ini.

Perkembangan Motorik

Perkembangan motorik anak di usia 2 tahun berkaitan erat dengan keseimbangan tubuhnya. Koordinasi antara anggota tubuh menjadi semakin baik dan anak semakin suka untuk berlari. Membelikan sepeda untuk mereka menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk melatih keseimbangan tubuh anak.

Rekomendasi Sepeda Khusus untuk Menunjang Perkembangan Anak di Usia 2 Tahun

Land Rover Tricycle

Land Rover Tricycle adalah balance bike dengan roda tiga yang cocok sebagai sepeda pertama si kecil. Dengan roda berjumlah 3, sepeda ini bisa digunakan untuk melatih keseimbangan tubuh anak sebelum ia berlatih dengan sepeda roda dua.

Sepeda ini dilengkapi dengan pedal yang bisa dikayuh oleh si kecil. Ukuran roda ini sangat mungil yaitu hanya 10 inci saja, bisa dipakai oleh anak mulai usia 2 sampai 5 tahun. Kerangka sepeda terbuat dari bahan carbon steel yang kuat dan ringan.

Pilihan warnanya yang cerah pasti juga sangat disukai oleh anak. Ada perpaduan merah dan hitam serta tectonic grey dan rush orange.

Harga Rp. 1.500.000-2.500.000

Thrill Push Bike

Sepeda dorong atau push bike adalah jenis sepeda lain yang cocok untuk anak berusia 2 tahun. Thrill Push Bike menjadi produk terbaik yang direkomendasikan buat Anda. Sepeda dorong ini sangat baik untuk melatih keseimbangan anak.

Kerangka sepeda ini terbuat dari bahan alloy pilihan yang kuat dan ringan, sehingga si kecil tidak mudah lelah. Dilengkapi juga dengan pedal rem serta gagang tebal yang nyaman digenggam oleh anak. Push bike mungil ini tersedia dalam 5 pilihan warna menarik yaitu hitam, oranye, kuning, merah muda, dan hijau.

Harga Rp. 1.200.000-2.300.000

PACIFIC Doraemon 12"

Sepeda untuk anak-anak biasanya hadir dalam pilihan warna yang cerah berhiaskan motif tokoh kartun kesukaan mereka. Contohnya seperti PACIFIC Doraemon 12" ini, yang motifnya sangat menarik buat si kecil.

Sepeda dengan pilihan warna biru, merah muda, merah, dan hijau ini mengusung tema Doraemon, robot pintar dari masa depan yang digemari oleh si kecil. Sepeda ini cocok bagi anak berusia 2 tahun yang sudah memiliki keseimbangan tubuh baik. Tersedia pula 2 roda bantuan buat si kecil yang belum lancar bersepeda.

Harga Rp. 1.200.000-2.000.000

Uonibaby 4-in-1 Trike

Mau sepeda yang lebih dari sekadar sepeda? Uonibaby 4-in-1 Trike bisa dijadikan pilihan nih buat Anda. Tidak tanggung-tanggung, sepeda ini bisa diubah menjadi 4 model berbeda sesuai dengan kebutuhan. Produk ini juga sangat awet karena bisa digunakan oleh anak mulai dari usia 1 sampai 5 tahun.

Anda bisa mengubah produk ini menjadi balance bike roda tiga, roda dua, sepeda roda tiga yang dilengkapi pedal, atau sepeda roda tiga dengan dorongan. Sepeda ini juga dapat dilipat sehingga semakin mudah saat dibawa bepergian.

Kerangka pembuat sepeda ini adalah carbon steel yang ringan, nyaman, dan sangat mudah untuk dikayuh. Sepeda ini juga tersedia dalam tiga warna pilihan yaitu merah, biru, dan kuning.

Harga Rp. 1.200.000-3.000.000

Yoe Yoe Sepeda Anak Roda Tiga

Ada atau tidaknya sandaran pada sadel sepeda anak harus diperhatikan juga lho. Hal ini untuk mengantisipasi jika anak lelah atau lupa bersandar ke belakang, sehingga sandaran ini lebih aman bagi mereka.

Yoe Yoe Sepeda Anak Roda Tiga adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Sepeda ini dirancang khusus untuk anak berusia 2 tahun ke atas. Tinggi sepeda hanya 65,5 cm saja, sehingga mudah untuk mereka kendalikan. Ketiga roda pada sepeda ini didesain sangat kokoh dan seimbang.

Pilihan warna untuk sepeda ini juga cukup beragam. Ada silver, merah, biru, ungu, dan oranye.

Harga Rp. 300.000-500.000

Xiaomi BEBEHOO 5 In 1 Multifunctional Deformation Kids Scooter

Merek asal Cina, Xiaomi, tidak hentinya mengeluarkan inovasi baru untuk produk mereka. Seperti Xiaomi BEBEHOO 5 In 1 Multifunctional Deformation Kids Scooter ini. Produk berkualitas ini bisa diubah menjadi beberapa model kendaraan berbeda yaitu sepeda roda tiga, roda dua, dan scooter.

Sepeda ini dirancang khusus untuk anak usia 2 sampai 6 tahun. Untuk dua bersaudara, sepeda ini juga bisa dipakai secara bersamaan. Keunggulan lain dari sepeda ini adalah mudah dilipat dan mudah dibawa bepergian.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

London Taxi Kickbike

Jika Anda mencari sepeda yang ringan untuk si kecil, maka London Taxi Kickbike bisa jadi rekomendasi yang tepat buat Anda. Bayangkan saja, bobot sepeda ini hanya 2,9 kilogram saja. Ini membuat sepeda ini juga mudah dibawa saja ke mana Anda pergi.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah sadel yang ketinggiannya bisa diatur sesuai dengan postur tubuh anak. Namun yang perlu diperhatikan adalah sepeda ini merupakan kickbike dan pushbike tanpa pedal dan tanpa rem. Pilihan warna yang tersediaa dalah biru tua, hijau, putih, kuning, merah muda, dan merah. Anak berusia 2-5 tahun bisa memakai sepeda ini.

Harga Rp. 1.500.000-3.000.000

Weeride Balance Bike

Melatih keseimbangan tubuh anak bisa dilakukan ketika usianya mencapai 2 tahun. Pilih sepeda yang tepat agar tumbuh kembang anak menjadi semakin maksimal. Weeride Balance Bike merupakan pilihan yang tepat untuk menyalurkan energi anak yang berlebih.

Sepeda ini dirancang khusus untuk si kecil mulai usia 2 tahun sampai 5 tahun. Sepeda ini juga merupakan pushbike tanpa pedal, sehingga bisa dijadikan sarana belajar sebelum anak mengayuh sepeda dengan pedal. Rangka sepeda ini sangat ringan sehingga semakin mudah untuk melaju dan dikendalikan si kecil.

Harga Rp. 800.000-1.300.000

Polygon ALICE12

Sepeda yang ideal untuk anak berusia 2 tahun adalah sepeda yang rodanya berukuran 12 inci. Seperti rekomendasi produk yang satu ini, Polygon ALICE12.

Sepeda ini hadir dengan desain yang girly untuk anak-anak perempuan. Belum lagi rangkanya yang terbaut dari baja yang tahan lama dan antikarat. Selain itu, terdapat sepasang roda tambahan di bagian belakang yang bisa dijadikan sarana belajar untuk anak. Di bagian sepeda juga dilengkapi dengan keranjang untuk menaruh barang. Sepeda ini juga sudah dilengkapi dengan rem plastik yang pakem.

Harga Rp. 1.500.000-2.000.000

Doona Liki Trike S5

Terakhir ada rekomendasi Doona Liki Trike S5 yang harganya memang lebih mahal dibandingkan sepeda anak kebanyakan. Namun dengan semua keunggulan yang ditawarkan, harga tersebut jelas sepadan. Sepeda ini sangat cocok buat orang tua yang suka mengajak anak traveling.

Sepeda roda tiga ini dilengkapi dengan sandaran duduk yang tinggi, kanopi untuk melindungi anak dari panas, serta pegangan untuk dorongan orang tua. Doona Liki Trike S5 juga dilengkapi dengan pedal yang bisa dikayuh oleh si kecil.

Harga Rp. 4.000.000-8.000.000
From our editorial team

Perhatikan juga Perawatan Sepeda Biar Tetap Awet

Rekomendasi sepeda anak 2 tahun dari BP-Guide di atas memang sangat menarik sekali bukan? Tapi bukan hanya memberikan sepeda terbaik saja lho yang penting. Perawatan sepeda juga harus diperhatikan agar tetap awet dan bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Tag