8 Rekomendasi Sepeda Lipat Anak yang Nyaman Digunakan (2021)

8 Rekomendasi Sepeda Lipat Anak yang Nyaman Digunakan (2021)

Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan. Anak bisa melepas stres sembari berolahraga. Mereka bisa melihat pemandangan lingkungan sekitar. Selain itu, mereka juga bisa lebih aktif di luar ruangan ketimbang hanya di dalam ruangan bermain gadget. Yuk, intip rekomendasi sepeda lipat untuk anak di bawah!

Ajak Buah Hati Ngabuburit Sambil Bersepeda

Bulan puasa ini sebaiknya kita manfaatkan sebaik mungkin. Untuk Anda yang memiliki waktu senggang di sore hari, Anda bisa mengajak buah hati untuk ngabuburit bersama. Selama ngabuburit, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan bersama anak.

Olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan meski sedang berpuasa. Agar tubuh tetap bugar dan tidak mudah sakit selama puasa, tubuh harus tetap aktif bergerak. Bersepeda bisa menjadi olahraga ringan yang menyenangkan. Selain bisa membuat tubuh tetap bugar, kegiatan ini juga bisa membuat anak menikmati saat ngabuburit hingga waktu berbuka tiba.

Bersepeda bersama anak bisa melatih keberanian dan juga kepercayaan diri mereka. Anak bisa mengayuh sepedanya sendiri mengikuti orangtuanya. Anak akan merasa lebih berani untuk menjalankan sepedanya sendiri dan bersepeda lebih jauh dari area biasanya. Ia akan lebih mengenal lingkungan sekitarnya.

Bersepeda juga akan mengasah kemampuan anak untuk mempelajari dan mengenal arah. Anda bisa mengajaknya berkeliling dan menjelajah area yang sedikit lebih jauh. Ini tentu seru untuk dilakukan bersama buah hati.

Ketika bersepeda, anak juga akan belajar melatih konsentrasinya. Ini karena ketika bersepeda, anak akan menggunakan mata, tangan, dan kaki secara bersamaan. Anak akan berusaha mengkoordinasikan bagian-bagian tubuhnya agar bisa bersepeda dengan lancar.

Bersepeda juga bisa mengajarkan anak untuk bersosialisasi. Ketika bersepeda bersama anak, tak jarang Anda dan buah hati juga bertemu dengan teman-teman sebaya anak atau para tetangga. Ajarkan anak untuk selalu sopan dan ramah terhadap siapa saja yang ditemui. Dengan begini kehidupan sosial anak akan lebih baik dan lebih menyenangkan.

Begitu banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan bersepeda. Maka dari itu, tak ada salahnya Anda mempertimbangkan membeli sepeda untuk buah hati. Intip dulu tips memilih sepeda untuk anak di bawah ini!

Tips Memilih Sepeda untuk Anak

Beli di Toko Tepercaya

Usahakan untuk membeli sepeda di toko yang sudah tepercaya. Anda bisa mendatanginya bersama buah hati untuk memilih dan membeli langsung sepeda di sana. Toko sepeda yang bagus tentunya bisa menyarankan sepeda yang tepat untuk dipakai anak. Selain itu, toko sepeda yang tepercaya juga pastinya menjual sepeda berkualitas bagus sehingga Anda tidak rugi membelinya di sana.

Jika membeli secara online, Anda bisa mengecek dulu reputasi toko sepedanya. Jika penjualnya tersertifikasi bagus, maka Anda bisa melihat review pembelinya juga. Jika review pembeli juga bagus maka Anda bisa memilih dengan nyaman dan tenang dari toko sepeda tersebut. Pastikan juga toko online tersebut memiliki jaminan pengembalian dana jika barang tidak kunjung tiba atau jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Pilih Ukuran Sesuai Usia

Ukuran sepeda wajib dipilih sesuai dengan usia anak. Ukuran di sini mengacu pada ukuran roda sepedanya. Umumnya, sepeda anak memiliki ban antara ukuran 12 inci, 14 inci, 16 inci, 18 inci, 20 inci, dan 24 inci. Misalnya untuk anak usia 3 tahun, Anda bisa memilih sepeda dengan roda diameter 12 inci, sementara untuk anak usia 4 tahun, Anda bisa pilih yang ukuran ban sepedanya 14 inci. Makin besar anak, makin besar sebaiknya ukuran diameter roda sepedanya.

Cek Remnya

Keamanan anak saat bersepeda wajib diperhatikan. Anda sebagai orangtua tentu tak ingin si kecil terluka saat bersepeda. Maka dari itu periksa bagian-bagian sepeda dengan seksama. Salah satunya adalah bagian remnya. Pastikan bagian rem mudah dikendalikan anak. Jika buah hati Anda tak kesulitan menarik remnya, maka bisa dipastikan sepedanya aman digunakan.
Pilih tuas rem yang sekiranya cocok dengan tangannya. Sebaiknya tidak memilih sepeda dengan rem coaster. Ini karena rem coaster kurang cocok untuk anak-anak yang baru belajar sepeda.

Pilih yang Ringan

Pilih sepeda dengan bahan yang ringan. Sepeda dengan bahan ringan membuat anak jadi lebih mudah mengendalikan sepedanya. Dengan sepeda yang ringan maka anak lebih mudah untuk bermanuver dan ia tak cepat lelah meski mengayuh sepeda cukup jauh.

Bobot sepeda biasanya ditentukan dari bahan rangkanya. Jika rangkanya dominan aluminium atau titanium maka bobot sepeda cenderung lebih ringan. Namun ada juga yang rangkanya baja namun komponen lainnya ringan sehingga sepedanya terbilang ringan.

Sepeda Lipat Cocok Jadi Pilihan untuk Anak

Ada banyak sepeda anak yang ada di pasaran. Anda bisa memilih sesuai preferensi anak. Namun tak ada salahnya juga jika Anda memberikan sepeda lipat untuk buah hati Anda. Sepeda yang satu ini memiliki keunikan dari segi desain karena bisa dilipat.

Sepeda lipat terbilang praktis jika dibanding sepeda biasa. Anda bisa melipatnya jadi kecil sehingga mudah dibawa kemana saja. Semisal Anda dan buah hati hendak bersepeda ke daerah tertentu yang agak jauh, maka Anda bisa melipat sepedanya dan dimasukkan ke dalam bagasi mobil atau membawanya ke dalam bus atau kereta.

Karena bisa dilipat, tentu saja sepeda ini terbilang sangat hemat tempat. Tak butuh banyak ruang untuk menyimpannya. Anda bebas meletakkan di sudut ruangan rumah Ini cocok juga untuk Anda yang tinggal di perumahan ukuran kecil karena sepeda lipat tak butuh ruang luas.

Sepeda lipat juga terkesan lebih kekinian. Anak pasti akan lebih bersemangat saat memakainya untuk berolahraga. Desainnya yang trendi dan stylish bikin anak makin percaya diri memakainya. Pilih saja warna favorit anak agar ia makin bersemngat saat memakainya.

Intip Yuk, Rekomendasi Sepeda Lipat Anak yang Seru untuk Buah Hati

Pacific 2990 HT-V 16

Pacific 2990 HT-V 16 merupakan rekomendasi pertama kami untuk buah hati Anda. Sepeda lipat ini memiliki roda ukuran 16 inci. Ini cocok untuk anak usia Sekolah Dasar. Sepeda dilengkapi sadel dan setang yang bisa diatur posisi tinggi rendahnya sesuai ukuran tinggi dan kenyamanan anak. Dengan begini, anak jadi lebih mudah mengendarai sepedanya.

Ada gear system Shimano 7 speed sehingga anak bebas mengatur kecepatannya. Produk yang satu ini hadir dalam 4 pilihan warna yang menarik. Anak bisa memilih sendiri warna favoritnya. Sayangnya, sepeda ini sedikit berat kerangkanya. Namun hal itu juga membuat sepedanya tahan lama digunakan.

Harga Rp. 3.413.000-4.883.000

United Trifold 3S Sepeda Lipat 16 Inci

United Trifold 3S Sepeda Lipat 16 Inci hadir dengan bagian pegangan yang ergonomis dan nyaman digenggam tangan anak. Si kecil jadi nyaman bersepeda dengan jarak jauh sekali pun. Bahan sepedanya kokoh dan kuat sehingga tahan lama digunakan. Rangka dan pedalnya berbahan alloy ringan sehingga anak mudah mengendarainya. Produk ini telah melalui quality control ketat saat proses produksi jadi lebih aman digunakan.


Sepeda ini hadir dengan ban yang ukurannya cocok untuk anak usia Sekolah Dasar. Ada 3 pilihan kecepatan yang dihadirkan. Pengoper gigi pada sepeda memakai Revoshifter yang mudah dipindahkan. Sepedanya mampu menghadapi medan tanjakan maupun jalan yang tak rata sekali pun. Produk ini nyaman dikendarai karena memiliki fleksibilitas yang bagus.

Harga Rp. 6.300.000-9.735.000

Family Violet

Family Violet merupakan sepeda lipat yang keren untuk anak perempuan. Sepeda ini tak banyak makan tempat. Desainnya unik dan cantik pastinya bikin anak makin semangat memakainya. Sepeda ini cocok untuk anak usia 4 hingga 10 tahun. Produk ini dijual satu set dengan roda tambahan jadi bisa digunakan pada anak yang baru belajar mengendarai sepeda. Sepeda ini tak dilengkapi dengan gear system sehingga hanya memiliki single speed. Kendati demikian, sepedanya nyaman untuk digunakan bersepeda di sekeliling area rumah.

Harga Rp. 1.050.000-1.235.000

United Stylo 16

United Stylo 16 Sepeda Lipat bisa dipakai anak yang sudah mulai mahir mengendarai sepeda. Produk ini bisa digunakan anak usia Sekolah Dasar. Ini cocok dipakai ke sekolah atau bermain ke rumah teman di sekitar rumahnya. Ban sepeda hadir dengan ukuran diameter 16 inci. Desainnya unik karena ada batang frame tengah yang melengkung seperti huruf S. Produk ini mudah disimpan dan juga mudah untuk dibawa bepergian.

Harga Rp. 1.977.000-2.790.000

United Genio Click Sepeda Lipat Anak 16 Inci

United Genio Click Sepeda Lipat Anak 16 Inci memiliki desain stripping yang keren dan tentu banyak disukai anak. Sepeda lipat ini hadir dengan harga yang terjangkau. Meski terjangkau, namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Sepeda ini bisa dipakai anak ke sekolah, bermain bersama teman, atau ngabuburit bersama Anda. Rangkanya dari besi sehingga sepedanya agak berat. Kendati demikian, sepedanya kokoh dan tahan banting sehingga bisa dipakai dalam waktu lama.

Produk ini dilengkapi dengan sistem rem yang sederhana dan mudah dikendalikan. Pembuatan sepeda sudah sesuai SNI jadi sepedanya aman untuk anak-anak. Sayangnya, sepedanya hanya memiliki single speed sehingga anak bisa cepat lelah saat mengendarainya dalam waktu lama.

Harga Rp. 2.457.000

Odessy ATX16 City Edge

Odessy ATX16 City Edge memiliki desain keren yang stylish. Bagian kerangkanya lebih kokoh dan tampak cerah. Ini membuatnya sangat menarik di mata anak-anak. Sepeda ini juga cocok untuk remaja. Produk ini mudah dikendarai dan tak akan membuat pegal karena sepedanya ringan. Ada busa yang tebal dengan per di bagian bawah sehingga bikin anak nyaman mengendarainya. Sepeda ini mudah dilipat dan Anda bisa membawanya kemana saja saat liburan bersama anak.

Harga Rp. 1.011.000-1.822.000

Sepeda Lipat Anak Exotic

Sepeda Lipat Anak Exotic bisa digunakan anak laki-laki dan juga perempuan. Warna sepedanya netral sehingga tetap keren dikenakan siapa saja. Bahan kerangka sepeda dari baja yang kokoh dan tahan lama. Sepeda ini memiliki boncengan di bagian belakang. Produk ini lengkap juga dengan pelindung rantai jadi anak lebih aman memakainya tanpa takut tergores rantai sepeda. Anda bisa membawanya kemana saja dengan mudah karena sepeda juga sangat mudah dilipat tanpa ribet.

Harga Rp. 2.149.000-2.254.000

Erminio 613

Erminio 613 merupakan rekomendasi terakhir dari kami. Sepeda yang satu ini pas untuk yang memiliki bujet terbatas. Produk ini bisa dipakai anak usia 4 hingga 6 tahun. Ada boncengan di bagian belakang. Sepeda ini hadir dengan busa tebal pada sadelnya sehingga nyaman diduduki dalam waktu lama. Dilengkapi pula dengan sepatbor pada roda depan dan belakang.

Harga Rp. 781.000-1.190.000
From our editorial team

Pastikan Anak Selalu Aman Bersepeda

Olahraga apa saja harus memperhatikan faktor keselamatan. Begitu juga dengan bersepeda. Meski Anda mendampinginya bersepeda, tetap Anda harus memantau keamanan dan keselamatan anak. Pastikan anak memakai helm pengaman, utamanya jika anak baru belajar sepeda. Selain itu, pastikan ia bersepeda pada area yang ditentukan saja misalnya hanya sekitar satu gang perumahan saja. Pastikan juga anak selalu pamit sebelum bersepeda sendirian, agar Anda bisa memantaunya dan memastikan keamanannya.

Tag