Hibur Diri di Masa Pandemi dengan 10 Rekomendasi Skuter Listrik yang Asyik Dimainkan Ini (2020)

Hibur Diri di Masa Pandemi dengan 10 Rekomendasi Skuter Listrik yang Asyik Dimainkan Ini (2020)

Menjalani hidup di masa pandemi tentu sangat melelahkan, bukan? Hibur dirimu dengan memainkan skuter listrik rekomendasi BP-Guide dalam artikel ini ya! Tidak hanya sekadar untuk bersenang-senang, skuter listrik juga bisa menjadi alternatif transportasi jarak dekat, lho.

Skuter Listrik Sudah Ada Sejak Awal 1900-an

Sumber gambar linkedin.com

Ketika kamu mendengar kata skuter, apa yang terbayang di pikiran? Skuter bukan sekadar alat bermain untuk menghibur diri, tetapi juga dapat digunakan sebagai alternatif transportasi hingga alat untuk olahraga ringan lho. Perbedaan skuter listrik dengan skuter lainnya adalah 100% penggunaan tenaga listrik hingga tidak menimbulkan asap dan suara bising.

Menengok sejarahnya, skuter listrik sudah ada sejak tahun 1900-an lho. Perusahaan bernama Ajak Motor Vehicle yang bermarkas di New York City menjadi yang pertama memproduksi skuter elektrik atau skuter listrik. Penciptaan skuter bertenaga listrik ini terus dikembangkan hingga pertengahan 1920-an. Skuter listrik yang paling modern baru diciptakan sekitar tahun 1960-an hingga 1970-an dan terus dikembangan hingga kini.

Keunggulan skuter listrik adalah hemat tenaga, berukuran lebih kecil sehingga mudah disimpan, dapat dilipat, dan ramah lingkungan. Tetapi kamu juga harus mengetahui kekurangan dari skuter ini. Misalnya kecepatan yang terbatas hanya 40 km/jam saja, daya baterai yang harus diisi ulang setelah menempuh jarak tertentu, dan daya baterai yang mudah menurun ketika cuaca dingin.

Manfaat Skuter Listrik untuk Kesehatan

Melatih Kekuatan

Lebih dari sekadar kegiatan yang sifatnya adalah hiburan, skuter listrik dapat menguatkan otot tubuh di area-area tertentu. Sebut saja seperti perut, panggul, dan punggung yang banyak digunakan ketika kamu sedang mengendarai skuter.

Dengan demikian, skuter bisa mencegah dan meredakan sakit punggung. Kamu pun akan merasakan kekuatan tubuh bagian atas semakin meningkat setelah rutin bermain skuter.

Meningkatkan Keseimbangan

Keseimbangan tubuh tidak boleh dianggap remeh. Hal ini berpengaruh pada kecekatan dan ketangkasan kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Mulai dari kegiatan kecil seperti berjalan, berlari, dan masih banyak lagi. Semakin baik keseimbangan tubuh, maka semakin baik pula gerakan tubuh.

Dengan mengendarai skuter listrik, kamu bisa melatih keseimbangan tubuh. Mengingat kegiatan ini juga menyenangkan, jadi tidak akan terasa berat juga bukan? Sebagai alat transportasi, diperlukan keseimbangan tubuh yang baik untuk mengendalikannya.

Menciptakan Lingkungan yang Ramah

Seperti yang sudah dijelaskan, skuter listrik tidak menimbulkan suara dan tidak mengeluarkan asap sehingga lebih ramah lingkungan. Kamu yang menggunakan skuter ini juga bisa mendapatkan udara yang lebih bersih dan sehat. Hal ini sangat baik buat kamu yang sering berkutat dengan asap dan berbagai polusi udara setiap harinya.

Sebagai Olahraga Ringan

Olahraga tidak melulu harus berat dan menguras tenaga. Skuter listrik bisa menjadi alternatif untuk melakukan olahraga ringan, namun terasa dampaknya bagi tubuh. Apalagi jika yang kamu gunakan adalah skuter listrik.

Skuter listrik relatif lebih ringan karena menggunakan tenaga listrik. Cocok banget buat kamu yang malas berolahraga lho. Yuk, mulai dengan olahraga ringan nan menyenangkan ini.

Transportasi Alternatif untuk Jarak Dekat Hingga Sedang

Skuter bukan sekadar permainan, tetapi bisa digunakan sebagai alternatif kendaraan untuk jarak dekat hingga sedang. Dengan demikian, kamu memaksa tubuhmu untuk sedikit aktif bergerak yang dampaknya akan baik bagi kesehatan.

Di luar negeri, skuter listrik banyak digunakan sebagai kendaraan. Jika kamu selama ini sering mengendarai mobil atau transportasi umum, cobalah beralih ke skuter listrik untuk menempuh jarak yang lebih dekat.

Tips Penting Saat Membeli Skuter Listrik

Hitung Bujet yang Dimiliki

Sebelum kamu memutuskan ingin membeli skuter listrik, tentukan dulu berapa bujet yang kamu sediakan untuk membeli skuter. Setelah itu, cari skuter listrik terbaik pada kisaran harga yang kamu sanggupi.

Tetapi kamu juga harus menyadari bahwa semakin rendah bujet yang kamu sediakan, maka semakin terbatas pula fitur yang kamu dapatkan. Namun skuter listrik yang harganya mahal juga belum tentu sesuai dengan kebutuhanmu lho.

Sesuaikan dengan Fungsi dan Kebutuhan

Jika kamu masih bingung menentukan skuter listrik yang paling pas buatmu, maka tanyakan dulu pada dirimu untuk apa kamu ingin membeli skuter listrik. Apakah kamu ingin sekadar bersenang-senang? Atau untuk kebutuhan transportasi? Pikirkan juga bagaimana medan yang akan dilalui. Apakah jalannya mulus atau penuh dengan lubang.

Setelah kamu berhasil menjawab semua pertanyaan itu, kamu akan tahu skuter seperti apa yang kamu butuhkan. Tidak semua orang membutuhkan skuter mahal, jadi jangan berpatokan bahwa skuter mahal selalu yang terbaik ya!

Utamakan Faktor Keselamatan

Ini dia nih yang paling penting. Kamu harus memastikan skuter yang kamu gunakan dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik. Hal ini meliputi pengereman dan lampu yang bisa menyala di malam hari. Skuter listrik yang baik adalah yang memiliki sistem hidrolik. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa skuter listrik dengan sistem hidrolik lebih mahal harganya.

Selain sistem keamanan bawaan dari skuter, kamu juga harus melengkapi peralatanmu sendiri. Misalnya dengan memakai helm, pelindung siku, dan pelindung lutut ketika mengendarai skuter.

Rekomendasi Skuter Listrik untuk Menghibur Diri di Masa Pandemi

Segway Ninebot ES2 Electric Scooter

Segway Ninebot ES2 Electric Scooter dideskripsikan sebagai cara yang pintar dan efisien untuk bepergian. Tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga, kamu bisa memacu skuter dengan kecepatan yang stabil dengan memanfaatkan fungsi kontrol. Ban depan dan belakang dibekali Wheel Shock Absorption yang memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara.

Rem elektrik pada skuter ini memberikan pengereman yang sangat pas dan mampu menjamin keselamatan. Fitur Easy One Push Folding System memungkinkan skuter ini untuk bisa dilipat dalam waktu singkat saja. Total berat skuter ini hanya 12.5 kg saja sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Daya penuh baterai skuter bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 25 km dengan kecepatan maksimum 25 km per jam. LED Display pada skuter menunjukkan kecepatan berkendara, koneksi Bluetooth, mode power, dan tingkat baterai yang tersisa.

Harga Rp. 4.800.000-7.000.000

CHAMPS Electric Scooter 6 inch

Bukan sekadar mainan, skuter listrik adalah alternatif untuk menempuh perjalanan pendek sekaligus olahraga ringan untuk tubuh. CHAMPS Electric Scooter 6 inch dengan berat total 9 kg bisa jadi alternatif yang tepat. Jarak tempuh skuter mencapai 12 km dengan maksimal kecepatan 20 km per jam. Waktu pengisian ulang dayanya hanya 3 jam saja.

Skuter ini dapat menanggung berat pengguna maksimal 100 kg. Ukuran roda yang hanya 6 inci membuat skuter ini sangat mudah dan nyaman untuk dikendarai. Ketika selesai digunakan, bisa dilipat hingga ukuran mini, sehingga kamu bisa membawanya ke mana saja kamu pergi. Desain speedometer menggunakan LED, memberikan kesan yang lebih elegan dan modern.

Harga Rp. 5.000.000-8.000.000

TaffSPORT Folding Powerful Skuter Elektrik ES2

Mengendarai skuter kini semakin mudah dan nyaman dengan skuter listrik. Rasanya seperti mengendarai sepeda motor dengan sensasi berbeda. Kamu bisa mendapatkan keseruan ini dengan TaffSPORT Folding Powerful Skuter Elektrik ES2.

Fitur yang ditawarkan oleh skuter ini adalah High Tech Motor yang bisa dipacu hingga 25 km per jam dan High Power dengan tenaga besar mencapai 480 watt, mampu menaiki tanjakan hingga kemiringan 15 derajat. Baterai dengan kapastitas 24V 6.6 ah mampu menempuh jarak 20-30 km dengan waktu pengisian daya selama 2 jam saja.

Karena termasuk foldable skuter, maka kamu bisa melipatnya saat tidak digunakan. Mudah disimpan di dalam mobil tanpa memakan banyak tempat.

Harga Rp. 1.200.000-2.800.000

TECH Street Motion 6.5 Skuter Elektrik

TECH Street Motion 6.5 Skuter Elektrik menawarkan sederet fitur yang canggih. Skuter elektrik ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 20 km per jam. Cocok untuk digunakan berkeliling tempat yang luas seperti kantor atau sekolah. Lampu dan layar digital membuat tampilan skuter ini makin keren.

Kekuatan motor pada skuter ini cukup besar yaitu 250 watt dan mampu menahan beban pengendara hingga 100 kg. Kapasitas baterai yang sangat besar yaitu 4400 mAh mampu menempuh jarak sampai 15 km dengan waktu pengisian yang dibutuhkan hanya 3 jam saja.

Fitur foldable memungkinkan skuter ini untuk dapat dilipat dengan mudah dan cepat. Berat skuter juga hanya 9,5 kg sehingga dapat dibawa kemana pun kamu pergi. Skuter juga sudah dilengkapi dengan sistem pengereman elektrik yang menjamin keamanan dan kenyamanan pengendara. Roda dengan tipe solid non angin ini dibuat tahan guncangan pada jalan yang kurang mulus.

Harga Rp. 2.300.000-5.800.000

TOMOLOO L1 FOLDING ELECTRIC SCOOTER BIKE

Rekomendasi selanjutnya adalah TOMOLOO L1 FOLDING ELECTRIC SCOOTER BIKE. Skuter ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari atau untuk sekadar bersenang-senang saja. Dibekali dengan motor berkekuatan 250 watt dengan dukungan baterai 36V 7.5Ah yang dapat menempuh jarak hingga 30 km.

Kecepatan maksimum skuter ini adalah 24 km dengan 3 mode kecepatan berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ban depan dan belakang dibuat dengan tipe pneumatic yang tetap nyaman meski melewati jalanan berlubang. Mechanical disk brake-nya memiliki respons yang cepat, memastikan keamanan pengguna.

Berat skuter hanya 12.9 kg saja dan mampu menahan beban pengendara hingga 100 kg. Pilihan warna hitam dan putih menampilkan gaya elegan dan modern.

Harga Rp. 5.000.000-10.000.000

Urban Scooter Black Urban Scooter with Disc Brake

Urban Scooter Black Urban Scooter with Disc Brake adalah skuter yang dapat digunakan oleh anak mulai usia 8 tahun dan dewasa. Ada 3 mode ketinggian yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan yaitu 89 cm, 96 cm, dan 108 cm. Roda skuter terbuat dari bahan PU berdiameter 19 cm.

Rangka skuter terbuat dari bahan besi yang kuat dan kokoh. Fitur monoshock memberikan kenyamanan pada pengguna sekali pun sedang melintas di atas jalan yang tidak rata. Berat maksimum pengguna yang bisa ditanggung oleh skuter mencapai 100 kg. Pilihan warna yang tersedia untuk skuter ini adalah hitam dan putih.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Xiaomi Mijia Electric Scooter M365

Skuter elektrik menjadi alternatif berkendara dalam jarak dekat yang mudah dan menyenangkan. Xiaomi Mijia Electric Scooter M365 mampu menempuh jarak20 sampai 30 km dengan beban maksimum pengguna 100 kg. Beberapa fitur yang ada pada skuter ini adalah lampu di bagian depan dan belakang sehingga memberikan keamanan saat berkendara di malam hari.

Kapasitas baterai maksimum adalah 280 Wh dengan kekuatan mesin 250W. Dibutuhkan waktu 5,5 jam untuk mengisi daya baterai hingga penuh. Skuter terbuat dari bahan aluminium alloy yang kuat dan berkualitas. Sistem pengereman yang digunakan sama dengan jet darat F1 denga jarak singkat 4 meter saja. Sangat berguna di jalanan yang licin atau saat cuaca hujan.

Harga Rp. 5.300.000-6.800.000

Skutis Corporation ANOA EX+

Satu lagi rekomendasi skuter listrik yang nyaman dan mudah digunakan. Skutis Corporation ANOA EX+ menjadi skuter listrik generasi masa kini yang efisien dan dibekali dengan berbagai fitur canggih. Antara lain seperti indikator arah, klakson elektrik, dan sistem kunci starter.

Daya motor adalah 1000 watt dengan kerangka yang tahan air. Skuter ini mampu mendaki tanjakan hingga kemiringan 25 derajat. Ban skuter didesain khusus untuk menghadapi medan yang menantang. Baik siang maupun malam hari, kamu bisa mengendarai skuter ini dengan sangat nyaman. Skuter juga dapat dimodifikasi dengan tambahan jok atau sadel jika kamu ingin berkendara dengan santai.

Harga Rp. 16.000.000-18.000.000

Xiaomi Mi Electric Scooter Pro 2

Skuter buatan Xiaomi yang satu ini juga layak dipertimbangkan jika kamu ingin mulai mengendarai skuter. Xiaomi Mi Electric Scooter Pro 2 dibekali dengan motor berkekuatan 600 watt yang mampu menempuh jarak hingga 45 km dengan daya baterai yang sangat panjang.

Didesain dengan center control yang semakin memudahkan dalam berkendara. Jika sedang tidak dipakai, skuter ini bisa dilipat dengan mudah hanya dalam waktu 3 detik saja. Selain sangat menyenangkan untuk digunakan, skuter ini juga menjamin keselamatan penggunanya lho. Ban bagian depan dan belakang memiliki tipe pneumatic yang tahan goncangan saat melewati jalanan berlubang. Skuter ini bisa digunakan siapa saja mulai usia 16 sampai 50 tahun.

Harga Rp. 7.200.000-12.000.000

MOTIFY Electric Scooter X7

Produk terakhir yang direkomendasikan adalah MOTIFY Electric Scooter X7. Skuter listrik ini terjual laris di banyak negara seperti Amerika, Perancis, Singapura, dan Inggris. Keunggulan dari skuter ini adalah standar keamanan UL2272 yang diklaim sangat aman.

Baterai skuter bisa dilepas pakai, bahkan juga ditambahkan. Rangka skuter terbuat dari bahan aircraft grade aluminium alloy. Ban skuter berukuran 8,5 inci yang didesain untuk bisa melalui jalanan berlubang dan tidak mulus. Dilengkapi pula dengan LED Display serta lampu di bagian depan dan belakang untuk keamanan dalam berkendara.

Harga Rp. 8.000.000-13.000.000
From our editorial team

Sudah Siap Bersenang-senang dengan Skuter Listrik?

Skuter listrik bisa menjadi sarana penghibur yang membuat masa pandemi lebih menyenangkan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memanfaatkan skuter listrik sebagai alat transportasi jarak dekat sambil melatih otot-otot tubuh. Banyak sekali manfaatnya bukan? Buruan miliki skuter listrik rekomendasi BP-Guide di atas ya!

Tag