Tetap Sehat di Rumah dengan 10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik untuk Olahraga (2022)

Tetap Sehat di Rumah dengan 10 Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik untuk Olahraga (2022)

Memiliki lebih banyak waktu di rumah mengapa tidak memanfaatkannya untuk berolahraga saja? Salah satu olahraga pilihan yang menghasilkan lebih banyak keringat untuk di rumah saja adalah bersepeda statis. Selain menjaga kebugaran, olahraga ini cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Yuk ikutan sehat dengan 10 sepeda statis terbaik pilihan BP-Guide yang juga dapat memonitor jumlah kalori dan detak jantung kamu!

Sehat Bugar dengan Olahraga Indoor Sepeda Statis

Menjadi olahraga outdoor yang menyenangkan, ternyata bersepada juga dapat dijadikan olahraga indoor yang tak kalah seru. Untuk kamu yang lebih memilih olahraga di dalam ruangan agar terbebas dari masalah polusi hingga fasilitas yang kurang memadai, bersepeda statis dapat menjadi pilihan yang lebih praktis.

Manfaat yang diperoleh pun tak kalah jika dibandingkan dengan bersepeda outdoor. Mulai dari menguatkan tulang dan sendi, pencegahan terhadap osteoarthritis, hingga mengontrol dan mengurangi berat badan yang berlebih.

Untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, kamu dapat bersepeda statis selama 30 menit. Selain mengurangi tekanan darah tinggi, bersepeda statis selama setengah jam juga dapat menurungkan tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko stroke.

Lakukan kombinasi gerakan mulai dari kayuhan rendah selama 5 hingga 10 menit, kemudian dilanjutkan kayuhan cepat, dan kembali pelan pada durasi terakhir. Jangan lupa untuk mengganti cairan tubuh yang keluar dengan cukup minum air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Tipe Sepeda Statis Spin Bike

Spin bike merupakan tipe sepeda statis yang tidak disarankan bagi pemula atau amatir. Sepeda ini cocok bagi profesional yang ingin berolahraga kardio secara intens karena beratnya beban yang terdapat pada sepeda.

Berat beban itu sendiri terletak pada roda sepeda dan pedalnya, sehingga sangat cocok untuk membentuk otot kaki. Perbedaan dengan sepeda statis lainnya adalah pada saat melepas kaki pada saat di tengah mengayuh maka pedal akan terus berputar dengan sendirinya, untuk menghentikan itu ada baiknya kamu secara perlahan mengurangi intensitas kayuhan.

Rancangan spin bike ini juga sekilas seperti sepeda balap, dengan posisi stang lebih maju ke depan dan tempat duduk yang dibuat cukup tinggi membuatmu bersepeda dengan postur tubuh yang condong maju ke depan.

Tipe Sepeda Statis Upright

Upright bike merupakan tipe sepeda statis yang pada umumnya sering ditemukan di tempat gym dengan fungsi dan bentuk hampir sama dengan sepeda biasa. Sepeda ini didesain untuk bersepeda dengan posisi tubuh tegak, biasanya alat olahraga ini digunakan untuk latihan kardiovaskular.

Sepeda ini digunakan untuk latihan dengan intensitas rendah hingga sedang saja. Sepeda statis ini sangat cocok untuk kamu yang masih pemula untuk berolahraga dengan intensitas ringan. Upright bike juga mempunyai bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan sepeda statis lainnya sehingga dapat menghemat ruang jika kamu ingin membelinya untuk dipakai dirumah.

Tipe Sepeda Statis Recumbent

Recumbent bike merupakan sepeda statis yang dirancang untuk digunakan dengan cara bersandar atau tidur telentang. Recumbent sendiri diartikan sebagai bersandar atau berbaring. Sepeda ini cocok digunakan bagi kamu yang mempunyai masalah pada punggung.

Sepeda ini didesain untuk olahraga sepeda dengan intensitas ringan sehingga cocok digunakan untuk terapi. Hanya saja ukuran sepeda yang besar ini sedikit memakan tempat pada ruang yang disediakan.

Sepeda ini juga cocok bagi para usia lanjut yang ingin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, dengan posisi yang terlentang atau bersandar ini diharapkan mampu mengurangi tekanan pada pinggul dan lutut dalam mengayuh, sehingga lebih aman bagi para orang tua yang ingin mencoba. Namun jangan khawatir, walaupun bersepeda dengan posisi rebahan, olahraga dengan menggunakan alat ini juga mampu membakar lemak walaupun tidak seintens sepeda statis yang lain.

Tipe Sepeda Statis Folding

Sepeda statis folding ini merupakan sepeda statis yang dapat dilipat. Kegunaannya pun hampir sama dengan sepeda statis lainnya, yang membedakan adalah ukuran dan sepeda ini dapat dilipat setelah selesai digunakan.

Sepeda ini sangat cocok bagi kamu yang tidak suka ada benda besar yang memakan ruang di tempatmu. Setelah menggunakan sepeda ini, kamu bisa melipat dan menyimpan di lemari atau gudang dan bisa digunakan sewaktu-waktu sesuai keinginanmu.

Berat sepeda ini juga lebih ringan dibandingkan dengan sepeda statis lainnya, hanya berkisar 10-15kg saja. Ringan, hemat tempat, bisa berlatih di mana saja dan juga menyehatkan sepeda folding ini mungkin cocok bagi kamu yang tidak bisa menyempatkan untuk pergi ke gym untuk berolahraga.

Cara Memilih Sepeda Statis

Pilih Tipe Sesuai Kebutuhan

Saat ini ada banyak tempat-tempat yang menjual sepeda statis pun dengan banyak ragam jenisnya. Perlu diperhatikan apa tujuan yang ingin kamu capai saat ingin membeli sepeda statis.

Jika ingin berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang ada baiknya kamu membeli sepeda upright atau folding. Selain membantu menurunkan lemak dan melatih otot kaki serta perut, ukuran sepeda yang tidak terlalu besar juga dirasa tidak banyak memakan tempat.

Pastikan juga sepeda statis yang ingin kamu beli bisa disesuaikan seperti beban roda, sadel, jok dan stangnya sesuai dengan kebutuhanmu sehingga kamu nyaman saat menggunakannya. Seperti memastikan tulang punggungmu lurus saat duduk dan tangan pada posisi 90 derajat saat memegang stang

Cek Beban yang Digunakan

Saat menggunakan sepeda statis beban pada sepeda juga perlu kamu perhatikan yang disesuaikan dengan kebutuhanmu. Beban yang dimaksud adalah beban yang keluar disaat kamu mengayuh pedal sepeda.

Beban-beban itu sendiri adalah beban belt pedal, biasanya ada beberapa jenis sepeda yang menggunakan pengait khusus pada pedal untuk memasukan kakimu ke dalamnya saat mengayuh sehingga kaki tetap stabil. Dalam beberapa jenis sepeda juga, belt ini memiliki sistem mekanis tersendiri yang membutuhkan sepatu khusus saat digunakan.

Selanjutnya ada beban magnet, beban magnet ini memberikan beban pada roda berbeda dengan beban belt yang menaruh beban pada belt pedal. Beban magnet ini juga lebih mudah diatur dan tidak menimbulkan suara berisik pada saat digunakan.

Sedangkan yang terakhir adalah beban elektromagnetik, di mana sering ditemui pada jenis sepeda baru. Sepeda yang menggunakan beban elektromagnetik ini menggunakan listrik untuk pengoperasiannya.

Beban diletakkan dengan roda, sedangkan roda berfungsi sebagai konduktor yang nantinya akan menciptakan yang bisa diatur melalui layar. Sepeda elektromagnetik ini termasuk sepeda yang membutuhkan perawatan high maintenance.

Kenali Fitur Terbaru

Sekarang sudah banyak sepeda statis yang telah dilengkapi dengan fitur terbaru, salah satunya adalah penambahan layar dan terkoneksi dengan wifi. Layar pada sepeda statis membantu untuk menampilkan waktu berolahraga, banyaknya kalori yang terbakar hingga menampilkan detak jantung.

Untuk sepeda statis dengan type lama, layar yang ditampilkan masih berupa analog, namun untuk tipe terbaru layar yang ditampilkan berupa touchscreen yang bisa menampilkan informasi lebih banyak dan lebih lengkap. Beberapa sepeda statis dengan teknologi canggih juga dilengkapi dengan koneksi wifi, yang mampu menyimpan data terakhirmu saat berolahraga.

Perhatikan Ukuran dan Berat Sepeda

Memilih sepeda statis untuk berolahraga jangan sampai menyampingkan ukuran dan berat dari sepeda statis itu sendiri. Semakin berat sepeda statis, semakin stabil pula saat digunakan, jadi pastikan berat badanmu tidak melebih kapasitas maksimal dari sepeda statis itu sendiri.

Stabilitas pada sepeda membantumu untuk mengurangi resiko cedera. Pastikan juga ruang untuk menyimpan sepeda statis sebelum kamu membelinya, ada banyak jenis ukuran dan berat yang bervariasi pada model sepeda statis.

Jika ruangan yang kamu punya kecil dan sempit ada baiknya memilih jenis sepeda statis type folding yang tidak banyak memakan tempat karena bisa dilipat dan disimpan setelah selesai menggunakan. Tapi, jika kamu mempunyai ruangan olahraga sendiri justru lebih nyaman dengan membeli yang ukurannya lebih besar karena stabilitas yang ditawarkan mampu membuatmu untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal.

Rekomendasi Sepeda Statis Terbaik untuk Olahraga Indoor

Speeds Spinning Platinum Bike LX 042-19

Speeds Spinning Platinum Bike LX 042-19 merupakan salah satu sepeda statis terbaik yang memiliki teknologi dual action exercise. Disebut juga dengan handle dua posisi, teknologi ini memiliki fungsi untuk membakar lemak, melatih otot gerak, hingga membantu terapi stroke. Selain itu sepeda statis ini juga memiliki fitur kecepatan otomatis yang dapat diatur sesuai kebutuhan kamu.

Harga Rp. 1.300.000-1.500.000

iReborn Pedro Spin Bike

Salah satu alasan mengapa iReborn Pedro Spin Bike baik digunakan untuk orang yang baru selesai operasi dan membutuhkan olahraga adalah posisi duduk yang dimiliki. Posisi duduk sepeda statis ini lebih landai dari yang lain sehingga kamu bisa berolahraga dengan nyaman. Selain itu sepeda ini juga memiliki fitur canvas tension dan flywheel 8kg yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 2.790.000-2.980.000

Total Fitness TL-8215

Teknologi tanpa rantai yang dimiliki oleh sepeda statis terbaik Total Fitness TL-8215 ini tidak memiliki suara berisik saat digunakan. Ditambah lagi dengan adanya pemberat kayuhan membuat kamu bisa merasakan pengalaman bersepeda di tanjakan. Meskipun memiliki bentuk yang praktis dan bobot yang cukup ringan, sepeda ini masih dapat digunakan untuk kamu yang memiliki berat badan hingga 100kg.

Harga Rp. 2.081.000-2.237.000

Ovicx Q200C Spinning Bike

Dilengkapi dengan teknologi flywheel yang memberikan pengalaman berkendara stabil dan mulus, Ovicx Q200C Spinning Bike juga memiliki desain ramping modern yang cocok untuk digunakan di rumah. Selain itu sepeda ini juga memiliki fitur perendaman cairan yang menjaga tetap tahan air dan kesat sehingga bebas digunakan meski berkeringat. Selain itu sepeda ini juga dapat digunakan untuk intensitas tinggi berkat adanya teknologi InfinAdapt Magnetic Resistance.

Harga Rp. 5.900.000-8.279.000

OB Fit Magnetic Mini Bike OB-6239

Dilengkapi dengan layar, OB Fit Magnetic Mini Bike OB-6239 dapat memberikan informasi mengenai kecepatan bersepeda, jarak tempuh, waktu, kalori yang terbakar, hingga detak jantung. Selain itu, sepeda statis terbaik ini juga dilengkapi dengan fitur safety stop yang akan memberikan kenyamanan untuk kamu yang sudah mulai kelelahan mengayuh sepeda. Ukurannya yang kecil akan lebih praktis digunakan di rumah.

Harga Rp. 5.880.000-6.346.000

Yesoul S3 Home Smart Spinning Indoor Bike

Hadir dengan warna yang didominasi putih, sepeda statis terbaik Yesoul S3 Home Smart Spinning Indoor Bike dilengkapi dengan tempat duduk nyaman, magnetic resistance, flying wheel alumunium, pergerakan tanpa suara, hingga tempat duduk yang nyaman. Alat ini juga memiliki aplikasi pendamping agar kamu dapat mengikuti kelas latihan langsung dari pelatih profesional serta bergabung dengan grup olahraga. Sepeda ini terdiri dari dua varian, menggunakan LCD dan tidak.

Harga Rp. 4.950.000-6.850.000

Idachi Elliptical Crosstrainer Bike ID-038N

Idachi Elliptical Crosstrainer Bike ID-038N menggunakan teknologi resistensi magnetik yang membuat kayuhan roda bersuara lembut dan tidak berisik. Selain itu beban kayuhan dapat diatur secara elektronik memakai monitor.

LCD monitor ini pun dapat menunjukkan keterangan kecepatan, tingkat kalor, detak nadi, hingga detak jantung. Memiliki berat 45 kg dan ukuran 52x46x101 cm membuat sepeda statis ini perlu ditempatkan di tempat terbaik agar tidak perlu sering dipindahkan.

Harga Rp. 3.200.000-4.200.000

BG Sport Air Bike 8702

BG Sport Air Bike 8702 akan tepat digunakan untuk kamu yang membutuhkan latihan low impact alih-alih high impact. Hal ini dikarenakan sepeda statis ini dapat membantu melatih bagian atas dan bawah tubuh dalam satu kali latihan, pun dengan mode kayuhan ringan maupun berat. Selain itu, kamu juga dapat memantau monitor yang menyediakan informasi kalori, body fat, detak nadi, kecepatan, maupun waktu.

Harga Rp. 1.780.000-2.500.000

BFIT Platinum Elliptical Bike 159-43

Menjadi salah satu distributor alat fitnes terbaik, BFIT juga menyediakan sepeda statis dengan teknologi flying weight yang memberikan pengalaman kelancaran gerakan dan kenyamanan. Dalam hal tingkatan beban, sepeda statis ini memiliki level yang cukup besar, yakni hingga 24 tingkatan. Melalui monitor, kamu dapat memilih program latihan, misalnya program untuk menurunkan berat badan.

Harga Rp. 8.499.000-13.600.000

Xiaomi Kingsmith H1

Mampu menahan beban hingga 110 kg, Xiaomi Kingsmith H1 dilengkapi juga dengan layar 15 inchi yang dapat terhubung dengan bluetooth ataupun Wifi. Selain itu sepeda ini juga dilengkapi dengan teknologi flywheel, menggunakan magnet sehingga tidak menghasilkan suara berisik, menggunakan baterai tanpa listrik, hingga beban yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 3.490.000-4.999.000
From our editorial team

Konsultasi Kesehatan Selama Pemakaian dan Keamanan Penyimpanan

Meski bersepeda di dalam ruangan, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal agar tidak menimbulkan cedera. Pastikan kondisimu tubuhmu dalam keadaan yang prima, jika ada penyakit bawaan ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Perhatikan juga postur tubuh saat menggunakan sepeda statis dengan benar sehingga tidak menimbulkan nyeri pada punggung setelahnya. Selain itu, pastikan keamanan dalam menaruh sepeda ya, terutama jika kamu tinggal bersama anak kecil. Pastikan bagian mekanik pada sepeda statis seperti rantai dan roda tertutup secara aman untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan pada anak-anak, seperti jari terjepit.

Tag