Tidak Harus Mahal, Ini Dia 9 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah dan Berkualitas untuk Tubuh Lebih Sehat (2021)

Tidak Harus Mahal, Ini Dia 9 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah dan Berkualitas untuk Tubuh Lebih Sehat (2021)

Sepeda lipat dikenal punya harga yang mahal, sehingga banyak orang urung untuk membelinya. Padahal banyak juga lho sepeda lipat murah dan berkualitas yang bisa Anda temukan. Melalui artikel berikut ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasinya buat Anda!

Sepeda Lipat Tidak Harus Mahal!

Sepeda lipat kini menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat. Desainnya yang praktis, simpel, dan mudah dibawa kemana saja membuat sepeda lipat banyak dijadikan pilihan. Terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Hanya saja, banyak anggapan bahwa harga sepeda lipat relatif mahal sehingga sulit dijangkau oleh semua orang. Padahal tidak selalu begitu lho. Banyak juga sepeda lipat yang dijual dengan harga murah namun kualitasnya oke.

Jika Anda punya bujet terbatas namun tetap ingin memiliki sepeda lipat terbaik, simak terus artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan rekomendasi sepeda lipat murah dan berkualitas.

Fakta Menarik Seputar Sepeda Lipat yang Wajib Anda Tahu

Sudah Ada Sejak Tahun 1970-an

Sepeda lipat ternyata sudah mulai dikembangkan pada tahun 1975. Adalah Andrew Ritchie, sang pencipta sepeda lipat bernama Brompton yang dikenal sebagai sepeda lipat termahal di seluruh dunia.

Karena harga sepeda Brompton yang mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, maka banyak produsen sepeda di dunia yang membuat sepeda lipat dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan sepeda Brompton.

Bisa Dibanderol dengan Harga Selangit

Ini dia yang sempat disinggung sedikit di atas. Harga sepeda lipat dikenal mahal, melebihi sepeda konvensional. Tentu saja ada sepeda lipat yang dibanderol dengan harga puluhan juta rupiah.

Bukan hanya sepeda Brompton saja, jika sepeda lipat menggunakan tenaga listrik, hal itu juga bisa mempengaruhi harganya lho. Namun sepeda lipat listrik ini memiliki keunggulan tersendiri, yaitu bisa dipacu dengan sangat cepat.

Tidak Mudah Dicuri

Dari segi keamanan, sepeda lipat bisa diandalkan. Ketika Anda tidak menggunakannya, Anda tinggal melipat sepeda dan membawanya kemana saja Anda pergi. Sepeda lipat bahkan bisa dibawa ke dalam ruangan dan disimpan di bawah meja, lho.

Ada juga sepeda lipat yang bisa dimasukkan ke dalam tas. Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung memarkir dan mengunci sepeda lipat, karena Anda bisa membawanya dekat dengan Anda. Tidak perlu lagi khawatir sepeda dicuri orang deh!

Punya Banyak Pilihan

Sepeda lipat bisa dikendarai oleh siapa saja karena punya banyak ragam pilihan. Anda bisa memilih sepeda lipat yang sesuai dengan kebutuhan hingga tinggi badan Anda supaya lebih nyaman saat mengayuhnya.

Sadel sepeda lipat bisa dinaikkan dan diturunkan melebihi sepeda biasa, sehingga jauh lebih fleksibel. Pengaturannya juga bisa disesuaikan dengan kegiatan yang sedang Anda lakukan. Misalnya jika Anda sedang ingin berkendara santai, tinggal atur sadel agar punggung bisa tegak dan nyaman. Sementara jika Anda ingin berolahraga, atur sadel pada posisi sporty.

Siapa Saja yang Memakainya akan Terlihat Keren

Tidak bisa dipungkiri, sepeda lipat memang bisa membuat siapa saja yang mengendarainya terlihat lebih keren. Mungkin inilah alasan mengapa sepeda lipat begitu populer di kalangan masyarakat urban alias perkotaan.

Apalagi jika sepeda lipat yang dikendarai punya desain unik dan tidak biasa, tentu akan menjadi perhatian orang-orang di sekitarnya.

Tips Merawat Sepeda Lipat

Cek Tekanan Ban Secara Rutin

Ban adalah aspek yang sangat penting untuk setiap kendaraan, tidak terkecuali sepeda lipat. Oleh karena itu Anda harus secara rutin mengecek tekanan ban sepeda. Pastikan volume tekanan ban selalu pas agar nyaman ketika dikendarai.

Jangan terlalu kempes dan jangan terlalu keras. Ban yang terlalu kempes membuatnya rentan bocor dan rusak ketika tertusuk benda tajam di jalan. Sementara ban yang terlalu keras berisiko pecah.

Lumasi Bagian Penting

Bagian penting yang harus diberi pelumas agar bisa bekerja dengan baik bukan hanya rantai saja, lho. Tetapi juga termasuk rem dan kabel shifter. Jika ketiganya berfungsi dengan baik, maka sepeda akan sangat nyaman digunakan.

Lumasi bagian-bagian tersebut secara rutin sesuai dengan intensitas pemakaian. Jika Anda menggunakan sepeda lipat setiap hari, maka Anda harus melumasinya sesering mungkin.

Rawat Kerangka Sambungan Sepeda

Yang tidak kalah penting untuk dirawat adalah kerangka sambungan sepeda. Karena ini adalah sepeda lipat, tentu saja sambungannya lebih banyak dibandingkan dengan sepeda biasa. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan setiap lipatannya. Jika bagian kerangka sambungan sampai berkarat, maka Anda bisa kesulitan saat melipatnya.

Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Berkualitas untuk Anda

United Stylo

Rekomendasi sepeda lipat murah namun berkualitas pertama datang dari United, brand sepeda lokal yang sudah punya nama. Tidak ketinggalan, United turut meluncurkan sepeda lipat untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan mereka.

United Stylo adalah sepeda lipat dengan desain modern dan stylish. Rangkanya terbuat dari bahan besi yang kuat, awet, tahan lama, dan tahan banting. Sepeda ini dibekali dengan sistem pengereman yang pakem untuk menjamin keamanan Anda selama bersepeda.

Ban sepeda berukuran 16 inci, membuatnya mudah disimpan di mana saja dan tidak memakan banyak ruang. Karena ukuran sepeda ini cukup mini, maka cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Harga Rp. 1.200.000-2.500.000

Police Texas

Police Texas adalah sepeda lipat yang murah dan berkualitas yang tidak akan membuat Anda kecewa. Dikeluarkan oleh merek yang terkemuka, tentu saja sepeda ini tidak murahan. Bagian kerangkanya saja terbuat dari bahan alloy yang kuat dan kokoh, sementara rim sepeda menggunakan bahan double wall alloy dan Shimano 7 SP Tourney.

Desain dan warna yang cantik membuat gayamu semakin keren saja saat mengendarai sepeda yang satu ini. Police Texas sangat tangguh dan awet untuk digunakan dalam waktu lama.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Genio Cuzco

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika membeli sepeda lipat adalah berat sepeda itu sendiri. Karena sepeda lipat memiliki kelebihan mudah dibawa kemana saja, maka pastikan Anda memilih sepeda lipat yang ringan.

Genio Cuzco bisa jadi jawabannya. Meskipun ringan, kerangka sepeda ini terbuat dari bahan alloy yang kuat dan tangguh berukuran 20 inci. Sepeda ini dirancang untuk medan yang mulus seperti jalanan aspal atau beton, sehingga usahakan untuk tidak mengendarai sepeda ini di atas jalanan berlubang ya!

Harga Rp. 1.700.000-2.000.000

Evergreen 16

Di deretan rekomendasi sepeda lipat murah berikutnya ada Evergreen 16 dengan model yang sangat eye catching alias menyita perhatian. Bahan-bahan pembuat sepeda ini berkualitas tinggi serta dirancang sangat kuat, kokoh, dan tahan lama. Selain itu, pilihan warnanya yang cukup beragam membuat sepeda ini sangat cocok untuk melengkapi gaya Anda.

Ukuran sepeda ini juga sangat mini, hanya 16 inci saja. Karena itulah sepeda ini sangat cocok digunakan oleh orang dewasa, remaja, hingga anak-anak.

Harga Rp. 900.000-1.300.000

Viva Cycle Twist Y3110

Tidak semua sepeda lipat dibanderol dengan harga mahal. Jadi buat Anda yang punya bujet terbatas untuk membeli sepeda lipat, tidak perlu khawatir. Viva Cycle Twist Y3110 adalah salah satu produk berkualitas yang ditawarkan kepada Anda.

Sepeda lipat ini hadir dalam pilihan warna putih, merah, dan hitam. Viva Cycle Twist Y3110 berukuran 20 inci, sehingga bisa dipakai oleh remaja maupun dewasa. Desainnya yang stylish membuat Anda merasa percaya diri saat mengayuh sepeda ini ke mana saja Anda pergi.

Kerangka sepeda terbuat dari besi Hi-Ten yang kokoh dan kuat, membuat Anda semakin merasa aman ketika bersepeda.

Harga Rp. 800.000-1.500.000

Pacific 2980 RX

Kalau sudah mendengar kata Pacific, tentu Anda tidak akan meragukan lagi kualitasnya. Pacific 2980 RX menjadi sepeda lipat murah berikutnya yang direkomendasikan kepada Anda. Sepeda lipat ini dirancang sederhana, namun bisa membuat Anda tetap gaya.

Frame atau kerangka sepeda terbuat dari bahan besi yang ringan, kokoh, dan mudah dlipat. Sementara bagian sadel dilapisi dengan busa dan kulit yang empuk untuk kenyamanan Anda. Selain itu, sepeda ini juga cukup kuat untuk dinaiki 2 orang atau sambil membawa barang-barang yang cukup berat.

Harga Rp. 2.000.000-2.500.000

Element 69

Ukuran yang ideal untuk sepeda lipat agar mudah dan nyaman digunakan untuk mobilitas adalah 20 inci. Sama seperti sepeda lipat yang akan direkomendasikan kepada Anda berikut ini, Element 69. Sepeda ini dirancang untuk kenyamanan Anda selama bersepeda, dengan stang yang tinggi sehingga punggung Anda tetap bisa tegak.

Di bagian belakang sadel terdapat boncengan yang dapat digunakan untuk menaruh barang-barang Anda. Untuk unrusan desain, sepeda ini akan membuatmu terlihat lebih gaya dan modern. Sementara untuk bagian kerangka, Element 69 menggunakan rangkaian besi yang kokoh dan tahan banting. Stang dan pedal sepeda ini juga dapat dilipat sehingga memudahkan Anda untuk membawa dan menyimpannya di mana saja.

Harga Rp. 1.200.000-1.500.000

Pacific 2980 HT

Merek menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda akan membeli sepeda lipat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi dengan Pacific 2980 HT. Transmisi kecepatan sepeda sebanyak 7 tingkatan bisa diatur dengan mudah menggunakan telunjuk atau ibu jari.

Anda juga bisa membawa barang-barang Anda dengan nyaman saat mengendarai sepeda ini, karena Pacific 2980 HT dilengkapi dengan boncengan di bagian belakang yang cukup luas. Sepeda ini juga bisa dilipat dengan mudah, hingga bagian stang dan pedalnya, membuat Anda semakin mudah untuk menyimpannya.

Harga Rp. 900.000-1.500.000

Evergreen EG1805

Buat Anda yang mencari sepeda lipat berkualitas dengan harga di bawah Rp 1 juta, Evergreen EG1805 bisa jadi pilihan yang tepat. Evergreen adalah merek sepeda kelas dunia yang selalu mengeluarkan produk-produk baru untuk remaja dan dewasa.

Harganya boleh murah, namun sepeda ini sama sekali tidak murahan. Kerangka sepeda terbuat dari bahan besi ringan, demikian juga bagian velg-nya. Sadel sepeda juga dapat diatur dengan mudah tanpa perlu menggunakan alat apa pun.

Sistem pengereman sepeda ini menggunakan V-brake, sementara untuk transmisi kecepatannya hanya tersedia satu pilihan saja. Karena bentuknya yang mini, sepeda lipat ini juga cocok untuk si kecil yang baru belajar bersepeda.

Harga Rp. 900.000-1.700.000
From our editorial team

Lengkapi juga Aksesori Bersepeda agar Lebih Aman

Punya sepeda lipat yang bagus saja tidak cukup, Anda juga harus punya perlengkapan dan aksesorinya juga. Misalnya seperti helm serta pelindung untuk bagian siku dan lutut. Dengan demikian, bersepeda jadi semakin aman dan nyaman. Jangan lupa pilih sepeda terbaik hanya dari rekomendasi BP-Guide di atas!