10 Rekomendasi Garam Himalaya untuk Masakan dan juga Menunjang Kesehatan (2021)

10 Rekomendasi Garam Himalaya untuk Masakan dan juga Menunjang Kesehatan (2021)

Garam himalaya merupakan salah satu garam yang bagus untuk kesehatan. Selain garam dapur, konsumsi garam himalaya juga sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan. Simak manfaat garam himalaya untuk kesehatan. Jangan lupa cek juga rekomendasi garam himalaya dari kami!

Mengenal Sejarah Singkat Garam Himalaya

Rasa masakan akan terasa hambar jika kurang garam. Ya, garam merupakan bahan tambahan makanan yang penting dalam beragam masakan. Penambahan garam mampu membuat cita rasa masakan jadi makin terasa lebih nikmat dan membuat kita jadi lebih berselera makan.

Garam terdiri dari beberapa jenis, salah satu yang paling populer belakangan ini adalah garam himalaya. Garam yang satu ini dikenal sebagai salah satu super food karena dianggap memiliki manfaat lebih besar untuk kesehatan dibandingkan dengan garam lainnya. Garam himalaya sudah lama populer, namun di Indonesia, garam ini baru saja populer beberapa tahun belakangan.

Awalnya, garam himalaya atau himalayan pink salt ditemukan Alexander the Great pada 326 sebelum Masehi. Kala itu, pasukan Alexander melewati wilayah utara Pakistan. Kuda-kuda yang mereka naiki terus saja menjilati dinding-dinding batu yang dilalui. Dari sinilah akhirnya ditemukan kandungan garam murni yang akhirnya dikenal sebagai garam himalaya. Total ada 6 wilayah pertambangan yang memproduksi himalayan pink salt. Yang paling besar ada di Khewra dan setiap tahunnya bisa menambang sekitar 400.000 ton garam.

Sejak dulu, garam himalaya telah digunakan untuk menambah rasa asin pada makanan. Namun, karena sifat alaminya, kini garam yang satu ini makin banyak dipilih masyarakat karena dibuat tanpa campuran bahan kimia lainnya sehingga lebih sehat.

Perbedaan Garam Himalaya dan Garam Dapur

Garam himalaya berbeda dengan garam dapur. Garam dapur dibuat dari air laut yang mengalami penguapan dan akhirnya membentuk kristal garam. Selanjutnya, kristal garam akan mengalami pemurnian untuk menyingkirkan mineral lain selain natrium klorida yang berfungsi membuat rasa garam asin. Garam dapur difortifikasi dengan yodium guna mencegah kekurangan yodium.

Tidak selamanya garam dapur tidak baik bagi kesehatan tubuh karena bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan garam untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit. Garam dapur juga dibutuhkan untuk memperlancar hantaran aliran listrik di saraf dan juga untuk kontraksi otot.

Sementara itu, garam himalaya tidak melalui proses pemurnian. Ini membuatnya lebih alami karena tidak tercampur bahan kimia dan lainnya. Komponen utamanya sama seperti garam dapur, yakni natrium klorida. Bedanya, garam himalaya memiliki komponen mineral lainnya. Ada hampir 80 jenis mineral di dalam garam himalaya. Berbagai mineral tersebut membuat warna garam himalaya menjadi pink.

Manfaat Garam Himalaya

Menyeimbangkan pH Tubuh dan Mencegah Dehidrasi

Garam himalaya memiliki manfaat mampu menyeimbangkan pH dan bisa mencegah dehidrasi. Garam murni seperti garam himalaya kaya akan ion negatif yang bisa menarik racun dalam tubuh. Kandungan natrium juga bisa menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan menetralkan asam dalam tubuh. Saat pH tubuh seimbang, kekebalan tubuh juga bisa makin kuat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa minum air yang dicampur dengan sedikit garam himalaya. Pakailah cangkir dan isi ¼ bagian dengan garam himalaya. Masukkan air hingga penuh lalu tutup dengan tutup cangkir dan diamkan semalaman. Pagi harinya, garam akan larut dalam air dan menandakan bahwa air telah menyerap semua garam sepenuhnya. Campur sesendok teh air ini ke segelas air biasa dan konsumsilah setiap pagi.

Mengonsumsi air garam ini bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Ini juga bisa memperlancar komunikasi sinyal saraf dan membantu fungsi otot. Konsumsi air garam yang pas bisa juga mencegah kram otot dan masalah otot lainnya.

Membantu Detoksifikasi dan Mencegah Penuaan

Garam himalaya juga bisa membantu mendetoksifikasi tubuh kita. Caranya adalah dengan berendam pada air hangat yang sudah dicampur dengan campuran garam himalaya. Ketika kita berendam, maka tubuh akan menarik mineral penting dalam garam. Saat berendam, garam juga akan bisa mengeluarkan racun dalam tubuh.

Garam himalaya juga bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Wajah kering dan kusam bisa hilang jika kita secara rutin mengaplikasikan campuran air dan garam pada wajah. Mineral pada garam akan cepat diserap kulit sehingga bisa membuat wajah lebih kencang dan cerah.

Menghilangkan Selulit

Gunakan juga garam himalaya untuk menghilangkan selulit. Masalah yang satu ini bisa timbul karena adanya timbunan lemak di bawah kulit. Ini sebenarnya adalah hal yang sangat normal, namun kita tentu ingin kulit mulus bebas selulit agar lebih percaya diri.

Manfaatkan garam himalaya sebagai scrub. Gosokkan scrub garam dengan gerakan melingkar. Ini supaya bisa memperlancar dan mengurangi timbunan lemak.

Cara membuat scrub garamnya cukup mudah. Yakni dengan mencampur 2 sendok makan sweet almond oil dengan sesendok makan minyak kelapa. Teteskan 8 hingga 20 tetes essensial oil lalu aduk merata. Masukkan sesendok sabun castile dan juga 1 cup garam himalaya. Aduk merata dan kamu siap memakainya sebagai scrub.

Ini Dia Rekomendasi Garam Himalaya untuk Kebutuhanmu

Pura Organic Himalayan Salt

Pura Organic Himalayan Salt merupakan garam yang banyak memberikan manfaat untuk kamu yang ingin bergaya hidup sehat. Garam Pura Organic mampu membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh dan bisa menyeimbangkan gula darah. Produk ini juga bisa memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu menurunkan berat badan.

Semua kebaikan garam himalaya bisa kamu dapatkan dengan mudah. Warna garamnya merah muda dengan tekstur lebih kasar dari garam pada umumnya. Garam ini dibuat tanpa tambahan bahan buatan, GMO, dan bersifat glutten free. Garam Pura Organic juga sudah memiliki sertifikasi Kosher dan ISO sehingga makin meyakinkan untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 40.000-195.000

Beorganik Himalayan Salt

Beorganik Himalayan Salt ini hadir dengan warna pink alami yang berasal dari kandungan mineral dan zat besi. Garam dari Khewra Salt Mine diklaim sebagai garam paling murni sedunia. Garam ini memiliki natrium klorida 98 persen dan sejumlah mineral lainnya. Ada mineral seperti magnesium, kalsium, zat besi, dan sulfur di dalamnya.

Manfaat garam Himalaya Beorganik mampu menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh. Produk ini juga bisa menghidrasi tubuh dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, Beorganik juga bisa melawan infeksi dan bisa jadi obat alami untuk kanker. Garam ini aman dikonsumsi dengan cita rasa yang tinggi. Kamu bisa memakainya sebagai bumbu masakan untuk menambah kelezatan.

Harga Rp. 13.000-43.000

Sanfood Himalayan Pink Salt

Sanfood Himalayan Pink Salt merupakan garam penambah rasa dan juga garam untuk menambah gizi seluruh keluarga. Garam ini memiliki 80 jenis mineral berbeda untuk kesehatan tubuh. Campurkan garam Sanfood ke dalam makanan agar bisa mendapat asupan zat antimikroba. Zat ini mampu membunuh aneka macam bakteri dalam tubuh.

Garam Himalaya dari Sanfood cocok untuk Mpasi anak juga. Butiran garamnya halus sehingga mudah dicerna dan mudah untuk dicampur dengan aneka makanan. Garam ini dikemas dalam ukuran 120 gram hingga 250 gram.

Harga Rp. 30.000-60.300

Footis Food Salt Pink

Kamu juga bisa melirik Footis Food Salt Pink sebagai tambahan untuk berendam setiap hari sepulang kerja. Garam ini akan memulihkan rasa kelelahan usai seharian beraktivitas. Bagian tubuh dan kaki bisa lebih rileks usai berendam dengan garam ini.

Produk ini juga bisa menyerap racun dalam tubuh. Hasilnya, usai berendam, tubuh jadi lebih segar dan lebih sehat. Butiran garam Footis Food Salt Pink cukup kasar dengan warna cerah. Ada kemasan plastik dan botol yang tersedia. Kamu bisa memilih kemasan 300 gram, 500 gram, dan 1000 gram.

Harga Rp. 60.000-114.000

Masima Himalayan Salt

Masima Himalayan Salt ini merupakan pilihan tepat untuk kamu yang butuh garam sehat. Garam Masima hadir dalam kemasan 500 gram dan 1 kg. Sebanyak 97% komposisinya adalah natrium klorida dan 3% sisanya terdiri dari berbagai macam mineral dalam konsentrasi kecil.

Garam ini bisa membantu menyeimbangkan pH di dalam tubuh, meningkatkan kemampuan tubuh, dan menyeimbangkan tekanan darah. Kamu juga bisa memakai produk ini untuk berendam agar lebih segar dan bisa mendetoksifikasi tubuh.

Harga Rp. 17.000-130.000

Choconola Garam Himalaya

Choconola Garam Himalaya ini merupakan produk dari Pakistan. Hadir dengan warna pink, Choconola Himalaya dihasilkan dari gunung garam yang ditutupi oleh lapisan lava cair serta terlindung dari polusi di udara. Kemurnian garam ini terjaga dan sangat kaya akan kandungan mineral dan zat besi.

Garam himalaya ini bisa memberikan manfaat luar biasa untuk tubuh. Rutin mengonsumsinya bisa membantu regenerasi tenaga hidroelektrik dalam tubuh. Selain itu, garam ini juga bisa menghidrasi tubuh dan bisa mengatasi kram otot. Konsumsi garam ini juga akan mengatasi osteoporosis dan menurunkan tekanan darah.

Harga Rp. 15.000-102.000

Ibnu Sina Garam Himalaya

Ibnu Sina Garam Himalaya termasuk garam Himalaya yang wajib kamu miliki. Produk yang satu ini dibuat tanpa tambahan dan tanpa bahan anti penggumpalan. Himalayan salt bisa menjadi alternatif yang sehat, bebas bahan kimia, dan juga alami. Garam ini cocok digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan.

Ibnu Sina Garam Himalaya rendah sodium dan bisa digunakan sebagai antacid. Garam ini akan memperkuat tulang, gigi, dan bisa membantu melancarkan pencernaan. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memurnikan udara dalam ruangan.

Harga Rp. 97.000-253.000

Cairo Food Garam Himalaya Pink

Cairo Food Garam Himalaya Pink adalah garam dengan warna pink yang berasal dari kandungan mineral di dalamnya. Garam dari Khewra Salt Mine di kaki pegunungan Himalaya ini adalah garam murni di dunia. Teksturnya lebih kasar dan ukuran butirannya lebih besar daripada garam dapur. Kaya akan kandungan nutrisi dan mineral, garam ini cocok dikonsumsi setiap hari sebagai bahan tambahan pada makanan. Produk yang satu ini hadir dalam kemasan 100 gram.

Harga Rp. 12.000-73.000

CED Natural Himalayan Pink Rock Salt

CED Natural Himalayan Pink Rock Salt cocok untuk tambahan masakan. Garam ini memiliki tekstur halus sehingga mudah untuk dicampur dengan bahan makanan lainnya. Dikemas dalam plastik kemasan 500 gram, kamu jadi lebih mudah menggunakannya. Garam CED Natural Himalayan bisa jadi tambahan bahan saat kamu berendam air hangat sepulang bekerja. Rasakan otot yang menjadi lebih rileks setelahnya.

Harga Rp. 19.000-38.000

Nature Quest - Himalayan Rock Salt Coarse

Nature Quest - Himalayan Rock Salt Coarse merupakan produk yang wajib kamu pilih. Garam butiran besar ini bisa jadi tambahan masakan. Kamu boleh juga untuk menambahkan garam ini untuk berendam. Produk yang satu ini hadir dengan 84 jenis mineral sehingga bisa bermanfaat bagi tubuh. Jangan khawatir karena produk dibuat tanpa campuran bahan kimia apa pun sehingga aman untuk kesehatan.

Harga Rp. 60.000-93.000
From our editorial team

Batasi Konsumsi Garam

Garam memang berfungsi untuk menambah cita rasa pada masakan. Kendati demikian, kita tetap harus membatasi konsumsi garam per harinya. Batas yang diperbolehkan adalah 4 gram garam per hari. Ini juga sudah termasuk dengan makanan keseharian yang sudah kita konsumsi seperti kornet, sosis, kentang, keripik, dan lainnya. Kita tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 4 gram sehari. Konsumsi lebih dari itu bisa membuat tekanan darah tubuh meningkat.