10 Rekomendasi Rak Buku Simpel dan Kokoh agar Buku Tersusun Rapi dan Awet (2019)

10 Rekomendasi Rak Buku Simpel dan Kokoh agar Buku Tersusun Rapi dan Awet (2019)

Memiliki banyak koleksi buku? Itu artinya kamu membutuhkan rak khusus untuk menyimpannya agar tersimpan rapi dan awet. Selain sebagai tempat penyimpanan, rak buku juga bisa jadi tempat memajang hiasan di rumah. Berikut ada rekomendasi rak buku yang simpel dan kokoh untuk kamu lirik.

Rak Buku Jadi Furniture yang Sangat Penting bagi Para Pencinta Buku

Sumber gambar hfoxudzdta.slashed.store

Rak bisa menjadi salah satu furniture pelengkap interior ruangan yang indah. Bagi para pencinta buku, rak akan sangat berguna untuk menyimpan buku sekaligus meningkatkan nilai dekorasi ruangan milikmu. Dengan bentuk yang sangat beragam, rak buku juga dapat difungsikan sebagai tempat untuk memajang koleksi hiasan tertentu.

Cara Memilih Rak Buku Cantik

Isi Rak Buku

Sumber gambar spaceavenue.in

Sesuaikanlah ukuran rak yang akan kamu pilih dengan jumlah buku yang ingin ditempatkan di sana. Apabila kamu ingin menaruh beberapa benda lain, seperti pajangan, foto, dan koleksi VCD favorit di sana, maka buatlah daftar barang.

Daftar barang ini nantinya akan membuatmu lebih mudah dalam memilih ukuran rak yang pas untuk kebutuhanmu. Jangan lupa untuk memilih jenis rak yang sekiranya sesuai dengan tema ruanganmu, supaya makin nyaman dilihat.

Ukuran Ruangan

Sumber gambar www.billielourd.org

Ukuran rak buku nantinya akan mempengaruhi tampilan keseluruhan ruangan. Yang tak boleh diabaikan adalah menyesuaikan ukuran ruangan dengan rak buku yang akan ditempatkan di sana.

Jika kamu memiliki ruang tamu yang cukup luas, maka rak buku berukuran besar sangat cocok. Setidaknya, kamu harus memperhatikan tiga aspek penting dalam memilih rak yang sesuai untuk kebutuhan ruangmu, yaitu tinggi, lebar, dan kedalaman rak.

Jenis rak setinggi tubuh manusia akan terlihat lebih formal dan mahal, serta bisa difungsikan sebagai rak buku dan penyimpanan benda bersifat dekoratif. Untuk ukuran lebarnya, sesuaikan dengan tinggi dan kedalaman rak yang kamu pilih nantinya.

Kekuatan Rak Buku

Sumber gambar freshome.com

Sekarang ini, material pembuat rak sangat beragam. Hal ini bisa membuatmu makin mudah dalam memilih rak seperti apa yang sedang kamu butuhkan. Kayu, kaca, dan metal menjadi material umum yang digunakan untuk membuat rak.

Pilihlah material rak yang sesuai dengan tema interior ruang di rumahmu. Jika bertipe klasik, maka pilihlah rak buku dari kayu namun jika desain interior ruangmu cenderung modern dan kontemporer, lemari metal lebih pas.

Apa saja material raknya, pastikan rak pilihanmu memiliki rangka yang kuat sehingga dapat menyimpan koleksi buku dalam jumlah yang banyak. Semakin kuat, maka rak yang kamu pilih akan semakin awet juga. Apabila kamu hendak memilih rak kayu, pastikan kayu pembuatnya tahan rayap dan lembab, supaya buku yang disimpan di dalamnya tetap aman.

Sesuaikan Lemari dengan Furniture Lainnya

Sumber gambar www.amazon.com

Tidak hanya menyesuaikan dengan desain interior ruang atau rumah saja, model rak yang kamu pilih juga harus pas dengan furniture lainnya. Erat kaitannya dengan nilai keserasian yang akan diperoleh, gaya rak buku akan membawa tampilan yang berbeda pada ruanganmu.

Sehingga jangan sampai salah memadukan rak dan furniture ataupun desain interior lainnya. Apabila ruanganmu cenderung minimalis dan bernuansa modern, rak kayu standar dengan beberapa kotak yang disusun vertikal akan terlihat sangat pas.

Rekomendasi Rak Buku yang Kuat dan Berkualitas

Kubos Rak Buku 4040 - Putih

Sumber gambar fabelio.com

Ruangan sempit bukan jadi masalah selama ada Kubos. Kubos Rak Buku 4040 merupakan rak panjang dengan kompartemen persegi 4x4 yang sangat praktis dan bisa dibongkar pasang.

Dilengkapi dengan pintu laci berwarna cerah, suasana ruangan akan makin ceria, santai, dan playful. Tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan buku saja, kamu dapat menaruh aneka mainan anak, koleksi komik, hingga lilin aromaterapi di dalamnya.

Tersedia dalam varian warna putih, rak ini bisa dimanfaatkan sebagai partisi antar ruang yang tidak memakan banyak tempat. Rak ini dapat dibeli di Fabelio seharga Rp 1.499.000.

Prissilia Amalfi Bookcase Rak Serbaguna

Sumber gambar www.blibli.com

Terbuat dari bahan kombinasi particle board dan PVC, Prissilia Amalfi Bookcase merupakan rak serbaguna yang dilengkapi dengan pintu kaca. Dengan ukuran 79 x 40 x 190 cm, rak ini akan membuat koleksi bukumu menjadi tersimpan rapi di dalamnya dan membuatmu mudah dalam melakukan pencarian disana.

Prissilia Amalfi Bookcase Rak Serbaguna dilengkapi dengan 8 ambalan untuk buku atau barang lain dan 2 drawer pada bagian bawahnya. Rak serbaguna ini bisa dibeli secara online di Blibli dengan harga awal Rp 2.000.000 dan Rp 1.300.000 setelah diskon.

Gogo Model Cow Spot Rak Buku Portable Serbaguna [4 Susun]

Sumber gambar www.blibli.com

Didesain praktis dan trendi, Gogo Model Cow Spot Rak Buku Portable Serbaguna menjadi salah satu rak buku portable yang mudah dibongkar-pasang. Terdiri dari 4 rak susun yang bisa digunakan untuk merapikan aneka buku.

Gogo Model Cow Spot terbuat dari material non woven dan rangka besi yang cukup kuat. Jenis rak ini sangat pas untuk ruangan yang cenderung kecil. Kamu dapat membeli rak ini di Blibli dengan harga Rp 92.500 dan setelah diskon menjadi Rp 85.500.

Funika 13227 DBR Rak Buku - Coklat Tua [7 Kotak]

Sumber gambar www.blibli.com

Sangat ideal untuk menyimpan koleksi buku, majalah, dan koran, Funika 13227 DBR Rak Buku memiliki desain yang sangat simpel. Dengan 7 kompartemen, rak berbahan particle board Engineered E1 ini memiliki dimensi 49.5 x 24 x 106 cm.

Tersedia dalam pilihan warna cokelat tua, rak ini akan menjadikan ruanganmu terlihat sangat berkarakter karena modelnya yang sangat simpel. Blibli menjualnya dengan harga Rp 538.000 dan setelah diskon menjadi Rp 228.000.

Home Living Portable Rak Buku Serbaguna [4 Susun]

Sumber gambar www.blibli.com

Terdiri dari 4 rak susun, rak buku serbaguna dari Home Living bisa menjadi pilihan rak portable yang sangat simpel. Dengan dimensi ukuran 50 x 30 x 144 cm, rak ini cocok digunakan sebagai tempat buku pelajaran anak.

Menggunakan material plastik, Home Living Portable Rak Buku Serbaguna ini dijamin anti rayap dan sangat awet. Keberadaan rak ini sebagai media penyimpanan buku di rumah akan membuat koleksimu menjadi lebih awet. Rak ini dapat dibeli secara online di Blibli seharga Rp 90.000.

Super Furniture RB 930 Rak Buku - Coklat

Sumber gambar www.blibli.com

Dengan finishing warna cokelat natural, rak Super Furniture RB 930 menggunakan sistem bongkar pasang yang sangat praktis. Dilengkapi dengan sekat pada rak terbuka dan ruang tertutup di bagian bawah, rak ini sangat cocok ditaruh di perpustakaan mini rumahmu atau penyimpan berkas di kantor.

Super Furniture RB 930 Rak Buku menggunakan material particle board grade A yang berkualitas setebal 12 mm dan dilapisi kertas. Produk ini dapat dibeli dengan harga awal Rp 773.000 dan setelah diskon menjadi Rp 736.000 di Blibli.

Godric Single Rak Buku Portable 4 Susun - Grey [50.5 x 30.5 x 144 cm]

Sumber gambar www.blibli.com

Apabila kamu memiliki dokumen yang cukup banyak, Godric Single Rak Buku Portable 4 Susun ini bisa menjadi pilihan yang kokoh namun tetap praktis. Terbuat dari material kain berlapis coating anti air dan rangkaian pipa stainless, rak ini juga cocok digunakan untuk menyimpan benda lainnya, seperti peralatan dapur maupun majalah dan koran.

Tersedia dengan dimensi ukuran 50.5 x 30.5 x 144 cm. Rak berwarna grey ini juga sangat mudah dipindahkan. Godric Single Rak Buku Portable 4 Susun ini dapat dibeli di Blibli seharga Rp 99.900 setelah diskon.

Radysa Rak Buku Portable - Biru [3 Sisi]

Sumber gambar www.blibli.com

Tak ingin ruangan terlihat berantakan karena buku dan majalah yang tak terorganisir dengan baik, maka kamu wajib memiliki rak. Radysa Rak Buku Portable memiliki 3 sisi multifungsi dengan 9 ambalan. Desain portable yang dimilikinya membuatmu lebih mudah dalam memindahkannya, apalagi rak ini bisa dibongkar-pasang.

Radysa Rak Buku Portable memiliki banyak kompartemen, sehingga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai dokumen dan perlengkapan rumah lainnya. Bahannya menggunakan bahan non woven atau kain plastik dan rangka pipa stainless.

Tak heran rak ini akan membuat ruangan menjadi lebih rapi. Kamu dapat membelinya di Blibi seharga Rp 250.000 sebelum diskon dan setelahnya menjadi Rp 176.500.

Olive House Rak Buku Serbaguna Queen Anne Bookcase

Sumber gambar www.dekoruma.com

Pilihan warna putih dari Olive House Rak Buku Serbaguna Queen Anne Bookcase akan membuat ruanganmu terlihat sangat elegan. Desainnya yang sangat minimalis dan trendi.

Lemari ini terbuat dari bahan kombinasi MDF dan kayu sengon yang dilapisi dengan cat dan duco sehingga tahan air dan lebih awet. Cocok digunakan untuk menyimpan buku dan berbagai barang lainnya. Olive House Rak Buku Serbaguna Queen Anne Bookcase ini dapat dibeli di Dekoruma dengan harga Rp 1.813.708.

Super Furniture RB 920 Rak Buku - Cherry Kuning Coklat

Sumber gambar www.blibli.com

Tidak ingin buku dan dokumen dalam rumah dan kantormu berserakan? Rak buku Super Furniture RB 920 bisa menjadi jawaban yang tepat buatmu. Tersedia dalam varian warna cherry kuning cokelat dan memiliki 4 sekat rak di bagian dalamnya.

Dibuat menggunakan material particle board yang ringan dan kuat. Super Furniture RB 920 memiliki bentuk yang minimalis sehingga akan membuat tampilan ruanganmu makin cantik. Produk ini bisa dibeli di Blibli seharga Rp 599.000 setelah diskon.

From our editorial team

Pilih Rak Buku yang Paling Sesuai dengan Kebutuhanmu, ya!

Sesuaikan rak buku dengan kebutuhan dan desain yang paling cocok dengan ruanganmu. Selain itu rak juga harus kokoh dan tahan lama menampung semua buku-buku koleksimu. Nah, rak buku rekomendasi BP-Guide ini pastinya berkualitas bagus, kokoh dan tahan lama, lho.