10 Rekomendasi Buku Unik Ini Pasti Bikin Kamu Tercengang Saat Membacanya

10 Rekomendasi Buku Unik Ini Pasti Bikin Kamu Tercengang Saat Membacanya

Meskipun teknologi berkembang pesat dan segalanya telah digantikan oleh teknologi, tetapi buku masih tetap bertahan. Sudah banyak yang mengembangkan dalam bentuk ebook, tetapi fisik buku cetak masih tetap dipertahankan. Percaya kan, bahwa buku zaman dulu banyak dicari untuk dijadikan koleksi?

Beberapa Buku Bisa Terkenal Bukan Hanya Karena Isinya, tetapi juga karena Keunikannya

Membaca masih menjadi hobi yang disukai oleh banyak orang. Berbagai manfaat positif dapat diperoleh dari membaca, antara lain menambah pengetahuan dan ilmu. Dari tahun ke tahun, selalu ada buku yang terkenal dan menarik untuk dibaca. Namun ada sebagian buku yang terkenal bukan hanya karena isinya menarik namun karena isinya yang unik.

Inilah 10 Buku Unik yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Des Destinees de L'ame (Takdir Jiwa)

Sumber gambar homesecuritypress.com

Buku "Des Destinees de L'ame" (Takdir Jiwa" adalah sebuah risalah Prancis di abad ke-19 ini sangat unik. Sampul buku ini terbuat dari kulit manusia asli! Hal ini dibeberkan oleh para ilmuwan di Harvard University, tempat di mana buku tersebut disimpan.

Sejak tahun 1930, buku ini telah menjadi bagian dari perpustakaan Houghton, Harvard University. Penulis buku ini, yaitu Arsene Houssaye memberikan buku kepada temannya Dr. Ludovic Bouland pada tahun 1880. Oleh Dr. Bouland, buku itu kemudian diikat dengan kulit milik tubuh pasien perempuan yang menderita gangguan jiwa. Perempuan itu dilaporkan meninggal secara alami.

The Real Cookbook

Sumber gambar merdeka.com

"The Cookbook Real" adalah buku unik yang terbuat dari 100% pasta segar. Buku ciptaan agensi desain Korefe di Jerman ini sangat fenomenal. Di dalam buku ini dituliskan resep membuat lasagna klasik yang lezat. Uniknya, bahan utama dari resep itu adalah si buku sendiri. Setiap halaman buku dapat digunakan sebagai lapisan lasagna. Buku ini bisa dipanggang dan dinikmati sebagai lasagna yang lezat. Praktis sekali, bukan?

The Crosseyed Lefthander from Tula and The Steel Flea

Sumber gambar yukepo.com

Keunikan buku "The Crosseyed Lefthander from Tula and The Steel Flea"" ada pada bentuknya yang sangat kecil. Buku ini bahkan 88 kali lebih kecil dari buku terkecil di dunia versi Guiness Book of Record. Buku ini sampai muat diletakkan di atas biji bunga poppy yang dibelah.

Buku ini menceritakan seorang pengrajin senjata kidal yang menciptakan sepatu kuda bagi orang-orang Inggris. Halaman buku i i terbuat dari film poliester yang sangat tipis, rapuh, dan mudah sobek. Sementara tulisan bukunya sendiri dicetak melalui media litografi.

Skin Book

Sumber gambar yukepo.com

Skin Book dibuat khusus untuk para seniman tato. Terbuat dari bahan kulit sintetis, mereka bisa belajar mengukir tato di atas buku. Buku ini adalah hasil kerja sama Tattoo Art Magazine dengan agensi periklanan Brasil bernama Law' Lara TBWA. Buku ini kemudian menjadi buku yang revolusioner dalam dunia seni tato.

Dengan buku ini, seorang seniman tato bisa menjajal desain terbarunya sebelum bekerja di atas kulit manusia sebenarnya.

The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art

Sumber gambar yukepo.com

"The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art" (Rahasia Paling Mendalam dan Satu-satunya dalam Seni Pengobatan)) merupakan buku karya seorang dokter Belanda bernama Boerhaave yang meninggal pada 1738. Buku tersebut menjadi peninggalannya sebelum wafat.

Buku ini sangat unik dan mahal karena menembus harga USD 20 ribu atau sekitar Rp 260 juta saat dilelang. Keunikannya terletak pada isiny Dari 100 halaman buku, 99 di antaranya adalah kosong. Selain pada sampul depan, buku ini mengandung kalimat pendek yang fenomenal “jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin.”

Codex Seraphinianus

Sumber gambar 2.bp.blogspot.com

Buku "The Codex Seraphinianus" selesai ditulis pada tahun 1978 oleh arsitek dan desainer Italia Luigi Serafini, lengkap dengan berbagai ilustrasinya. Buku yang mengisahkan dunia paralel dari alam semesta ini berisi banyak gambar, teks, dan diagram aneh yang sulit dipahami. Selama beberapa dekade, banyak kriptografer yang mencoba memecahkan misteri buku ini.

The Manly Art of knitting

Sumber gambar amazon.com

Siapa bilang merajut hanya untuk wanita? Buku "The Manly Art of Knitting" mematahkan stereotip tersebut dengan mendorong kaum pria untuk belajar mengambil jarum dan mulai merajut. Keunikan buku ini terletak pada ilustrasi gambar yang akan membuat Anda senyum-senyum sendiri. Isi buku ini meliputi dasar-dasar merajut, pola jahitan, bentuk-bentuk rajutan, dan masalah yang mungkin muncul selama proses merajut.

Reusing Old Graves

Sumber gambar amazon.com

"Reusing Old Graves" adalah buku hasil survei dari Universitas Nottingham atas permintaan Institut Penelitian Ilmu Sosial di University of York. Buku ini memberikan wawasan tentang sikap publik terhadap aspek kematian dan pembuangan orang meninggal. Studi ini sangat menarik bagi sejarawan, sosiolog, teolog, dan ilmu lain yang berhubungan.

Book of The Dead

Sumber gambar 1.bp.blogspot.com

Berjudul asli "The Spells of Coming Forth by Day", "Book of the Dead" berisi mantra dan kidung untuk menolong arwah orang mati agar dapat mencapai akhirat serta menjadi kuat dan abadi. Terdapat sekumpulan tenung, sandi, nomor, dan formula ajaib yang menggambarkan dasar mitologi Mesir.

Buku ini juga menggambarkan cobaan yang harus dilalui orang mati sebelum akhirnya mencapai akhirat. Mantra yang ada di dalam buku akan membantu orang mati untuk mencapai kebahagiaan setelah kematian. Mantra yang tertulis juga berbeda, tergantung pada kelas sosial seseorang.

The Ripley Scroll

Sumber gambar 3.bp.blogspot.com

"The Ripley Scroll" ditulis oleh seorang ahli kimia Inggris bernama Sir George Ripley. Buku ini konon berisi ramuan keabadian dan membuat bingung para ilmuwan yang mencoba menafsirkan isinya. Buku dari abad ke-15 ini dinilai sangat misterius, dengan banyak tulisan alkemi serta ilustrasi yang tidak terpecahkan hingga saat ini.

Tidak Hanya Buku-buku Unik, Toko-toko Buku Ini juga Tidak Kalah Unik

Toko buku adalah surga dunia bagi para pencinta buku. Mereka kerap kali mengunjungi toko buku untuk menghilangkan penat dan lelah. Selain buku yang unik, ternyata banyak juga toko buku unik yang menarik untuk dikunjungi. Berbeda dari yang lain, daftar toko buku unik ini wajib dikunjungi saat traveling.

The Reading Room Books and Lounge-Jakarta

Sumber gambar cdn.idntimes.com

The Reading Room Books and Lounge terletak di Jalan Kemang Timur No. 57 A-B, Jakarta Selatan. Di sini kamu bisa membaca buku sambil menghirup kopi kesukaanmu. Kafe buku satu ini tidak hanya menyediakan WiFi gratis dan makanan yang lezat, tetapi ada banyak buku lintas genre yang bisa kamu baca sembari menikmati waktu luang. Kunjungi The Reading Room Books and Lounge yang buka setiap jam 10 pagi hingga jam 12 malam.

The Book Barn - Amerika Serikat

Sumber gambar cdn.idntimes.com

The Book Barn-41 W Main St, Niantic, CT 06357, Amerika Serikat. Catat alamatnya dan kunjungi saat kamu traveling ke Amerika Serikat nanti. Toko buku yang berada di kawasan pantai ini menggunakan konsep outdoor dengan meja dan payung untuk melindungi pengunjung dari sinar matahari.

Di sekitar toko, kamu juga bisa mengunjungi Niantic Bay Broadwalk dan Children's Museum of Southeastern Connecticut. Jam buka toko buku unik ini adalah mulai jam 9 pagi.

Shakespeare and Company - Perancis

Sumber gambar cdn.idntimes.com

Saat berkunjung ke Perancis, jangan lupa mampir ke Shakespeare and Company yang terletak di 37 Rue de la Bûcherie, 75005 Paris, Perancis. Didirikan oleh Sylvia Beach dan George Whitman, toko buku ini terletak di tepi kiri Sungai Seine di kota Paris. Tempat ini menjadi persinggahan para tokoh sastra seperti Ernest Hemingway, Gregory Corso, Jean Paul Sartre, dan masih banyak lagi.

Kamu akan betah berlama-lama di dalam toko buku ini karena aroma kayunya yang khas mampu membuat pikiran terasa rileks, ditambah lantunan piano yang menenangkan. Kamu tidak akan sadar berapa banyak buku yang sudah kamu baca.

Cook & Book - Belgia

Sumber gambar cdn.idntimes.com

Cook & Book yang berlokasi di Place du Temps Libre 1, 1200 Woluwe-Saint-Lambert, Belgia ini memiliki keunikan tersendiri. Luas toko buku ini sama dengan supermarket. Selain buku, kamu bisa belanja dan makan sekaligus di tempat ini.

Terdapat 9 ruang di Cook & Book dengan tema berbeda. Kamu juga bisa membaca di sebuah ruangan yang jadi satu dengan restoran. Bayangkan bagaimana nikmatnya menyesap secangkir kopi atau teh sambil membaca buku dan mengeksplorasi setiap ruangan yang ada di dalamnya.

Cafebreria El Pendulo - Meksiko

Sumber gambar cdn.idntimes.com

Cafebrería El Péndulo beralamat di Nuevo León 115 06700 Cuauhtémoc, Mexico City, Meksiko. Toko buku ini menyediakan berbagai macam hiburan mulai dari live music, stand-up comedy, pembacaan puisi, dan masih banyak lagi. Koleksi buku berbahasa Inggris di toko ini juga sangat langka.

Interior toko juga sangat unik dengan berbagai tumbuhan hidup untuk menonjolkan kesan alam. Terdiri dari tiga lantai, lantai pertama adalah tempat makan, lantai dua memiliki ruang berisi sofa yang bisa digunakan untuk membaca, dan lantai tiga adalah bar yang bisa dikunjungi sembari membaca buku.

From our editorial team

Jadikan Buku Sebagai Barang Berharga

Memiliki koleksi buku tentu saja sangat disarankan karena item satu itu menyimpan pengetahuan yang banyak. Sebagai pencinta buku, kamu sebaiknya mulai menata koleksi bukumu agar tidak habis di makan zaman. Kamu bisa mencari referensi penataannya dari berbagai sumber agar buku-bukumu tetap berharga di masa mendatang.

Tag