Membuat Takoyaki yang Mudah, Enak, dan Dijamin Nggak Pakai Ribet! (2018)

Membuat Takoyaki yang Mudah, Enak, dan Dijamin Nggak Pakai Ribet! (2018)

Camilan apa yang kamu suka? Mungkin jawabannya adalah takoyaki. Takoyaki termasuk mudah didapatkan dan dibeli di mana saja. Namun ternyata cara membuatnya juga mudah sehingga kamu pun bisa membuatnya di rumah. Coba saja buat sendiri dengan resep-resep takoyaki yang diberikan dalam artikel ini. Jangan lupa untuk membeli alat pembuat takoyaki dengan rekomendasi yang juga diberikan di sini.

Takoyaki, Makanan Khas Jepang yang Mendunia

Sebagian besar dari kita pasti sudah mengenal takoyaki, camilan khas Jepang berbentuk bola-bola. Takoyaki yang berasal dari Osaka, Jepang ini mempunyai ciri khas daging gurita sebagai bahan dasarnya. Tak hanya digandrungi oleh orang Jepang saja. Di Indonesia, makanan yang termasuk jajanan kaki lima di negara asalnya ini sedang naik daun. Takoyaki sekarang menjadi salah satu makanan kekinian yang bisa ditemukan di mal, pinggir jalan, maupun di tempat lainnya.

Takoyaki terbuat dari adonan terigu yang dibentuk menjadi bola-bola kecil yang di dalamnya diisi dengan daging gurita. Taburan bubuk rumput laut atau suwiran daging ikan wajib ada di atas takoyaki. Kombinasi tekstur yang lembut serta cita rasa nan gurih plus tambahan saus membuat orang tidak bisa move on dari makanan ini. Kamu juga, kan?

Osaka, Gudangnya Takoyaki di Jepang

Osaka memiliki restoran takoyaki yang sangat banyak jumlahnya hingga mencapai 650 buah. Pusatnya berada di distrik Minami. Dengan banyaknya restoran takoyaki tersebut, para penyedia takoyaki melakukan berbagai cara guna memikat dan menjadikan wisatawan sebagai pelanggan mereka. Untuk menarik pengunjung, salah satu kios takoyaki di daerah Dotonbori sengaja memasang patung gurita raksasa di bagian atas kios.

Berbagai inovasi rasa takoyaki juga bisa ditemukan di Osaka. Misalnya saja ada takoyaki yang dibuat dengan rasa es serut. Ada pula yang dihidangkan tanpa saus untuk menonjolkan cita rasa asli takoyaki dengan bahan-bahan berkualitas. Selain itu kamu juga bisa mencicipi varian takoyaki lain seperti bacon dan keju.

Jenis Takoyaki yang Unik

Ninja Takoyaki

Sumber gambar www.asahi.com

Berkunjung ke Jepang tak lengkap tanpa mencicipi takoyaki di negara asalnya. Kalau kamu sedang berada di Osaka, kamu wajib cobain takoyaki yang satu ini, Ninja Takoyaki produksi Kukuru, sebuah toko takoyaki yang populer di Osaka. Ninja Takoyaki ini adalah takoyaki yang terbuat dari tubuh cumi-cumi lengkap dengan campuran tinta cuminya. Disebut Ninja Takoyaki karena warna hitamnya melambangkan warna khas ninja Jepang.

Dibanderol dengan harga 750 Yen atau sekitar Rp 95.000, kamu bisa dapetin satu paket berisi delapan potongan takoyaki hitam lengkap dengan saus khusus, nori, mayones dan taburan katsuoboshi. Hmmm... yummy!

Takoyaki Berbentuk Planet Bumi

Sumber gambar grapee.jp

Takoyaki biasanya berwarna coklat keemasan. Tetapi di tangan @kyooochang, seorang netizen Jepang, takoyaki dibuat menyerupai bentuk planet bumi dan berwarna biru. Warna takoyaki ini dibuat menggunakan pewarna makanan. Warna birunya pun beragam mulai dari biru muda, biru tua, hingga toska. Isi dan rasa takoyaki ini sama dengan takoyaki pada umumnya.

Takoyaki Warna-Warni

Sumber gambar grapee.jp

Selain takoyaki berwarna biru, @kyooochang juga membuat takoyaki dengan warna-warna lain seperti warna merah, cokelat, oranye, hijau, toska, dan ungu. Sangat menarik! Sayangnya, kudapan ini tidak diperjualbelikan secara bebas. Padahal banyak yang ingin mencicipi takoyaki warna-warni tersebut.

Resep Takoyaki yang Bisa Dicoba di Rumah

Daripada jajan melulu, kamu juga bisa lo, bikin takoyaki di rumah. Peralatan dan bahannya nggak sulit, kok. Cek nih bahan dan cara pembuatannya, biar kamu juga jago bikin takoyaki sendiri!


Cara Membuat Takoyaki Khas Jepang

Untuk membuat takoyaki khas Jepang, Pastikan kamu punya cetakan khususnya supaya hasilnya sukses. Jangan lupa siapkan juga bahan utamanya yaitu gurita. Yummy… terbayang kelezatannya!

Bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 2 butir telur ayam
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 sendok teh kecap asin jepang
  • 2 cangkir dashi atau air kaldu jepang
  • 5 ons gurita rebus, potong dadu
  • 2 batang daun bawang yang dicincang
  • 2 sendok makan benishoga atau acar jahe merah
  • minyak goreng secukupnya
  • Pelengkap: saus takoyaki, mayones, bubuk rumput laut kering, dan katsuobushi

Cara Membuat:

  • Campur dan aduk rata tepung terigu, telur ayam, kecap asin, garam, dan dashi, hingga halus. Panaskan cetakan takoyaki dan olesi dengan minyak goreng menggunakan kuas. Tuangkan adonan takoyaki hingga penuh serta tambahkan sepotong daging gurita, acar jahe, dan daun bawang. Masak hingga setengah matang dan berwarna kecoklatan sekitar 1-2 menit. Balik takoyaki dengan menggunakan tusuk sate. Masak kembali hingga matang merata dan berwarna coklat keemasan sekitar 3-4 menit. Angkat dan sajikan dengan pelengkap.

Cara Membuat Takoyaki Ala Indonesia

Kamu juga bisa mengkreasikan takoyaki khas Jepang dengan beraneka macam isian selain daging gurita. Isinya bisa tumisan oncom, daging ayam, udang, sosis sapi, bakso sapi, cumi-cumi, dan lain sebagainya. Makanya, cobain yuk bikin takoyaki ala Indonesia ini. Nggak kalah enak kok rasanya dengan takoyaki jepang!



Bahan:

  • 100 gram tepung terigu
  • 1 telur ayam
  • 10 gram kol
  • ½ sendok teh baking powder
  • 145 ml air
  • 1 ½ sendok teh kaldu ayam
  • 1 sendok teh garam
  • 6 butir bakso sapi/ayam
  • 15 gram ayam cincang
  • 4 sendok makan mayones
  • 1 sendok teh kecap
  • 1 sendok teh saus tomat
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 2 sendok teh saus cabai

Cara Membuat:

  • Campurkan dan aduk rata baking powder, telur, tepung terigu, garam, kaldu bubuk, dan kol. Tambahkan air hingga adonan encer. Panaskan cetakan, olesi dengan minyak sayur. Tuang adonan lalu tambahkan ayam cincang dan bakso hingga penuh. Masak hingga matang dan kecokelatan di kedua sisinya. Angkat dan sajikan. Untuk saus takoyaki, campur saus tiram, kecap, saus cabai, dan saus tomat. Tambahkan air sebanyak 3 sendok makan hingga merata. Sajikan takoyaki bersama sausnya.

Rekomendasi Takoyaki Maker untuk Membuat Takoyaki di Rumah

Kalau kamu suka banget dengan takoyaki tetapi pingin membuat sendiri, pastikan kamu punya takoyaki maker di rumah. Dengan takoyaki maker ini, takoyaki lezat ala mal bisa kamu buat sendiri.

Electric Takoyaki Pan Pancake de Suzanne Lefebvre24moldes

Sumber gambar www.amazon.com

Alat pembuat takoyaki yang satu ini bobotnya ringan, mudah dibersihkan, dan aman karena lapisannya terbuat dari fluorine resin. Takoyaki maker ini memiliki 24 lubang dengan konsumsi listrik 800 W. Untuk alat secanggih ini, harga yang dibanderol hanya sekitar Rp 400 ribuan dan bisa kamu dapetin di situs Amazon.

Sugiyama Automatic Electric Japanese Takoyaki Grill Pan 12 Holes

Sumber gambar www.amazon.com

Ada juga Automatic Electric Japanese Takoyaki Grill Pan dari Sugayama. Alat ini memerlukan konsumsi listrik sebesar 650 W dan memang pas untuk penggunaan di rumah. Kamu bisa dapatkan alat dengan 12 lubang takoyaki ini dengan harga sekitar Rp 1,8 juta di Amazon.

Yamazen Electric Japanese Takoyaki Pan Sop-650(r)

Sumber gambar www.amazon.com

Kamu butuh alat pembuat takoyaki? Takoyaki maker dari Yamazen ini bisa jadi alternatif, lo. Selain aman digunakan karena materialnya terbuat dari fluoric resin, alat ini dijamin hemat energi karena mampu digunakan pada tegangan 100 Volt. Alat ini memiliki 18 lubang dan memiliki harga sekitar Rp 700 ribuan dan bisa dibeli di nextag.com.

From our editorial team

Membuat Takoyaki Bersama Keluarga atau Teman

Habiskan akhir pekanmu bersama keluarga atau teman dengan membuat takoyaki. Kegiatan ini pasti bisa membuat meriah suasana dan biayanya pun cukup murah. Because happiness is in the belly!