Pilihan dan Rekomendasi 10+ Makanan Ringan Asal Jepang yang Nikmat dan Mengenyangkan! (2018)

Pilihan dan Rekomendasi 10+ Makanan Ringan Asal Jepang yang Nikmat dan Mengenyangkan! (2018)

Sedang santai sore, sambil ngopi atau nonton bola? Jangan lupa untuk menikmati makanan ringan. Kali ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi makanan ringan yang nikmat asal negeri Sakura, Jepang. Tertarik? Simak yah.

Jepang Terkenal dengan Keanekaragaman Makanan Ringannya

Kalau liburan ke Jepang so pasti kamu bakal beli banyak oleh-oleh kan. Liburan di negeri Sakura memang dijamin bakal menyenangkan dan mengasyikkan. Negeri dengan budaya yang mendunia ini menawarkan banyak tempat wisata apik yang pastinya bakal bikin kamu betah disana.

Bicara soal Jepang, pasti tak jauh dari ngomongin kulinernya nih. Selain kuliner utamanya, negeri 4 musim ini juga dikenal sebagai negara yang punya beragam camilan unik loh. Makanan ringan khas Jepang memang sangat bervariasi baik dari bentuk dan rasanya.

Akan sayang sekali jika kamu tak menyempatkan membeli dan mencicipi aneka camilan khas Jepang. Bahan untuk membuat camilannya pun beragam mulai dari beras dan mi hingga aneka terigu.

Jangan Sampai Salah, ini Tips Penting Dalam Belanja Makanan Ringan Jepang

Nyemil jangan asal ya karena dengan memakan camilan ringan yang tepat bisa juga untuk diet sehat dan terpenuhinya gizi tubuh kita loh. Makanan yang bisa dimakan sebagai selingan ini memang beraneka ragam. Kita wajib memilih bahan yang tepat untuk camilan kita biar bukan hanya dapat kenyang tapi juga dapat sehatnya.

Sama juga nih kalau kamu ke Jepang dan ingin beli makanan ringannya. Ada beberapa tips yang wajib kamu tahu sebelum belanja camilan khas Jepang. Apa aja nih tipsnya?

Perhatikan Baik-baik Tanggal Kadaluarsa

Mau beli bahan makanan apapun pastilah yang harus dicek tanggal expirednya. Bahan segar sudah pasti ada masa kadaluarsanya apalagi makanan ringan ya. Dimanapun membelinya pastikan kamu cari cap tanggal kadaluarsa.

Umumnya tertempel di pembungkus makanannya nih tanggal expirednya. Jangan sampai kamu terlalu excited lalu lupa ngecek kapan berakhirnya tanggal layak konsumsinya. Harus waspada ya karena kamu toh gak mau sakit hanya gara-gara makanan ringan unik yang sudah kadaluarsa.

Hindari Membeli Makanan dengan Kemasan yang Sudah Kusam

Kala membeli makanan ringan di Jepang, perhatikan kemasannya. Jika terlihat kusam dengan gambar pudar dan warna yang sudah tak segar mending batalkan saja. Begitu pula jika makanan ringannya dikemas kaleng. Hindari saja kaleng yang penyok dan berdebu .

Patut diwaspadai lagi jika kemasan rusak ditambah tak ada tanggal kadaluarsanya. Lebih baik menghindari hal-hal yang tak diinginkan dengan ta membeli makanan ringan tanpa keterangan yang jelas ya.

Pastikan Kandungannya Aman untuk Dikonsumsi

Membeli makanan ringan di negeri orang memang tak semudah di negeri sendiri. Kalau di Negara sendiri kita sudah yakin akan kandungan makanan tersebut jika sudah ada cap aman dari BPOM. Nah kalau di negara orang kita patut waspada akan kandungan bahannya ya.

Bisa saja makanan ringan yang kita konsumsi mengandung bahan yang haram. Atau bisa jadi bahannya tidak aman untuk tubuh juga. Maka dari itu wajib banget mengecek kemasan makanan dan membaca kandungan apa saja dalam makanan tersebut. Dikhawatirkan ada kandungan bahan yang bisa bikin kamu alergi dan lain sebagainya.

10 Makanan Ringan Jepang yang Paling Populer

Bukan hanya wisata keren yang menarik hati, namun kuliner Jepang yang berupa-rupa juga menarik untuk dicicipi. Kurang lengkap rasanya jika kita tak menjajal makanan ringan khas Jepang juga.

Warga Jepang juga suka sekali ngemil. Ada aneka makanan ringan yang tersedia di Jepang. Bahkan untuk terus bertahan dalam sebuah rak toko makanan ringannya harus cukup trendy loh. Tak jarang ada makanan ringan yang hanya bertahan sebulan saja lalu tak pernah diproduksi ulang.

Nah ada pula aneka makanan ringan yang populer dan bertahan lama hingga berganti generasi. Kamu bisa juga jajal icip-icip nih. Rasanya sudah pasti menggoda dan bikin kamu ketagihan lagi. Yuk simak aneka jajanannya.

Pocky

Sumber gambar japancentre.com

Hayo siapa sih yang belum coba stik biskuit Pocky dengan aneka rasa ini? Diproduksi oleh Ezaki Glico makanan ini sudah muncul di awal tahun 1963 silam. Dulunya stik biskuit ini dijual tanpa lapisan rasa-rasa. Baru pada 1966 mulai dipasarkan stik Pocky dengan aneka lapisan rasa mulai dari pisang hingga cokelat.

Rasa camilan ini lezat dan tak membosankan. Makanan satu ini sudah menyebar ke berbagai negara termasuk juga Indonesia. Untuk pilihan rasanya beragam namun khusus di Jepang ada rasa unik yang mungkin tak akan ditemukan di Indonesia. Contohnya saja rasa Melon Yubari dan Rasa Anggur dari perfektur Nagano. Ada pula yang unik lain seperti rasa anggur Kobe dan rasa jeruk Kyushu.

Untuk tempat pembeliannya di Indonesia mudah ditemukan karena banyak dijual di mini market terdekat. Sementara jika ke Jepang kamu bisa beli di toko lokal serta Department Hall FASOLA di Akihabara. Harga sekotanya di Jepang yakni Rp. 121.100.

Umaibo

Sumber gambar japantrendshop.com

Makanan ringan lain yang wajib dijajal adalah Umaibo. Makanan ini berupa snack bar dengan rasa yang enak banget. Dikemas sangat sederhana ditambah aneka karakter lucu bikin kamu gemas untuk memakannya.

Snack bar ini hanya 6 gram namun sangat bikin nagih rasanya. Ada rasa keju dan jagung selain rasa unik seperti takoyaki dan teriyaki. Ada pula rasa tonkatsu dan kari ayam yang patut dijajal selain rasa salad sayuran.

Untuk membeli makanan ringan ini bisa ke Bukalapan dan Tokopedia. Sedangkan di Jepang, makanan ini dijual di Snack Umbrella store yang lokasinya di Konoya Cho perfektur Fukuoka. Harga camilan ini Rp. 60.550 sebungkusnya.

Caplico

Sumber gambar youtube.com

Berbentuk ice cream jajanan bernama Caplico ini rasanya variatif. Warna kemasannya pun imut dan sungguh menggoda. Bentuk lucu dengan rasa lezat membuat makanan ringan ini banyak digemari.

Makanan ini terbuat dari wafer cone yang tentu saja renyah dengan tengah cone berisi permen gel yang lembut. Ada rasa unik mirip es krim karena 1 cone memiliki 2 campuran rasa. Produk langka ini kebanyakan hanya bisa dibeli di Jepang.

Merupakan produk dari Glico makanan ringan ini tergolong manis. Renyah di luar dan lembut di dalam begitulah yang menggambarkan panganan satu ini. Satu pak camilan ini berisi 9 cone. Nah kalau ke Jepang mampirlah di toko Daiso yang tersebar di Jepang. Toko ini menjual beragam barang mulai dari makanan hingga alat berkebun. Semua harganya serba 100 yen atau setara Rp. 12.110.

Kitkat

Sumber gambar nestle.jp

Yang suka manis-manis tentu tak boleh melewatkan Kitkat. Cokelat batang produksi Nestle ini memang sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Wafer didalam lapisan cokelat tebal bikin makanan ringan ini terasa renyah dan bikin nagih.

Awalnya makanan ini dibuat di Inggris namun kini telah menyebar ke seluruh dunia dan diproduksi Nestle. Rasa yang hadir pun beraneka macam mulai original cokelat hingga rasa cabai merah. Ada pula yang khas Jepang seperti rasa wasabi dan cherry blossom serta matcha. Coba juga varian rasa gula merah lalu rasa parfait dan aprikot. Yang unik seperti rasa ubi panggang dan kinako ohagi juga ada loh.

Di Indonesia dijual banyak di toko toko online seperti Lazada. Di Jepang kamu bisa mendapatinya di Hanamasa supermarket dengan harga Rp. 44.564 seplastik besar isi 10 pcs.

Meiji Chocolate

Sumber gambar amazon.com

Cokelat memang bukan Cuma enak rasanya namun sangat kaya manfaat. Nah cokelat hitam dikenal baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Mengandung banyak antioksidan serta rendah gula jadi baik untuk jantung dan bisa meredam stress.

Cokelat Meiji menggunakan cokelat hitam pilihan. Bahan lainnya pun dipilih ketat sehingga tersaji sempurna. Rasanya nikmat sehingga tak pelak lagi jika banyak yang menggemarinya.

Ada rasa susu cokelat dan cokelat hitam yang bisa dicoba. Ada pula rasa strawberry yang enaknya tak kalah dari rasa original. Satu box cokelat ini berisi 4 rasa cokelat dan dibanderol Rp. 44.807. Bisa dibeli di gerai 7 Eleven yang tersebar di Jepang.

Koala March

Sumber gambar asianfoodgrocer.com

Jepang memang terkenal sebagai negara yang sering memproduksi aneka camilan berbentuk unik. Seperti Koala March ini salah satunya. Bentuknya imut karakter Koala dengan rasa cruchy yang dahsyat. Isiannya lelehan cokelat premium dengan beragam rasa unik.

Bentuk koala yang beragam bikin kita gemas memakannya. Snack ini bukan cuma enak tapi juga menyehatkan. Pas untuk bekal berwisata atau ngemil sore saat santai. Bisa dibeli di berbagai supermarket di Jepang. Harga sekotak Koala March ini Rp. 26.000.

Chokobi

Sumber gambar japancentre.com

Fans berat Crayon Shincan pasti mengenal Chokobi. Ya, makanan ringan satu ini jadi favorit Shincan. Bentuk bintang dengan tekstur lembut membuat camilan ini banyak disukai.

Bisa dibeli di website cemilan unik dengan mudah. Biskuit ini hadir dalam rasa cokelat dan karamel serta pisang. Ada lagi rasa taco meksiko dan buah tropis serta rasa stroberi.

Jika ke Jepang jangan lupa beli cemilan satu ini ya. Bisa didapatkan di beragam convenience store Jepang. Harga sebungkusnya Rp. 12.000.

Crunky Popjoy

Sumber gambar pinterest.com

Sepotong kecil cokelat kadang rasanya lebih bikin nagih ketimbang se bar cokelat besar. Sama seperti Crunky Popjoy ini asal Jepang ini. Makanan ringan ini hadir dalam gigitan kecil dengan aneka rasa.

Ada rasa cokelat ada pula rasa matcha dan mint. Berlapis rami malt dan cokelat susu Lotte camilan satu ini dijamin bikin kamu gak bisa berhenti makan. Bisa dibeli di Bukalapak. Namun jika membeli di Jepang bisa ke Don Quijote. Produk ini dibanderol Rp. 26.550.

Wasabeef

Yang namanya keripik memang makanan ringan terfavorit. Renyah dan menyenangkan untuk dimakan bersama teman. Ada produk Wasabeef yang patut dijajal dari Jepang.

Keripik dari kentang ini muncul dengan memadukan rasa wasabi dan beef. Rasa keripik ini pedas dari wasabinya jadi tak dianjurkan untuk anak kecil ya. Jika tertarik membelinya langsung saja beli karena sebungkusnya dijual Rp. 52.300. Untuk memperolehnya bisa ke 7 Eleven ya.

Jagariko

Sumber gambar thesmartlocal.com

Satu lagi nih camilan berupa keripik Jepang yang wajib diicip. Ada Jagariko yang berbentuk stik. Sudah diluncurkan sejak 1995 silam dan populer dengan beragam rasanya yang khas.

Unik karena hadir dalam rasa shoyu dan mentaiko. Ada pula rasa salad dan keju yang enak rasanya. Makanan ringan ini dikemas dalam wadah bentuk cangkir. Produk jagariko ini dibanderol Rp. 39.450 per kemasannya dan bisa dibeli di beberapa Toserba Jepang.

From our editorial team

Makanan Populer asal Jepang, Pilihan Pas saat Ngemil

Produk-produk yang BP-Guide paparkan di atas merupakan pilihan cemilan yang populer asal negeri Jepang. Bahkan, beberapa produk juga populer di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Jangan lewatkan untuk mencoba sensasi rasanya, saat Anda berkunjung ke negeri sakura ini, yah.