Tahan Minyak Seharian Dengan 10 Rekomendasi Bedak Tabur Lokal Ini (2022)

Tahan Minyak Seharian Dengan 10 Rekomendasi Bedak Tabur Lokal Ini (2022)

Bedak tabur dengan formula yang lebih ringan banyak dipilih kaum hawa. Apalagi jika jenis kulitnya berminyak, bedak jenis ini sangat ampuh untuk menahan minyak seharian lho! Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi bedak tabur lokal terbaik untuk Anda.

Bedak Tabur Punya Formula Lebih Ringan Untuk Wajah

Bedak tabur atau loose powder adalah bedak dengan tekstur bubuk yang lembut saat diaplikasikan ke wajah menggunakan kuas, puff, atau powder brush. Meski banyak yang menyukai bedak padat, Anda perlu tahu keunggulan dan kegunaan bedak tabur ini.

Bedak tabur ini biasanya lebih disukai oleh orang-orang yang go with natural look. Bedak ini memiliki formula yang ringan dan dapat menyerap minyak. Namun, item ini termasuk essential makeup yang wajib Anda miliki, biarpun wajah Anda tidak berminyak.

Bedak ini merupakan bedak serba bisa. Bedak ini berguna untuk setting alas bedak maupun jadi finishing powder. Anda juga bisa menggunakan loose powder untuk baking. Tapi bukan buat baking kue ya, hehe. Jangan sampai Anda memakan bedak ini.

Oleh karena kegunaannya yang banyak dalam mengaplikasikan makeup, Anda bisa menggunakan bedak tabur ini untuk penggunaan setiap hari, maupun untuk keperluan penting seperti untuk makeup wisuda, makeup pengantin, dan acara penting lainnya.

Manfaat Bedak Tabur Untuk Riasan Wajah

Melentikkan Bulu Mata

Meski sebatas rambut tipis di mata, tampilan bulu mata bisa mengubah tampilan wajah secara keseluruhan. Nah, ada beauty hack yang bisa Anda terapkan untuk membuat bulu mata lentik lebih lama lho!

Taburkan bedak pada bulu mata setelah mengaplikasikan maskara. Pastikan kondisi bulu mata masih basah. Ini akan membuat maskara Anda bertahan lebih lama, dan Anda mempunyai bulu mata lentik yang cantik untuk pesta!

Memudahkan Aplikasi Eyeshadow

Mengaplikasikan eyeshadow bukanlah perkara mudah. Saat diaplikasikan, tak jarang eyeshadow melatih kesabaran karena warnanya yang tidak mudah menyatu dengan kulit kelopak mata. Namun Anda bisa mencoba beauty hack ini. Siapkanlah bedak tabur dan kuas eyeshadow. Lalu aplikasikanlah secara perlahan pada riasan mata, dan garis-garis yang mengganggu pun bakal hilang.

Bikin Lipstik Lebih Awet

Lipstik yang tak tahan lama kerap bikin repot. Daripada Anda bolak-balik memulaskan lipstik lagi dan lagi, Anda bisa membuatnya lebih awet dengan beauty hack menggunakan bedak tabur si benda multifungsi ini.

Caranya gampang. Anda hanya perlu mengaplikasikan lipstik seperti biasa, kemudian tempelkan tisu pada bibir. Setelah itu, taburi dengan bedak. Niscaya, lipstik bakal awet tanpa perlu touch up berkali-kali.

Mengubah Lipstik Glossy Menjadi Matte

Anda merasa tidak nyaman dengan lipstik glossy yang Anda gunakan? Tenang, Anda bisa menyulap lipstik glossy Anda menjadi matte dengan menggunakan bedak tabur. Hebat kan?

Caranya juga mudah. Anda hanya butuh menaburkan bedak tabur secara perlahan pada bibir yang telah dipoles dengan lipstik glossy itu. Sebaiknya Anda memilih bedak yang netral agar warna lipstik tidak memudar.

Difungsikan Sebagai Dry Sampo

Rambut lepek memang bisa merusak tampilan. Keramas bisa jadi solusi. Namun, ini kerap tidak memungkinkan saat waktu sudah mepet. Tapi tenang, Anda bisa mengandalkan bedak tabur sebagai sampo kering alias dry shampoo.

Taburkan bedak pada kulit kepala, gosok seperti Anda keramas dengan sampo biasa. Setelah itu, sisir rambut untuk membuang sisa bedak. Bedak akan menyerap kelebihan keringat dan minyak di rambut dan membuatnya tidak lepek lagi.

Tips Memilih Bedak Tabur Berdasarkan Jenis Kulit

Kulit Berminyak

Kulit wajah berminyak dan kombinasi ditandai dengan adanya kilap di sejumlah bagian wajah. Kilap ini dapat mengusir rasa percaya diri. Kulit berminyak cenderung membutuhkan bedak tabur lebih banyak untuk menyamarkan tampilan kilap dan mencegah makeup crack.

Selain itu, Anda sebaiknya menggunakan bedak tabur dengan hasil akhir matte untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih. Sebaliknya, Anda tidak disarankan untuk memilih bedak tabur yang memberi efek glowing karena akan membuat wajah tampak makin berminyak.

Supaya lebih maksimal, jangan lupa untuk mempersiapkan kulit dengan menggunakan skincare dengan bahan aktif oil control. Juga bisa memilih produk dengan kandungan salicylic acid yang diklaim dapat berfungsi sebagai oil control.

Kulit Kering

Pemilik kulit kering sering bermasalah dengan bedak yang kurang menempel, sehingga kulit akan terlihat cakey dan tidak merata. Solusinya, Anda bisa memilih bedak dengan kandungan pelembab terutama dari hyaluronic acid, glycerin, dan jojoba oil.

Jika Anda ingin mengenakan bedak tabur dengan hasil akhir matte, maka pilihlah produk bedak tabur yang ringan. Hindari menggunakan bedak dengan coverage berlebih karena berisiko membuat kulit gatal.

Sebaiknya Anda juga memilih bedak dengan dengan label hypoallergenic. Produk yang hypoallergenic tidak mudah menimbulkan alergi, serta sudah teruji secara dermatologi, sehingga lebih aman.

Kulit Sensitif

Anda yang berkulit sensitif perlu melihat komposisi produk dengan lebih jeli. Alih-alih tampak menawan, bedak tabur yang tidak tepat dapat menyebabkan kulit terasa gatal, alergi, bahkan iritasi.

Sebaiknya Anda mempertimbangkan bedak dengan label hypoallergenic, demi mencegah risiko timbulnya alergi pada kulit. Bedak tabur berbasis mineral dengan formula non comedogenic juga bisa menjadi menjadi pilihan tepat untuk kulit sensitif.

Sebaliknya, hindari produk yang mengandung emolien minyak, wewangian, alkohol, silikon, dan paraben karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Lebih amannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit bila masih merasa kesulitan menemukan bedak yang tepat.

Rekomendasi Bedak Tabur Lokal Untuk Semua Jenis Kulit

Marcks' Active Bedak Tabur

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan merek lokal yang satu ini. Bedak tabur legendaris ini memiliki partikel halus dan ringan yang mudah dibaurkan. Bedak ini mampu menyerap kelebihan minyak di wajah. Kandungan salicylic acid di dalamnya dapat meredakan peradangan jerawat.

Selain itu, bedak ini juga diformulasikan agar tidak cepat teroksidasi dan membuat wajah kusam. Bedak ini juga bisa digunakan oleh para pemilik kulit sensitif. Tersedia dalam beberapa varian warna yang dapat memberikan finish natural dan cocok untuk mayoritas kulit masyarakat Indonesia.

Harga Rp. 20.000-35.000

Wardah Acnederm Face Powder

Jika Anda tengah mencari bedak tabur dengan formula khusus untuk kulit berjerawat, inilah produk yang tepat. Wardah menghadirkan bedak tabur dengan formula derma control activities yang dilengkapi ekstrak kedelai dan salicylic acid.

Acnederm Face Powder ini diformulasikan dengan tekstur yang ringan dan halus, sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit Anda. Bedak ini juga diklaim mampu membantu mengurangi kemerahan akibat iritasi.

Harga Rp. 35.000-50.000

LT Pro Translucent Loose Powder

LT Pro menyertakan kandungan bernama silica yang berperan dalam menyerap kelebihan minyak pada wajah, sehingga menjadikannya bedak yang ideal untuk kulit berminyak. Dengan terkontrolnya produksi sebum maka makeup juga akan lebih tahan lama. Anda pun jadi terlihat segar dan bebas dari tampilan kusam.

Produk ini juga diperkaya dengan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Ditambah juga dengan kandungan minyak alpukat yang bekerja sebagai emollient, yaitu zat yang berfungsi untuk menciptakan lapisan tambahan dengan tujuan menahan kadar air di dalam kulit. Bedak yang menutrisi kulit!

Harga Rp. 100.000-150.000

Emina Bare With Me Mineral Loose Powder

Produk loose powder terbaik dari Emina adalah Emina Bare With Me Mineral Loose Powder. Bedak tabur artis dari Emina ini mengandung lauroyl lysine, mica, dan oil absorbing powder. Kandungan ini bekerja secara sinergis memberikan hasil riasan yang halus bak sutra, natural, dan wajah bebas kilap sepanjang hari.

Dengan bahan-bahan yang ramah di kulit, Emina Bare With Me Mineral Loose Powder adalah bedak tabur yang aman digunakan oleh setiap orang, termasuk ibu hamil, dengan berbagai kondisi kulit. Produk ini tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu fair, light beige, amber, dan ebony.

Harga Rp. 30.000-50.000

Make Over Silky Smooth Translucent Powder

Pemakaian bedak tabur terkadang dikhawatirkan membuat kulit terasa kering dan cakey. Namun, Silky Smooth Translucent Powder dapat menghempaskan kekhawatiran itu jauh-jauh. Bedak ini diformulasikan agar dapat melembabkan wajah.

Formulanya secara aktif mampu mencegah dehidrasi kulit, sehingga Anda tak perlu takut wajah jadi kering. Teksturnya yang sehalus sutra pun akan memberikan riasan yang segar. Hasilnya, kulit Anda akan tampak sehat dan cerah sepanjang hari.

Harga Rp. 95.000-120.000

Viva Cosmetics Perfection Natural Bright Loose Powder

Viva Cosmetics menghadirkan bedak tabur dengan kandungan bahan yang ringan. Bahan-bahan terbaik diformulasikan untuk memperoleh tekstur bedak yang sangat halus demi menghasilkan kulit wajah yang tampak cerah alami. Bedak tabur terbaik dari Viva Cosmetics ini memberikan hasil tampilan yang matte.

Lewat kandungan UV filter yang tersimpan di dalamnya, produk ini juga dapat melindungi ketahanan makeup terhadap paparan terik matahari. Kandungan pelembab yang terdapat dalam Viva Cosmetics Perfection Natural Bright Loose Powder ini juga akan memastikan kulit tetap terhidrasi meski tertutup oleh riasan wajah.

Harga Rp. 30.000-35.000

Pigeon Teens Squalane Face Powder

Sesuai namanya, Pigeon Teens menyediakan produk kosmetik dan skincare untuk remaja. Oleh karena itu, Pigeon memberikan formula yang lebih ringan. Formulasi pada bedak ini juga disesuaikan dengan masalah kulit remaja yang identik dengan acne, minyak, dan kusam.

Bedak tabur ini memiliki aroma, namun tidak menyengat sehingga seharusnya ini tidak mengganggu. Ketahanan minyaknya juga lumayan bagus, tidak terlalu kuat, tetapi masih bisa Anda andalkan untuk pemakaian sehari-hari.

Harga Rp. 20.000-40.000

Sariayu Loose Powder

Sariayu Martha Tilaar meluncurkan Sariayu Loose Powder dengan shade yang untuk kulit orang Indonesia. Ada kuning langsat, kuning pengantin, kuning gading, dan sawo matang. Undertone bedak tabur ini memang kuning, jadi mungkin agak tricky buat yang undertone-nya cool (putih-pink). Buat yang undertone-nya warm juga mungkin hanya cocok dengan shade sawo matang saja.

Bedak ini diformulasikan dengan partikel yang lembut, dan bisa menahan minyak di wajah. Kemasannya juga dibuat travel friendly walaupun ini bedak tabur, karena ukurannya yang mini. Ditambah lagi dengan warna kemasannya yaitu warna peach yang menggemaskan, jadi tidak merusak pemandangan di makeup pouch Anda.

Harga Rp. 15.000-25.000

BLP Beauty Face Powder

Bedak tabur lokal yang juga punya performa baik dihadirkan oleh BLP pada seri Beauty Face Powder. Bagi Anda yang menginginkan hasil riasan yang tidak terlalu terlihat matte maka produk ini bisa menjadi pilihan Anda. Produk ini tidak akan membuat wajah terlihat putih berlebihan ataupun kusam, karena warna yang diberikan akan pas di wajah.

Loose powder ini termasuk salah satu yang menawarkan puff terpisah. Butiran powder dari bedak tabur ini berukuran sangat kecil dan bertekstur halus sehingga akan terasa sangat ringan ketika dipakai untuk touch up, bahkan untuk re-touch up makeup. Bedak ini juga dikemas dalam kemasan yang praktis dan sangat travel pouch friendly.

Harga Rp. 135.000-200.000

Wardah Lightening Matte Powder

Wardah Lightening Matte Powder dibuat dengan inovasi skin lightening system microbright formula dan oil control agent, serta mengandung microbright formula yang sangat ringan. Jadi, bedak ini dapat membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit Anda, serta mengontrol minyak di wajah.

Bedak ini sudah ada puff bawaan yang lembut dan enak ketika dipakai. Anda bisa memakainya setelah pengaplikasian BB cream atau foundation supaya lebih nge-set. Juga bisa dipakai saat finishing touch untuk hasil makeup yang terlihat lebih smooth. Hasil akhirnya adalah tampilan yang matte tapi tidak seperti dempul.

Harga Rp. 25.000-40.000
From our editorial team

Jangan Lupa Touch Up Setiap Beberapa Jam Agar Wajah Tetap Segar

Mengaplikasikan bedak tabur sebaiknya jangan hanya sekali saja di pagi hari, ya. Lakukan touch up di sela-sela aktivitas Anda agar wajah tetap terlihat segar sepanjang hari. Bedak tabur lokal terbaik bisa Anda temukan hanya dari rekomendasi BP-Guide!