Lagi Pengen Es Krim Cokelat? Yuk, Coba 10 Resep Es Krim Chocolatos Terenak dan Mudah Dibuat di Rumah (2020)

Lagi Pengen Es Krim Cokelat? Yuk, Coba 10 Resep Es Krim Chocolatos Terenak dan Mudah Dibuat di Rumah (2020)

Siapa sih yang tidak suka dengan es krim cokelat? Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pasti sangat suka banget nih dengan es krim cokelat. Anda bisa juga lho bikin es krim cokelat sendiri dengan menggunakan Chocolatos yang rasa cokelatnya enak banget. Yuk, langsung cek dulu resep-resepnya!

Es Krim Memiliki Cita Rasa Lezat dengan Berbagai Rasa Unik

Es krim merupakan hidangan manis dan menyegarkan yang disukai oleh sebagian besar orang di seluruh dunia. Hidangan ini sudah ada sejak tahun 64 Masehi. Bahkan, es ktrim tercatat sebagai salah satu hidangan pesta di era Kaisar Nero dari Romawi.

Varian rasanya pun ada banyak sekali, sehingga mudah untuk disesuaikan dengan selera kita masing-masing. Di antara sekian banyak varian rasa tersebut, ada tiga varian es krim yang paling populer yaitu es krim rasa cokelat, vanilla, dan strawberry. Saking populernya, tiga rasa tersebut bisa disebut sebagai rasa “basic” dari es krim yang ada di pasaran.

Kenali Jenis-jenis Es Krim Terenak yang Ada di Dunia

Gelato

Dalam bahasa Italia, gelato sendiri berarti es krim. Namun, dalam konteks kuliner, gelato adalah sebutan untuk olahan es krim yang dibuat sesuai dengan tradisi orang-orang Italia. Berbeda dengan es krim biasa, gelato memiliki tekstur yang lebih halus, lebih padat, dan rasa susu yang lebih kuat.

Ini karena gelato mengandung lebih banyak susu, namun lebih sedikit lemak dibandingkan es krim pada umumnya. Untuk es krim biasa, rata-rata mengandung 14-17% lemak, sedangkan gelato hanya mengandung sekitar 8% lemak.

Dan karena teksturnya yang lebih padat, gelato juga cenderung lebih lama mencair dibandingkan es krim biasa dengan kandungan udara sekitar 20-30% saja.

Dondurma

Dondurma merupakan es krim asal Turki yang dijual dengan cara yang unik. Para pedagang dondurma ini biasanya menggunakan tongkat besi panjang untuk menyajikan es krim kepada pembeli. Tidak hanya itu, pembeli juga dihibur dengan atraksi-atraksi menarik dari sang pedagang dondurma. Cara unik inilah yang kemudian membuat dondurma mendunia dan banyak diminati oleh para wisatawan.

Sekilas, dondurma tampak sama dengan es krim pada umumnya. Namun sebenarnya, dondurma memiliki tekstur yang cukup lengket hingga dapat ditarik-tarik seperti adonan roti. Konon yang membuat tekstur dondurma selengket ini adalah adanya tambahan bahan-bahan rahasia khas Turki. Karena teksturnya yang lengket dan padat itu, dondurma juga tidak mudah meleleh apabila dibandingkan dengan es krim biasa.

Kulfi

Sumber gambar https://www.sbs.com.au/

Setelah dari Italia dan Turki, kini kita beranjak ke daerah India, Pakistan, dan negara-negara di sekitarnya yang juga memiliki es krim khas bernama kulfi. Kulfi terbuat dari susu kental manis yang dibekukan tanpa tambahan gula sehingga menghasilkan tekstur yang cukup lembut.

Umumnya, kulfi dijajakan berkeliling di dalam pot yang ditaruh di dalam wadah berisi es dan garam, mirip dengan cara menjajakan es puter. Kulfi ini dijual dengan stik yang ditaruh di dalam cangkir ataupun dalam bentuk potongan yang ditaruh di atas daun pisang. Biasanya, es ini disajikan dengan topping kacang-kacangan seperti pistachio, mete, atau saffron khas India.

Sorbet

Jika es krim biasanya dibuat dengan campuran krim atau susu, tidak demikian dengan sorbet. Bahan baku sorbet adalah buah, gula sirup, dan tambahan soft ice. Teksturnya memang lebih keras dan lebih kasar, namun memiliki cita rasa yang lebih segar karena terbuat dari buah-buahan. Karena itu, rasa buahnya lebih kuat daripada rasa buah pada gelato maupun es krim pada umumnya.

Sajian yang sudah ada sejak abad ke-16 di Timur Tengah, Eropa Timur, dan Asia ini dianggap lebih sehat dibandingkan varian es krim dan yogurt lainnya. Satu cangkir sorbet mengandung 170-185 kalori, relatif lebih rendah daripada satu cangkir es krim (267 kalori) dan satu cangkir yoghurt (214 kalori). Kandungan gulanya pun jauh lebih rendah karena rasa manisnya hadir dari buah-buahan alami tanpa tambahan krim maupun susu.

Jangan Lewatkan Tempat Makan Es Krim Terenak di Jakarta

Kelasi

Sumber gambar http://mariskatracy.com/

Kelasi merupakan singkatan dari kelapa isi. Mengapa demikian? Sebab, kedai es krim ini menyajikan buah kelapa dengan isian sejenis es krim yang terbuat dari air kelapa. Penyajian es krim ini di dalam batok sehingga menambah keunikan sajiannya.

Ada lima varian es krim di Kelasi, yaitu original, cocorange, cocoreo, cocotaro, dan cocomatcha. Untuk topping-nya sendiri terdiri dari 16 varian, mulai dari aneka buah segar, kacang-kacangan, mochi, biskuit, dan sereal.

Kelasi ini memiliki dua gerai yang ada di Mall Kelapa Gading Walk Area dan Food Container di daerah Lebak Bulus. Rekomendasi menu dari Kelasi adalah coco boat, coco parfait, tropical cruise, dan cruise in love.

Namun, Anda juga dipersilakan untuk membuat menu sendiri dengan gabungan topping dan varian es krim sesuai selera Anda. Satu porsi es krim di Kelasi ini dijual dengan harga Rp 28.000-Rp 40.000.

Ron's Laboratory

Sumber gambar http://surgakuliner.com

Tempat ini merupakan salah satu kedai gelato terunik yang ada di Jakarta. Dengan mengangkat konsep molecular gastronomy, tidak hanya menunya, gerainya pun didesain semirip mungkin dengan laboratorium kimia yang begitu unik. Karyawannya pun menggunakan seragam layaknya para ilmuwan. Cara pembuatannya es krim ini sangat mirip dengan proses percobaan kimia.

Sesekali terlihat kepulan asap seperti saat kita melakkan eksperimen ketika gelato dibekukan dengan nitrogen cair. Tak heran jika banyak pengunjung mal yang tertarik untuk melihat proses pembuatan gelato di Ron’s Laboratory yang ada di Grand Indonesia Mall, Pondok Indah Mall, Lippo Mall-Puri Indah di Jakarta, Sun Plaza di Medan, dan Ciputra World di Surabaya.

Founder dari Ron’s Laboratory, Ronald Prasanto, mengungkapkan bahwa setiap bulannya, mereka akan mengeluarkan dua varian rasa baru untuk menggantikan dua varian rasa lama. Salah satu dari dua varian rasa baru tersebut akan menggunakan menu khas Indonesia, misalnya kacang hijau. Sehingga, gerai ini bisa dibilang tidak akan pernah berhenti berinovasi dengan produk-produknya.

Ada enam rasa gelato yang banyak menjadi favorit pengunjung, seperti red velvet, avocado with espresso, base with caramel swirl, dark chocolate, tape ketan, dan lemongrass sorbet. Beberapa varian rasa tersebut diberi tambahan permen dengan sensasi meledak-ledak di lidah yang menambah pengalaman tersendiri ketika menikmati menu di Ron’s Laboratory. Gelato yang dijual di sini dibanderol dengan harga Rp 45.000-Rp 60.000 per cup.

Miaw Coconut Ice

Mirip dengan Kelasi, Miaw Coconut Ice juga menyajikan es krim di dalam batok kelapa dengan berbagai varian topping mulai dari jelly, kacang-kacangan, chocolate chips, nata de coco, hingga buah-buahan segar. Rasa segar juga bisa kita dapatkan dari buah kelapa yang menjadi wadah es krim.

Kedai yang berlokasi di toko Jang Manies, Pasar Santa lantai 1, Jalan Cipaku, Senopati, Jakarta ini hanya buka di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 13 sampai habis. Suasana kedainya pun cukup homey dan sangat menarik untuk mengambil foto.

Magnum Cafe

Sumber gambar https://www.frasindo.com

Banyak dari kita pasti sudah mengenal es krim Magnum. Es krim premium produksi PT Unilever Indonesia Tbk ini meluncurkan sebuah kafe dengan konsep yang menarik. Mereka ingin menyajikan layanan yang premium dan memanjakan para pengunjungnya dengan memberikan konsep sweet escape di sana.

Siapa pun yang hadir akan dilayani layaknya anggota kerajaan. Kafe yang sudah ada sejak tahun 2011 ini menawarkan berbagai menu es krim Magnum yang sangat menarik. Salah satunya adalah es krim Magnum polos yang dicelupkan ke dalam cokelat cair, cocok sebagai teman untuk ritual afternoon tea yang menenangkan.

Kedai Gentong

Sumber gambar https://pergikuliner.com

Bosan dengan es krim modern dan ingin menyantap es krim dengan cita rasa tradisional? Mungkin Kedai Gentong ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk Anda. Kedai Gentong menyajikan menu es krim tempo dulu yang diadaptasi dari es puter khas Indonesia. Meski tampak sangat sederhana, Kedai Gentong membuat es krim dengan bahan-bahan berkualitas premium.

Es krim ini dipercaya baik untuk kesehatan karena terbuat dari buah-buahan asli dan bebas bahan pengawet dan pemanis buatan. Inilah kenapa rasa es krim di Kedai Gentong tidak semanis es krim modern pada umumnya. Selain es krim, Kedai Gentong juga menyajikan beberapa menu lain seperti es teler, banana split, brownies ice cream, waffle ice cream, dan cold dog.

Kedai Gentong menyajikan berbagai varian rasa mulai dari cokelat, kopi, brownies, strawberry, green tea, vanilla, hingga varian rasa khas Indonesia seperti durian, nangka, dan alpukat. Cara penyajiannya pun ada tiga macam baik itu di dalam cup, menggunakan cone, ataupun roti.

Anda bisa menikmati menu-menu menarik di sini ataupun dibawa pulang dengan kemasan cup. Jika tertarik untuk membelinya, kini Kedai Gentong sudah tersebar di beberapa mal di Jakarta, Tangerang, dan Bogor serta cafe modern yang ada di Sunter dan Kelapa Gading.

Rekomendasi Es Krim Chocolatos Terenak dan Mudah Dibuat di Rumah

Es Krim Chocolatos Wafer Roll

Sumber gambar https://cookpad.com

Chocolatos Wafer Roll merupakan cemilan yang sangat populer di berbagai kalangan, terutama pada kalangan anak-anak dan remaja. Wafer stick-nya yang lebih besar dengan isian krim cokelat yang lebih padat memberikan kepuasan tersendiri bagi para penikmatnya.

Tidak hanya nikmat disantap langsung, Chocolatos Wafer Roll juga cocok dijadikan campuran ataupun topping pada berbagai jenis dessert. Salah satunya adalah es krim. Berikut resep es krim dengan campuran Chocolatos Wafer Roll yang lezat dan manis.

Bahan-bahan:

  • 17 stik wafer Chocolatos
  • 2 sachet Chocolatos bubuk
  • 1 sachet krimer kental manis cokelat
  • Air secukupnya

Cara pembuatan:

  • Campurkan air, Chocolatos bubuk, dan krimer kental manis. Aduk hingga rata.
  • Hancurkan wafer Chocolatos, tuang ke dalam adonan.
  • Tambahkan topping Chocolatos bubuk ke atas adonan.
  • Masukkan ke dalam freezer selama 6-8 jam atau hingga adonan membeku seluruhnya. Setelah beku, es krim pun siap untuk disajikan.

Es Krim Chocolatos Stik

Sumber gambar https://cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 200 ml susu UHT cokelat
  • 5 sdm krimer kental manis
  • 2 bungkus Chocolatos Cream
  • 1 bungkus Chocolatos Stick
  • Stik es krim secukupnya

Cara pembuatan:

  • Masukkan susu UHT, krimer kental manis, dan Chocolatos Cream ke dalam wadah. Aduk hingga merata.
  • Hancurkan Chocolatos wafer stick, kemudian masukkan ke dalam adonan. Aduk merata.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan es krim, lalu tambahkan stik es krim.
  • Masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 6 jam. Es krim yang sudah membeku siap untuk disantap.

Es Krim Pisang Chocolatos

Sumber gambar https://cookpad.com

Apakah Anda penggemar pisang? Pisang memang dapat diolah menjadi banyak sekali jenis makanan, mulai dari camilan hingga dessert. Salah satunya adalah es krim rasa pisang yang cocok sekali bagi Anda penggemar pisang.

Tidak hanya menyegarkan, es krim rasa pisang juga akan terasa lebih mengenyangkan dibandingkan es krim lain karena teksturnya yang lebih creamy dan kalori yang lebih banyak yang dikandung di dalam buah pisang.

Bahan-bahan:

  • 250 ml susu UHT full cream
  • 75 gram keju cheddar, parut
  • 4 buah pisang kepok, potong-potong
  • 3 sachet Chocolatos Drink
  • 2 sachet krimer kental manis cokelat
  • 2 sdm gula pasir
  • Tepung maizena secukupnya
  • Meses untuk topping

Cara pembuatan:

  • Simpan potongan pisang kepok ke dalam freezer.
  • Masukkan susu UHT, Chocolatos Drink yang sudah dicairkan, krimer kental manis, keju cheddar, dan gula pasir ke dalam panci. Masak hingga mendidih sambil terus diaduk.
  • Setelah adonan hampir mendidih, tambahkan larutan maizena. Aduk hingga rata.
  • Setelah adonan sedikit mengental, angkat dan tiriskan.
  • Keluarkan potongan pisang dari dalam freezer kemudian tata di atas cetakan.
  • Setelah pisang tertata rapi, tuang adonan cokelat ke atasnya.
  • Beri topping keju dan meses, lalu masukkan kembali ke dalam freezer hingga adonan membeku seluruhnya.
  • Setelah beku, es krim pun siap untuk disantap.

Ice Cream Strawberry Chocolatos Chips

Sumber gambar https://cookpad.com/

Strawberry merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer untuk campuran rasa di dalam minuman, kue, termasuk es krim. Selain kaya akan antioksidan, buah ini juga mengandung banyak vitamin C dan kadar folat serta kalium yang pas untuk tubuh. Buah ini punya banyak nutrisi yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Jika Anda ingin membuat es krim rasa strawberry pun, sebenarnya mudah sekali. Tidak hanya lezat, warnanya pun akan sangat cantik karena ada sentuhan warna merah muda dari bahan strawberry. Berikut adalah resep untuk membuat es krim rasa strawberry yang menggoda selera.

Bahan-bahan:

  • 250 ml susu cair rasa strawberry
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 2 seondok makan SP
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 1 bungkus Pop Ice rasa strawberry
  • Larutan maizena (3 sdm tepung maizena + 5 sdm air)
  • Pewarna merah secukupnya
  • Roti tawar, strawberry, chocochips, dan Wafer Chocolatos cokelat secukupnya untuk topping

Cara pembuatan:

  • Campurkan susu cair, susu bubuk full cream, gula pasir, Pop Ice, air, dan perasa strawberry ke dalam panci. Masak dengan api sedang hingga mendidih, kemudian tambahkan larutan maizena. Aduk hingga adonan mengental.
  • Tuang adonan ke dalam baskom atau wadah tahan panas, dinginkan sejenak dengan suhu ruangan, kemudian masukkan ke dalam freezer selama 6-8 jam.
  • Keruk adonan menggunakan sendok, kemudian kocok dengan mixer selama 1-2 menit. Tambahkan air dingin sedikit demi sedikit, lalu masukkan SP. Aduk kembali menggunakan mixer kecepatan tinggi selama 20-30 menit atau sampai adonan mengembang.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, kemudian tambahkan topping sesuai selera. Bekukan kembali selama semalam.
  • Es krim siap disajikan.

Es Krim Chocolatos Oreo

Sumber gambar https://cookpad.com/

Oreo adalah salah satu snack yang seringkali dijadikan campuran pada aneka dessert, mulai dari martabak hingga es krim. Cita rasanya yang tidak terlalu manis memberikan kelezatan tersendiri ketika disantap langsung maupun dijadikan topping.

Biasanya, yang sering dimanfaatkan adalah bagian kepingan biskuit berwarna hitamnya. Rasanya begitu khas sehingga membuat kita ingin mencampurkannya dengan berbagai olahan dessert. Berikut adalah resep untuk membuat es krim Chocolatos dengan topping Oreo.

Bahan-bahan:

  • 600 ml susu full cream
  • 4 bungkus Chocolatos ukuran 28 gram
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sachet krimer kental manis
  • 1 sdm SP
  • 1 bungkus Oreo, ambil biskuitnya saja. Hancurkan.

Cara pembuatan:

  • Tuang susu full cream, gula pasir, Chocolatos, krimer kental manis, dan tepung maizena ke dalam wadah.
  • Masak menggunakan api kecil, aduk perlahan terus menerus. Jangan sampai krimer kental manisnya menggumpal di bagian bawah panci.
  • Jika adonan sudah mengental, tuang adonan ke dalam wadah dan tunggu sampai agak dingin. Masukkan ke dalam freezer selama 4-5 jam atau adonan setengah beku.
  • Setelah setengah beku, kerok adonan dan pindahkan ke dalam wadah yang lebih besar.
  • Tambahkan SP dan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang.
  • Tuang adonan yang sudah mengembang ke dalam loyang yang lebih kecil, kemudian taburi dengan Oreo.
  • Masukkan kembali adonan ke dalam freezer semalaman hingga membeku sempurna seperti es krim.
  • Es krim siap disajikan.

Ice Krim Chocolatos Cheese

Sumber gambar https://cookpad.com

Sejak pertama kali ditemukan pada zaman Dinasti Tang, varian rasa es krim sudah mengalami banyak perkembangan. Biasanya pengembangan rasa es krim tersebut sesuai dengan selera orang-orang di daerah tertentu.

Salah satu varian es krim yang lezat namun jarang ditemui adalah es krim dengan keju sebagai topping-nya. Ya, selain sedap ketika disantap langsung, keju juga seringkali dijadikan pilihan untuk topping makanan tertentu.

Bahan-bahan:

  • 1 sachet Chocolatos Sweet Cheese
  • 1 sdm susu bubuk
  • Keju parut secukupnya

Cara pembuatan:

  • Rebus air panas, kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi susu. Aduk rata.
  • Tuang Chocolatos Cheese ke dalam wadah. Hancurkan hingga menjadi serpihan menggunakan sarung tangan plastik.
  • Tuang Chocolatos yang sudah diremukkan ke dalam wadah berisi susu, aduk rata.
  • Setelah tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang. Tambahkan keju parut dan susu bubuk sebagai topping di atasnya.
  • Masukkan ke dalam freezer, diamkan sekitar 4-6 jam.
  • Es krim dengan topping keju yang lezat pun siap disajikan.

Es Cream Greentea Chocolatos

Sumber gambar https://cookpad.com

Salah satu varian rasa yang paling kekinian sekarang adalah varian teh hijau atau green tea. Selain memiliki cita rasa yang unik, teh hijau juga punya banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Salah satunya adalah mencegah penuaan dini pada kulit. Varian rasa ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk es krim buatan sendiri. Bagaimana cara membuatnya?

Bahan-bahan:

  • 10 sdm gula pasir
  • 2 sachet krimer kental manis
  • 2 sachet Chocolatos Green Tea
  • 2 sdm SP
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt pewarna makanan hijau
  • Air secukupnya

Cara pembuatan:

  • Masukkan air, gula, Chocolatos Green Tea, krimer kental manis, susu, dan tepung maizena ke dalam panci. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk.
  • Setelah mendidih, tuang ke dalam wadah dan tunggu agak dingin. Masukkan ke dalam freezer selama 3 jam atau sampai membeku seluruhnya.
  • Setelah membeku, keluarkan adonan dari dalam freezer dan keruk menggunakan sendok atau garpu, tuang ke wadah yang lain. Tambahkan SP ke dalam adonan kemudian kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang.
  • Tuang kembali adonan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam freezer selama 5-6 jam agar adonan benar-benar membeku seluruhnya.
  • Setelah 6 jam, es krim pun siap disajikan dengan topping sesuai selera.

Ice Cream Chocolatos Homemade

Sumber gambar https://cookpad.com

Layaknya hidangan manis lainnya, es krim juga sering dijadikan sebagai hidangan penutup. Tak hanya itu, es krim juga pas disantap sebagai camilan di siang hari yang panas. Dengan sensasi dingin yang menyegarkan dan legitnya paduan gula dan susu, hidangan yang satu ini mampu memberikan rasa segar di tenggorokan.

Sekarang banyak juga es krim yang terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat, sehingga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain menghemat pengeluaran, membuat es krim sendiri juga memberikan Anda kesempatan untuk bereksperimen dengan berbagai varian rasa baru.

Bahan-bahan:

  • 3 sdm tepung maizena
  • 2 kaleng (kaleng bekas krimer kental manis) air putih
  • 1 kaleng krimer kental manis
  • 1 butir telur
  • 1 sdm SP
  • Chocolatos Drink secukupnya
  • Oreo, meses, atau bahan lain untuk topping

Cara pembuatan:

  • Masukkan 1 kaleng krimer kental manis, 2 kaleng air putih, tepung maizena, dan telur. Masak menggunakan api kecil hingga mendidih sambil diaduk.
  • Tuang adonan ke dalam wadah, tunggu hingga uap panasnya hilang.
  • Setelah agak dingin, masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 6 jam. Kemudian keluarkan dan hancurkan adonan dengan garpu.
  • Kocok adonan dengan mixer dan ditambahkan SP yang sudah dilelehkan sampai adonan mengembang.
  • Tambahkan Chocolatos Drink secukupnya
  • Tuang kembali adonan ke dalam wadah, tambahkan topping sesuai selera, dan bekukan selama 6 jam. Setelah itu, es krim pun siap untuk disajikan.

Ice Cream Chocolatos Smooth

Sumber gambar https://cookpad.com

Jika Anda ingin menyantap es krim dengan cita rasa yang tidak biasa, tak ada salahnya untuk mencoba membuat es krim sendiri di rumah yang sesuai dengan selera Anda. Sebenarnya, cara membuat es krim ini cukup mudah. Hanya saja ada beberapa trik yang bisa membuat adonan es krim menjadi lebih berhasil daripada biasanya.

Salah satu trik tersebut adalah memerhatikan suhu wadah untuk membuat adonan es krim. Mengapa hal ini penting? Sebab, suhu wadah sangat berpengaruh terhadap bahan baku yang diracik. Sebelum membuat es krim, dinginkan terlebih dahulu wadah yang akan dipakai untuk membuat es krim. Sehingga ketika sedang digunakan, wadah ini sudah dingin menyeluruh.

Bahan-bahan:

  • 600 ml susu UHT
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 sachet Milo
  • 2 sachet krimer kental manis
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 bungkus Chocolatos
  • 1 sdm SP
  • Selai Ovomaltine atau chocochips secukupnya
  • Cokelat bubuk atau Milo secukupnya untuk topping

Cara pembuatan:

  • Rebus susu UHT, krimer kental manis, gula pasir, dan Milo sampai mendidih. Angkat dan tiriskan hingga hilang uap panasnya.
  • Setelah agak dingin, masukkan adonan es krim ke dalam freezer selama 8-10 jam.
  • Keluarkan dari freezer, kemudian kerok adonan dengan sendok dan tuang ke wadah lain. Masukkan SP lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan maksimal selama 15 menit atau hingga adonan mengembang.
  • Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan untuk 1 lapisan. Lapisan pertama beri topping Ovomaltine atau chocochips, kemudian tuang adonan lagi untuk lapisan kedua. Lapisan kedua beri topping Chocolatos yang sudah dihancurkan. Kemudian lapisan paling atas beri topping cokelat bubuk atau Milo.
  • Masukkan kembali adonan ke dalam freezer selama 8 jam atau hingga adonan mengeras seutuhnya.

Ice Cream Chocolatos and Vanilla Raisin

Sumber gambar https://cookpad.com

Untuk menambahkan cita rasa manis yang unik, Anda dapat menambahkan kismis sebagai topping es krim buatan Anda. Selain lezat, kismis juga punya banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah membantu melancarkan pencernaan.

Kismis kaya akan zat besi dan vitamin B kompleks yang baik untuk tubuh. Namun, perlu diingat, kismis juga mengandung glukosa sehingga sebaiknya dikonsumsi secara teratur dalam takaran yang cukup.

Bahan-bahan:

  • 60 ml susu kental manis
  • 6-7 sdm gula pasir
  • 2,5 gelas air putih
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sachet susu bubuk full cream
  • 1 sachet (65 ml) santan instan
  • 1/2 sdm sp (ditim, biarkan hingga menggumpal)
  • Garam secukupnya
  • Vanili bubuk secukupnya

Bahan-bahan topping:

  • Kismis
  • Chocolatos Drink
  • Stik Chocolatos

Cara membuat:

  • Masak semua bahan kecuali Sp hingga mendidih. Angkat, kemudian tiriskan. Tunggu hingga uap panasnya hilang, baru masukkan ke dalam freezer selama 8 jam.
  • Setelah kurang lebih 8 jam, keluarkan es krim, kemudian keruk isinya dan pindahkan ke wadah yang lain. Kocok menggunakan mixer kurang lebih 10 menit lamanya, kemudian tambahkan SP. Kocok kembali dengan kecepatan tinggi selama 15 menit.
  • Bagi adonan menjadi 2. Masukkan kismis di adonan pertama dan masukkan Chocolatos di adonan kedua. Kocok kembali selama 5 menit.
  • Masukkan kembali adonan ke dalam freezer selama 8 jam.
  • Setelah 8 jam, es krim pun siap dihidangkan dengan topping sesuai selera.
From our editorial team

Bikin Es Krim Sendiri Gampang, Kan?

Membuat es krim sendiri ternyata cukup mudah, ya? Dengan bahan-bahan yang bisa dibeli dari warung terdekat rumah saja sudah bisa membuat es krim cokelat dengan cita rasa yang tidak kalah nikmat dengan es krim buatan pabrik. Langsung aja bikin yuk untuk menemani siang Anda dan keluarga di rumah.