Asal Usul Nugget dan 10 Rekomendasi Nugget yang Enak! (2022)

Asal Usul Nugget dan 10 Rekomendasi Nugget yang Enak! (2022)

Nugget menjadi salah satu hidangan yang sangat populer berkat penyajian yang cepat dan praktis. Lauk yang satu ini juga memiliki rasa yang disukai oleh anak-anak. Selain itu, karena berbahan dasar daging, nugget merupakan pilihan lauk yang dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh anak-anak.

Asal Usul dan Perkembangan Nugget

Olahan daging ayam yang satu ini sudah ada sejak tahun 1963. Penemu nugget ayam adalah seorang profesor dari Universitas Cornell, Robert C. Baker. Saat itu, Baker dan mahasiswanya memiliki tujuan untuk menciptakan olahan daging ayam yang dibekukan. Profesor yang merupakan ahli ilmu pangan tersebut kemudian berhasil membuat olahan chicken stick.

Awalnya, nugget ayam hanya dibuat menggunakan bahan daging ayam yang sudah tua. Saat sudah tua, ayam tidak lagi produktif menghasilkan telur dan dagingnya mengalami penurunan kualitas rasa. Oleh karena itu, mulai dikembangkan cara pengolahan daging ayam yang berupa nugget.

Seiring waktu, makin banyak orang menyukai nugget sehingga mulai dikembangkan nugget dari bahan daging ayam yang masih muda sehingga dihasilkan rasa yang lebih lezat. Selain daging ayam, nugget menggunakan bahan seperti tepung roti, tepung terigu, tepung jagung, minyak, paprika, dan berbagai bumbu pelengkap. Daging ayam digunakan sebagai 50% bahan adonan. Selain daging, nugget dapat menggunakan bahan dari bagian tubuh ayam yang lain, seperti tulang rawan, fragmen tulang, dan usus.

Saat ini, nugget hadir dalam berbagai bentuk unik sehingga tampil lebih menarik. Rasa daging yang gurih dipadukan dengan lembut dan kenyalnya adonan nugget menjadikannya salah satu lauk favorit keluarga. Ditambah dengan tekstur krispi pada bagian luar saat dinikmati selagi masih hangat serta penyajian yang praktis membuat nugget sering dipilih oleh ibu sebagai hidangan pelengkap.

Tips Memilih Nugget yang Enak

Memastikan Sertifikat BPOM

Sertifikasi dari BPOM merupakan hal yang wajib untuk dipastikan saat memilih produk makanan, minuman, serta obat-obatan. Sertifikasi ini merupakan jaminan bahwa produk aman untuk dikonsumsi dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Selain itu, produk yang telah mendapat sertifikasi BPOM diproses melalui pengolahan yang kebersihannya terjamin. Sementara jika membeli produk tanpa sertifikasi BPOM, tidak ada jaminan mengenai proses produksi serta komposisi yang terkandung.

Memperhatikan Tanggal Kadaluwarsa

Tips memilih nugget yang tidak boleh dilewatkan yaitu mengecek tanggal kedaluwarsa. Meski diletakkan dalam lemari pendingin dan kemasan masih tampak segar, pastikan untuk tidak membeli produk yang telah melewati tanggal kedaluwarsa.

Mengonsumsi produk yang telah melewati tanggal kedaluwarsa dapat berdampak buruk. Sehingga memastikan tanggal kedaluwarsa menjadi hal yang sangat krusial, terutama jika produk tidak segera dikonsumsi.

Memilih Varian Rasa

Nugget tersedia dalam bermacam varian rasa. Tergantung dari pada siapa hendak disajikan, varian rasa tertentu mungkin lebih disukai. Beberapa varian rasa nugget antara lain beef nugget dan chicken nugget. Selain itu, tersedia juga rasa original dan pedas. Setiap varian memiliki kelebihan tersendiri.

Bagi penggemar ayam goreng, chicken nugget original dapat menjadi pilihan yang lebih tepat. Nugget original memiliki cita rasa daging yang lebih kuat karena menggunakan lebih sedikit bumbu tambahan. Varian original juga merupakan pilihan yang lebih tepat untuk disajikan sebagai menu anak.

Namun, untuk dikonsumsi orang dewasa, varian dengan kombinasi rasa bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai. Saat ini tersedia berbagai varian rasa yang akan memberi sensasi dan kelezatan yang berbeda, mulai dari rasa sayur, bawang putih, hingga rasa pedas.

Beberapa produk nugget dilengkapi dengan isian, sehingga menambah kenikmatan saat makan. Salah satu isian yang digunakan ialah keju yang akan meleleh setelah nugget digoreng.

Memilih Berdasarkan Tekstur

Salah satu keunggulan utama nugget terletak pada teksturnya yang renyah dan gurih di luar namun lembut pada bagian dalam. Untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan, Anda perlu mencermati nugget yang hendak dibeli.

Pilihlah produk dengan lapisan tepung panir atau tepung roti pada bagian luarnya. Tepung panir dan tepung roti menghasilkan tekstur yang sedikit berbeda. Nugget yang dilapisi tepung roti memiliki tekstur luar yang tampak kasar karena butiran tepung berukuran besar.

Tepung roti menghasilkan lapisan luar nugget dengan kerenyahan yang tahan lama. Jika menghendaki nugget yang tidak terlalu menyerap minyak, maka lapisan tepung panir merupakan pilihan yang tepat. Nugget dengan tepung panir memiliki tekstur yang terlihat lebih halus karena butiran tepung berukuran lebih kecil.

Memilih Berdasarkan Warna

Produk nugget sebelum digoreng memiliki warna yang tampak sedikit berbeda satu dari yang lainnya. Beberapa nugget cenderung berwarna putih, tapi ada pula yang berwarna kekuningan hingga jingga. Perbedaan warna ini disebabkan karena perbedaan bahan yang digunakan dalam pembuatan lapisan luar nugget, biasanya tepung panir atau tepung roti.

Nugget dengan lapisan luar berbahan tepung panir akan memiliki warna yang lebih gelap dan lebih mencolok. Sementara nugget dengan lapisan luar yang terbuat dari tepung roti akan memiliki warna yang lebih pucat dan lebih cerah.

Produk dengan warna yang terlalu mencolok dapat menandakan penggunaan pewarna sintetik. Sehingga sebaiknya memilih nugget dengan warna cenderung putih hingga kuning atau orange muda.

Memilih Berdasarkan Ukuran Kemasan

Sebagai jenis frozen food, nugget termasuk makanan yang dapat disimpan dalam waktu lama. Namun, suhu ideal yang diperlukan untuk penyimpanan nugget agar tahan lama ialah -18 derajat C. Suhu ini menjamin produk tetap dalam keadaan baik tanpa dirusak oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur.

Sayangnya, suhu ideal tersebut tidak bisa dijangkau oleh freezer pada lemari es pada umumnya. Nugget hanya bisa disimpan selama sekitar satu bulan pada freezer dengan suhu 4 derajat C. Jika disimpan pada bagian lain kulkas, nugget hanya akan bertahan selama beberapa hari.

Ada baiknya mempertimbangkan jumlah yang akan dikonsumsi saat membelinya. Disarankan untuk membeli kemasan dalam ukuran yang akan habis setelah satu atau dua penyajian saja.

10 Rekomendasi Nugget yang Enak

So Good Chicken Nugget Spicy Garlic

So Good merupakan salah satu brand frozen food yang populer di Indonesia. Sertifikat dan keamanan BPOM brand ini juga terjamin. Nugget dari So Good tersedia dalam berbagai pilihan produk, salah satunya adalah So Good Chicken Nugget Spicy Garlic.

Perbedaan khas dari produk ini terletak pada aroma bawang putih yang harum dan rasa yang sedikit pedas. Nugget dari So Good yang satu ini cocok untuk dinikmati sebagai lauk maupun cemilan. Namun, rasa pedasnya kurang cocok untuk dipilih sebagai menu anak-anak.

Harga Rp. 37.900-69.000

Belfood Uenak Chicken Stick

Nugget yang satu ini memiliki bentuk stik yang mudah untuk dipegang serta cocok untuk dinikmati dengan dicelupkan pada saus. Sebagai cemilan yang renyah dan gurih, nugget ini bisa disajikan bersama kentang goreng krispi.

Belfood Uenak Chicken Stick bisa menjadi menu pelengkap ataupun camilan keluarga. Nugget ayam ini dikenal dengan rasanya yang gurih dan enak serta harganya yang terjangkau.

Harga Rp. 11.490-41.000

Sunny Gold Chicken Karaage

Salah satu varian produk nugget dari Sunny Gold ini memiliki rasa yang khas ala Jepang. Nugget yang terbuat dari daging pilihan yang dipadukan dengan racikan premiks tepung karaage, menciptakan kelezatan yang berbeda dari produk lain.

Produk ini menggunakan bahan utama berupa daging ayam bagian paha tanpa campuran tulang dan kulit. Campuran tepung yang digunakan membentuk lapisan luar yang renyah dan garing. Sunny Gold Chicken Karaage cocok untuk dinikmati bersama saus khas Jepang.

Harga Rp. 38.200-48.600

Champ Chicken Nugget ABC

Merk Champ dikenal dengan harganya yang relatif lebih murah dibandingkan merk lain. Champ Chicken Nugget ABC memiliki keunikan yaitu nugget yang dibentuk dengan huruf alfabet yang menarik. Nugget Champt dibuat dari daging ayam segar sehingga kelezatan daging ayamnya terasa.

Salah satu kelebihan produk ini adalah penyajiannya yang cepat, hanya perlu dua menit penggorengan di minyak panas. Nugget ini dapat menjadi pilihan menu menarik bagi anak sebab ia bisa makan sembari menghafalkan huruf alfabet.

Harga Rp. 17.000-113.000

Kanzler Crispy Chicken Nugget

Keunggulan utama nugget yang satu ini terletak pada teksturnya yang super krispi. Menggunakan bahan tambahan berupa extra crispy bubble crump, nugget dari Kanzler ini terasa sangat renyah dan garing setelah digoreng.

Nugget juga tidak mudah lembek dan kerenyahannya dapat bertahan dalam waktu lama. Karena menggunakan daging yang cukup banyak sebagai bahan utama, tekstur bagian dalam nugget sangat lembut dan kenyal saat digigit.

Harga Rp. 36.900-51.000

Eat Joy Chicken Nugget Ball

Nugget yang satu ini memiliki bentuk berupa bola-bola mini yang pas untuk sekali suap. Cocok untuk dijadikan cemilan saat berkumpul dengan keluarga atau saat menonton.

Nugget yang enak ini dibuat dari daging ayam yang dipadukan dengan bumbu tabur dengan sebagai variasi rasa sehingga tidak membosankan. Eat Joy Chicken Nugget Ball juga bisa dijadikan pilihan santapan praktis dan cepat saji.

Harga Rp. 18.500-95.000

Pelangi Chicken Nugget Veggie Wortel

Keunikan produk ini dibandingkan dengan produk lain yaitu nugget berbahan daging ayam pilihan ditambahkan dengan parutan wortel. Sehingga nugget yang satu ini dapat dijadikan lauk yang kaya protein sekaligus serat sayuran.

Chicken nugget ini cocok untuk dipilih sebagai menu anak-anak, terutama jika anak sulit makan sayur. Pelangi Chicken Nugget Veggie Wortel mengutamakan kealamian bahan sehingga tidak menggunakan bahan pengawet dan MSG.

Harga Rp. 26.000-67.500

Sakana Nugget Ikan

Sakana Nugget Ikan menggunakan bahan utama berupa daging ikan kakap segar. Pengolahan dilakukan secara higenis dan tidak mengandung tambahan pewarna maupun pengawet, sehingga menjadikan nugget satu ini lebih sehat.

Karena menggunakan terbuat dari ikan segar sebanyak 60-70% komposisi, nugget yang satu ini memiliki cita rasa yang berbeda dan unik. Penyajian termasuk singkat, hanya perlu menggoreng selama 3-4 menit dengan api sedang.

Harga Rp. 24.000-33.000

Fiesta Chicken Tofu

Varian nugget Fiesta yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang lebih suka makanan dengan tekstur lembut. Nugget ini dibentuk menyerupai tofu sehingga mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai macam masakan.

Mengutamakan tekstur lembut, nugget yang satu ini tidak memiliki lapisan breadcrumbs pada bagian luarnya. Adonan nugget terbuat dari daging ayam pilihan yang dicampurkan dengan berbagai bumbu lain, seperti protein nabari, minyak nabati, dan kaldu ayam.

Harga Rp. 35.000-45.000

Hiratake Cheesy Nugget

Satu lagi nugget yang menggunakan bahan unik. Hiratake Cheesy Nugget dibuat dari jamur hiratake dan keju pilihan. Kedua bahan utama tersebut kemudian dicampurkan dengan tepung roti berkualitas untuk menghasilkan rasa yang istimewa.

Karena tidak menggunakan daging sebagai bahan utama, nugget ini dapat dijadikan cemilan vegetarian. Produk ini juga tidak mengandung pengawet serta pewarna tambahan, sehingga dapat menjadi menu santapan sehat bagi anak Anda.

Harga Rp. 40.000-90.000
From our editorial team

Snack Time Tak Lagi Sepi dengan Adanya Persediaan Nugget di Rumah!

Siapa sih yang ingin melihat anak-anak melamun saat snack time di rumah? Jangan biarkan mereka jajan sembarangan di warung yang tak terpantau kebersihan dan kualitas makanannya. Siapkan sendiri untuk si kecil dengan rekomendasi nugget pilihan kami di atas!