Jatuh Cinta dengan Lettering? Jangan Lupa Gunakan 10 Pen Brush Ini Ya! (2019)

Jatuh Cinta dengan Lettering? Jangan Lupa Gunakan 10 Pen Brush Ini Ya! (2019)

Seni menulis indah makin banyak dilirik, terutama karena bisa juga dijadikan ladang bisnis. Jika hasil tulisan kamu indah, bukan tidak mungkin kamu bisa menjualnya dengan harga mahal loh. Untuk melakukan hand lettering, kamu tentu butuh pen brush. Lirik rekomendasi dari BP-Guide berikut ini!

Lettering Kini Mulai Banyak Diminati Berbagai Kalangan

Sekarang ini lettering mulai banyak diminati berbagai kalangan. Lettering sendiri merupakan seni dalam menulis setiap huruf. Dengan melakukan lettering, maka kita berusaha semaksimal mungkin menggambar huruf ataupun kata dengan cara yang semenarik mungkin.

Untuk melakukan lettering, tentu kita memakai keahlian tangan. Selain itu tentu saja kita butuh aneka peralatan gambar seperti pensil, drawing pen, brush pen dan lain sebagainya. Seni lettering mulai menarik perhatian kalangan anak muda sejak 2014. Sejak saat itu makin bermunculan komunitasnya. Uniknya, kegiatan lettering bahkan bisa dijadikan sebagai bisnis yang sangat menjanjikan loh. Jika ditekuni secara serius, maka bukan tidak mungkin hobi ini bisa beromzet jutaan rupiah.

Salah Satu Alat Penting dalam Seni Lettering adalah Pen Brush

Untuk membuat sebuah hand lettering, kamu bisa memanfaatkan alat yang bernama pen brush. Alat yang satu ini paling populer dan disukai para hand letterer untuk membuat hand lettering. Brushnya sendiri terdiri dari berbagai macam ukuran dan mampu menghasilkan goresan yang berbeda-beda pula.

Brush pen merupakan alat yang memakai tinta basah dengan ujung yang berbentuk serabut. Ada banyak macam merek dari brush pen dan harganya juga variatif dari yang murah hingga yang mahal. Kamu bisa mudah mendapatkan brush pen di toko alat tulis terdekat hingga di toko online.

Tips Memilih Pen Brush

Ukuran

Saat memilih pen brush, kamu bisa lihat dari segi ukurannya. Perlu kamu ketahui bahwa ukuran ujung brush pen bisa menentukan kualitas lettering yang dihasilkan. Jadi semisal ukurannya kecil tentu saja hasilnya bisa terkesan lebih kecil dan rumit. Jika kamu memakai brush pen yang besar tentunya akan menghasilkan tulisan yang besar.

Nah, kalau kamu baru mulai belajar lettering, maka kamu bisa memilih brush pen dengan ujung fleksibel. Ini karena ujung semacam ini dapat memungkinkan kamu membuat berbagai ketebalan stroke. Dengan demikian kamu akan makin mudah dan makin menikmati belajar hand lettering.

Warna

Selanjutnya kamu pun bisa memilih brush pen yang memiliki banyak varian warna. Dengan demikian maka kamu bisa menghasilkan lettering yang lebih menarik karena hasilnya penuh warna. Kamu bisa membeli satuan namun bisa juga membeli dalam bentuk paket. Umumnya ada yang 12 warna, 24, hingga 36 variasi warna.

Saat memilih brush pen warna, hindari memilih yang warnanya terkesan buram. Usahakan memilih brush pen dengan tinta warna yang tidak beracun juga ya. Dengan begini, kamu jadi bisa lebih aman kala menggunakannya.

Jenis Tinta

Saat akan membeli brush pen, kamu bisa membeli berdasarkan jenis tintanya. Secara garis besar, jenis tinta dibedakan menjadi tinta pigmen dan tinta dye. Untuk tinta pigmen terdiri dari partikel kecil yang dikapsulisasi. Tinta semacam ini tidak terserap kertas dan menempel di bagian atas kertas.Jenis lainnya lagi ada tinta dye yang bisa larut dalam air dan terserap ke dalam kertas.

Kendati berbeda, namun kedua tinta ini memiliki kelebihan sendiri loh. Tinta dye misalnya bisa menutupi titik-titik kecil pada cetakan. Selain itu tinta ini bisa memberi warna yang lebih terang. Sementara itu tinta pigmen memiliki partikel lebih besar sehingga kamu bisa menutupi area yang perlu di-blok dengan lebih sempurna.

Elastisitas Ujung Pena

Ketika melakukan lettering, tentu saja alat tulisnya harus bisa bergerak seluwes tangan kita menggerakkannya. Supaya mendapatkan hasil yang luar biasa, tentu kita wajib memilih ujung pena yang elastis. Brush pen mirip dengan kuas dan ini menguntungkan kala dipakai untuk lettering. Brush pen bisa memberikan kesan tebal jika kita menekannya. Alat ini juga bisa memberi kesan tipis jika kita tidak memberikan banyak tekanan. Pilih brush pen dengan ujung yang elastis supaya lebih mudah untuk digerakkan ya.

Rekomendasi Berbagai Merk Pen Brush Favorit

Tombow Dual Brush Pen

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tombow merupakan brand alat tulis asal Jepang. Aneka produk bermutu mereka hasilkan. Merek yang satu ini banyak menjual produknya baik secara online maupun di berbagai toko stationary yang ada di Jepang.

Salah satu produk yang bisa kamu lirik adalah Tombow Dual Brush Pen. Produk yang satu ini adalah pena dengan dua ujung. Bagian ujung satunya berbentuk brush dan satu lagi berbentuk fine tip. Pena ini hadir dengan ukuran lebih panjang daripada pena pada umumnya. Dengan alat ini kita bisa mendapat 2 fungsi yang berbeda dalam 1 alat. Bagian ujung brush pen lebar sehingga cocok untuk keperluan lettering skala besar. Kamu bisa membelinya di Tokopedia untuk 1 set isi 10 dengan harga Rp 191.000.

Copic

Sumber gambar www.tokopedia.com

Copic merupakan merek spidol isi ulang dan produk alat tulis terutama menggambar komik.. Brand asal Jepang ini mendistribusikan produknya ke Amerika Serikat dan Kanada. Selain itu, produknya juga mudah didapatkan di berbagai toko online ternama.

60 Pcs Dual Head Sketsa Copic Finecolour Marker Pens ini bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran pena tebal dan brush yang besar. Bagian tekstur brushnya tidak terlalu kaku namun juga tidak terlalu lembek. Begitu fleksibel, produk ini mengeluarkan aroma tinta ketika digunakan. Nyaman digunakan, ada berbagai jenis warna yang disediakan. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 469.300.

Ecoline Brush Pen

Sumber gambar www.tokopedia.com

Ecoline dikenal sebagai salah satu merk watercolor. Selain itu Ecoline juga menghadirkan brush pen yang unik dan juga praktis untuk digunakan. Kamu bisa lirik Royal Talens Ecoline Brush Pen, dimana ini merupakan produk yang bisa menghasilkan goresan tipis, tebal hingga garis yang tegas.

Brush pen yang satu ini bisa dibuat untuk membuat sketsa dan juga bisa untuk membuat finishing yang bagus. Warna bisa dicampurkan dengan mudah dan bisa menghasilkan efek transisi warna yang indah. Jika ujung brush pen kering, kamu bisa membasahinya dengan air dan bisa kembali berfungsi normal. Ujung brush pen begitu fleksibel dan mudah digerakkan. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 89.500.

Zig Fudebiyori Metallic

Sumber gambar www.tokopedia.com

Zig Fudebiyori Metallic ini jangan sampai ketinggalan untuk jadi pilihan kamu ya. Produk ini hadir dengan ujung brush yang tidak gampang tumpul. Dengan water based tint, produk mudah dicampur air untuk menghasilkan warna yang lebih alami dan mengagumkan.

Produk keren ini bisa digunakan untuk membuat sketsa, ilustrasi, hand lettering. Brushnya tidak terlalu besar dna mudah untuk dikendalikan. Brush pen ini bisa digunakan di kertas putih dan hitam. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 53.500.

Pentel Arts Sign

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pentel Fude Touch Sign Pens bisa menciptakan gambar yang luar biasa indahnya. Kamu bisa menggambar lebih ekspresif dan bisa juga menulis karakter dengan lebih menakjubkan memakai produkyang satu ini. Pena ini hadir dengan ujung kuas yang tahan lama. Mudah dikontrol karena ukuran brushnya kecil, pena ini cocok untuk digunakan oleh para pemula.

Brush pen yang satu ini hadir dalam banyak pilihan warna. Bagian ujung pena berbahan felt. Produk berbasis air ini bisa mengalir dengan lancar kala digunakan. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 130.000 untuk 5 pcs warna.

Artline Stix

Sumber gambar www.tokopedia.com

Brush Pen Marker Artline STIX ETX-F ini hadir dalam warna brown. Kamu tidak bisa melewatkan produk keren yang satu ini ya. Brush pen bentuk segitiga ini memiliki aksen bulatan di dua sisi pena. Cocok untuk para pemula, produk ini begitu nyaman dipakai.

Brush pen yang satu ini bisa digunakan untuk lettering. Hadir dengan aneka pilihan warna, kamu yang ingin mencoba teknik brush pen untuk menggambar atau menulis, bisa mencobanya nih. Tintanya mudah dihapus dan bisa dihubungkan dengan Stix coloring marker dan Stix drawing pen. Produk yang satu ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 8.000 untuk harga satuan.

Crayola Markers

Sumber gambar www.tokopedia.com

Crayola Washable Markers Super Tips 10 Colors ini tentu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Produk yang satu ini bisa mendorong ekspresi imajinatif kamu loh. Hadir dengan tinta berkualitas tinggi membuat brush pen ini nyaman dipakai.

Dengan bagian ujung yang kokoh, pena ini tersedia dalam beragam pilihan, seperti garis lebar, garis halus hingga glitter. Produk ini bisa dicuci dan bisa dibersihkan dengan mudah. Kamu yang merupakan pemula dalam hal lettering bisa mengandalkan produk yang satu ini. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 65.000.

Snowman Brush Pen

Sumber gambar shopee.co.id

Snowman Brush Pen 12 Colors Set adalah brush pen keren untuk lettering. Kamu yang sedang mencoba teknik menulis menggunakan brush pen wajib mencoba produk yang satu ini. Tanpa bau, kamu bisa menulis dan menggambar dengan nyaman. Brush yang satu ini hadir dalam ukuran besar. Dengan tekstur lentur menyerupai kuas, hasil tulisan jadi besar dan tebal.

Kamu bisa memakainya untuk doodling, ilustrasi maupun seni tulis tangan. Dengan tinta dyestuff berbasis air, produk yang satu ini jelas bikin kamu betah memakainya. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 70.708.

Stained by Sharpie

Sumber gambar www.tokopedia.com

Stained by Sharpie ini merupakan produk lain yang bisa kamu coba untuk miliki. Cocok untuk bahan kanvas dan kain lainnya, kamu bisa memakainya juga untuk lettering. Hadir dengan ujung brush pen yang lenturnya pas, kamu jadi lebih mudah membuat aneka lettering. Isi dari brush pen ini juga tergolong tidak cepat habis. Ada 8 pilihan warna yang bisa kamu coba miliki. Bisa digunakan oleh para pemula, brushnya berukuran besar. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 28.000.

Zebra Sign Pen

Sumber gambar www.bukalapak.com

Zebra Sign Pen tentu sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Bagian ujungnya mirip spidol sehingga kamu lebih nyaman saat menggunakannya. Produk ini hadir dalam 8 pilihan warna menarik. Dengan pigmentasi berbasis air, brush pen ini menghadirkan hasil yang mengagumkan. Memiliki ukuran brush medium, brush pen ini cocok untuk para pemula. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 40.000.

From our editorial team

Butuh Alat untuk Lettering? Jangan Lewatkan untuk Memiliki Brush Pen ya!

Selain kaligrafi untuk huruf Arab, ada juga seni menulis indah yang dikenal sebagai hand lettering. Seni yang satu ini merupakan seni dimana kita menulis huruf, kata hingga membuat gambar semenarik mungkin. Supaya hasilnya maksimal, tentu butuh alat yang tepat. Brush Pen merupakan salah satu alat yang wajib kamu miliki untuk hand lettering, intip rekomendasi dari BP-Guide di atas yuk!