Serba-serbi Jenis Amplop dan Fakta Menarik Dibalik Sejarah Amplop (2020)

Serba-serbi Jenis Amplop dan Fakta Menarik Dibalik Sejarah Amplop (2020)

Amplop sudah umum kita temukan dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai keperluan surat-menyurat. Tapi kamu sudah tahu belum fakta dibalik kemunculan amplop di dunia? Hmm, penasaran bukan? Dapatkan informasi lebih lanjut tentang amplop bersama BP-Guide, yuk?

Amplop Digunakan untuk Keperluan Surat-menyurat dari Dulu Hingga Saat Ini

Amplop, merupakan cover yang umum digunakan untuk membungkus surat sekaligus melindungi isi surat agar tidak dibaca oleh orang lain yang tidak bersangkutan. Dengan menyimpan surat dalam amplop maka isi dari surat pun terjaga hingga sampai kepada orang yang dituju. Dari dulu hingga saat ini, kita sudah sangat akrab dengan amplop ini, bukan?

Dalam sejarahnya, amplop sudah digunakan sejak 2000 tahun yang lalu sebelum masehi. Awalnya, amplop digunakan oleh bangsa Babilonia yang telah mengenal tulisan dan berbagai dokumen administrasi pemerintahan. Namun, pada masa itu amplop digunakan untuk menyimpan catatan atau dokumen penting saja.

Fakta-fakta Unik Amplop

Amplop Pertama Terbuat dari Tanah Liat

Sumber gambar www.rock-cafe.info

Selama ini kita mengenal amplop yang terbuat dari bahan kertas. Namun, berdasarkan buku The History of Envelopes karya Maynard H Benjamin, amplop yang pertama kali dikenalkan oleh bangsa Babilonia terbuat dari tanah liat.

Bentuknya pun seperti kotak yang sederhana sehingga tidak bisa dilipat. Tentunya amplop dulu dengan sekarang sudah sangat jauh berbeda. Seiring perkembangan zaman amplop pun dibuat dari bahan kertas dengan fungsi yang lebih beragam.

Penggunaan Kertas untuk Amplop Baru Dimulai pada Abad ke 15

Setelah masuk tahun 1775, maka amplop dari bahan kertas pun mulai digunakan di Amerika dan Eropa seiring dengan ditemukannya mesin cetak kertas pada abad ke 15. Pada masa itu, bentuk amplop yang digunakan pun belum seperti yang kita gunakan sekarang ini. Dulu amplop hanya berbentuk selembar kertas yang kemudian dilipat untuk membungkus surat sebelum dikirim. Model amplop kertas lipat ini terus digunakan hingga tahun 1839.

Bentuk Amplop yang Sekarang Berasal dari Sebuah Sayembara

Nah, model amplop modern yang umum kita temukan dan gunakan saat ini mulai muncul pada tahun 1840. Yakni amplop yang terbentuk dari penggabungan empat ujung kertas persegi dan bagian kepalanya dilengkapi dengan perekat. Bentuk amplop ini dirancang oleh seorang anggota Royal Academy, William Mulready.

Ia adalah pemenang kontes pembuatan amplop yang diadakan oleh pemerintah Inggris pada masa Rowland Hill. Sayembara ini dibuat atas dorongan Ratu Victoria yang ingin melakukan reformasi dalam dunia pos dan surat menyurat. Berkat rancangan amplop yang diciptakannya, William Mulready pun mendapatkan hadiah sebesar 200 pounsterling.

Mengenal Jenis-jenis Amplop

Amplop Kartu

Amplop kartu bukanlah jenis amplop resmi karena fungsinya yang digunakan untuk membungkus kartu ucapan. Bentuk, warna, dan ukuran amplop pun disesuaikan dengan desain kartu ucapan. Amplop kartu ini pun biasanya dijual bersamaan dengan kartu ucapan yang dibuat dalam berbagai tema.

Seperti kartu untuk ucapan ulang tahun, valentine, natal, idul fitri, dan sebagainya. Kartu ucapan ini nantinya bisa dikirim pada sanak saudara, kerabat, teman, dan kepada siapa saja yang diinginkan.

Nah, salah satu rekomendasi amplop untuk mengirim kartu ucapan yang bisa kamu gunakan adalah Amplop Kartu Ucapan & Undangan Coklat Kosong / Craft Vintage Envelope. Amplop warna coklat ini berukuran 16 x 11.5 cm dan dalam satu pack berisi 8 pcs amplop.

Harga Rp. 22.000

Amplop Bisnis

Amplop bisnis merupakan jenis amplop yang bisanya digunakan oleh perusahaan atau instansi. Ciri khas dari amplop bisnis ini adalah pada bagian kopnya terdapat nama atau logo milik instansi atau perusahaan yang mengirimkan surat.

Amplop ini digunakan untuk mengirim surat resmi kepada orang-orang terkait. Amlop yang bisa digunakan untuk bisnis adalah Amplop Surat Putih Polos Paperline 90. Amplop ini berukuran kabinet dan satu kotaknya berisi 100 pcs amplop.

Harga Rp. 18.000

Amplop Pendek

Nah, amplop pendek ini paling sering kita temukan karena umum digunakan untuk mengirim surat biasa atau dokumen berukuran kecil. Bahkan orang-orang yang menghadiri kondangan atau hajatan banyak yang menggunakan amplop ini untuk diisi uang dan diberikan kepada pemilik hajatan.

Amplop ini ukurannya lebih kecil daripada amplop panjang. Amplop pendek yang bisa dipilih untuk berbagai keperluan adalah Amplop Surat Putih Paperline 104 Polos per kotak.

Harga Rp. 13.000-14.000

Amplop Panjang

Amplop panjang ini umumnya digunakan untuk menyimpan atau mengirim surat yang tidak terlalu resmi. Amplop panjang ini kadang juga difungsikan untuk membungkus surat lamaran kerja atau untuk menyimpan sejumlah uang.

Ukuran amplop ini sebesar kertas F4 dan salah satu rekomendasinya adalah Amplop Paperline 90 Airmail Panjang. Ukuran amplop 110 x 230 dan pada pinggirannya memiliki border warna biru merah. Satu kotak amplop berisi 100 pcs.

Harga Rp. 15.700-40.000

Amplop Besar/Amplop Map

Jenis amplop yang satu ini juga umum digunakan untuk mengirim berkas-berkas dan surat lamaran kerja. Ukurannya lebih besar dari ukuran kertas F4 dan umumnya memiliki warna cokelat. Pada bagian penutupnya berupa tali yang dililitkan pada kancing yang disediakan.

Amplop yang bisa dipilih adalah Amplop Coklat Airmail Kancing Tali 310. Amplop berukuran folio (25 x 35 cm) untuk satu box berisi 50 lembar amplop.

Harga Rp. 38.000-54.500

Amplop Resmi

Jenis amplop terakhir yang juga umum ditemukan adalah amplop resmi. Amplop ini biasanya digunakan untuk membungkus kertas berukuran A4 ataupun dokumen lainnya.

Jenis amplop ini banyak digunakan oleh kantor atau perusahaan untuk mengirim surat kepada mitra atau pun orang yang berhubungan dengan mereka.

Amplop yang bisa dipilih adalah Amplop Putih Panjang No. 90 Merk Paperline. Satu kotak amplop ini berisi 100 lembar.

Harga Rp. 18.200-25.500

Tips Memilih Jenis Amplop yang Kamu Butuhkan

Ukuran Kertas yang Dipakai

Meski saat ini mengirim surat bukan lagi hal yang sering dilakukan, namun penggunaan amplop masih saja dibutuhkan untuk beberapa keperluan. Nah, kamu yang saat ini masih membutuhkan amplop, pilihlah amplop yang ukurannya sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan. Sehingga kertas surat yang dimasukkan ke dalam amplop pun muat tanpa harus dilipat.

Keperluan

Saat memilih amplop kamu juga harus sesuaikan untuk keperluan apa amplop itu kamu fungsikan. Apakah untuk mengirim berkas atau surat yang sifatnya resmi atau untuk keperluan pribadi. Untuk mengirim surat resmi sebaiknya gunakan amplop polos ukuran panjang. Atau gunakan amplop ukuran besar untuk mengirim berkas-berkas. Dan amplop ukuran kecil bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan yang sifatnya tidak resmi.

Corak/warna

Pemilihan warna atau corak amplop juga perlu kamu pertimbangkan saat memilih pembungkus surat ini. Untuk membawa berkas lamaran kerja, umumnya menggunakan amplop warna cokelat. Sementara untuk keperluan mengirim dokumen atau surat biasa gunakanlah amplop warna putih. Sementara untuk amplop surat yang sifatnya pribadi atau tidak resmi kamu boleh menggunakan amplop warna-warni.

Perhatikan Kualitas Bahan

Satu lagi hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih amplop yang sesuai dengan kebutuhan adalah kualitas dari bahan amplop tersebut. Amplop yang terbuat dari bahan yang berkualitas tentunya terlihat lebih baik dan kokoh. Amplop dari bahan berkualitas pun lebih tebal dan tidak menerawang. Dan memang untuk amplop dari bahan berkualitas ini harganya tentu lebih mahal ketimbang amplop dari bahan yang tipis.

From our editorial team

Ternyata Sejarah Amplop Sangat Menarik, ya!

Selama ini mungkin kita tidak pernah terpikirkan tentang sejarah amplop. Dan ternyata sejarah amplop di dunia sangat menarik sekali, ya? Siapa sangka amplop pertama di dunia malah terbuat dari tanah liat yang sama sekali tidak terbayangkan oleh kita. Simak terus berbagai informasi menarik lainnya dari BP-Guide, ya!