10 Rekomendasi Kurma Terbaik untuk Buka Puasa di Bulan Ramadan (2022)

10 Rekomendasi Kurma Terbaik untuk Buka Puasa di Bulan Ramadan (2022)

Kurma selalu menjadi andalan masyarakat muslim untuk berbuka puasa. Salah satunya yang banyak dicari yaitu kurma ajwa. Tapi sebenarnya ada banyak jenis kurma dari berbagai merk yang juga bagus dan berkualitas. Berikut rekomendasi kurma terbaik dari bp-guide yang bisa menjadi pilihan.

Kurma Bisa Diolah untuk Berbagai Makanan dan Minuman

Kurma memang menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa. Tapi, sebenarnya kurma juga bisa untuk makanan sehari-hari atau disajikan sebagai suguhan untuk tamu. Kurma memiliki banyak nutrisi sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

Makanan ini juga bisa dikreasikan dengan berbagai olahan makanan dan minuman. Untuk makanan bisa sebagai toping kue, cookies kurma, kurma keju, pisang goreng kurma, cake kurma, dan olahan makanan lainnya.

Untuk hidangan minuman bisa dibuat smoothies kurma, jus kurma, susu kurma, infused water kurma, dan minuman lain yang bisa dikreasikan menggunakan kurma. Dengan banyaknya kombinasi kurma sebagai bahan makanan dan minuman, tentunya Anda tidak akan bosan menikmati buah kurma.

Tapi, untuk mendapatkan hidangan kurma yang nikmat sebaiknya pilih kurma yang berkualitas dan enak, ya.

Tips Memilih Kurma Terbaik

Kenali Jenis Kurma yang Akan Dibeli

Sebelum membeli pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kurma. Untuk jenis kurma ajwa, sukari, dan saghai merupakan kurma yang berasal dari Arab Saudi. Ada juga jenis kurma deglet nour, barakawi, dan thoory yang berasal dari Afrika Utara.

Kurma dari Afrikan utara ini biasanya harganya lebih terjangkau dan rasanya tidak terlalu manis. Selain itu, ada jenis kurma medjool dan empress yang berasal dari Amerika. Kualitas kurma Amerika juga tak kalah dengan kurma dari wilayah Timur Tengah.

Banyaknya jenis kurma yang beredar tentunya membuat cita rasa dan ukurannya pun berbeda. Seperti kurma Medjool misalnya yang memiliki ukuran besar dan daging kurma yang tebal. Cita rasanya manis yang biasanya juga digunakan sebagai pengganti gula.

Ada pula kurma sukari yang sifatnya basah dengan tekstur lembut dan rasa yang manis. Selain itu, ada kurma barhi yang ukurannya kecil tapi teksturnya renyah dan lembut. Kurma jenis deglet nour biasanya dijual masih ada tangkainya.

Mengetahui jenis kurma sangat penting karena saat ini banyak sekali penjual kurma yang suka mengecohkan pembeli.

Pilih Merk Kurma Berkualitas

Cara mengetahui kurma berkualitas pertama dengan melihat tanggal kadaluarsa. Biasanya sudah tertera pada kotak kurma, bila Anda membeli kurma curah bisa menanyakan langsung kepada penjualnya.

Kedua perhatikan bentuk dan permukaannya. Kurma yang masih segar memiliki permukaan yang mengkilap. Selain itu, merk kurma terbaik tentunya tidak dicampur dengan pemanis lain seperti gula. Karena kebutuhan kurma yang meningkat, banyak penjual yang menambahkan gula cair atau madu sehingga tampak lebih lengket.

Beberapa kurma yang berkualitas biasanya dijual bersama tangkainya. Kemudian pilih buah kurma yang masih utuh. Untuk mendapatkan cita rasa kurma yang tepat Anda bisa mencoba terlebih dahulu, sehingga bisa menghindari produk yang tidak layak dimakan.

Cek Kemasan Kurma

Sama halnya dengan melihat kemasan makanan lainnya, pastikan kemasan kurma bagus dan tidak pesok. Hal ini menandakan bahwa kurma tersimpan rapi, tertutup, dan tidak busuk selama pengiriman.

Untuk pembelian kurma yang menggunakan kardus, bisa memindahkannya ke dalam toples untuk yang dimakan sehingga tidak terus menerus dibuka. Kecuali memang kurma yang menggunakan kotak untuk dijual lagi.

Cicipi Kurma Terlebih Dahulu

Bila pembelian kurma dilakukan secara offline Anda bisa mencobanya terlebih dahulu. Harga kurma cukup mahal sehingga Anda harus benar-benar mengenali cita rasa kurma yang enak.

Tak sedikit pedagang kurma yang memalsukan produk kurma. Anda bisa lebih mengenali tekstur kurma dan cita rasa manis dari kurma atau bukan. Seperti salah satunya kurma mazafati yang banyak diminati orang karena rasanya yang manis. Selain itu daging kurmanya lembut ketika dimakan.

Cek Review Jika Membeli Secara Online

Bila Anda melakukan pembelian kurma secara online bisa cek review dari orang-orang yang sudah membeli kurma di toko online tersebut. Karena mengandalkan deskripsi produk saja tidak cukup menjamin bahwa kurma tersebut enak.

Anda juga bisa menanyakan langsung kepada reseller yang menjual kurma tersebut. Jangan hanya mengandalkan harga kurma murah kemudian Anda tergiur untuk membeli. Kurma termasuk barang impor dan tentunya memiliki standar minimal yang masuk akal.

Rekomendasi Kurma Terbaik untuk Buka Puasa

Kurma Ajwa Madina

Kurma ajwa sudah banyak dikenal dan kerap menjadi pilihan sebagai buka puasa. Kurma ajwa atau lebih dikenal dengan kurma nabi yang juga ada dalam hadist. Dari Aisyah Radhiyallahu anha, bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya dalam kurma ajwah yang berasal dari Aliyah (arah kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed) itu mengandung obat penawar atau ia merupakan obat penawar, dan ia merupakan obat penawar racun apabila dikonsumsi pada pagi hari (Muslim).

Kurma ajwa memiliki tekstur yang lembut dan kering dengan warna cokelat gelap yang hampir menyerupai warna hitam. Kurma nabi ini mengandung banyak manfaat seperti protein, karbohidrat, serat, dan lemak baik. Selain itu bermanfaat untuk kelancaran pencernaan, kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Harga Rp. 90.000-165.000

Palm’Frutt Dattes Naturelles

Kurma merk ini juga sudah sangat terkenal dan sudah teruji kualitasnya. Kurma masih menggunakan tangkai yang banyak dijual di Indonesia. Cita rasanya khas, tekstur dagingnya yang kenyal, manis, dan gurih.

Kurma yang berasal dari negara Tunisia ini identik dengan warna cokelat cerah yang bisa disajikan dalam berbagai momen. Biasanya untuk momen buka puasa keluarga, suguhan tamu, oleh-oleh, bahkan untuk hidangan lebaran.

Kurma memiliki banyak manfaat diantaranya melancarkan saluran kencing, mencegah stroke, dll. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan kurma sebagai obat.

Harga Rp. 51.000

Kurma Sukari Kurma Raja Premium

Kurma sukari juga dikenal dengan kurma raja ini memiliki tekstur daging buah yang lembut dan empuk. Kurma dengan warna kuning kecokelatan ini juga memiliki rasa manis sehingga bisa dinikmati saat buka puasa.

Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk menambah kenikmatan dan agar lebih tahan lama. Anda juga tidak perlu khawatir lagi karena kurma sukari alami tidak menggunakan tambahan gula dan bahan pengawet lainnya. Tak heran kurma sukari ini juga banyak peminatnya.

Harga Rp. 32.500-55.000

Kurma Lulu Date Crown

Kurma dengan merk Date Crown juga menjadi andalan pilihan kurma terbaik untuk berbagai acara. Kemasannya menggunakan kotak dan ada juga yang menggunakan plastik kedap udara menggunakan ziplock sehingga aman dan terhindar dari bakteri.

Cita rasanya manis dengan tekstur yang lembut. Warna kurma hitam pekat yang hampir mirip dengan kurma ajwa tapi memiliki biji kecil. Namun, ada juga yang memiliki warna cokelat muda hingga cokelat tua dengan bentuk bulat.

Kurma yang diimpor langsung dari Uni Emirat Arab ini tidak memiliki garis-garis atau serat di permukaannya. Anda juga bisa menggunakan kurma sebagai gula alami untuk makanan atau minuman.

Harga Rp. 65.000

Kurma Barari Deglet Nour Branched

Untuk jenis kurma barari bisa memilih Kurma Barari Deglet Nour Branched. Kurma Tunisia memang sudah dikenal dan disukai banyak orang dengan cita rasa yang tidak biasa. Kurma ini dikenal dengan nama deglet noor yang banyak ditanam di Algeria dan Tunisia.

Kurma Barari Deglet Nour Branched ini memiliki warna cokelat terang daripada jenis kurma lainnya. Tersimpan dalam kotak yang masih dengan tangkainya seperti ciri khas kurma Tunisia lainnya.

Teksturnya bagian kulit luarnya sedikit kering dengan warna kuning. Untuk bagian dalamya juga agak kering, tidak lembek atau lembap berlebihan. Sangat pas disajikan untuk berbuka puasa atau pun hidangan sajian untuk tamu.

Harga Rp. 58.950

Kurma Khalas Premium Timur Tengah

Khalas dalam bahasa Arab artinya selesai, penamaan ini berdasarkan sifat kurma dengan cita rasa yang paling nikmat. Kurma yang satu ini di Timur Tengah dan Afrika Utara justru biasa dikonsumsi sebagai buah sehari-hari yang nikmat.

Tekstur daging kurmanya tebal, lembut, dan agak lengket. Dengan warna cokelat keemasan yang bisa dimakan langsung atau bisa juga sebagai campuran makanan atau minuman. Kurma yang kaya manfaat ini dikemas dengan kemasan premium yang berkelas dan simpel sehingga bisa juga digunakan sebagai oleh-oleh sanak saudara.

Harga Rp. 46.500

Arabian Delights Chocodate

Mencari cita rasa kurma yang berbeda dari biasanya, Anda bisa mencoba Arabian Delights Chocodate. Kurma ini merupakan perpaduan antara cokelat dengan kacang almond.

Kurma berlapis cokelat dengan almond sebagai pengganti bijinya tentu akan sangat nikmat di mulut. Untuk cokelat menggunakan cokelat hitam, putih, dan campuran susu yang pas.

Produk dikemas dengan kemasan plastik ziplock yang sangat eksklusif sehingga bisa juga digunakan sebagai oleh-oleh.

Harga Rp. 100.000-254.000

Date Crown Khenaizi

Mencari kurma dengan kualitas premium ada Kurma Date Crown Khenaizi. Kurma yang bersal dari Dubai, Uni Emirat Arab ini merupakan jenis kurma terbaik daripada produk Date Crown lainnya.

Kemasannya menarik menggunakan karton tebal sehingga aman saat disimpan. Selain itu juga bisa diandalkan sebagai oleh-oleh untuk keluarga teman, rekan kerja, ataupun kerabat.

Kurma Khenaizi memiliki ciri khas berwarna hitam seperti kurma ajwa. Teksturnya memiliki daging kurma yang tebal, empuk, dan lembut ketika dikunyah. Kurma ini juga bermanfaat sebagai penambah stamina.

Harga Rp. 62.000

Kurma Golden Valley

Kurma Golden Valley termasuk salah satu jenis kurma kering. Ciri khas dari kurma kering biasanya lebih lengket dan memiliki sedikit kandungan air. Tak heran bila kurma ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Kurma Golden Valley merupakan salah satu kurma yang berasal dari Mesir sesuai dengan yang tertera pada gambar. Ukuran kurmanya cukup besar dengan rasa yang manis dan tekstur yang empuk.

Salah satu keunggulan dari kurma ini dapat melancarkan proses persalinan. Anda yang akan melahirkan bisa mengonsumsinya di minggu terakhir sebelum melahiran. Kandungan senyawa tanin di dalamnya terbukti dapat melancarkan persalinan.

Harga Rp. 250.000

Kurma Bard Valley Natural Delight Medjool Dates

Mencari kurma medjool yang enak bisa memilih Kurma Bard Valley Natural Delight Medjool Dates. Kurma medjool menjadi salah satu kurma terbaik di dunia. Tekstur dagingnya empuk dan lembut ketika dimakan. Kurma asal Amerika Serikat ini memiliki cita rasa manis dan legit.

Aromanya juga sangat harum dan khas, jadi tak heran bila kurma ini banyak disukai orang sebagai pilihan berbuka. Kurma medjool juga bisa diandalkan sebagai diet karena hanya memiliki 66 kalori untuk setiap butirnya. Tentunya kurma ini tidak akan membuat Anda gemuk seketika.

Selain itu, kurma ini juga memiliki beberapa khasiat terbaik seperti menurunkan kolesterol, mencegah dan melancarkan konstipasi, bahkan sebagai energy booster.

Harga Rp. 175.000
From our editorial team

Kurma Bisa Disajikan dalam Berbagai Acara

Itulah beberapa kurma terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk Anda. Tak hanya bisa disajikan saat buka puasa, kurma juga bisa digunakan sebagai oleh-oleh saat Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, bisa juga disajikan untuk tamu saat berkunjung ke rumah Anda. Sunnah Nabi menganjurkan untuk makan kurma dalam jumlah ganjil yaitu 1, 3, 5, dan 7 butir.